Top Social

Mengenal si Ramah Kucing Norwegian Forest

kucing norwegia

Kucing memang hewan yang lucu dan menggemaskan. Saya pun suka sekali dengan kucing karena mereka manja dan cocok sekali dijadikan hewan peliharaan. Ada beragam jenis kucing dari seluruh dunia. Salah satu jenis kucing yang saya suka adalah kucing norwegia atau Norwegian forest cat. Terkenal dengan gaya anggun dan bulunya yang sangat panjang serta lebat. Pecinta kucing pasti tak asing lagi dengan kucing satu ini.

Keturunan zaman purba


Ukuran kucing norwegia yang besar tenyata karena kucing ini adalah jenis keturnan zaman puba yang berasal dari Norwegia. Menurut cat fanciers' association (asosiasi pecinta kucing), kucing norwegia sudah ada lebih dari 500 tahun yang lalu. Bahkan beberapa orang percaya bahwa kucing ini sudah berkembang biak sejak 2000 tahun yang lalu.

Menurut masyarakat norwegia hewan yang cantik ini juga dikenal sebagai Wegie, Norskogkatt, Skogkatt atau Norskskaukatt dan mereka adalah keturunan langsung dari peri kucing. Kucing ini juga sangat disukai oleh masyarakat Norwegia hingga Raja Olaf V mencetuskan kucing ini sebagai kucing nasional.

Dulunya keberadaan Norwegian Forest Cat hampir punah karena perkawinan silang antar ras kucing domestic berbulu pendek di Norwegia. Belum lagi adanya Perang Dunia II. Syukurlah setelah perang selesai, kucing ini bisa diselamatkan dari kepunahan dan masih ada hingga sekarang.

Kucing Norwegia Bertubuh Lebih Besar dari Kucing Biasa



Wow, kucing Norwegia memang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari kucing biasanya. Kucing biasa pada umumnya memiliki panjang 46 sentimeter (tanpa ekor) dan berbobot 3,6 sampai 4,2 kilogram. Namun, kucing Norwegian Forest bisa tumbuh mencapai panjang 100 sentimeter, dan berbobot 8 kilogram untuk betina dan 9 kilogram untuk jantan. Setidaknya butuh waktu 5 tahun untuk mencapai bobot tersebut dan mereka bisa bertaan hidup selama 14 hingga 16 tahun.

Bulu Tebal dan Panjang untuk Lawan Cuaca Ekstrim


Kucing Norwegian Forest berasal dari Eropa Utara yang dekat dengan daerah kutub dan memiliki cuaca dingin yang ekstim.  Dengan adanya bulu tebal dan panjang membuat mereka mampu bertahan hidung di tengah-tengah musim dingin. Kucing norwegia juga memiliki lapisan lemak yang menutupi tubuh sebagai perlindungan ekstra jika cuaca semakin dingin.

Kucing yang Ramah


kucing norwegia

Menyenangkan sekali pastinya jika bermain dengan Norwegian Forest Cat karena mereka dikenal sebagai kucing yang sabar dan ramah pada siapapun. Kucing ras ini suka menghabiskan waktunya dengan siapapun, termasuk anak kecil dan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Mereka hewan yang sangat sabar dan tidak mudah stres. Jadi jangan heran jika anda bertamu dan menemukan kucing norwegia. Mereka akan menyapa dengan duduk di pangkuan kita

Ahli Memanjat


Bertubuh besar ternyata tidak jadi penghalang kucing norwegia untuk melakukan hobinya yaitu memanjat. Ia suka berlari dan mencari pohon terdekat untuk memanjat atau menaiki area yang tinggi dan mengawasi keadaan sekitar. Hal ini merupakan sifat unik dari kucing norwegia sebagai kucing hutan yang cerdas. Bahkan Cat Fanciers’ association menyarankan kepada pemilik kucing norwegia atau yang berencana mengadopsinya untuk menyediakan lingkungan dimana kucing ini akan bebas memanjat.

Mirip dengan Kucing Maine Coon


Jika dilihat sekilas, kucing Norwegian Forest mirip sekali dengan kucing Maine Coon. Orang awam akan sulit membedakannya. Beberapa orang beranggapan kucing Norwegian Forest adalah leluhur dari kucing ras Maine Coon. Mereka mempunyai bulu yang panjang dan lebat juga termasuk ras kucing terbesar di dunia.

Bagaimana? Lucu dan menggemaskan sekali kan kucing norwegia. Jadi ingin memeliharanya nih!

2 comments on "Mengenal si Ramah Kucing Norwegian Forest"
  1. Cantik kali kucingnya mbak, tapi mahal ya mbak... Perawatanmya juga lumayan menguras dompet wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek kayaknya perawatannnya harus ekstra nih hehe

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^