AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Istilah dan Peran Penting Manajemen Keuangan

peran penting manajamen keuangan mengatur finansial

Manajemen keuangan memegang peranan penting untuk mencapai tujuan finansial pribadi, keluarga maupun perusahaan. Walau biasa dibaca atau didengar, masih banyak yang belum memahami istilah manajemen keuangan. Padahal manajemen keuangan merupakan hal vital dalam kehidupan. Tak hanya dalam hal bisnis, tetapi juga untuk rumah tangga kecil sekalipun

Setiap orang perlu mempelajari manajemen keuangan agar bisa menggunakan uang yang dimiliki se-efektif dan se-efesien mungkin apalagi jika berniat untuk menjalankan bisnis. 

Mengenal Istilah Manajemen Keuangan


Menurut S.C Kuchhal. Manajemen keuangan memiliki kaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya secara efektif dalam menjalankan bisnis. Ada lagi pandangan dari Howard dan Upton tentang manajemen keuangan, yaitu bagaimana menerapkan prinsip-prinsip umum manajerial dalam pengambilan keputusan keuangan. 

Secara umum manajemen keuangan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengawasi aktivitas finansial seperti pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Manajemen keuangan juga berarti menerapkan prinsip manajemen umum terhadap sumber daya keuangan perusahaan. Manajemen ini juga berkaitan dengan segala aktivitas yang berhubungan dengan cara agar bisa mendapatkan modal kerja, menggunakan, mengalokasikan, mengelola aset perusahaan agar bisa mencapai tujuannya.

Peran Penting Manajemen Keuangan


Ada beberapa peranan penting manajemen keuangan untuk kelancaran urusan bisnis berikut diantaranya:

1. Perencanaan keuangan


Manajamen keuangan memegang peran penting utama sebagai perencanaan keuangan perusahaan. Ini berkaitan dengan kebutuhan keuangan setiap urusan bisnis. Semua kredit untuk mencapai kesuksesan bisnis bergantung pada perencanaan keuangan yang tepat. Selanjutnya ketika sebuah bisnis telah berjalan dan memiliki pemasukan yang mulai stabil, maka   bagian manajemen keuangan akan menunjukkan langkah maju dengan membuat sebuah  perencanaan dan melibatkan bagian internal perusahaan sebagai langkah bisnis ke depan

2. Pemantauan Keuangan


Pemantauan keuangan adalah salah satu fungsi manajemen keuangan yang paling penting. Jika Anda untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis di tempat baru, Anda harus benar-benar melakukan pengawasan terhadap bisnis baru tersebut, Fungsi manajemen keuangan sebagai pemantauan bisa dilakukan melalui laporan keuangan secara teratur yang meliputi arus kas, modal kerja, aktiva lancar, laporan pendapatan, utang serta piutang bisnis.

3. Mengontrol Keuangan


Pengendalian keuangan adalah tugas manajer keuangan dan pembuat kebijakan perusahaan. Pengendalian keuangan ditetapkan dengan menyusun kebijakan dan prosedur yang membantu mencegah kesalahan pengelolaan uang. Untuk mencapai tujuan bisnis, manajemen keuangan pun memiliki peranan melindungi keuangan Anda harus menentukan bidang mana saja pada bisnis yang membutuhkan dana. Jangan sampai ada pengeluaran yang berlebihan pada satu poyek karena bisa berpengaruh pada proyek lainnya.

4. Alokasi Dana


Alokasi dana yang tepat agar kemampuan operasional meningkat berawal dari manajemen keuangan yang dilakukan. Jika alokasi dana perusahaan tepat, maka dapat mengurangi biaya bisnis dan meningkatkan estimasi modal. Setiap perusahaan akan memiliki rencana pembiayaan yang akan dianggarkan.  Manajemen keuangan perlu melakukan fungsinya dan melihat dari mana asal pembiayaan ini, apakah akan tercukupi dengan menggunakan uang kas atau perusahaan perlu menambah modal.

5. Peluang Investasi


Jika bisa mengelola keuangan maka akan terbuka peluang investasi dan membantu mendapatkan keuntungan yang besar. Beragai investasi yang banyak dilakukan seperti emas, saham, reksadana, tanah, dan properti. Pelajari benar-benar cara investasi agar tidak merugi dan bisa meminimalkan risiko.

6. Pengaturan Modal Kerja


Pentingnya manajemen keuangan adalah untuk menentukan keputusan terkait keuangan seperti pengaturan modal kerja. Modal kerja meliputi anggaran operasional, aktiva lancar, gaji, dan arus kas. Dalam pengelolaan keuangan, sangat penting untuk tetap berada di atas anggaran modal kerja agar bisnis tidak mengalami kebangkrutan.  Setiap pilihan keuangan yang sudah dibuat dan dilakukan, tidak akan bisa ditarik kembali jadi harus berhati-hati untuk meminimalisir resiko.


Ternyata manajemen keuangan sangat penting dalam mengatur finansial perusahaan maupun perorangan. Semoga bisa bermanfaat!


 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email