Top Social

Wednesday, 15 April 2020

Bagaimana Cara Melindungi Diri dan Keluarga dari Virus Corona?


Virus Corona merupakan virus yang menyerang saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Virus yang memiliki nama lain Covid19 ini ditemukan kasusnya pertama kali di Wuhan China pada Desember tahun 2019. Namun karena sebab tertentu, kasus Covid19 baru dibuka ke publik di awal tahun 2020. Covid19 masuk ke Indonesia di bulan Maret setelah menjadi wabah yang mematikan lebih dari 3 ribu orang di China. Hingga saat ini, Covid19 sudah memakan korban lebih dari 33.000 orang di seluruh dunia termasuk 100 orang lebih dari Indonesia.

Meski sudah menelan banyak korban, sejatinya Corona Virus ini sama dengan virus influenza lainnya yang bisa sembuh dengan kekebalan tubuh yang baik. Bahkan bagi penderita dengan kekebalan baik, dia bisa saja tidak memiliki gejala meski tetap dapat menularkan. Kondisi ini disebut carrier atau pembawa dimana seseorang terjangkit corona virus dan bisa menularkannya tanpa ia ketahui. Para carrier inilah yang berperan aktif dalam penyebaran virus karena ia tidak diisolasi seperti pada pasien sakit dan yang terdeteksi. Akibatnya, jangkauan penyebaran virus semakin luas hingga kini sampai di 31 provinsi di Indonesia. Namun jika tubuh bisa melawan corona di dalam tubuhnya, maka virus ini akan mati dengan sendirinya pada jangka waktu 14 hari di dalam tubuh. Karena itu masa karantina minimal bagi pasien, maupun orang dalam pemantauan adalah selama 14 hari.

Lalu bagaimana cara agar orang sehat tidak terpapar covid19? Mengurangi bertemu dengan banyak orang merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran karena Anda tidak pernah tahu siapa yang menjadi carrier diantara orang-orang yang ditemui. Pembatasan aktivitas di luar ini telah menjadi cara yang dihimbau pemerintah yaitu dengan jargonnya Di Rumah Saja dan Sosial Distancing bagi yang tetap harus bekerja ke luar. Selain itu membiasakan diri hidup higienis dengan rajin cuci tangan dan membersihkan area sekitar kita dengan disinfectant juga menjadi cara yang efektif membunuh kuman yang sudah menyebar. Hal ini sesuai dengan sifat virus yang masih bisa hidup saat menempel di benda mati. Bahkan ia bisa bertahan beberapa jam dan bukan tak mungkin saat tersebut Anda secara tak sengaja memegang benda yang terkontaminasi sehingga telapak tangan Anda ikut terkontaminasi dan bisa menyebarkan virus tersebut atau menginfeksi diri Anda sendiri.

Bagi mereka yang tetap harus keluar rumah untuk bekerja, jangan lupa untuk menerapkan tahapan higienis berikut ini saat kembali ke rumah:
  1. Buka sepatu di luar dan masuk ke rumah bertelanjang kaki.
  2. Letakkan barang bawaan di wastafel sembari cuci tangan.
  3. Mandi jika memungkinkan dengan air hangat dan sabun antiseptik. Letakkan pakaian yang baru digunakan ke dalam keranjang sampah atau mesin cuci.
  4. Gunakan baju baru kemudian cuci barang bawaan dengan cairan disinfectant.
  5. Cuci tangan setelah mencuci barang bawaan.

Dengan menerapkan langkah-langkah untuk mencegah kontaminasi virus Corona di atas, diharapkan Anda dan keluarga bisa terhindar dari penyebaran virus yang cepat dan sangat mudah ini. selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dengan banyak mengkonsumsi buah, sayur, rempah-rempah dan makanan sehat lainnya. Konsumsi suplemen vitamin jika perlu dan hindari stress karena stress dapat memacu produksi hormon yang mengacaukan sistem metabolisme tubuh. ikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja, jika tidak perlu.
Be First to Post Comment !
Post a comment

Silahkan Berkomentar ^_^