Top Social

Friday, 10 January 2020

SPOTS : Mesin EDC GoPay, Permudah Transaksi

mesin EDC GoPay

Menyisihkan waktu untuk me time bagi seorang ibu itu menurut saya penting banget. Biasanya selepas me time, saya lebih ceria dan bersemangat membersamai anak-anak juga keluarga. Hal-hal yang terlihat sederhana bagi seorang ibu ternyata bisa jadi sangat mewah seperti memanjakan diri di salon, jalan ke pusat perbelanjaan atau santai makan di tempat makan favorit tanpa membawa anak. Beruntung sekali punya suami dan ibu yang super pengertian, mengizinkan saya meninggalkan anak di waktu-waktu tertentu untuk menikmati waktu saya tanpa perlu khawatir.

Saya suka mengenang saat-saat kuliah dengan berkeliling mencari buku, membeli pernak-pernik lucu atau nongkrong di bioskop dan di tempat makan sendirian. Ya, saya dulu suka kemana-mana sendirian. Menyenangkan aja sesekali sendirian.

Belum lama ini saya mengunjungi tempat makan yang dikenal dengan menu ayam saos keju nya yaitu Dapur Puspa. Sebenarnya nggak sengaja menemukannya, saya batal ke masjid untuk sholat Gerhana karena berhalangan jadi saya melipir ke Dapur Puspa yang letaknya tepat di depan Masjid Al Khair Jalan Flamboyan SKIP Bengkulu.

mesin EDC GoPay



Di sekitar jalanan SKIP memang banyak banget tempat makan yang dibisa dipilih, senang aja liatnya karena UMKM di Bengkulu makin maju dan berkembang. Sejalan juga sih dengan kemajuan teknologi yang memudahkan pelaku UMKM untuk mempromosikan usahanya.

mesin EDC GoPay

Saya memesan fire wings, kwetiaw goreng dan salad buah yang ternyata terjangkau banget harganya, hanya Rp 46.000. Saat pembayaran ada yang menarik perhatian karena Dapur Puspa menggunakan SPOTS atau sering disebut Mesin EDC Gopay

mesin EDC GoPay

Saya cukup familiar sama mesin keluaran Gojek ini karena sering membaca cerita teman-teman UMKM yang memudahkan mengelola pesanan dan mendukung proses transaksi. Karena penasaran saya iseng bertanya dengan ownernya. Menurut beliau walau Gojek belum masuk ke Bengkulu, sistem pembayaran Gopay dan mesin EDC Gopay sudah banyak digunakan oleh pelaku UMKM di Bengkulu karena murah dan mudah.

Mengenal SPOTS : Mesin EDC GoPay


Nah ada yang penasaran nggak apa itu SPOTS? SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia. Jadi SPOTS ini adalah sistem Point Of Sale yang dilengkapi berbagai fitur untuk membantu operasional usaha. Sistem kasir onlinenya bisa digunakan untuk mengelola pesanan. Biasanya banyak pelauk UKM mengalami kesulitan dalam mengelola pesanan online dan offline karena terbatasnya akses pembayaran non tunai hingga mengalami kerepotan dalam merekap transaksi.

Dengan Mesin EDC Gopay pelaku usaha akan mendapatkan 3 manfaat sekaligus yaitu kenyamanan dalam memonitor usaha dalam satu perangkat, mudah dan aman dalam menerima pembayaran serta tidak perlu melakukan perhitungan manual untuk mengetahui omzet usaha setiap harinya.

Nah di SPOTS ini pemilik UMKM hingga pemilik franchise akan dimudahkan melakukan transaksi karena jenis pembayaran bisa dengan tunai juga nontunai. Sebelumnya hanya mengandalkan Go-Pay, kini mesin EDC Gopay sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit, dan beberapa bulan lagi kartu kredit. SPOTS merupakan mesin EDC dengan kartu Debit pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini. 

Fitur di Mesin EDC SPOTS


Ada beberapa fitur di SPOTS yang sangat membantu proses pesanan dan transaksi yaitu:

1. Mengatur menu

mesin EDC GoPay

Pemilik usaha bisa mengisi manual atau impor menu  dari aplikasi GoFood, mengatur jumlah, foto, harga, serta kategori menu sesuai kebutuhan.

2. Menerima pesanan GoFood

Saat ada pesanan dari aplikasi GoFood, pemilik usaha akan mendapatkan notifikasi realtime.

3. Pembayaran dengan GoPay & Kartu Debit

Nah, sistem pembayaran menggunakan mesin EDC Gopay ini sangat beragam. Pembeli bisa membayar menggunakan uang tunai, GoPay maupun kartu debit dari bank manapun.

4. Mencatat ragam tipe pembayaran

Dengan mesin ini kita pun bisa mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan oleh pelanggan.

5. Cetak resi instan

mesin EDC GoPay

Mesin EDC Spots SPOTS merupakan sebuah POS + EDC + Printer: All in One Device. Simpel dan tidak memakan banyak tempat karena perangkatnya dilengkapi dengan printer, tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

6. Laporan harian

Selain memudahkan transaksi, pelaku UMKM bisa melihat perkembangan omzet melalui rekap yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim setiap hari.

Kemudahan transaksi menggunakan mesin EDC GoPay juga saya rasakan sebagai pembeli karena cepat dan ringkas. Saat membayar, menu yang saya pesan semua tertera di SPOTS begitu juga dengan harganya. 


Mba Puspa, owner Dapur Puspa pun menunjukkan beberapa sistem pembayaran yang bisa dipilih. Saat itu saya menggunakan debit BCA dan menurut beliau debit Bank apapun bisa digunakan. Struk pembelian pun otomatis keluar dari mesin EDC GoPay sesuai pesanan saya.

mesin EDC GoPay

mesin EDC GoPay


Dengan fitur yang lengkap, berkualitas, bermanfaat , dan cara menggunakan Mesin EDC GoPay yang mudah banget untuk pelaku usaha/ UMKM ternyata harga mesin SPOTS ini  sangat terjangkau. Pendaftarannya hanya Rp. 490.000 dan biaya berlangganan Rp. 4900 per hari. 

Teman-teman yang tertarik untuk mempunyai mesin EDC GoPay bisa mengunjungi website https://spots.co.id atau jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SPOTS bisa kunjungi media sosial SPOTS di https:/www.instagram.com/spots.id/  dan https://facebook.com/spots.id/

50 comments on "SPOTS : Mesin EDC GoPay, Permudah Transaksi "
  1. Berarti SPOTS Dapur Puspa udah upgrade, ya. Aku kemaren tokonya cuma terima GoPay, minimal belanja 30.000.

    ReplyDelete
  2. Eh, baru tau aku kalau SPOT bagian dari perusahaan Gojek. Saya pikir dia berdiri sendiri. EDC Spot nih memang mempermudah bagi pembeli ataupun penjual ya, Mba. Lebih praktis.

    ReplyDelete
  3. Dari satu mesin kecil begini bisa banyak dilakukan seputar pengelolaan usaha ya. Pasti lebih ringan pengelolaan keuangan pemilik usahanya, jadi bisa fokus ke produk atau jasa saja. belum lagi bagi pembeli, juga terasa mudahnya . Bagus nih mesin EDC SPOTS dari Gopay!

    ReplyDelete
  4. Jaman now pembayaran apapun semakin mudah ya, termasuk bayar makanan. Saya kmrn juga ditawarin pakai mesin EDC Gopay ini, dan simpel banget, pake kartu debit bisa juga, keren deh

    ReplyDelete
  5. Yang menjadi rekanan gojek, sudah banyak nih yang pakai spots, di mall juga sudah banyak yg pakai. Aplikasi mesin kasir yang all in one dan mempermudah pemilik usaha

    ReplyDelete
  6. Asik nih para pengusaha bisa mengetahui omset yang di dapat setiap Hari. Bagian kasir lebih enak dan di permudah dengan spots mesin edc gopay

    ReplyDelete
  7. Manfaatnya banyak, harga pun terjangkau. Urusan merekap keuangan apalagi yang kecil-kecil seringkali abai dilakukan oleh UMKM. Lhah, mengurus operasional saja sudah repot. Apalagi kalau pelanggan pas rame-ramenya, ya. Bisa habis waktunya kalau mengurus hal-hal kecil seperti memantau nominal transaksi. Tapi diabaikan pun juga berbahaya. Kehadiran mesin EDC GoPay pastinya sangat membantu, nih.

    ReplyDelete
  8. Spots memudahkan banget ya terutama untuk pebisnis skala kecil menengah.. sangat terjangkau pula.. semoga layanannya semakin baik..

    ReplyDelete
  9. Lucu ya tampilan EDCnya, kayak hp gitu. Jadi pengen punya *eh gimana?* Trus itu kalau bayar pake debit kena potong adm ga? Kan kalau EDC biasa, beda bank kayak atm aja. Kena potong 6500an

    ReplyDelete
  10. Di Bengkulu belum ada gojek ya mbak, semoga segera masuk sana.
    EDC SPOTS ini membantu banget bagi pelaku UMKM ya, bisa dibilang naik kelas lah karena bisa menerima pembayaran cashless

    ReplyDelete
  11. Wah seneng sekarang ya mba. Kalau jalan-jalan nggak bawa uang cash itu bisa tenang. Salah satunya dengan adanya mesin spots ini, kita bisa bayar dengan gopay aja. Semua jadi beres hihihi. Menurut aku ya, spots ini ga cuma bermanfaat buat pembeli aja tapi banyak manfaatnya untuk penjual ya. Soalnya pembukuan mereka jadi lebih cepet, rapih dan teratur ya. Aku jadi penasaran Siapakah penemu alat spots dan aplikasinya hihihi

    ReplyDelete
  12. wah penggunaan spot makin rame ya sekarang, memang praktis sih alatnya ya

    ReplyDelete
  13. Keren banget ini inovasinya Mba, makin bikin semangat jualan, penjual dimudahkan, jadi pengen nyobain buat usaha ortu saya

    ReplyDelete
  14. seneng banget teknologi memberi kemudahan akses buat kita bertransaksi.. jd gak melulu harus pake tunai yaa.. lebih aman nih menurutku..

    ReplyDelete
  15. Sangat mudha dan praktis untuk yang punya kios ya. Gak khawatir dapat uang palsu, karena kita kebanyakan orang bertransaksi pake e money atau dompet digitalnya termasuk aku sih. Spots jadi solusi terbaik ya mak.

    ReplyDelete
  16. Ternyata mesin EDC Gopay bisa tersedia di mana saja, meskipun Gojek belum ada di daerah tersebut.
    eh iya, itu pesanan fire wings, kwetiaw goreng dan salad buah dengan harga Rp 46.000, murah juga ya, Mbak.

    ReplyDelete
  17. Gojek sekarang udah bukan lagi sekadar bergerak di jasa transportasi online. Terus melebarkan sayapnya. Senangnya selalu peduli dengan masyarat kecil dan menengah. Termasuk pengusaha UMKM

    ReplyDelete
  18. Hehe Fira juga suka makan di dapur puspa ini. Enak fire wingnya. Sampai bela-belain makan sendiri hihi.

    Alat SPOTS menurut Fira di Bengkulu masih kurang banyak, mungkin karena belum ada gojek yah. Tampilan SPOTS lebih praktis tu kayaknya dari mesin pembayaran lainnya.

    ReplyDelete
  19. Buat pembeli praktis juga ya mba kalau mau cashless. Kalau untuk pelaku umkm juga lebih enak atur2nya dalam satu mesin sekecil itu. Jadi nggak hanya di mall2 besar juga yah :D

    ReplyDelete
  20. Asyiknya sekarang jajan atau belanja ngak perlu ribet harus bawa-bawa uang tunai cukup bawa smartphone atau kartu debit sudah bisa bayar dengan pembayaran non tunai, dan saya juga sudah nyobain bayar pakai Mesin EDC GoPay, SPOTS, mudah banget dan bisa pakai kartu debit juga meskipun terbatas dengan kartu debit BCA.

    ReplyDelete
  21. SAtu mesin udah all in one ya, memudahkan kawan-kawan yang punya UMKM agar tidak ribet dalam hal pembukuan dan pencetakan resi. Udah pake satu app aja dengan mesin itu, beres semua. Biaya maintenancenya juga terjangkau bagi pemilik usaha.

    ReplyDelete
  22. Oemilik gerai makanan kaya gini makin dimudahkan ya dengan adanya mesin EDC Gopay, jadi pelanggan bisa menggunakan atmnya di sini

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah semakin bangga dengan teknologi jaman sekarang
    karena memudahkan, kepada pelaku usaha amupun yang bergerak di transportasi online.
    Aku sendiri belum pernah transaksi langsung, semoga kapan2 sempat mencoba

    ReplyDelete
  24. Asyik ya transaksi dengan mesin edc ini. Tak hanya buat konsumen yang jadi lebih praktis saat membayar tapi juga buat pedagang yang terbantu banget mendata secara rinci seluruh pemasukannya

    ReplyDelete
  25. Wahh jadi lebih mudah yaa kalo gini, ga takut gabawa uang cash dah

    ReplyDelete
  26. Akupun berharap UMKM di Gresik juga makin berkembang, Mbak. apalagi kalau dibantu dengan mesin EDC Gopay SPOTS ini.

    ReplyDelete
  27. Buat anak yang suka jajan kayak aku gini aku seneng banget kak kalau ada keberadaan pembayaran lebih. Mudah dengan gopay seperti ini

    ReplyDelete
  28. Ngojek memang semakin keren nih, terus ada Inovasi-inovasi baru yang membuat hidup lebih mudah dan menyenangkan. Salah satunya pembayaran dengan menggunakan mesin SPOTS ini ya, Mbak. Fleksibel karena bisa diterapkan ke berbagai usaha.

    ReplyDelete
  29. Makin seneng nih buat para cashless macam saya yang seneng jajan pake gopay hehe.

    ReplyDelete
  30. Nanti kalau punya usaha sendiri, pakai Spots aja ya buat pembayaran. Ini bantu banget buat pedagang mengelola pesanan dan keuangan. Mudah juga buat pembeli untuk chasless

    ReplyDelete
  31. Wow sudah digunakan di 15.000 outlet di seluruh Indonesia? Luar biasa. Berarti masyarakat memang terbantu dan dimudahkan dengan layanan ini ya Mbak.

    ReplyDelete
  32. Pakai Mesin EDC Gopay ini bikin praktis bngt transaksi jadi mudah Dan pmilik Juga bisa dng cepat mengetahui transaksi/ harinya

    ReplyDelete
  33. Sebagai generasi cashless udah pasti seneng banget bayar-bayarnya pakai mesin EDC Gopay SPOTS. Praktis, nggak ribet mikirin uang kembalian pula.

    ReplyDelete
  34. Keren ya sekarang. Gopay udah bisa dipakai di mana2. Gak hanya diperusahaan besar, UKM pun pake EDC Gopay

    ReplyDelete
  35. Praktis banget yaa...
    Semua dilakukan dengan cara digitalisasi dan buktinya bisa langsung di print.
    Jadi ingat cita-cita waktu aku kecil, jadi kasir.
    Hahahaa....karena liat laci yang bisa buka otomatis kalo ada yang bayar.

    ReplyDelete
  36. Sekarang makin banyak yang memfasilitasi untuk belanja cashless. Aku juga salah satu orang yang suka belanja cashless, soalnya gampang dan ga ribet. Transaksi juga tercatat dengan rapi di history dan banyak diskon juga hehe.

    ReplyDelete
  37. SPOTS menjadi salah satu terobosan untuk memasyarakatkan cashless. Biasanya kan kalau pembayaran dengan EDC lebih ke gerai atau rumah makan besar. Nah, kalau SPOTS ini warung makan biasa aja udah banyak yang pakai. Usaha rumahan juga banyak yang sudah menggunakan. Lebih-lebih yang gabung sama GOjek, rata2 pakek EDC ini.

    ReplyDelete
  38. eh waktu pesan gofood, saya pernah dapat resi ini. berarti yg jualan pakai spots ini donk ya. keren deh, membantu para penjualan agar tak ribet soal pengaturan keuangan

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah,, sekarang kotaku tercinta semakin berkembang.
    Duh, jadi pengen balik dan icip icip kuliner khas bengkulu.
    Apalagi sekarang bertransaksi semakin mudah dengan mesin EDC Spots

    ReplyDelete
  40. Yeaaay. Di mana2 ada spots. Gak perlu bawa cash lagi.. Lebih praktis bayar pake Spots

    ReplyDelete
  41. Fungsinya banyak banget ya. Dan aku baru ngeh kalau pernah lihat secara langsung mesin ini di rumah omku yang jualan kebab. Cuma kupikir itu mesin EDC dari sebuah bank gitu. Ternyata dari SPOTS yaa.

    ReplyDelete
  42. Ayam Saos Keju. Sampai di nama menu ini, saya jadi terbayang-bayang.

    Btw SPOTS ini mesin kasir canggih yang pas banget buat UMKM rasanya ya. Semoga makin banyak yang memakai mesin ini.

    ReplyDelete
  43. Mantap banget membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya.

    ReplyDelete
  44. Jadi SPOTS ini sama saja dengan mesin ECD Gopay ya, sama-sama mesin kasir yang kelihatannya praktis banget digunakan ya Mbak. Urusan traksaksi sepertinya juga bakal lebih mudah dn cepat nih dengan mesin kasir ini

    ReplyDelete
  45. wha SPOTS ini banyak membantu pelaku usaha kelas menengah juga ya...jadi bisa profesional urusan keuangannya...

    ReplyDelete
  46. GoJek makin canggih aja nih ya.. bisa mengeluarkan aplikasi kasir SPOTS yang praktis bagi pelaku UMKM. Bisa langsung terhbung dengan GoFood pula. Mantapp nihh...

    ReplyDelete
  47. Asyik banget sekarang di mana-mana sudah banyak yang pakai SPOTS. Kalau pencatatan penjualan dan metode pembayarannya sudah dipermudah dengan alat ini semoga pemilik usaha jadi memiliki banyak waktu untuk ngurusin yang lain, misalnya strategi dan pengembangan bisnis. Betul, nggak?

    ReplyDelete
  48. saya kira harganya akan mahal. ternyata pakai spots tuh biayanya terjangkau. kebetulan saya berencana ikutan gabung di gofood, kalau pakai spots bs bantu atur keuangan

    ReplyDelete
  49. Ini tentu membantu banget bagi para pelaku umkm terutama dalam hal pembukuan. Pembukuan sendiri merupakan bagian penting dlm suatu usaha. Nice info, mbk. Makasih sharenya yak.

    ReplyDelete
  50. Mesinnya sudah upgrade berarti yaaa, kapan hari belanja di salah satu merchant di Makassar, bayarannya masih pake gopay atau tunai belum terima dengan kartu debit

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^