Top Social

Featured Posts Slider




Thursday, 2 July 2020

Drama Korea yang Diperankan Lee Jong Suk

Akhir-akhir ini aku lagi suka nonton drama korea. Sebenarnya sih suka nonton sudah dari SMA tapi semenjak nikah udah jarang banget apalagi waktu anak-anak masih bayi. Kalo sekarang mereka ga kaya bayi yang suka ngajak begadang jadi aku punya sedikit waktu untuk me time, salah satunya dengan nonton drama korea. Salah satu actor drakor yang aku suka yaitu Lee Jong Suk. 

film yang diperankan lee jong suk

Lee Jong Suk banget sama kedipan matanya yang bikin meleleh para pecinta drama korea. Nah udah nonton beberapa drama korea yang dibintanginya dan selalu suka karena menurutku dia memerankannya dengan totalitas. 


Nah yang belum nonton mungkin bisa intip rekomendasi drama korea yang diperankan oleh Lee Jong Suk di bawah ini :

W Two World


Genre fantasi melodrama di W Two World memang bikin geleng-geleng kepala karena dalam ceritanya ada dua orang yang tinggal di dunia yang berbeda yaitu dunia nyata dan dunia komik. Oh Yeoun Joo, seorang dokter bedah jantung tinggal di dunia nyata. Sedangkan Lee Jong Suk memerankan karakter utama sebagai Kang Chul di dunia Webtoon. Ia merupakan perwakilan perusahaan e-commerce, JN Global. Uniknya Kang Chul  tinggal di dunia virtual dalam webtoon berjudul “W” yang diciptakan oleh Oh Seong Moo.

lee jong suk w two world

Cerita ini dimulai saat Yeon Joo tertarik masuk ke dunia virtual dan menyelamatkan Chul yang sekarat. Setelah insiden itu, cerita webtoon itu berlanjut dengan Yeon Joo yang terus menyelamatkan Chul selagi Seong Moo mencoba mengakhiri cerita dengan membunuhnya.  Pertemuan Chul dan Yeon Joo akhirnya berlanjut ke kisah asmara yang rumit karena terpisah dunia berbeda. Walau nggak masuk di akal secara nalar karena tokoh webtoon berjuang melawan si penulis agar tidak mengakhiri hidupnya namun W Two Wolrd cukup asyik untuk ditonton. 

Pinocchio 


Drama korea Pinocchio ditayangkan pada tahun 2014 dan dibintangi oleh Lee jong Suk dan Park Shin Hye yang mengisahkan tentang karir dan cinta. Lee Jong Suk memerankan karakter Choi Dal Po yang harus kehilangan ayahnya (seorang pemadam kebakaran) karena sebuah insiden. Tekanan berat dialami oleh keluarga Dal Po hingga ibunya mengajaknya untuk bunuh diri. Ia beruntung karena diselamatkan oleh Kakeknya Choi In Ha yang diperankan oleh Park Shin Ye.

lee jong suk pinocchio

Sejak saat itu Dal Po menjadi anak angkat kakek Choi In Ha. Uniknya Choi in Ha memiliki sindrom unik yang disebut “Pinocchio” dan membuatnya cegukan setiap kali berbohong. In Ha merupakan seorang gadis yang tidak bisa menyembunyikan perasaannya ketika menyukai sesorang. Pada akhirnya Choi Dal Po dan Choi In Ha saling bertemu dan jatuh cinta. 

Namun kenyataan bahwa ibu In Ha (seorang reporter) yang melaporkan kematian ayah Dal Po dengan berita yang tidak benar begitu menyakitkan. Di satu sisi Dal Po sangat mencintai In Ha. Di sisi lain ia ingin membalas dendam atas kisah masa lalu nya yang tragis. Nah yang mau tau kelanjutannya bisa tonton sendiri ya hehehe

Dr. Stranger


Drama Lee Jong Suk satu ini menjadi salah satu favorit saya. Kisahnya menyedihkan dan tragis. Seorang dokter bernama Park Chul terpaksa di buang ke Korea Utara dengan embel-embel menyelamatkan Negara dari perang padahal sebenarnya tidak. Ada permainan licik di dalamnya agar tuntutan Park Chul ke rumah sakit tempatnya bekerja tentang malpraktek tidak jadi di lanjutkan. 

lee jong suk dr stranger

Park Chul mempunyai anak bernama Park Hoon yang diperankan oleh Lee Jong Suk. Setelah kematian ayahnya, Hoon berhasil kembali ke Korea Selatan dan bekerja sebagai dokter, tapi ia terpaksa kehilangan Jae Hee wanita yang dicintainya dan ia tau Jae Hee masih berada di Korea Utara. Hoon berusaha mengumpulkan uang untuk menemukan Jae Heed an bekerja di rumah sakit ternama bersama Oh Soo Hyun (Kang So-Ra) dan Han Jae Joon (Park Hae-Jin)

Soo Hyun sendiri merupakan anak kesayangan dari directur rumah sakit. Hubungan Hoon dan Soo Hyun mulai dekat ketika dia membantu Soo Hyun mengoperasi ibunya. Di pihak lain Jae Joon yang merupakan pacar Soo Hyun mulai cemburu. Persaingan Hoon dan Jae Joon semakin sengit ketika mereka berkompetisi supaya menjadi dokter yang bisa mengoperasi jantung perdana menteri.

Secara tak sengaja, Hoon bertemu dengan Han Seung Hee, seorang dokter yang wajahnya sangat mirip dengan Je Hee, cinta pertamanya.  Tapi benarkah itu Jae Hee? Dan kenapa ia tiba-tiba ada di Korea Selatan? Nah silahkan tonton sendiri ya untuk tahu kisah lanjutannya!

Btw karakter Lee Jong Suk di drama ini  keren banget, ia membuktikan kualitasnya sebagai actor. Ia tampak humoris sebagai hoon di kehidupan sehari-hari namun serius dan cool ketika di ruang operasi. Selain itu jalan cerita yang kompleks dan detail juga terselip elemen komedi, medical,politic, action, dan cinta membuat drama ini sangat menarik. Aku juga suka banget adegan di ruang operasi, semuanya tampak real dan totalitas. 

Nah itu tadi beberapa Drama Korea yang diperankan Lee Jong Suk. Ada banyak lagi sih, kapan waktu kita cerita lagi. Selamat Menonton!

Monday, 29 June 2020

Istilah dan Peran Penting Manajemen Keuangan

peran penting manajamen keuangan mengatur finansial

Manajemen keuangan memegang peranan penting untuk mencapai tujuan finansial pribadi, keluarga maupun perusahaan. Walau biasa dibaca atau didengar, masih banyak yang belum memahami istilah manajemen keuangan. Padahal manajemen keuangan merupakan hal vital dalam kehidupan. Tak hanya dalam hal bisnis, tetapi juga untuk rumah tangga kecil sekalipun

Setiap orang perlu mempelajari manajemen keuangan agar bisa menggunakan uang yang dimiliki se-efektif dan se-efesien mungkin apalagi jika berniat untuk menjalankan bisnis. 

Mengenal Istilah Manajemen Keuangan


Menurut S.C Kuchhal. Manajemen keuangan memiliki kaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya secara efektif dalam menjalankan bisnis. Ada lagi pandangan dari Howard dan Upton tentang manajemen keuangan, yaitu bagaimana menerapkan prinsip-prinsip umum manajerial dalam pengambilan keputusan keuangan. 

Secara umum manajemen keuangan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengawasi aktivitas finansial seperti pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Manajemen keuangan juga berarti menerapkan prinsip manajemen umum terhadap sumber daya keuangan perusahaan. Manajemen ini juga berkaitan dengan segala aktivitas yang berhubungan dengan cara agar bisa mendapatkan modal kerja, menggunakan, mengalokasikan, mengelola aset perusahaan agar bisa mencapai tujuannya.

Peran Penting Manajemen Keuangan


Ada beberapa peranan penting manajemen keuangan untuk kelancaran urusan bisnis berikut diantaranya:

1. Perencanaan keuangan


Manajamen keuangan memegang peran penting utama sebagai perencanaan keuangan perusahaan. Ini berkaitan dengan kebutuhan keuangan setiap urusan bisnis. Semua kredit untuk mencapai kesuksesan bisnis bergantung pada perencanaan keuangan yang tepat. Selanjutnya ketika sebuah bisnis telah berjalan dan memiliki pemasukan yang mulai stabil, maka   bagian manajemen keuangan akan menunjukkan langkah maju dengan membuat sebuah  perencanaan dan melibatkan bagian internal perusahaan sebagai langkah bisnis ke depan

2. Pemantauan Keuangan


Pemantauan keuangan adalah salah satu fungsi manajemen keuangan yang paling penting. Jika Anda untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis di tempat baru, Anda harus benar-benar melakukan pengawasan terhadap bisnis baru tersebut, Fungsi manajemen keuangan sebagai pemantauan bisa dilakukan melalui laporan keuangan secara teratur yang meliputi arus kas, modal kerja, aktiva lancar, laporan pendapatan, utang serta piutang bisnis.

3. Mengontrol Keuangan


Pengendalian keuangan adalah tugas manajer keuangan dan pembuat kebijakan perusahaan. Pengendalian keuangan ditetapkan dengan menyusun kebijakan dan prosedur yang membantu mencegah kesalahan pengelolaan uang. Untuk mencapai tujuan bisnis, manajemen keuangan pun memiliki peranan melindungi keuangan Anda harus menentukan bidang mana saja pada bisnis yang membutuhkan dana. Jangan sampai ada pengeluaran yang berlebihan pada satu poyek karena bisa berpengaruh pada proyek lainnya.

4. Alokasi Dana


Alokasi dana yang tepat agar kemampuan operasional meningkat berawal dari manajemen keuangan yang dilakukan. Jika alokasi dana perusahaan tepat, maka dapat mengurangi biaya bisnis dan meningkatkan estimasi modal. Setiap perusahaan akan memiliki rencana pembiayaan yang akan dianggarkan.  Manajemen keuangan perlu melakukan fungsinya dan melihat dari mana asal pembiayaan ini, apakah akan tercukupi dengan menggunakan uang kas atau perusahaan perlu menambah modal.

5. Peluang Investasi


Jika bisa mengelola keuangan maka akan terbuka peluang investasi dan membantu mendapatkan keuntungan yang besar. Beragai investasi yang banyak dilakukan seperti emas, saham, reksadana, tanah, dan properti. Pelajari benar-benar cara investasi agar tidak merugi dan bisa meminimalkan risiko.

6. Pengaturan Modal Kerja


Pentingnya manajemen keuangan adalah untuk menentukan keputusan terkait keuangan seperti pengaturan modal kerja. Modal kerja meliputi anggaran operasional, aktiva lancar, gaji, dan arus kas. Dalam pengelolaan keuangan, sangat penting untuk tetap berada di atas anggaran modal kerja agar bisnis tidak mengalami kebangkrutan.  Setiap pilihan keuangan yang sudah dibuat dan dilakukan, tidak akan bisa ditarik kembali jadi harus berhati-hati untuk meminimalisir resiko.


Ternyata manajemen keuangan sangat penting dalam mengatur finansial perusahaan maupun perorangan. Semoga bisa bermanfaat!


 

Saturday, 27 June 2020

Tips Mendapatkan Minyak Goreng Promo Bagi Pebisnis Kuliner

minyak goreng promo bagi pebisnis kuliner


Minyak goreng menjadi kunci utama dalam setiap dapur masakan di rumah maupun bisnis kuliner. Maka dari itu, Anda perlu paham dengan bebagai macam jenis minyak goreng yang ada dan perbedaaan diantara masing-masing jenis. Bahkan, Anda harus bisa memberdakan mengenai kualitas minyak satu dengan minyak goreng yang lain. Jadi, penggunaan minyak goreng akan berpengaruh pada masakan yang diolah. 

Apakah Anda merupakan pebisnis kuliner saat ini? Anda membutuhkan banyak pasokan minyak goreng untuk dapat menjalankan bisnis kuliner! Tenang saja, Anda bisa beli minyak goreng mudah hanya di JD.ID. Toko JD.ID merupakan toko online terpercaya yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dan kini banyak masyarakat yang mempercayakan kegiatan transaksi jual beli di sini. 

Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis kuliner bisa mempercayakan segala minyak goreng hanya di JD.ID, karena toko menyediakan berbagai macam jenis miyak goreng dengan harga yang terjangkau. Jadi, keberagaman minyak goreng dan harga yang terjangkau mampu menekan biaya pengeluaran yang kadang tidak seimbang dengan biaya pemasukan bisnis. 

Tips Mendapat Minyak Goreng Berkualitas untuk Bisnis Kuliner 


Sebagai pebisnis kuliner, Anda tentu tidak ingin mendapatkan kualitas bahan-bahan masakan yang dibutuhkan jelek. Tentu hal ini, menjadi perteimbangan karena bahan yang kadang tidak sesuai dengan resep akan menghancurkan cita rasa dari masakan. 

Termasuk juga minyak goreng, minyak goreng yang berkualitas bagus maka akan menghasilkan cita rasa masakan yang khas dan bisa dinikmati oleh banyak orang atau pelanggan. 

Anda ingin mendapatkan minyak goreng berkualitas untuk bisnis kuliner? Tenang saja, kali ini ada sedikit bocoran tips mendapatkan minyak goreng berkualitas untuk bisnis kuliner yang sedang Anda tekuni. 

Inilah tips-tips mendapatkan minyak goreng berkualitas untuk bisnis kuliner, diantaranya sebagai berikut: 

1. Memilih minyak goreng yang jernih 


Sebagai pebisnis kuliner, Anda harus tahu bahwa semakin jernih warna minyak goreng semakin baik kualitasnya.

Minyak tidak hanya diperhatikan dari sego warnanya saja, terkadang Anda juga harus memperhatikan sifat dari minyak goreng. Jangan pernah memilih minyak goreng yang dimasukkan ke dalam pendingin cepat untuk membeku. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memilih minyak goreng dengan bau tengik dan tekstur tidak kental atau encer. 

Karakteristik yang telah disebutkan adalah minyak goreng berkualitas baik. 

2. Memperhatikan komposisi minyak goreng 


Langkah selanjutnya yang bisa diperhatikan oleh pebisnis kuliner adalah komposisi dari minyak goreng. Sebelum membeli banyak stock minyak goreng, pastikan terlebih dahulu komposisi yang ada di dalamnya. 

Tidak hanya itu saja, Anda harus memperhatikan kondisi lemak yang ada di dalam minyak. Ada 3 jenis lemak diantaranya yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemah tak jenuh ganda. 

3. Memperhatikan distributor 


Pebisnis kuliner tidak boleh sembarangan dalam memilih distributor. Jika, Anda tidak ingin repot untuk keluar membeli minyak goreng Anda bisa mengandalkan JD.ID. 

JD.ID menawarkan berbagai macam jenis minyak dengan promo-promo menarik dan harga yang terjangkau. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menggunakan jasa dari JD.ID. 

Promo Minyak Goreng dengan Potongan Harga


Promo minyak goreng untuk pebisnis kuliner adalah potongan harga. Anda akan mendapatkan potongan harga lebih dari 10% hanya di JD.ID. Jadi, segeralah menggunakan JD.ID seluruh barang bisa terpenuhi dengan mudah dan cepat. Selain itu, terdapat perlindungan konsumen bagi pelanggan yang menggunakan JD.ID. Cukup menarik bukan tentunya. 

Friday, 26 June 2020

Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas

beli mobil bekas online berkualitas


Mobil menjadi salah satu kebutuhan cukup penting saat ini untuk keperluan bisnis maupun pribadi apalagi untuk Anda yang banyak memiliki anggota keluarga. Banyak yang memilih mobil karena transportasi umum belum bisa memenuhi kebutuhan dan kenyamanan sebagian orang.

Sayangnya tidak semua orang mampu membeli mobil baru yang diinginkan karena terkendala harga mobil yang cukup tinggi. Namun jika memang sangat membutuhkan anda bisa mencoba beli mobil bekas.
 

Tips Membeli Mobil Bekas


Banyak yang ragu akan kualitas mobil jika ingin membeli mobil bekas. Padahal jika anda teliti dalam memilihnya, anda akan mendapatkan mobil bekas yang bagus sesuai keinginan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas:

1. Pilihlah tempat jual mobil bekas terpercaya


Ada beberapa pilihan tempat beli mobil bekas. Anda bisa datang ke showroom mobil, langsung menemui penjual mobil bekas atau bisa juga mencari informasi lewat internet seperti di Mobil88.
Nah  melalui website maupun aplikasi kita bisa mencari stok mobil dengan beragam fitur yang membuat nyaman. Tak perlu ragu karena membeli mobil di mobil88 terjamin dan mobil88 memberikan benefit extra berupa :

 

Warranty Mesin hingga 1000 KM 


Garansi mesin dijamin hingga 1.000 km atau selama 30 hari dari serah terima kendaraan. Garansi mesin ini merupakan jaminan atas kondisi dan kualitas kendaraan yang mencakup komponen kendaraan. Meliputi komponen mesin, transmisi, sistem kelistrikan, sistem kemudi, sistem pengereman, Air Conditioning (AC), sistem penggerak roda, ban, hingga eksterior dan juga interior
 

100% refund  


Jika pembeli berubah pikiran setelah melakukan pembayaran, mobil88 memberikan jaminan uang kembali atau refund sebesar 100% jika pembeli membatalkan transaksi dengan tenggat waktu 1x24 jam dari pembayaran dilakukan. Uang yang dibayarkan akan dikembalikan utuh tanpa potongan apapun.
 
Oya, Benefit warranty di berikan khusus transaksi via mobil88 e-store baik melalui website maupun aplikasi. Garansi ini ada karena kondisi mobil bekas bisa dibilang unik karena antara satu dan lain mobil bisa berbeda-beda. Oleh karena itu adanya garansi sangat penting untuk pembeli. Dan tentunya garansi tersebut akan membuat pembeli merasa nyaman dan aman. Jadi dengan adanya garansi mesin & jaminan uang kembali tidak perlu ragu untuk melakukan transkasi atau membeli mobil bekas di mobil88 e-store.
 

2. Eksterior Mobil dan Interior


Setelah menemukan tempat beli mobil bekas yang tepat. Anda perlu mengecek eksterior mobil yaitu bagian bodinya. Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil, kondisi catnya apakah masih mulus. Perhatikan juga bagian kaca apakah ada bagian yang retak. Lampunya apa pecah dan bisa menyala dengan baik. Selanjutnya anda perlu mengecek bagian ban dan masuk ke kolong mobil untuk melihat apakah ada yang karata dan keropos.

Setelah eksterior, anda perlu mengecek aksesoris dan interior mobil seperti dashboard, setel AC, karpet, kualitas jok dan langit-langit mobil. Pastikan juga untuk mencoba jok tarik ke belakang dan mengecek kualitas pelapisnya. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk di cek kelengkapan dan kualitasnya. 


3. Mesin Mobil


Bagian pengecekan mesin mobil merupakan tahap yang paling penting. Anda bisa menghidupkan mesin mobil dan memperhatikan bunyi mesin yang menyala. Jika mesin masih baik biasanya bunyinya akan halus. Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive bersama penjual agar penjual mengetahui juga kondisi mobilnya.

4. Kelengkapan Surat


Kelengkapan surat kendaraan adalah hal vital yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas. Pastikan kendaraan memiliki BPKB dan STNK yang asli karena banyak surat berharga palsu agar mobil curian laku. 

Nah itu tadi tips beli mobil bekas yang bisa anda terapkan. Semoga bisa membantu untuk menemukan mobil bekas berkualitas untuk keperluan Anda. 

Source info :
https://www.mobil88.astra.co.id/mobil88/in/blog/kini-beli-mobil-bekas-di-mobil88-e-store-dapat-garansi-mesin-jaminan-uang-kembali

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Lidah Buaya

gel lidah buaya untuk menumbuhkan rambut
lidah buaya (pixabay)

Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat dan bisa dijadikan bahan alami untuk berbagai keperluan. Tak hanya bagus untuk kecantikan, ternyata lidah buaya dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh untuk kesehatan rambut sejak zaman nenek moyang kita dulu.

Lidah buaya mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc yang bisa mengatasi masalah rambut seperti mengatasi rasa gatal, menguatkan helai rambut, menambah kilauan rambut dan menumbuhkan rambut.

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Lidah Buaya


Lidah buaya mengandung asam amino dan protein yang baik untuk kesehatan rambut. Karena rambut terdiri dari protein bernama keratin, maka perlu banyak protein untuk merangsang pertumbuhan rambut. Lidah buaya merangsang pertumbuhan rambut melalui berbagai cara seperti memberi nutrisi pada kulit kepala. Tanaman aloe vera ini juga mengandung enzim proteolitik yang dapat meregenerasi sel kulit mati di kulit kepala


Ambil 1 batang lidah buaya setelah itu patahkan hingga lendirnya keluar.
Setelah itu ambil gel lidah buaya dan oleskan pada bagian akar rambut dan kulit kepala secara merata, jika sudah rata biarkanlah selama 30 - 60 menit.
Kita bisa memijat  kepala agar gel lidah buaya lebih meresap ke bagian kepala  sehingga rambut dapat tumbuh secara optimal.
Jika sudah 1 jam bilaslah rambut dengan air bersih, cuci sampai bersih hingga tidak ada lendir yang masih tersisa di kepala 
Untuk hasil optimal, oleskah lidah buaya pada malam hari sebelum tidur kemudian bilas keesokan harinya

Manfaat Lidah Buaya untuk Masalah Rambut


Selain untuk menumbuhkan rambut, lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah rambut diantaranya:

1. Mengurangi gatal di area kulit kepala


Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah mengurangi rasa gatal di area kulit kepala. Gatal di kepala bisa disebabkan oleh dermatis soboroik atau yang biasa dikenal dengan ketombe. Dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala meradang dan mengelupas. Akibatnya, muncullah ketombe.

Peradangan di kulit kepala bisa dikurangi dengan menggunakan lidah buaya karena tanaman ini mengandung asam lemak yang bersifat antiradang sehingga dapat membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik. 

2. Mencegah rambut bercabang


Untuk mencegah dan mengatasi rambut bercabang kita bisa menggunakan kombinasi lidah buaya dan bunga kembang sepatu yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Selain itu, tanaman ini juga bisa mencegah rambut bercabang dan menunda uban. 

Cara menggunakannya dengan menambahkan 2 sdm hasil lumatan bunga kembang sepatu dengan ½ cangkir gel lidah buaya. Kita bisa unakan sebagai kondisioner. Jika rambut kering bisa tambahkan juga 1 sdt minyak zaitun.

3. Mengatasi rambut berminyak


Masalah rambut berminyak pun bisa diatasi dengan gel lidah buaya. Kondisi rambut berminyak biasanya muncul karena produksi minyak berlebih di kulit kepala serta sisa produk perawatan rambut yang kita gunakan. Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut maka produksi minyak bisa dikendalikan. Rambut dari lebih sehat dan lembut.

4. Melembabkan rambut


Nah gel lidah buaya bisa digunakan sebagai kondisioner juga untuk melembabkan rambut anda yang mungkin kering dan kusut caranya dengan mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai kondisioner mulai dari kulit kepala ke ujung rambut. Lalu bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan selama 15 menit agar gel meresap. Setelahnya bilas dengan sampo.

Itulah tadi cara menumbuhkan rambut dengan dengan lidah buaya dan manfaat lainnya untuk mengatasi masalah rambut. Semoga bermanfaat!

6 Cara Mudah Dan Alami Mengobati Batuk Berdahak

batuk berdahak bisa diobati dengan bahan alami


Hampir setiap orang pastinya pernah mengalami batuk berdahak.Dan kemungkinannya kamu juga salah satu orang yang pernah merasakan batuk berdahak selama berhari hari dan tidak kunjung sembuh.Kondisi tersebut pastinya sangat menyebalkan. Tenang tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara mudah dan alami untuk mengobati batuk berdahak. Dimana cara mudah dan alami tersebut bisa dilakukan di rumah sendiri. 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak


Ada banyak gejala tidak menyenangkan saat kamu mengalami batuk berdahak seperti tenggorokan merasa gatal, tidur terganggu, dan gejala lainnya.Batuk berdahak juga dapat mengganggu aktivitas sehari hari. Supaya tidak mengalami hal hal yang tidak menyenangkan tersebut saat sedang terserang batuk berdahak, kamu bisa mengikuti beberapa obat batuk berdahak dibawah ini :

1. Minum Air Hangat


Mengkonsumsi cairan sejak dahulu memang dipercaya menjadi cara yang paling tepat untuk mengeluarkan dahak. Ditemukannya fakta bahwa dengan minum air hangat ternyata dapat menjadi obat batuk berdahak yang alami.Dengan mengkonsumsi air hangat maka secara instan dapat memberikan sensasi tenang dan lega dari gejala gejala batuk berdahak.Tidak hanya berupa air putih hangat saja, karena kamu juga bisa memanfaatkan air hangat dalam bentuk teh herbal.

2. Inhalasi Uap Air Panas 


Untuk mengobati batuk berdahak juga bisa dengan cara menghirup uap air dari air panas untuk memastikan kelembaban udara yang terhirup. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengisi baskom dengan air panas.Kemudian menunduklah diatas baskom sambil menutupi atas kepada dengan handuk. Dengan cara ini nantinya kamu dapat menghirup uap lebih leluasa. Lalu bernapaslah secara perlahan.

3. Memanfaatkan Madu


Kamu tidak perlu meragukan lagi popularitas madu sebagai pengobatan alami untuk berbagai jenis penyakit, termasuk untuk mengobati batuk berdahak. Pasalnya kandungan bakteri didalam madu dapat membantu mengeluarkan dahak. Kamu hanya perlu mengkonsumsi satu sendok makan madu setiap empat jam sekali hingga meredanya gejala batuk berdahak. Tetapi yang harus diingat madu tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak dibawah 1 tahun.

4. Menggunakan Humidifier


Untuk mengobati batuk berdahak juga bisa dengan cara melembabkan kamar tidurmu dengan menggunakan humidifier. The National Heart, Lung, and Blood Institute memang merekomendasikan humidifier atau steam vaporizer sebagai cara mengobati batuk berdahak. Cara ini dapat membantu kamu untuk bisa tidur lebih nyenyak dimalam hari.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan pintu dan jendela tertutup rapat.

5. Essential Oil


Sudah banyak produk essential oil yang mendapat testimoni positif karena dapat mengatasi masalah pernapasan secara ampuh.Umumnya dekongestan alami yang digunakan adalah peppermint dan eucalyptus.Cara memanfaatkannya mudah, kamu bisa menghirupnya langsung dari botol atau meneteskannya direndaman air panas.Cara ini dipercaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak.

6. Meningkatkan Imunitas


Cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi.Misalnya saja kaldu ayam, bawang putih, dan teh jahe.Atau bisa juga mengkonsumsi probiotic foods misalnya saja cuka apel, miso, hingga kombucha yang juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu masih adacara mudah dan alami lainnya untuk mengobati batuk berdahak seperti memijat leher belakang, punggung, dan juga dada yang dapat membantu membuka jalur pernapasan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah paru. Selain itu juga pijat dapat membantu tubuhmu merasa rileks dan kamu pun dapat beristirahat optimal.

Wednesday, 24 June 2020

Peranan Transportasi Logistik di Masa Pandemic

trac bus sebagai transportasi tenaga medis di masa pandemic

Logistik adalah hal penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain melayani kebutuhan dalam negeri, kebutuhan industri transportasi logistik diperlukan untuk ekspor produk , perdagangan nasional dan investasi. 

Logistik sendiri memiliki pengertian serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi hingga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan baik berupa barang, jasa, energy, atau sumber daya lainnya dari titik awal menuju titik penggunaan. 

Jenis jasa logistik tergantung dari transportasi yang digunakan serta jenis barang yang dikirim. Dari transportasi yang digunakan ada perusahaan logistik yang hanya melakukan pengiriman jalur laut, ada yang udara dan juga darat. Berdasarkan jenis barang yang dikirim ada perusahaan yang mengirim barang dokumen dan barang dalam skala kecil, ada pula skala sedang dan besar. 

Peranan Transportasi dan Logistik di Masa Pandemic


Dalam kondisi pandemic seperti saat ini, jasa logistik pun sangat diperlukan mengingat keterbatasan masyarakat untuk memasok bahan kebutuhan. Penyaluran pun terbatas mengingat beberapa daerah masih dalam zona merah. Menjadi tantangan sendiri karena distrubusi bahan pokok dan kesehatan harus tetap berjalan agar kebutuhan masyarakat serta kebutuhan di berbagai fasilitas kesehatan tetap terpenuhi. 

Selain itu masyarakat lebih memilih memesan kebutuhan makanan ataupun keperluan lainnya dengan sistem daring dan menggunakan jasa perusahaan logistic untuk pengantaran. Begitupun dengan UKM yang membutuhkan jasa pengiriman barang agar produk mereka sampai di tujuan dengan selamat. Keberadaan jasa logistic mengurangi kekhawatiran masyarakat di masa pandemic.

Di bidang kesehatan, logistic dituntut cepat untuk memasok kebutuhan obat & alat kesehatan dan transportasi di masa pandemic karena bersangkutan dengan keselamatan banyak orang. Nah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan solusi transportasi terpadu saat pandemic ini yaitu SERA.

SERA adalah anak perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk yang juga melakukan penjualan mobil bekas dan menawarkan solusi logistic. Untuk divisi transportasi berada di bawah bran TRAC. Unik ini bergerak memberikan pelayanan jasa penyewaan kendaraan baik personal maupun korporasi.

TRAC Bus Layani Antar Jemput Tenaga Medis


Belum lama ini, pada tanggal 30 Januari 2020 TRAC Bus Services mendapat kepercayaan dari KEMENPAREKRAF sebagai angkutan tenaga paramedic dalam pandemi covid 19 mengingat bertambahnya kebutuhan mobilitas tenaga medis. Kondisi seperti sekarang ini dimana setiap hari ada kasus positif yang bertambah membuat paramedic memang kualahan. Untuk itu TRAC melayani mobilitas paramedic.

Saat ini TRAC melayani kebutuhan paramedic di RS  Persahabatan untuk mobilitasnya ke penginapan di salah satu hotel di daerah Rawamangun Jakarta Timur. Unit yang digunakan untuk transportasi paramedic adalah 1 Bigbus dan 1 Small bus hiace dengan spesifikasi dan standarisasi angkutan yang dibolehkan di masa PSBB dengan mengedepankan prosedur social distancing. Seluruh kegiatan transportasi tenaga medis Covid-19 ini tentu memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan baik untuk para tenaga kesehatan, awak kendaraan, dan juga masyarakat pada umumnya karena menerapkan SOP Sanitasi Hygiene terkait Covid-19.

Jam operasional unit antar jemput tersebut adalah dari pukul 07.00 pagi s.d 09.00 malam, dengan melakukan 5 kali bolak balik dalam sehari. Unit yang di pakai juga telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan peraturan PSBB sehingga aman dan nyaman untuk petugas kesehatan yang menaikinya.

Selain itu, driver  juga dibekali dengan materi safety khusus dan juga dilengkapi dengan APD, diberikan juga pelayanan dan perhatian khusus terkait kelangsungan hidup dan kesehatan oleh pihak otoritas KEMENPAREKRAF.

Dengan adanya layanan transportasi khusus untuk petugas kesehatan dengan standarisasi protokol kesehatan membuat paramedic bisa menjalani tugasnya dengan tenang karena mereka belum bisa untuk pulang ke rumah agar mengurangi resiko penularan pada keluarga. 



Monday, 22 June 2020

Serunya Bermain Game Kado dari Bunda Bersama si Kecil


Hai Bunda! Apa kabarnya nih? Semoga bunda dan keluarga sehat selalu. Walau banyak kegiatan kita terbatas karena pandemic, tetap semangat ya karena waktu di rumah bisa jadi kesempatan untuk menghangatkan hubungan bersama si kecil.

Oya sebentar lagi kita akan menyambut Hari Anak Nasional, tepatnya tanggal 23 Juli. Bicara mengenai Hari Anak Nasional, aku punya harapan anak-anak Indonesia termasuk anak-anakku bisa menjadi anak yang soleh, punya akhlak yang baik serta sukses mencapai mimpinya. Kita sebagai orang tua punya peranan penting untuk mendampingi dan membimbing mereka. Ya, karena anak-anak punya hak untuk disayangi oleh orang tuanya.

Aku percaya anak tak perlu hal mewah. Perhatian, kebersamaan, dan hadiah kecil bisa membuat mereka sangat bahagia. Biasanya di rumah, aku mengisi waktu bersama anak-anak dengan bermain, bernyati dan belajar, kadang juga aku berikan hadiah berupa makanan,  mainan atau mengizinkan mereka bermain game favorite jika mereka berbuat baik.

Bunda biasanya suka kasih hadiah apa untuk si kecil?  Bunda bisa berikan hadiah spesial untuk si kecil dengan game Kado Dari Bunda. Permainan mencocokkan gambar ini seru banget dan bisa meningkatkan bonding bunda dan si kecil.


bermain game kado dari bunda

Serunya Bermain Game Kado Dari Bunda


Dalam rangka Hari Anak Nasional, Panduan Bunda mengadakan kompetisi #KadoDariBunda nih. Bunda pasti tidak asing lagi kan dengan Panduan Bunda yang banyak memberikan info tentang ibu dan anak? Aku sering membaca artikelnya yang memberikan banyak ilmu baru terutama tentang parenting. Ada banyak fitur yang bisa kita eksplor, salah satunya adalah Activity Kado Dari Bunda Challenge yang bisa dimainkan bersama si kecil.



Kado Dari Bunda adalah sebuah activity yang diselenggarakan untuk fans dan followers akun social media Panduan Bunda. Untuk memainkan game nya sangat mudah loh bun. Yuk simak caranya:

1. Kunjungi website www.panduanbunda.com
2. Sebelum mengikuti activity kado dari bunda, Bunda harus terdaftar lebih dahulu lalu login menggunakan alamat email
3. Klib Tab “Kado dari Bunda” untuk memulai permainan.
4. Bunda bisa mengajak si kecil memainkan dengan gawai atau desktop untuk menemukan gambar yang sama pada kartu yang tertutup sebanyak 3 sesi.


Saat memperlihatkan activity ini pada Abang Ubay dia langsung semangat. Apalagi ketika membuka kartu yang tertutup dan menemukan gambar yang sama. Gambar yang ditampilkan pun lucu dan colorful sehingga anak-anak betah memainkannya.

Ada 3 sesi permainan dan kartu akan bertambah setiap satu sesi. Permainan pertama terdiri dari 4 kartu.  Jika ingin mulai bermain klik tulisan Play dan mulailah mencocokkan gambar. Abang ubay sangat cepat menyelesaikannya. Sesi kedua ada 8 kartu dan sesi ketiga lebih sulit karena terdiri dari 12 kartu.

Senangnya dia ketika bisa menyelesaikan semuanya dan mendapatkan koin jika berhasil menyelesaikan permainan. Sesi pertama mendapatkan 2 koin, sesi 2 mendapatkan 4 koin dan sesi ke 3 mendapatkan 6 koin. Peserta diberikan 3 kesempatan bermain setiap harinya untuk dapatkan poin. Namun tetap boleh bermain lebih dari 3 tanpa penambahan koin. Seru banget!


Manfaat Bermain Game Bersama si Kecil


Banyak yang bilang jika bermain game tidak baik untuk anak. Namun tidak selalu begitu, selama orang tua bijak memilih permainan yang edukatif dan mendampingi si kecil bermain, maka akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.


1. Meningkatkan Bonding


Bonding/ kedekatan anak dengan ayah bunda akan berpengaruh pada perkembangan akademis dan sosial anak. Anak menjadi mudah bergaul dan punya tingkat kecerdasan tinggi jika ia dekat dengan orang tuanya. Untuk meningkatkan kedekatan anak dan bunda terletak pada aktivitas sehari-hari. Salah satunya menghabiskan waktu untuk bermain bersama. Game Kado dari Bunda sangat menarik, mudah dilakukan dan juga edukatif untuk anak-anak.

2. Mengasah Otak dan Mendorong Kreatifitas


Permainan yang edukatif akan mengasah otak anak karena ada tantangan, strategi dan logika yang dibutuhkan untuk menyelesaikan misi. Otak kanan pun akan semakin terasah karena mengatur kreativitas, inovasi, gambaran dan lain-lain. Untuk game Kado dari Bunda, anak-anak terlatih mencocokkan gambar yang sama dan melatih daya ingatnya.

3. Sebagai Sarana Edukasi


Media game bisa menjadi salah satu sarana mendidik anak yang lebih kreatif dan inovatif untuk generasi zaman sekarang. Kita bisa memilih game dengan tema-tema tertentu yang ingin dipelajari agar anak lebih mudah memahami dan menyerap informasi. Misalnya ingin belajar mengenai anggota keluarga, pilihan permainan dengan gambar-gambar anggota keluarga seperti seperti ayah, ibu, kakak dan adik yang bisa ditemukan dalam kartu permainan Kado dari Bunda sangat tepat untuk media pembelajaran dan mengenal kosa kata baru.

4. Membuat Mood Anak Lebih Baik


Selain sebagai sarana edukasi, Bermain game bersama harus diakui membuat anak merasa lebih senang dan gembira apalagi jika berhasil menyelesaikan permainan dengan sempurna. Tujuan awal dari bemain game adalah sebagai sarana hiburan bagi anak untuk bersenang-senang di waktu luangnya. Otak anak pun memperoleh rangsangan baru hingga kembali fresh.

Hadiah menarik dari Kado Bunda Game


Seru kan bermain game bersama si kecil. Bukan hanya seru, tetapi activity Kado dari bunda juga punya hadiah menarik untuk bunda dengan poin tertinggi. Koin yang sudah dikumpulkan setiap hari saat bermain bersama si kecil dapat ditukarkan dengan kotak. 10 koin ditukar dengan satu kotak berisi huruf acak dalam kata BUNDA “B,U,N,D,A”


Setiap huruf dari kata “BUNDA” punya poin masing-masing yaitu
B = 5 poin
U = 10 poin
N = 15 poin
D = 20 poin
A = 200 poin

Gimana bun? Sudah ajak si kecil bermain Game Kado Dari Bunda? Kalo belum ayo buran jangan sampai ketinggalan karena kompetisi ini berlangsung mulai dari 15 Juni hingga 15 Juli 2020. Jadi mainkan setiap hari ya bun dan kumpulkan poinnya karena 3 bunda dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah seperti Koper Anak, Sepeda Anak dan Balance Bike. Wah semoga aku dan abang ubay beruntung mendapatkan hadiahnya nih!

Oya selain ada game seru, di Panduan Bunda ada juga produk obat kesehatan untuk anak dan keluarga. Lengkap benget seperti Termorex dan Inzana untuk demam anak, Termorex baby untuk demam bayi, Termorex Patch plester kompres demam,  Konvermex untuk obat cacing, dan Anakonidin sirup batuk anak yang menawarkan berbagai pilihan varian berdasarkan jenis batuk yang di alami si kecil. Jadi nggak khawatir lagi nih kalo anak-anak sakit, bisa beli di link Panduan Bunda.

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi sosial media dan website Panduan Bunda :

Instagram  : @panduanbunda
Facebook : https://facebook.com/panduanbunda/
Official website : https://www.panduanbunda.com
Twitter : https://twitter.com/paduanbunda

Thursday, 11 June 2020

Cara Memutihkan Gigi dengan Mudah

cara memutihkan gigi
cara memutihkan gigi (gambar : pixabay)


Banyak orang mencoba cara memutihkan gigi agar tampil lebih percaya diri saat beraktivitas. Gigi yang putih, bersih dan sehat memang idaman semua orang terutama kaum hawa. Wajar saja sih, karena memang gigi sangat mempengaruhi penampilan apalagi kalo kita bekerja di ranah public yang harus bertemu dengan banyak orang. Pasti minder kan kalo gigi terlihat kuning?

Gigi memang biasanya mengalami perubahan warna karena usia. Namun ada faktor lainnya seperti pengaruh konsumsi obat-obatan, merokok, minum alkhohol, penyakit tertentu dan bisa juga karena makanan dan minuman tertentu yang membuat gigi menjadi rusak. 

Cara Memutihkan Gigi dengan Mudah dan Sederhana


Jika teman-teman mengalami masalah gigi kuning dalam masa pandemic ini pasti kesulitan untuk konsultasi ke dokter gigi.  Nah, saya punya beberapa tips yang bisa dicoba sebagai cara memutihkan gigi dan bisa dilakukan di rumah dengan mudah tanpa harus ke dokter gigi. 

1. Siwak


Pasti sudah tahu kan bahwa siwak punya manfaat untuk kebersihan dan kesehatan gigi? Siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu.  Siwak berfungsi sebagai alat tradisional pembersih gigi yang juga bisa memutihkan gigi secara alami. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup gosokkan batang siwak secara merata ke gigi dan bisa dilakukan 2-3 kali sehari.

2. Menggunakan Baking Soda dan Lemon


Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan lemon. cara ini cukup efektif mengembalikan warna putih gigi alami.

Cara menggunakannya dengan mencampurkan air perasan lemon secukupnya dengan satu sendok teh baking soda. Kurangi kadar air liur dan plak pada gigi dengan kapas, dan aplikasikan sebelum menggosok gigi. Oleskan campuran tadi secara merata ke seluruh gigi dan diamkan selama satu menit. Kemudian, bersihkan menggunakan sikat gigi perlahan.


3. Garam


garam menjadi cara yang cukup efektif untuk dilakukan agar bisa memutihkan gigi. Gunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur setiap hari. Garam mengandung antibakteri yang bisa membunuh kuman penyebab gigi berlubang dan membuat gigi menjadi lebih putih. 

4. Daun Sirih


Daun sirih sudah digunakan oleh nenek kakek saya untuk membersihkan gigi secara alami. Daun sirih memiliki kandungan yang mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan memutihkan gigi secara alami. Caranya, ambil 1-2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokkan ke bagian gigi secara merata. Kita bisa juga merbusnya untuk berkumur-kumur.

5. Konsumsi Makanan yang Sehat


Selain menggunakan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan dan kebersihan gigi. Penting juga untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebaiknya kurangi makanan dan minuman yang tinggi gula karena bakteri Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab plak dan penyakit gusi bisa disebabkan oleh maknaan dan minuman manis.

Kita bisa mengganti konsumsi makanan dan minuman manis dengan buah dan sayuran segar yang bisa meningkatkan produksi air liur sehingga sehingga membantu menghilangkan gula dan zat lain yang dapat merusak gigi. Batasi juga minum kopi, the dan minuman bersoda yang dapat meninggalkan bekas noda di gigi. Bila perlu gunakan sedotan saat mengonsumi minuman tersebut.

6. Membersihkan Gigi dengan pasta Gigi Pemutih


Kebersihan gigi tak bisa kita dapatkan jika malas menggosok gigi. Setidaknya bersihkanlah gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari agar gigi menjadi putih berseri. Kita pun bisa menggunakan Pasta Gigi varian Pemutih gigi yang mudah dan praktis digunakan untuk membuat gigi menjadi lebih putih.

Rawatlah gigi secara rutin dan coba praktikkan cara memutihkan gigi dengan mudah dan sederhana di atas. Ternyata tidak perlu mengeluarkan biaya mahal kan? 

Monday, 8 June 2020

Cara Sukses Diet Keto untuk Menurunkan Berat Badan

cara sukses diet keto


Cara sukses diet keto untuk pemula agar bisa menurunkan berat badan ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkanDiet keto menjadi salah satu metode diet yang cukup populer di Indonesia. Menurut kebanyakan orang diet ini menawarkan pola makan yang tidak menyiksa, tetap boleh makan asal membantasi asupan karbohidrat. 

Mengenal Diet Keto


Awalnya diet keto digunakan untuk anak pengidap epelipsi dan kebal obat karena mampu mengurangi frekuiensi kejang. Diet keto juga digunakan penderita diabetes tipe 2 untuk mengontol gula darah. Namun kini diet ini digunakan juga oleh mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit epilepsi mapun diabetes dengan tujuan menurunkan berat badan.

Metode diet keto mengusuh pola makan LCHF (Low Carb High Fat) artinya mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak. Prinsipnya adalah tubuh menggunakan dua bahan bakar yaitu glukosa (gula) dan keton (lemak).

Dalam diet ini ada beberapa tahan yang harus dilalui yaitu :
  • Tahapan Induksi. Tahap ini dilakukan sekitar 2-3 hari untuk mendorong tubuh mencapai kondisi ketosis sehingga tubuh menggunakan lemak sebagai energi. Caranya dengan mengurangi konsumsi karbohidrat,protein hewani seperti telur, daging, ayam dan ikan hingga 10 gram per hari. Puasa selama 16-18 jam dan tetap menjaga aspuan air dan mineral.
  • Tahap Konsolodiasi. Tahap ini memerlukan waktu selama 1 minggu hingga 1 bulan. Orang yang menjalankan diet sudah boleh mengonsumsi sayur dan protein nabati, namun tidak disarankan mengonsumsi buah. Jika di tahap ini konsumsi sayuran menyebabkan gula darah lebih dari 90 mg/dl, maka perlu menjalakan diet ke tahap awal induksi lagi
  • Tahap pemeliharaan. Di tahap ini tubuh mulai terbiasa membakar lemak sebagai energy. Kita mulai bisa mengonsumsi buah-buahan, namun tetap harus membatasi asupan karbohidrat maksimal 20 gram per hari. Jika menjalankan diet keto, jangan lupa untuk rutin mengecek kadar gula darah dan menjaganya agar tidak lebih dari 90 mg/dl. Asupan nutrisi yang disarankan di tahap ini adalah 75% lemak dengan 25% protein dan 10% karbohidrat. 

Manfaat Diet Keto


Diet keto memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh juga untuk mengurangi berat badan. Berikut penjelasannya :

1. Menurunkan berat badan


Diet keto akan membentuk keadaan ketosis, yaitu tubuh membakar lemak menjadi energi. Karena itulah diet ini menjadi metode tepat untuk menurunkan berat badan. Diet ketogonic juga mampu mengurangi lapar dan menurunkan jumlah asupan makanan

2. Mengontrol gula darah


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Awalnya diet ini digunakan untuk penderita diabetes dalam mengontrol gula dalam darah. Ketika asupan karbo rendah maka tubuh akan maksimal menggunakan karbo menjadi energi. Hasilnya kadar gula darah pun berkurang. Karena itu diet ini sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes

3. Meringankan epilepsi


Anak yang mengalami epilepsy dianjurkan menjalani diet keto karena bisa menurunkan intensitas kejang sebanyak 50 % . diet keto bisa mengatasi masalah epilepsy yang tidak bsia diobati. Saat tubuh dalam keadaan ketosis, tubuh akan menghasilkan senyyawa keton sebagai sumber energy untuk otak menggantikan glukosa. 


4. Menurunkan Risiko Gangguan Saraf


Kemampuan keton untuk melindongi otak dari kerusakan juga berguna untuk mencegah gangguah syaraf. Beberapa risiko penyakit gangguan saraf bisa diturunkan dengan diet keto diantaranya penyakit gangguan tidur, Alzheimer dan Parkinson.

Cara Sukses Diet Keto untuk Pemula


Agar program diet keto untuk menurunkan berat badan yang kita harapkan bisa sukses. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan diantaranya:

Disiplin


Melakukan diet keto memang harus disiplin agar hasilnya optimal. Kita harus menghindari segala bentuk karbohidrat dan gula termasuk karbohidrat yang bersal dari tepung, kentak dan mie. Prinsip menghindari lemak ini berlaku selama menjlani diet dalam kondisi ketosis. Jangan nakal mengonsumsi makanan dengan karbohidrat karena kondisi ketosis tidak akan tercapai dan lemak tidak akan terbakar.

Bersiap akan Flu Keto


Selama 7-10 hari pertama di awal memulai diet keto, mungkin kita akan merasakan sakit kepala, tubuh lesu yang biasa disebut flu keto. Hal ini wajar karena tubuh melaukan penyesuaian dengan hilangnya karbohidrat dan mulai melakukan transisi untuk membakar lemak sebagai sumber energi. Tenang saja, setelah masa ini terlewati tubuh akan mulai terbiasa

Perhatikan Asupan Mineral dan Cairan Tubuh


Saat diet keto ginjal akan mengeluarkan banyak elektrolit dan cairan. Jadi pastikan kita mendapatkan asupan mineral dan cairan yang cukup selama melakukan diet keto agar tidak mengalami dehidrasi yang malah bisa membahayakan kesehatan kita. 

Cek Kesehatan 


Jangan melakukan diet keto jika kita tidak mengonsumsi makanan lemak tinggi. Diet keto sebaiknya tidak dilakukan oleh orang yang memiliki riwayat darah tinggi, kolesterol tinggi, batu empedu dan masalah kesehatan lainnya. Agar lebih tenang, kita bisa konsultasikan dulu ke dokter sebelum menjalani diet keto.
 

Buat Rencana Diet


Diet keto tidak disarankan untuk dilakuan terus menerus karena diet ini merupakan diet jangka pendek. Jika target berat badan sehat sudah dicapai, beralihlah dengan pola makans ehat tinggi serat dengan bahan-bahan alami.


Perlu kita ketahui diet ini adalah diet jangka pendek. Jadi jangan memaksakan diri untuk melakukan nya terlalu lama karena ada beberapa resiko yang bisa terjadi jika menjalani diet keto dalam jangka panjang seperti kekurangan asupan karbohidrat sehat, kehilangan manfaat vitamin dan mineral, gangguan ginjla dan meningkatnya risiko ketoasidosis. Selama kita melakukan nya sesuai aturan dengan benar, hasilnya pun akan optimal. Pertimbangkanlah dengan bijak diet sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh. Yang terpenting adalah tubuh tetap sehat dan nyaman. 

Tuesday, 2 June 2020

Milna Nature Puffs Organic, Camilan Sehat si Kecil

milna nature puffs organic


Momen MPASI pertama si kecil memang punya cerita yang manis untuk dikenang. Saya masih ingat bagaimana heboh dan bingungnya merancang menu MPASI sesuai dengan umur dan kebutuhan gizi mereka. Maklum saja, walau sudah banyak membaca referensi dan bertanya dengan teman-teman, pengalaman memang tidak bisa membohongi. Ada rasa khawatir jika saya tidak bisa melakukannya dengan baik. 


Saya meyakini MPASI sangat penting. Setelah pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi membutuhkan pendamping karena ASI tidak lagi mencukupi seluruh kebutuhan energi nutrisi bayi. Pemberian MPASI (Makanan pendamping ASI) pun tidak boleh sembarangan, harus memperhatikan jenis, tekstur dan rasa makanan yang diberikan. Dengan MPASI yang tepat, kebutuhan gizi anak terpenuhi dan ia akan tumbuh optimal pada masa emasnya.


MPASI yang dianjurkan oleh WHO dimulai dengan mengonsumsi makanan solid dan halus agar nutrisinya memadai bagi pertumbuhan tubuh dan otak. MPASI ini idealnya harus kaya nutrisi, khususnya untuk memenuhi kebutuhan di 1000 hari pertama. 


Pengalaman Pemberian MPASI 


Saya memulai pemberian MPASI Ghazy dengan bahan organik atau bahan yang diproses secara alami. MPASI Organik baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendorong perkembangan kognitifnya.  Saat itu saya mulai coba beragam jenis makanan yang dihaluskan. Hal ini untuk melihat reaksinya terhadap makanan, apakah ia ada alergi terhadap jenis makanan terutentu. Syukurlah setelah mencoba beragam jenis karbo, protein, sayur dan buah ghazy tidak menunjukkan adanya reaksi alergi dan sangat bersemangat menikmati momen MPASInya. 


Tantangan selanjutnya di momen pemberian MPASI adalah saat Ghazy mogok makan yang disebabkan karena pertumbuhan giginya. Saya pun disarankan oleh bidan untuk meningkatkan level tekstur MPASInya menjadi tekstur yang lebih kasar. Jangan terlalu lembek karena ia mulai beradaptasi dengan makanan padat dan melatih keterampilan makan (Oromotor Skills). Benar saja seiring bertambah umurnya, si kecil ingin menikmati tekstur yang lebih kasar hingga nantinya bisa makan makanan tanpa harus di haluskan. 


Selain makanan utama si kecil tiga kali sehari. Pemberian camilan bernutrisi juga penting. Saya biasanya memberikan 2 kali sehari mejelang siang dan sore hari. Awalnya saya ragu apa ia anak bayi harus makan sebanyak itu? Ternyata memang benar, setelah usia 6 bulan, si kecil butuh zat besi yang cukup tinggi dan tidak tercukupi hanya dari ASI. Setidaknya kebutuhan zat besi bayi usia 6-12 bulan adalah 11 mg per hari lebih tinggi dari kebutuhan anak berusia 1-3 tahun yang membutuhkan zat besi lebih sedikit, yaitu 7 mg per hari.


Camilan sehat banyak ragamnya, yang paling sering saya berikan adalah potongan buah, biscuit dan snack dari Milna. Salah satu alternatif camilan sehat berbahan organic yang bisa diberikan untuk si kecil adalah Milna Nature Puffs Organic. Pasti ibu-ibu nggak asing lagi ya sama produk satu ini! 


Milna Nature Puffs Organic, Camilan Sehat Lengkapi MPASI si Kecil




Melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil di masa pengenalan semi padat, Milna meluncurkan Milna Nature Puffs Organic sebagai camilan sehat berbahan organik yang tinggi kalsium, bebas gluten, dan menjadi sumber zat besi untuk melengkapi kebutuhan gizi harian. 


Kemasan Milna Nature Puffs Organic ini sangat cantik dengan warna dan gambar yang menarik. Isi snacknya pun imut berbentuk hati untuk si kecil tersayang. Ghazy suka sekali yang rasa keju. Rasanya manis namun tak berlebihan, renyah dengan sensasi mudah meleleh (lumer) di mulut. Membuat momen ngemilnya jadi menyenangkan. Oya ada juga rasa banana dan apple & mix berries yang tak kalah enaknnya. Jangankan ghazy saya pun suka menyantapnya. 


Baca Juga : Momen Makan Pertama Si Kecil Bersama Milna

Kelebihan Milna Nature Puffs Organic


varian milna nature puff


Oya selain bentuknya yang disukai anak-anak. Ada banyak kelebihan Milna Nature Puffs Organic untuk jadi pilihan camilan si kecil yaitu :


1. Terbuat dari Bahan Organik 

Sesuai namanya, Milna Nature Puffs Organic  bersumber dari 95% pangan organik, cenderung lebih menyehatkan karena diproses tanpa menggunakan benih transgenik atau rekayasa genetik.  Dibuat dari beras hasil metode agrikultur ramah lingkungan, non GMO (genetically modified organism) yang terjamin kualitas nutrisinya. Pangan organik juga mengandung kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan berbagai zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan. 


2. Mengandung Sumber Zat Besi

Milna Nature Puffs Organic memiliki kandungan sumber zat besi yang membantu pembentukan hemoglobin 


3. Bebas Gluten

Selain bernutrisi, Milna Nature Puffs Organic ini juga bebas gluten sehingga mengurangi munculnya risiko alergi dan hipersensitif pada makanan. Jadi ibu nggak perlu khawatir jika si kecil punya alergi gluten ya.


4. Tinggi Kalsium

Selain mengandung zat besi, milna nature puffs organic juga tinggi kalsium yang membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulan dan gigi si kecil


5. Lumer di Mulut

Dalam masa MPASI si kecil memang seringkali tersedak saat mencoba mengunyah makanan. Camilan sehat Milna Nature Puffs Organic ini aman karena memiliki tekstur yang lembut, mudah lumer di mulut si kecil.


6. Diproses tanpa pengawet, pemanis buatan, penguat rasa dan pewarna sintesis


7. Proses pembuatan milna nature puffs organic dipanggang dan bukan di goreng sehingga lebih sehat untuk si kecil


Stimulasi Motorik Si Kecil dengan Milna Nature Puffs Organic 


camilan sehat si kecil
sumber foto : WWCOMM

Menurut dr. Muliaman Mansyur selaku Head of Medical Kalbe Nutritionals, dari bulan ke-4, Si Kecil sudah memiliki kontrol otot yang memadai untuk memutar kepalanya dan mengikuti gerakan sebuah obyek. Kemampuannya akan terus bertambah dari bulan ke bulan, sehingga di tahun pertama, umumnya dia akan mulai mampu untuk seimbang, duduk, merangkak dan akhirnya berdiri. 


Sementara itu, keterampilan motorik halus melibatkan koordinasi gerakan otot-otot kecil,  meliputi tangan, jari-jari dan pergelangan tangan. Kemampuan motorik halus memungkinkan Si Kecil untuk melakukan berbagai hal. Misalnya, menggerakan tangan untuk makan, menggambar, bermain, mengambil mainan atau barang-barang berukuran kecil, menggenggam dan memberikan benda, memasukkan benda ke dalam wadah dan sebagainya.


milna stimulasi motorik
sumber foto : WWCOMM


Agar kemampuan motoriknya makan tearasah. Kita dapat melatih motorik Si Kecil, sekaligus juga memberikan nutrisi yang tepat kepada Si Kecil melalui makanan atau camilannya, sehingga Si Kecil bisa belajar menggenggam dan menjimpit camilannya, sambil makan makanan bernutrisi tersebut juga.

 

Stimulasi yang dilakukan terus-menerus dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil, memacu kecerdasan, membantu menguatkan koneksi serabut otak (sinapsis) dan sel-sel otak guna mendukung fungsi otak yang optimal.  Selain itu juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, perhatian Si Kecil di kemudian hari.


milna puff enak

Nah untuk melatih stimulasi motorik si kecil bisa dilakukan saat sedang nyemil Milna Nature Puffs Organic. Selain dilengkapi gizi seimbang, Milna Nature Puffs Organic dirancang untuk menstimulasi sensor motorik si kecil. Bentuk hati yang mungil dan imut bisa menyesuaikan tangan si kecil sehingga ia lebih leluasa mencubit dan mengambil benda di sekitarnya. 


Pemberian camilan dengan menggunakan tangan atau dikenal dengan finger foods ini bisa mendukung koordinasi antara mata dan tangan si kecil, mengembangkan kemampuan menjepit dan mencengkeram, serta keterampilan mengunyah. Pemberian finger food merupakan stimulasi yang tepat untuk merangsang pertumbuhan dan mengaktifkan panca indra Si Kecil.


Dengan membersamai si kecil melatih motoriknya dengan cemilan, pengalaman makan menjadi waktu belajar menyenangkan bagi si kecil. Kita bisa ajak si kecil mengambil dan menggigit makanan camilannya lalu bertanya apakah ia suka dengan camilan yang sedang ia coba. 


Oya selama masa social distancing dan physical distancing karena adanya pandemi COVID-19, kita harus tetap jaga nutrisi si kecil dengan pemberian MPASI Organic agar tetap sehat dan terjaga kekebalan tubuhnya. Milna  pun mengajak orang tua yang memiliki anak balita untuk #dirumahbarengMilna dengan menyediakan Milna Nature Puffs Organic bagi Si Kecil. Sehingga, meskipun tetap di rumah, perkembangan motorik Si Kecil tetap dirangsang dengan makan dan mencubit benda-benda kecil. 


Untuk membeli Milna Nature Puffs Organic tak perlu khawatir karena Milna mudah ditemukan dimana pun, baik di toko general trade, modern trade maupun di Official Stores Milna di e-commerce. 


Menyenangkan sekali ya bun cerita tentang pengalaman pemberian MPASI ini. Pasti bakal jadi cerita manis saat anak-anak besar nanti! Si kecil sudah coba Milna Nature Puffs Organic kah bun? Yuk berbagi cerita di kolom komentar! 


Semoga si Kecil Sehat Selalu  :)


Friday, 29 May 2020

Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

persiapan dana pendidikan untuk anak


Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya terutama mengenai pendidikan. Dengan pendidikan yang baik, orang tua merasa lebih tenang. Harapannya anak-anak akan mendapatkan ilmu yang mumpuni dan sukses menggapai cita-citanya. Namun saat ini biaya pendidikan tidaklah murah apalagi biaya memasuki perguruan tinggi populer. Orang tua harus menyiapkan uang cukup besar. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk merencanakan tabungan pendidikan anak sejak dini. 

Mempersiapkan dana pendidikan anak bisa orang tua lakukan dengan membuka tabungan konvensional biasa, asuransi atau tabungan pendidikan. Kita bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan agar dapat menabung dana pendidikan dengan maksimal antara lain: 

Menentukan Tempat Sekolah Anak


Sebelum mulai merencanakan tabungan untuk pendidikan anak, hal pertama yang harus orang tua ketahui adalah dimana kita akan menyekolahkan anak. Di sekolah swasta atau di sekolah negeri? Pertimbangkanlah biaya sekolahnya karena biasanya sekolah swasta memiliki biaya yang lebih besar dibandingkan dengan sekolah negeri apalagi jika sekolah tersebut memiliki fasilitas yang lengkap. 


Riset Total Biaya Pendidikan


Setelah menentukan sekolah mana yang akan anak anda tuju. Selanjutnya carilah informasi berapa biaya masuk dan biaya bulanan sekolah tersebut. Selain itu penting juga untuk mengetahui biaya lain untuk menyokong kegiatan di sekolah nanti misalnya biaya les, buku, fasilitas pendidikan lain yang harus dibeli sendiri, transportasi anak ke sekolah hingga biaya ekstrakulikuler yang dibutuhkan untuk megasah bakat sang anak nanti. 
Meskipun biaya ini belum bisa ditentukan secara spesifik, setidaknya anda bisa riset biaya secara umum untuk mempersiapkan anggaran yang akan anda masukkan ke dalam rencana pendidikan anak. 

Menetapkan Masa Menabung


Jika biaya pendidikan secara umum sudah anda tentutkan, selanjutnya adalah menentukan kapan anda membutuhkan dana tabungan tersebut. Misalnya anda membutuhkan dana tabungan anak saat anak ingin masuk SMA atau saat kuliah. Rencana masa menabung tergantung dari keputusan orang tua menentukan kapan waktu menggunakan dana tabungan pendidikan itu.

Sisihkan Setiap Bulan


Setiap bulan sisihkanlah uang di awal. Ini merupakan strategi terbaik untuk menyimpan tabungan pendidikan anak. Sebagian orang memutuskan untuk menabung dari sisa uang, cara ini kuranag efektif karena belum tentu kita bisa menyisakan uang di akhir bulan. Sebaiknya sisihkan uang di awal bulan ketika mendapat penghasilan/ mendapatkan gaji agar rencana tabungan pendidikan anak bisa berhasil.

Mengatur Budget Bulanan


Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan budget bulan untuk menyimpan tabungan pendidkan anak. Agar target tercapai sesuai jangka waktu menabung, orang tua perlu membuuat budget berapa biaya yang harus disishikan setiap bulannya dalam tabungan pendidikan. Caranya dengan menyisihkan uang untuk cicilan terlebih dahulu, setelah itu sisihkan untuk tabungan dan investasi, dan yang ketiga sisihkan untuk biaya asuransi/BPJS.  Setelah semua tagihan dibayar, anda bisa menyisihkan uang untuk menabung dana pendidikan anak.

Berinvestasi


Nah selain tips di atas, anda bisa mencoba beberapa instrument investasi untuk mendapatkan income lebih yang menunjang tabungan pendidikan anak. Reksa dana misalnya, ini salah satu cara menananamkan dana di pasar keuangan, saham, dan obligasi melalui jasa manager ivestasi. Reksa dana memiliko resiko kecil serta dana minimum sehingga cukup aman untuk di coba. Anda pun bisa mencoba investasi lainnya seperti property dan emas yang setiap tahun harganya cenderung mengalami kenaikan dan bisa membantu untuk masa depan anda dan keluarga.


Itulah tips yang bisa anda terapkan jika ingin memulai menabung dana untuk tabungan pendidikan anak. Yang terpenting niat dan usaha yang tekun agar pendidikan anak dimasa depan lebih terjamin.