AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

6 Cara Mudah Dan Alami Mengobati Batuk Berdahak

batuk berdahak bisa diobati dengan bahan alami


Hampir setiap orang pastinya pernah mengalami batuk berdahak.Dan kemungkinannya kamu juga salah satu orang yang pernah merasakan batuk berdahak selama berhari hari dan tidak kunjung sembuh.Kondisi tersebut pastinya sangat menyebalkan. Tenang tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara mudah dan alami untuk mengobati batuk berdahak. Dimana cara mudah dan alami tersebut bisa dilakukan di rumah sendiri. 

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak


Ada banyak gejala tidak menyenangkan saat kamu mengalami batuk berdahak seperti tenggorokan merasa gatal, tidur terganggu, dan gejala lainnya.Batuk berdahak juga dapat mengganggu aktivitas sehari hari. Supaya tidak mengalami hal hal yang tidak menyenangkan tersebut saat sedang terserang batuk berdahak, kamu bisa mengikuti beberapa obat batuk berdahak dibawah ini :

1. Minum Air Hangat


Mengkonsumsi cairan sejak dahulu memang dipercaya menjadi cara yang paling tepat untuk mengeluarkan dahak. Ditemukannya fakta bahwa dengan minum air hangat ternyata dapat menjadi obat batuk berdahak yang alami.Dengan mengkonsumsi air hangat maka secara instan dapat memberikan sensasi tenang dan lega dari gejala gejala batuk berdahak.Tidak hanya berupa air putih hangat saja, karena kamu juga bisa memanfaatkan air hangat dalam bentuk teh herbal.

2. Inhalasi Uap Air Panas 


Untuk mengobati batuk berdahak juga bisa dengan cara menghirup uap air dari air panas untuk memastikan kelembaban udara yang terhirup. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengisi baskom dengan air panas.Kemudian menunduklah diatas baskom sambil menutupi atas kepada dengan handuk. Dengan cara ini nantinya kamu dapat menghirup uap lebih leluasa. Lalu bernapaslah secara perlahan.

3. Memanfaatkan Madu


Kamu tidak perlu meragukan lagi popularitas madu sebagai pengobatan alami untuk berbagai jenis penyakit, termasuk untuk mengobati batuk berdahak. Pasalnya kandungan bakteri didalam madu dapat membantu mengeluarkan dahak. Kamu hanya perlu mengkonsumsi satu sendok makan madu setiap empat jam sekali hingga meredanya gejala batuk berdahak. Tetapi yang harus diingat madu tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak dibawah 1 tahun.

4. Menggunakan Humidifier


Untuk mengobati batuk berdahak juga bisa dengan cara melembabkan kamar tidurmu dengan menggunakan humidifier. The National Heart, Lung, and Blood Institute memang merekomendasikan humidifier atau steam vaporizer sebagai cara mengobati batuk berdahak. Cara ini dapat membantu kamu untuk bisa tidur lebih nyenyak dimalam hari.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan pintu dan jendela tertutup rapat.

5. Essential Oil


Sudah banyak produk essential oil yang mendapat testimoni positif karena dapat mengatasi masalah pernapasan secara ampuh.Umumnya dekongestan alami yang digunakan adalah peppermint dan eucalyptus.Cara memanfaatkannya mudah, kamu bisa menghirupnya langsung dari botol atau meneteskannya direndaman air panas.Cara ini dipercaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak.

6. Meningkatkan Imunitas


Cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi.Misalnya saja kaldu ayam, bawang putih, dan teh jahe.Atau bisa juga mengkonsumsi probiotic foods misalnya saja cuka apel, miso, hingga kombucha yang juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu masih adacara mudah dan alami lainnya untuk mengobati batuk berdahak seperti memijat leher belakang, punggung, dan juga dada yang dapat membantu membuka jalur pernapasan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah paru. Selain itu juga pijat dapat membantu tubuhmu merasa rileks dan kamu pun dapat beristirahat optimal.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email