Top Social

3 Amalan Terbaik di 10 Malam Terakhir Ramadhan

amalan malam terakhir ramadhan
Ramadhan (image : pixabay)

Ramadhan tak terasa terus berjalan hingga hari ke-20. Entah kenapa ada perasan sedih karena ramadhan ini cepat sekali berlalu sedang amalan yang dilakukan rasanya belum cukup. Bagaimana dengan teman-teman? Apakah tetap semangat menjalani 10 hari terakhir di bulan Ramadhan? Banyak yang bilang di penghujung Ramadhan ini ujian bertambah berat karena kebanyakan kita malah fokus kepada persiapan menjelang lebaran. 

Sebaiknya, sepuluh malam terakhir ini kita manfaatkan untuk perbanyak ibadah, apalagi di momen quarantine ada banyak waktu luang karena tidak bisa beraktivitas di luar. 10 malam terakhir termasuk puncah ibadah Ramadhan dan pada malam mini biasanya malam lailatul qadar datang. Rasulullah pun memperbanyak ibadah di malam itu. Sebuah hadist menyebutkan Aisyah menjelaskan “ketika memasuki sepuluh akhir Ramadhan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah” (HR. Al-Bukhari)

Lalu apa saja sih amalan terbaik yang bisa dilakukan pada sepuluh malam terakhir?

1. Bersedekah


Bersedekah banyak sekali caranya seperti mencukupi kebutuhan keluarga, berbuat baik kepada orang tua, keluarga, karib kerabat dan juga tetangga. Jika kita memiliki kelebihan dan kecukupan rezeki, akan semakin baik jika harta yang Allah berikan itu dimanfaatkan untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya bisa dalam bentuk menyediakan buka puasa bagi anak yatim dan dhuafa, atau berbagi sembako yang sangat dibutuhkan mereka apalagi di masa pandemic covid seperti sekarang ini.

2. Banyak Membaca Al-Quran


Al-Quran adalah pedoman. Disunahkan kepada kita untuk membaca Al-Quran kapanpun dan dimanapun selain tempat yang dilarang seperti toilet ataupun tempat yang kotor dan terkena najis. Imam An-Nawawi menjelaskan Membaca Al-Quran di akhir malam lebih baik ketimbang awal malam dan membaca Al-Quran yang paling baik di siang hari adalah setelah sholat subuh. Dengan membaca Al-Quran hati menjadi tenang, mendapatkan pahala dan kebaikan dari Allah serta bisa menambah ilmu kita dengan membaca tafsirnya. Nah teman-teman sehari membaca berapa halaman?

3. I’tikaf


Biasanya ramai orang melakukan I’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan. Hal ini sesuai dengan kebiasaan Rasulullah yang meningkatkan ibadah dengan beri’tikaf di masjid. Namun melihat kondisi sekarang ini sepertinya tidak memungkinkan kita untuk melakukan I’tikaf di masjid. 
Tak perlu bersedih karena Allah Maha Mengetahui. Kita bisa mengganti kegiatan I’tikaf dengan memperbanyak ibadah, berzikir di rumah bersama keluarga.  

Ketiga amalan di atas hendaklah dilakukan demi mengharapkan ridha Allah serta berharap bertemu dengan malam lailatul qadar. Sebab beramal pada malam lailatul qadar disebutkan sebagai malam seribu bulan.

Selain amalan yang sudah disebutkan di atas. Ramadhan menjadi momen yang baik untuk mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan ibadah. Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang berilmu dan beramal sholeh. Walau di rumah aja kita tetap mendapatkan banyak informasi dari channel islami seperti Umma Ramadhan

Umma merupakan aplikasi untuk umat Islam di Indonesia. Konten dan komunitas umma bertujuan untuk mendampingi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari termasuk informasi mengenai ibadah dan Uma punya satu channel content untuk Ramadhan.

Ada banyak fitur yang bisa ditemukan di aplikasi Umma. Aplikasi ini menawarkan konten Islami yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan fitur komunitas. Saat ini, konten aplikasi umma telah diisi lebih dari 80 ustadz dan ulama populer di tengah masyarakat yang siap berbagi informasi kepada para pengguna. Ada juga fitur komunitas Umma yang  mendorong umat muslim Indonesia untuk saling bahu membahu berbuat kebaikan.

Nah makin seru pastinya Ramadhan kita, selain beribah juga bisa menambah ilmu agar waktu yang kita lewati semakin berkah!


Be First to Post Comment !
Post a comment

Silahkan Berkomentar ^_^