Top Social

Thursday, 7 May 2020

Menikmati Ramadhan di Rumah Aja bersama Shopee


Ramadhan di rumah aja

Apa sih yang paling dirindukan saat Ramadhan? Pertanyaan ini membuat saya kembali mengingat-ingat kenangan Ramadhan saat kecil dulu. Aroma rendang yang khas dari dapur ibu ketika tarawih perdana adalah satu hal yang selalu membuat saya rindu ingin pulang ke rumah saat Ramadhan. Lalu bersama teman-teman berlarian menuju masjid, mengambil posisi ternyaman agar bisa disapu angin sepoi saat sholat hingga berlomba meminta tanda tangan penceramah demi buku laporan Ramadhan yang terisi penuh.


Ramadhan juga punya cerita tentang hangatnya kebersamaan. Waktu yang sangat spesial membayar rindu setelah berbulan-bulan tidak berjumpa dengan keluarga. Ramadhan mempertemukan dengan cerita nostalgia diselingi canda tawa. Sangat menyenangkan dan begitu saya rindukan!


Kita memang perlu berbesar hati, Ramadhan kali ini tidak seperti ramadhan sebelumnya.  Tak ada jumpa keluarga, tak ada buka bersama, tak ada pula sholat berjamaah. Hanya bisa melakukan segala sesuatu di rumah aja. Sebut saja ramadhan ini adalah ujian kerinduan, lalu yang bisa kita lakukan adalah menyampaikan rindu lewat doa. Setidaknya kita masih bisa berjumpa Ramadhan, masih bisa merindu, lalu bersyukur diberi kesempatan untuk sekedar introspeksi akan indahnya kebersamaan bersama orang-orang yang di sayang. Bila nanti kesempatan berjumpa itu datang, semoga kita menjadi lebih baik dan melakukan yang terbaik untuk mereka yang dirindukan.



Menikmati Ramadhan di Rumah Aja


#Dirumahaja bukan akhir segalanya. Banyak hal yang bisa dinikmati asal hati senantiasa lapang dan bersyukur karena kita masih sehat untuk melakukan banyak aktivitas. Coba tengok tenaga medis yang jadi garda terdepan penanganan Covid-19, mereka bahkan tidak punya kesempatan untuk pulang ke rumah hingga berbulan-bulan. Lalu kegiatan apa saja sih yang bisa kita lakukan dan nikmati selama Ramadhan di rumah aja?


Beribadah di Rumah



Anjuran pemerintah untuk beraktivitas, belajar dan beribadah di rumah aja harus kita dukung agar rantai penyebaran virus corona bisa putus. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah selama bulan Ramadhan. Jika sebelumnya waktu kita terbagi untuk sekolah dan bekerja, kini waktu luang lebih banyak.

Selain puasa, sholat lima waktu, sholat taraweh, ada banyak ibadah sunnah yang bisa dilakukan seperti berzikir, sholat sunah dhuha, bersedekah, juga memperbanyak membaca Al-Quran.


Oya, agar bisa sholat dengan nyaman dan lebih semangat ibadah ramadhan, saya belum lama ini membeli mukena baru. Mukena di rumah sudah mulai lusuh soalnya hehe.. 



Kebetulan banget mukena TazbiyaAutumn Centella Tosca di Shopee yang saya pengen lagi diskon saat ada Ramadhan flash sale. Harga aslinya sih 174.000, terus saat flash sale jadi 139.000, mana ada voucher toko 15ribu dan gratis ongkir :D lumayan banget punya mukena baru dengan harga terjangkau kan.



Berbagi dari Rumah


Banyak yang mengalami kesulitan ekonomi saat ini. Teman saya cerita di grup, bahkan ada keluarga yang nggak punya sama sekali sesuatu untuk di makan karena kehilangan mata pencaharian. Sedih banget mendengarnya. Lalu setelah ngobrol, tercetuslah ide untuk membuat gerakan sedekah 10.000 Emak-Emak Berbagi. Dinamakan gerakan sedekah 10.000 agar teman-teman nggak perlu khawatir, karena dengan 10.000 kita sudah bisa berbagi. Berbaginya pun mudah, hanya dari rumah dan teman-teman bisa kirim donasinya melalui rekening. nantinya tim emak-emak berbagi yang akan menyalurkan donasinya.


Alhamdulillah, banyak teman-teman baik yang menitipkan sebagian rejekinya untuk didonasikan. Hingga saat ini sudah terkumpul 3jutaan donasi uang, beberapa karung beras, telur dan kecap. Uang itu kami belikan sembako dan dipacking menjadi paket mini. Setidaknya saat ini sudah 140 paket sembako yang mulai dibagikan kepada mereka yang membutuhkan termasuk mereka yang masih bekerja di jalanan dalam kondisi pandemic seperti penyapu jalan, pengambil sampah, dan penjual makanan keliling.


Belajar dan Bekerja di Rumah



Sebagai Blogger yang merangkap jadi ibu rumah tangga, sudah sejak lama saya bekerja dari rumah. Namun, beberapa kegiatan seperti workshop biasanya dilakukan secara offline. Semenjak ada anjuran Work From Home (WFH) semua kegiatan itu ditiadakan. Kadang kangen juga sih ngumpul dan diskusi bareng teman-teman atau seru-seruan ngadain kegiatan yang positif.


Untuk melepas kerinduan, biasanya saya suka video conference bersama teman-teman atau ikut kegiatan belajar online. Walau di rumah aja, otak harus tetap di asah biar ga buntu. Banyak banget sekarang yang membuka kelas online. Saya sendiri senang mengikuti kelas online yang berhubungan mengenai penulisan, blog, juga fotografi. Jadi ramadhan nya lebih berfaedah.


Berkebun



Hobi mengasyikkan satu ini sekarang jadi favorit saya apalagi semenjak #dirumah aja. Untuk mengisi waktu luang saya mencoba menanam di lahan kosong yang ada di samping rumah. Di awal sih menanam yang mudah-mudah saja seperti bumbu dapur (kunyit, jahe, lengkuas, daun bawang) dll. Ternyata mudah tumbuhnya. Jadi makin semangat mencoba aneka tanaman yang lain. Bunga warna-warni, cabe, bawang, sayur-sayuran.



Ternyata selain bikin segar penglihatan karena banyak tanaman hijau, menanam bahan-bahan dapur membantu banget menghemat pengeluaran nih. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini penting banget mengatur pengeluaran. Contohnya aja, jika saya mau membuat sambal, tinggal petik cabe merah, cabe rawit, bawang dan tomat dari perkarangan :D semoga makin banyak tanaman yang bisa saya tanam, doain ya!


Me Time di Rumah


Beribadah sudah, belajar dan bekerja juga sudah. Me Timenya kapan? Ya, kegiatan satu ini biasanya identik dengan jalan-jalan, nongkrong di salon dan café, atau belanja di mall favorit. Karena kegiatan tersebut saat ini ditiadakan, saya pun mencoba mencari ide me time sendiri di rumah. Apa aja sih yang penting bisa bikin happy. Misalnya nih nonton film kesukaan, kegiatan belanja bisa diganti dengan belanja online, baca buku atau main game.


Main Game Seru di Shopee



Belakangan ini saya hobi banget main game aneka game yang ada di shopee seperti Shopee Tanam, Lucky Prize, Shopee Poly, Shopee Capir, Shopee Joget, Shopee Potong, Shopee tangkap dan banyak game lainnya. Sebenarnya niat saya sih cari hiburan supaya ga bosan. Tapi sekarang jadi makin seru karena gamenya banyak hadiah seperti koin, voucher cashback, bahkan ada hadiah iphone dan banyak hadiah kece lainnya.


Favorit saya sih shopee Tanam, jadi kita bisa menanam benih yang lama-lama akan berbuah dan bisa dipanen jika disiram secara rutin. Kita pun bisa minta bantuan teman untuk saling siram. Setiap panen akan mendapatkan THR koin shopee sesuai keberuntungan hehe.. Ada yang dapat 100, 500. Saya sendiri paling tinggi dapat koin 2152. 



THR Koin itu nantinya bisa digunakan sebagai potongan jika ingin berbelanja, atau bisa juga loh buat isi pulsa. Mumpung nanti 11 mei adalah promo puncak THR Big Ramadhan Sale 2020, saya bakal kumpulin poin sebanyak-banyaknya hehe..


Nah kalo teman-teman apa nih kegiatan yang dilakukan saat Ramadhan di rumah aja? Apapun itu semoga kegiatannya merupakan hal positif ya. Jangan lupa jaga kesehatan dan tetap semangat menjalani ramadhan. Tetaplah optimis dan tak pernah menyerah akan kasih sayang Allah. Semoga ujian ini segera berlalu sehingga kita bisa menikmati Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya.


Semangat dan Selamat Berpuasa!


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 bersama Shopee

 

 


19 comments on "Menikmati Ramadhan di Rumah Aja bersama Shopee"
  1. Kubrusan liat nih iklan shopee bertabaran dimana-mana. Yg bagi THR kan. Okeh lho

    ReplyDelete
  2. Saya sampai ngetweet pokoknya saat pandemi ini belajar, beribadah dan bekerja di runah aja ya. Sehat sehat selalu ya mba

    ReplyDelete
  3. Eh ada game nya pula ya? Me time saya main game juga lho. Tapinya candy crush dan homescapes hehehe...
    Pengen coba jugan game nya Shopie. Sehat selalu masa pandemi ini ya...

    ReplyDelete
  4. seneng ya belanja di shopee, lengkap semuanya ada

    ReplyDelete
  5. waah udah paling seru nih maen game shopee sembari menunggu waktu. Sekalian siram siramin pohon THR nya juga ngga kak? pAsti banyak nih buahnya hehehehe

    ReplyDelete
  6. Banyak hal yang bisa kita lakukan dari rumah ya. Hal-hal baru nan menyenangkan n bikin bahagia bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu hal yang paling membahagiakan itu saat berbelanja salah satunya. Tapi ingat harus tetap hemat ya.. :)

    ReplyDelete
  7. Sehat selalu ya Mba Ria. Insya Allah ujian ini akan cepat berlalu. Gak ada ujian yang gak kelar. Hehehe. Tetap semangat dan jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  8. Ada hikmah di balik segala sesuatu ya, Ria. Dengan Ramadhan di rumah aja, dengan berbagai keterbatasan sekarang kita dipaksa jadi lebih kreatif :D, banyak introspeksi, dan banyak bersyukur.

    ReplyDelete
  9. saya juga suka banget siram tanaman shopee wkwkwk, ayo mba kita saling siram biar cepet kekumpul poinnya buat belanja belanja, haha.

    ReplyDelete
  10. Pasrah itu dunia nyata berkebun dunia online-nya siram-siram and Insyaallah duit yang bagus dan akan tumbuh subur hasilnya siap panen

    ReplyDelete
  11. Oh, jadi Shopee tuh bukan marketplace seperti yang lain gitu, ya? Kok ada game-nya segala? Mana game-nya nggak cuma berhadiah angka, tapi bisa berwujud pula, ya? Hahaha aku kemana aja ini kok baru tahu. Rupanya ini yang teman-temanku suka bahas soal tanam-tanam di Shopee itu.

    ReplyDelete
  12. Shopee adalah tempat tongkrongan favorit akuuu hahaha selain banyak yang jualannya murah, banyak gamesnya juga

    ReplyDelete
  13. Jadi gak mati gaya ya banyak ide aktivitas di rumah. Btw, sama deh kayak aku suka ngumpulin koin di Shopee :D

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah sekarang makin betah di rumah, mencoba lebih kreatif mengulik apa saja yg bisa kita kerjakan di rumah, dan jadi lebih sering shopping online nih

    ReplyDelete
  15. mba itu mukenanya beli di shopee, bagus banget deh, adem pula kayanya bahannya yaa, diskonkah di toko apa namanya mba?

    ReplyDelete
  16. Banyak kegiatan di rumah supaya kita nyaman selama di rumah aja dan happy ya mba. Shopping memang salah satu yang bikin senyum hehe

    ReplyDelete
  17. Dari rumah kita bisa melakukan banyak hal ya mbak, semoga apa yang dilakukan mendapatkan keberkahan

    ReplyDelete
  18. paling menyenangkan memang klu belanja, apa lagi banyak promo 😍

    ReplyDelete
  19. Meskipun sekarang kita lebih banyak waktu dengan #dirumahsaja bukan berarti nggak bisa melakukan hal yang menyenangkan. Aktivitas yang menyenangkan justru bikin kita teap bisa tersenyum dan happy pastinya.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^