AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Tutorial Mengecek dan Menghapus Broken Link di Blog

3 komentar
cara untuk mengecek dan menghapus broken link yang ada pada blog

Broken Link memang menyebalkan. Banyak blogger yang mengungkapkan kalo broken link membuat performa blog menjadi jelek, peringkat DA dan PA susah naik bahkan yang lebih parahnya blog bisa terkena pinalti dari google dan berpengaruh pada pengindeksan blog oleh search engine. Banyak teman-teman Blogger-Bengkulu request cara lengkapnya menghapus broken link. Nah alhamdulillah jadi juga tulisan ini..hehee.. Simak sampai dengan selesai ya dan jangan lupa di share 😀

Btw, Dari namanya broken link berasal dari kata broken yang artinya pecah, mati dan link artinya tautan. Jadi broken link adalah link yang mati. Jika di klik maka tidak akan mengarah ke link yang dimaksud dan biasanya akan menemukan sebuah laman page not found.

Kenapa sih bisa ada broken link?

Nah broken link atau link mati bisa disebabkan beberapa hal seperti link yang dituju sudah diubah atau diganti, atau link yang dituju sudah di hapus. Untuk Blog saya sendiri kebanyakan broken link berasal dari komentar yang ditinggalkan teman-teman menggunakan URL namun kini blog tersebut sudah tidak ada. Banyak juga yang dulunya menggunakan profil google + dan sejak google+ dihapuskan membuat komentar tersebut kita di blog orang lain menjadi broken link.

Cara Mengecek dan Menghapus Broken Link


Mengecek dan memperbaiki broken link bisa kita lakukan sendiri. Saya biasanya meluangkan waktu setidaknya sebulan sekali untuk mengecek broken link dengan menggunakan brokenlinkcheck.com. yuk simak caranya: 

1. Buka website https://www.brokenlinkcheck.com/


situs untuk mengecek broken link yaiatu brokennlink checker


2. Ketik alamat blog kita di bagian “enter your URL below” dan klik “Find broken Links”

cara menambahkan blog untuk di cek broken link

3. Setelahnya akan muncul kode kemanan dan pilih opsi “report distink broken links only”. Tekan find broken links now! Akan memerlukan waktu beberapa saat hingga proses pencarian broken link di blog selesai. Jika broken link di blog kita banyak, maka waktu yang dibutuhkan  cukup lama.  

4. Jika proses scanning telah selesai maka akan muncul data broken link di blog kita. Saat pertama kali mengecek broken link, jumlahnya banyak sekali bahkan hingga ratusan. Jadi sebaiknya teman-teman melakukan pengecekan broken link secara berkala karena menghapusnya dengan manual cukup melelahkan. Coba teman-teman perhatikan beberapa jenis broken linknya ya. Berikut contohnya :
broken link blog yang muncul setelah dicek

5. Selanjutnya, hapus satu-satu broken link yang muncul secara manual. Caranya gimana sih?

Klik “URL”. Nanti URL itu akan mengarahkan ke alamat postingan blog yang ada broken link. Saya ambil contoh broken link nomor 4 http://bukatips.id. Saat saya klik url akan mengarah ke postingan Ketika Pasangan Tidak Sesuai Harapan. Cek di kolom komentar dengan nama Bayu ristian dan hapus komentar nya.

cara menghapus broken link di komentar blog


Contoh lainnya di brokenlink nomor 15 https://tanyaconfidence.com/jangan-anggap-remeh-buang-air-kecil-terus-menerus/. Klik URL maka akan mengarah ke postingan blog Cara Buang Air Kecil untuk Kesehatan yang lebih baik. Di link text muncul kata “kencing”. Ini berarti di postingan saya itu ada link mati/sudah dihapus pemiliknya yang saya sematkan 

cara menghapus broken link dalam artikel blog

Cara menghapusnya membuka postingan itu dan edit lalu remove linknya.

hapus broken link yang terdeteksi di artikel blog


Cara lainnya selain membuka url satu persatu. Teman-teman juga pilih “src” nanti akan muncul semacam kode yang menunjukkan letak broken linknya seperti gambar di bawah ini!

kode broken link

Nah, bersabar lah untuk menghapus nya satu persatu dengan teliti. Jika broken link kita sangat banyak, maka hapuslah perlahan saat ada waktu senggang. Memang sih kadang sayang menghapus komentar teman-teman yang sudah banyak itu. Tapi ya, menganggu performa blog kalo tidak dihapus. Semoga teman-teman ngerti ya hehe..

Saran juga nih jika kita ingin berkomentar di blog orang lain, pastikan mengetik alamat blog dengan benar atau lebih gampangnya gunakan aja profil blog supaya menghindari broken link di blog orang lain.

Semoga bermanfaat dan semangat menghapus broken linknya!


Related Posts

3 komentar

  1. Wah pas banget mbak ria, saya butuh banget artikel ini, udah lama saya mau buang broken link gak jadi-jadi. Thanks ya mbak.

    BalasHapus
  2. Makasih mbak. Sangat bermanfaat. Dan butuh kesabaran ekstra menghapus ini. Haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email