AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Peranan Transportasi Logistik di Masa Pandemic

Posting Komentar
trac bus sebagai transportasi tenaga medis di masa pandemic

Logistik adalah hal penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain melayani kebutuhan dalam negeri, kebutuhan industri transportasi logistik diperlukan untuk ekspor produk , perdagangan nasional dan investasi. 

Logistik sendiri memiliki pengertian serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi hingga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan baik berupa barang, jasa, energy, atau sumber daya lainnya dari titik awal menuju titik penggunaan. 

Jenis jasa logistik tergantung dari transportasi yang digunakan serta jenis barang yang dikirim. Dari transportasi yang digunakan ada perusahaan logistik yang hanya melakukan pengiriman jalur laut, ada yang udara dan juga darat. Berdasarkan jenis barang yang dikirim ada perusahaan yang mengirim barang dokumen dan barang dalam skala kecil, ada pula skala sedang dan besar. 

Peranan Transportasi dan Logistik di Masa Pandemic


Dalam kondisi pandemic seperti saat ini, jasa logistik pun sangat diperlukan mengingat keterbatasan masyarakat untuk memasok bahan kebutuhan. Penyaluran pun terbatas mengingat beberapa daerah masih dalam zona merah. Menjadi tantangan sendiri karena distrubusi bahan pokok dan kesehatan harus tetap berjalan agar kebutuhan masyarakat serta kebutuhan di berbagai fasilitas kesehatan tetap terpenuhi. 

Selain itu masyarakat lebih memilih memesan kebutuhan makanan ataupun keperluan lainnya dengan sistem daring dan menggunakan jasa perusahaan logistic untuk pengantaran. Begitupun dengan UKM yang membutuhkan jasa pengiriman barang agar produk mereka sampai di tujuan dengan selamat. Keberadaan jasa logistic mengurangi kekhawatiran masyarakat di masa pandemic.

Di bidang kesehatan, logistic dituntut cepat untuk memasok kebutuhan obat & alat kesehatan dan transportasi di masa pandemic karena bersangkutan dengan keselamatan banyak orang. Nah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan solusi transportasi terpadu saat pandemic ini yaitu SERA.

SERA adalah anak perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk yang juga melakukan penjualan mobil bekas dan menawarkan solusi logistic. Untuk divisi transportasi berada di bawah bran TRAC. Unik ini bergerak memberikan pelayanan jasa penyewaan kendaraan baik personal maupun korporasi.

TRAC Bus Layani Antar Jemput Tenaga Medis


Belum lama ini, pada tanggal 30 Januari 2020 TRAC Bus Services mendapat kepercayaan dari KEMENPAREKRAF sebagai angkutan tenaga paramedic dalam pandemi covid 19 mengingat bertambahnya kebutuhan mobilitas tenaga medis. Kondisi seperti sekarang ini dimana setiap hari ada kasus positif yang bertambah membuat paramedic memang kualahan. Untuk itu TRAC melayani mobilitas paramedic.

Saat ini TRAC melayani kebutuhan paramedic di RS  Persahabatan untuk mobilitasnya ke penginapan di salah satu hotel di daerah Rawamangun Jakarta Timur. Unit yang digunakan untuk transportasi paramedic adalah 1 Bigbus dan 1 Small bus hiace dengan spesifikasi dan standarisasi angkutan yang dibolehkan di masa PSBB dengan mengedepankan prosedur social distancing. Seluruh kegiatan transportasi tenaga medis Covid-19 ini tentu memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan baik untuk para tenaga kesehatan, awak kendaraan, dan juga masyarakat pada umumnya karena menerapkan SOP Sanitasi Hygiene terkait Covid-19.

Jam operasional unit antar jemput tersebut adalah dari pukul 07.00 pagi s.d 09.00 malam, dengan melakukan 5 kali bolak balik dalam sehari. Unit yang di pakai juga telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan peraturan PSBB sehingga aman dan nyaman untuk petugas kesehatan yang menaikinya.

Selain itu, driver  juga dibekali dengan materi safety khusus dan juga dilengkapi dengan APD, diberikan juga pelayanan dan perhatian khusus terkait kelangsungan hidup dan kesehatan oleh pihak otoritas KEMENPAREKRAF.

Dengan adanya layanan transportasi khusus untuk petugas kesehatan dengan standarisasi protokol kesehatan membuat paramedic bisa menjalani tugasnya dengan tenang karena mereka belum bisa untuk pulang ke rumah agar mengurangi resiko penularan pada keluarga. 



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Follow by Email