Top Social

Kenali Gejala Virus Corona dan Cara Pencegahannya

gejala virus corona


Kenali Gejala Virus Corona dan Cara Pencegahannya. Virus corona tidak main-main. Virus tidak terlihat ini sangat cepat penyebarannya. Menurut data Kementrian Kesehatan RI, hingga 26 April sudah ada 8.882 kasus konfirmasi COVID-19 di 34 provinsi dan 1.107 orang meninggal. Tentu saja hal ini membuat khawatir, sedih rasanya mengingat saat ini kita tidak bisa menjalankan kegiatan bulan Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk menekan potensi penyebarannya, tetap di rumah aja adalah pilihan terbaik. Penting juga untuk mencari tahu informasi terkait virus corona agar kita bisa melakukan tindak pencegahan.

Mengenal Virus Corona


virus corona
virus (sumber foto : pixabay)

Coronavirus atau Covid-19 merupakan virus yang menyebabkan sakit pada manusia dan hewan. Biasanya akan menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan pada manusia mulai dari flu biasa hingga penyakit serius seperti MERS, sindrom pernapasan akut berat/SARS. Virus Corona jenis baru ini ditemukan sejak kejadian di Wuhan Cina, Desember 2019.

Penyebaran virus Penyakit ini bisa menular melalui droplet (tetesan kecil) dari hidung atau mulut saat penderita covid batuk maupun bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda sekitar . jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19. Untuk masa inkubasi saat ini belum diketahui secara pasti, namun rata-rata gejala akan timbul setalah 2-14 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Siapa saja bisa terinfeksi virus corona. Namun bayi , anak kecil serta orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah lebih rentan terhadap virus ini. Selain itu seseorang yang tinggal atau berpergian ke daerah yang rawan virus corona seperti Tiongkok,  juga beresiko terserang penyakit ini.

Gejala Virus Corona


gejala covid 19
sumber gambar  : pixabay

Seseorang yang terinfeksi virus corona bisa menunjukkan gejala maupun tidak. Gejala virus corona muncul tergantung jenis virus yang menyerang dan seberapa serius infeksi di dalam tubuh.

Beberapa gejala ringan virus corona diantaranya pilek/hidung beringus, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, dan merasa tidak enak badan. Gejala lain yang lebih serius bagi sebagian orang dapat menyebabkan demam lebih dari 38 derajat,  pneumonia atau sesak napas. Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit ini dapat menyebabkan kematian terutama orang berusia lanjut dan yang memiliki resiko tinggi seperti asma, diabetes atau penyakit jantung.

Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala pernah melakukan perjalnaan ke negera terjangkit atau pernah kontak dengan penderita COVID-19 sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Pencegahan Virus Corona


pencegahan virus corona


Mencegah lebih baik. Besar harapan kita dan keluarga tidak terinfeksi virus corona. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus ini diantaranya :

1. Menjaga Kesehatan Tubuh
Penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar agar sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat. Jika tubuh tetap prima akan mengurangi resiko tertular penyakit.

2. Rajin Mencuci Tangan dengan Benar
Penyebaran virus corona bisa disebabkan karena tangan kita menyentuh sembarang benda yang terkena droplet penderita.  Sekitar 98% penyakit berseumber dari tangan. Karena itu menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting. Jadi sudah seharusnya kita mencuci tangan dengan benar menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasi alcohol. Mencuci tangan hingga bersih selain dapat membunuh virus di tangan, tindakan ini juga sangat mudah dan murah. 

3. Menerapkan Etika Batuk
Ketika batuk maupun bersin, segera tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam )bukan telapak tangan. Gunakan juga masker jika kita sedang sakit agar tidak menulari orang lain. 

4. Hindari menyentuh area wajah
Jangan menyentuh wajah terutama mata, hidung dan mulut. Tangan yang menyentuh banyak hal bisa terkontaminasi virus dan dengan mudah masuk ke tubuh.

5. Gunakan masker 
Pakailah masker dengan benar ketika sakit atau saat berada di tempat umum. Segera buang tisu atau masker yang sudah digunakan ke tempat sampah lalu cucilah tangan.

6. Hindari bepergian
jika tidak ada hal yang mendesak lebih baik tidak bepergian ke luar rumah apalagi ke daerah dan negara terjangkit. Ikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah aja  untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona

Jika mengalami gejala infeksi virus corona selama masa karantina. Kita bisa menghubungi petugas kesehatan terdekat. Atau jika dirasa khawatir mengunjungi pusat pelayanan kesehatan, bisa juga konsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Di Halodoc kita bisa menceritakan gejala atau sakit yang dialami, setiap dokter di Halodoc bisa memberikan diagnosis awal.  Jujurlah dalam menjawab pertanyaan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan jika diperlukan dokter akan memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat.

Nah, semoga kita dan keluarga sehat selalu dan bisa menjalani ibadah di bulan Ramadhan dengan lancar. Tetap jaga kesehatan dan selalu pantau perkembangan penyakit COVID 19 dari sumber resmi dan akurat.

Referensi :
https://covid19.kemkes.go.id/
https://halodoc.com


Be First to Post Comment !
Post a comment

Silahkan Berkomentar ^_^