AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Jaga Nasi Agar Tetap Sehat untuk Keluarga

42 comments

“Umi, abang mau sarapan nasi uduk” ungkap Abang Ubay usai ia mandi. Sejak pindah ke perumahan yang cukup jauh dari keramaian, kami memang kesulitan mencari penjual nasi uduk. Dulu sih di kontrakan yang lama banyak banget penjual yang menyediakan aneka makanan untuk sarapan. Jadi sekarang jika selera sesuatu saya biasanya membuat sendiri makanan yang diinginkan anak-anak. Di satu sisi ada baiknya juga sih, saya bisa belajar lebih banyak aneka menu masakan untuk keluarga yang lebih terjamin kebersihan dan tentunya saya berusaha memilih bahan-bahan terbaik. Hal ini juga mendukung resolusi keluarga kami untuk mulai mengubah pola hidup jadi lebih sehat.

Nah, ternyata memasak nasi uduk itu gampang loh apalagi saya menggunakan Rice Cooker, jadi lebih praktis membuatnya. Bahannya hanya beras, santan secukupnya, air, daun pandan, sereh dan daun salam lalu di masak di dalam rice cooker seperti memasak nasi biasanya. Setelah masak nasi uduk disajikan dengan telur dadar, mie tumis, sambal tempe serta kerupuk.


Senang sekali deh karena abang ubay dan dek ghazy makan dengan lahap bahkan mau nambah. Kata suami saya sudah cocok kalo mau jualan nasi uduk ^_^

BTW, awalnya saya nggak tau loh ternyata nasi uduk bisa juga untuk memasak nasi uduk. Terus saat cari-cari di google ketemu resepnya. Alhamdulillah berhasil membuatnya dengan bantuan Rice Cooker Sehat Cosmos Harmond . Semenjak punya rice cooker ini saya langsung jatuh cinta karena memiliki teknologi harmond sehingga membuat panci anti gores, tidak mengelupas dan tetap sehat.

Jujur deh, selama ini suka worry karena sudah tau jika ternyata banyak peralatan masak yang justru membahayakan kesehatan.

Memangnya ada ya rice cooker yang tidak sehat? Iya, selama ini kebanyakan orang Indonesia memilih rice cooker anti lengket/ non stick yang mengandung zat kima bernama perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen.  Apabila beras bercampur dengan air yang terkontaminasi zat dari lapisan antilengket yang terkelupas akan menyatu dalam proses memasak. Nah inilah yang bisa berbahaya jika mengelupas dan tercampur ke dalam nasi yang kita konsumsi setidaknya 2 kali sehari  karena bisa memicu penyakit serius seperti kanker. Sayangnya kita tuh sering tak menyadari bahwa panci rice cooker yang digunakan terus menerus sudah mengelupas.

Duh merinding saya jadinya! Selama ini berusaha menyiapkan bahan terbaik masakan ternyata harus diimbangi dengan peralatan masak yang aman dan membuat makanan tetap sehat.

Menjaga Nasi tetap Sehat dengan Rice Cooker Harmond CRJ 6601



Semenjak tau anti lengket itu berbahaya bagi kesehatan akhirnya saya beralih menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6601 dengan kapasitas 0,8 liter bisa untuk 5-6 porsi. Saya punya yang warna hitam dengan bentuk angry bird yang menggemaskan. Yuk simak apa saja kelebihan dari Rice Cooker Cosmos Harmond ini:

1. Teknologi Harmond (Anti Gores)


Adanya teknologi harmond pada inner panci rice cooker Cosmos membuatnya memiliki teknologi anti gores. FYI, panci diproses dengan teknologi khusus dan dinginkan di temparatur mendekati 0 C sehingga panci jadi anti gores, tidak mengelupas, tahan lama dan tentunya jaga nasi sehat

Dengan Teknologi Harmond pada panci rice cooker yang food grade jadi anti gores dan tidak mengelupas walaupun disikat dengan sikat besi maupun baja.


Saya sudah coba sendiri di rumah, karena penasaran inner panci saya sikat dengan sikat besi, benar ternyata sama sekali tidak mengelupas. Takjub banget deh, jadi sekarang lebih tenang menyiapkan  nasi untuk keluarga

2. Lebih Hemat Listrik


Daya masukan untuk rice cooker ini adalah 300 watt. Nah yang pentingnya adalah teknologi harmond membuat panci dapat menghantarkan listrik dengan sempurna dan merata sehingga lebih hemat listrik.

3. Tampilan Menarik dan Lengkap


Untuk rice cooker cosmos harmond 6601 ini punya tampilan yang sangat menarik yaitu gambar angry bird dan terdiri dari 2 varian warna : putih dan hitam. Selain itu juga dilengkapi dengan gelas ukur dan sendok nasi yang memudahkan sekali nih. Saya pun sudah baca buku panduannya untuk memasak, berikut perbandingannya menggunakan gelas ukur
- 1 gelas beras : 1 ½ gelas air
- 2 gelas beras : 2 ½ gelas air
- 3 gelas beras : 3 ½ gelas air

4. Open Matic dan Ada Tongolan Magicap


Kelebihan lain dari rice cooker harmond ini adalah open matic di bagian atas sehingga lebih mudah digunakan. Selain itu ada tongolan magicap di dalam nya yang menjadi pengatur sirkulasi uap dan membuat nasi lebih pulen

5. Ada pegangan Rice Cooker


Pegangan ini yang memudahkan untuk diangkat jika ingin dipindahkan.

Tips Penting Masak Nasi




Gimana? Banyak banget kan keunggulan Rice cooker Cosmos Harmond ini. Biar rice cooker kita tahan lama dan hasil nasinya tetap sehat, ada beberapa tips penting masak nasi nih yang bisa kita coba dirumah

Aduk Nasi 5 Menit Setelah Matang


Kebanyakan kita sering lupa nih atau bahkan banyak yang belum tahu. Sama dong, saya juga belum lama tahu kalau sebaiknya aduk nasi 5 menit setelah matang agar nasi tidak cepat basi, tidak kering dan juga lebih tahan lama.


Dengan mengaduk nasi bisa mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi sehingga mempermudah penguapan air.

Jangan Mencolok Rice Cooker Terus Menerus


Kesalahan ini sering sekali kita lakukan. Harapannya sih supaya nasi tetap hangat. Padahal dengan mencolok terus menerus malah emmbuat nutrisi nasi jadi hilang, menjadi kering juga basi. Jadi cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum makan.

Pastikan Permukaan Luar Panci Kering dan Bersih


Untuk menjaga rice cooker tidak mudah rusak pastikan permukaan luar panci kering dan bersih sebelum di letakkan dalam bodi penanak nasi. Kita bisa lap dengan tisu atau lap kain sebelum dimasukkan.


Jaga Beras Tetap Sehat dengan Sarana Penyimpanan Beras Pundi 007




Masalah lain yang juga seringkali saya alami adalah menyimpan beras. Saya sempat mengeluh karena saat menyimpan beras di ember atau karung suka kutuan dan berdebu. Tentu saja geli liatnya. Apalagi beras sering tertumpuk di bawah, lama-lama baunya apek dan nggak enak saat di makan.

Untuk mengatasinya saya sekarang mengguankan sarana penyimpanan beras Cosmos 007 – Pundi yang membuat beras tetap bersih dan sehat.

Penyimpanan beras Cosmos Pundi yang saya punya berwarna biru, walau bentuknya mungil namun bisa muat hingga 7 kg beras loh. Jadi praktis dan nggak makan tempat untuk penyimpanan.


Selain itu Cosmos Pundi punya keunggulan yaitu mempunyai FIFO Technology (First In First Out) jadi beras yang masuk pertama akan keluar lebih dahulu sehingga beras jadi bebas kutu, bebas karat serta kualitas beras tetap terjaga.

Cara menggunakannya sangat mudah, kita tinggal isi beras dari bagian atas. Lalu Pull & Dispense. Sekali tarik, kita bisa mendapatkan satu takaran 130 gram beras tersedia otomatis. Nggak usah khawatir Penyimpanan beras ini bakal roboh saat menarik karena di bagian bawah bodi ada karet anti slip yang membuatnya lekat dan tidak bergeser.

Semenjak ada Sarana Penyimpanan Beras dan Rice Cooker Cosmos Harmond saya lebih tenang dan nyaman dalam menyajikan makanan sehat untuk keluarga karena bahan juga alat masakan yang saya punya sudah aman dan sehat. Makin semangat deh masak di rumah!

Teman-teman pasti juga ingin kan mempunyai alat masak yang terjamin kualitas dan kemanan produknya. Jika tertarik ingin punya rice cooker dan penyimpanan beras Cosmos seperti saya bisa dibeli di toko elektornik terdekat, juga bisa beli online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli(Cosmos Official Store) dll. 

Atau jika ingin cari tahu dan mengenal produk cosmos lebih lanjut bisa kunjungi websitenya di www.cosmos.id atau kunjungi media sosialnya di bawah ini. Ada banyak resep dan tips bermanfaat juga loh !

Instagram : @cosmosonline
Facebook : @mycosmos
Youtube Channel : https://www.youtube.com/BelanjaCosmos
Official Website : https://cosmos.id/



Related Posts

42 comments

  1. Bukan cuman modelnya yang lucu banget ya, anak-anak suka nih, Angry Bird :D
    Tapi juga keren banget disikat pakai sikat besi ga rusak, uwow pake banget ini mah.
    Pengen juga dong saya, kebetulan Magic com saya udah mulai rusak, nasinya cepat kuning :)

    ReplyDelete
  2. Rice cookernya lucu banget. Jadi pengen punya juga deh. Baru tahu nasi uduk bisa dibikin di rice cooker. Makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  3. ehh kok lucuk tempat nyimpen berasnya. setahuku yg ukurannya gede gitu. kalo seukuran gini aku mau krna pas buat ditaro di kolong kompor :)
    itu lucuk jug rice cookernya motif angry bird kesukaan anaku

    ReplyDelete
  4. Saya juga pakai cosmos harmond, tapi masih bentuk yang standar. Lucu ya bentuknya, angry bird, anak-anak pasti suka kalau melihat bentuk kayak gini

    ReplyDelete
  5. Lucu, mungil ukurannya. Mana bentuk Angry Bird pulaaaa. Yang jelas ayem makenya, karena ga risiko ketelan lapisan pan yg terkelupas ya.

    ReplyDelete
  6. Wah lihat postingan ini jadi inget kalau saya sudah seharusnya mengganti rices cooker di rumah saya. Penasaran juga aku ama produk cosmos ini. Apalagi katanya hemat listrik ya dan paling saya suka nggak ada lapisan gitu ya di dalamnya. Jadi kalau kita masak nasi nggak usah takut terbuka lapisan dalamnya. Biar nggak jado penyakit ya 😊

    ReplyDelete
  7. Asik ada rekomendasi rice cooker yang awet dan bagus begini. Kira-kira harganya berapaan ya?

    ReplyDelete
  8. MasyAllah sekarang semakin keren ya bun sebuah produk termasuk rice coocer dari cosmos ini. Dari dulu Cosmos memang berkonsentrasi juga di bagian rice cooker ini ya dan semakin meningkatkan kualitas produk mereka. Jadi pengen beli. Harganya berapa ya bun?

    ReplyDelete
  9. Anti goresnya nih yang bagus. Kadang-kadang ketika mencuci bisa sengaja atau engga tergores dengan benda tajam. Kalau kualitasnya seperti ini jadi gak khawatir bakal rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sekarang lebih suka masak pakai rice cooker. Bisa lebih santai sambil mengerjakan yang lain tanpa khawatir nasi jadi gosong.

      Delete
  10. Rice cooker dan tempat penyimpanan beras cosmos memang awet, aku punya dirumah sudah berapa tahun, tapi masing berfungsi awet dan tahan lama

    ReplyDelete
  11. Rice cooker samaaaa kayak punyaku.
    Produk Cosmos emang Top Markotop yak Bund

    ReplyDelete
  12. Wow, rice cooker nya bikin aku kepengen masak nasi uduk deh hehehe :) Aku juga punya Cosmos tapi bukan yang sekeren ini. Kepengen beli deh. Tempat berasnya juga bagus. Btw aku baru ngeh ternyata nasi mesti diaduk 5 menit setelah matang biar ga basi.

    ReplyDelete
  13. Mbak Ria, biasanya aku cuci beras di wadah lain, bukan di rice cooker-nya, supaya wadah rice cooker ga tergores. Kalau yang ini berarti aman aja ya langsung cuci beras di wadah rice cooker?

    Aku pun penasaran dan takjub kok bisa anti gores padahal disikat dengan sikat besi.

    ReplyDelete
  14. Kayaknya rice cookerku kudu ganti dengan Cosmos nih, udah cepet bau lho sekarang. Sering bikin rasa ga nyaman kalau mau makan kalau aroma nasi jadi tidak enak kan. Mau ajuin proposal ke si ayah lah untuk ganti dengan Cosmos Harmond.

    ReplyDelete
  15. Rice cooker ini juga pilihan aku mba, Aku pakai rice cooker cosmos nih mba. Beneran bikin lebih sehat nih pakai rice cooker ini. Cosmos HArmond ini pilihan banget

    ReplyDelete
  16. Rice cookernya lucu banget sih bentuknya angry bird, buat traveling juga cocok nih karena ukurannya ringkas

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah saya juga setia pakai rice cooker cosmos mbak. Karena aman dan tetap terjaga kualitas dari nasinya itu yg bikin saya setia...hehehe

    ReplyDelete
  18. Rice Cookernya gemes banget ini, aku juga di rumah menggunakan Cosmos tapi type yang beda. Dan aku baru tau kalau Cosmos juga punya tempat penyimpanan beras.

    ReplyDelete
  19. Saya di rumah juga pakai Cosmos Harmond, alhamdulillah kalau Cosmos sih awet yah dan seneng nih sekarang nasi bisa lebh sehat karena cosmos harmond ini anti gores

    ReplyDelete
  20. Cakeppp cosmosnyaaa lucuu banget. Tapi emang ya masak pakai ini seneng banget, soale nasinya jadi pulen enak wangi gitu. Dan ga gores2 jadi nasi tetep nasi tanpa macem2 item2 di tempat nanak nasinya.

    ReplyDelete
  21. Cosmos bukan cuma membuat rice cooker yang bagus tapi juga dilengkapi dengan tempat penyimpan beras. Selain tempat masak nasi yang sehat. Tempat penyimpanan berasnya juga higienis.

    ReplyDelete
  22. Solusi buat emak-emak yang pengen nasi uduk tapi malas ribet nih. Makasih cosmos, eh makasih mbak ria udah share info ini ya. Padahal aku punya loh cosmos harmond warna hitam di rumah, hehe

    ReplyDelete
  23. Duh jadi pengen deh makan nasi uduk hehe :D
    Rice cooker ini aku sering liat ada di supermarket, bentuknya lucu ya angry bird gtu, ternyata kualitasnya bagus ya, anti gores dan mengelupas gtu, jd kualitas nasi tetep bagus.

    ReplyDelete
  24. aku tertarik dengan tempat penyimpanan berasnya bun, ada yang kapasitas untuk 10kg ngga ya?

    ReplyDelete
  25. Rice cooker Cosmos Harmon ini emang bagus sih karena katanya aman, dan aku juga udah pakai yang tipe sebelumnya.

    ReplyDelete
  26. Duh, cosmosnya keren banget... Warnanya item bentuk angry bird pula... Jadi pengen punya juga, biar enggak khawatir lapisan anti lengketnya mengelupas...

    ReplyDelete
  27. Jadi panci Harmond itu dapat disebut sebagai “Panci Sehat” karena tidak menggunakan PFOA – aman bagi kesehatan ya...

    Harmond juga ANTI GORES, diproses dengan teknologi tinggi dengan pori-pori yang hampir tertutup rapat sehingga sekeras berlian dan tidak dapat tergores.

    Ada tulisan typo tuh mbak, nasi uduk bisa membuat nasi uduk?

    "BTW, awalnya saya nggak tau loh ternyata nasi uduk bisa juga untuk memasak nasi uduk."

    ReplyDelete
  28. Tips masak nasi nya aku gak ada yang lakukan.
    Huhuu~
    Pantesan selama ini nasi aku cepet kering. Ternyata ada tipsnya begini.
    Langsung prakteeek..

    Nuhun, kak.
    Cosmos memang keren dan oke banget yaa..

    ReplyDelete
  29. Jadi kepengen rice cooker juga nih
    Soalnya dalam waktu dekat mau pindahan dan butuh peralatan masak baru
    Lihat ini kok jadi masukin di shopping list

    ReplyDelete
  30. Keren bangt design rice cookernya bkin dapur jadi bagus hehhe pengen beli cosmos bgini deh

    ReplyDelete
  31. Warnan Cosmosnya unyu ya..Suka. Dan ternyata enggak boleh semabarangan kita menyimpan berasa dan menanak nasi. Mesti diperhatikan juga tempat dan alatnya:)

    ReplyDelete
  32. Lucu banget rice cookernya, Ini dayanya gak besar ya mbak :D
    Cocok buat pengantin baru yang masih dalam maa hidup berdua #uhuks.
    Wah aman pula lapisan rice cookernya enggak mudah terkelupas gtu yaa

    ReplyDelete
  33. Aku juga pakai rice cooker ini mba. Senang banget karna memang bikin nasi tetap enak dan sehat mba. Trus nggak mudah tergores pula

    ReplyDelete
  34. Rice cooker ku juga cosmos, tapi yg warna merah..
    Emang bagus, bisa jaga kualitas nasi kita

    ReplyDelete
  35. Modelnya oke banget ditambah manfaatnya untuk keluarga.
    Jadi inovasi cosmos, sempurna.

    ReplyDelete
  36. Aku salfok sama Angry Bird nya mba,lucu gemesin dech.
    Iya donk mba,sebagai istri + seorang ibu harus pinter memilih / menggunakan peralatan yang aman.
    Karena dampaknya bisa jangka panjang jika digunakan terus menerus.
    Aku pengen juga dech coba bikin nasi uduk, kan bahan nya mudah didapat.
    Apalagi ada si Cosmos Rice Cooker

    ReplyDelete
  37. Iya, lebih hemat listrik ya jika ngga dicolok terus rice cookernya, uduknya nampak sedaap. Ada salah tulis sedikit mbak..

    Saya nggak tau loh ternyata nasi uduk bisa juga untuk memasak nasi uduk

    ReplyDelete
  38. Sudah bertahun2 pakai COsmos dan menyenangkan banget karena nasi tetap enak dan sehat.

    ReplyDelete
  39. Andalanku juga nih Cosmos... apalagi yang bisa multitask gini hoho.. semakin handal..

    ReplyDelete
  40. Betul nasi diaduk setelah matang, dan nasi dimakan setelah dingin agar kadar gulanya sudah menurun

    ReplyDelete
  41. Nah selesai masak dan mengaduk ini yang terkadang terlupa. saya punya juga produk rice cooker ini mbak, praktis kalau mau masak dengan porsi sedikit

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email