Top Social

Tips Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

rambut rontok tinggal di sisir


Rambut rontok memang menyebalkan. Lama-lama rambut semakin tipis dan rambut yang rontok sangat mengganggu. Saya beberapa kali mengalami rambut rontok terutama ketika pasca melahirkan. Rambut yang rontok jadi berbaya jika termakan oleh anak-anak. Ada beberapa masalah yang menyebabkan rambut rontok mulai dari stress, kekurangan vitamin hingga faktor usia. Untuk itu perlu melakukan perawatan yang tepat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok seperti menggunakan bahan alami atau produk perawatan rambut rontok.

Cegah dan Atasi Rambut Rontok 


Ada beberapa tips yang bisa kita coba untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok diantaranya:

Menggunakan Bahan Alami 


Tanaman lidah buaya
Sejak dulu lidah buaya sudah dipercaya bermanfaat untuk kesehatan rambut termasuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan. Kita bisa menggunakannya dengan mengupas lidah buaya dan menggosok gelnya ke rambut yang sudah dibasahi, mulai dari kulit kepala hingga ke ujung rambut.  Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas hingga bersih. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya juga mampu menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan hal ini 2 hingga kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal

Kemiri
Minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akr rambut jadi lebih kuat dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh di bagian kulit kepala. Untuk menggunakannya kita perlu menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Lalu haluskan dan mengeluarkan minyak. Usapkan mintak kemiri  pada rambut lalu keramas dengan shampoo agar rambut jadi bersih. Lakukanlah perawatan ini secara rutin

Jeruk nipis
Selain sering digunakan sebagai masker wajah, ternyata jeruk nipis juga bisa mengatasi rambut rontok. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan dan usapkan pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dan keramas hingga bersih. Cara ini juga bisa membantu mengatasi ketombe dan membuat kulit kepala bersih.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat


Rambut yang rontok memiliki akar rambut yang rapuh. Jika rambut terlalu kencang diikat maka rambut yang tertarik bisa patah bahkan gugur. Jadi pastikan untuk mengikat rambut dengan longgar agar kerontokan rambut tidak semakin parah.

Konsumsi makanan sehat untuk rambut


Agar rambut menjadi sehat, makanlah makanan yang kaya nutrisi baik untuk rambut seperti zat besi, zinc, protein, dan vitamin B12 agar rambut semakin kuat.

Jaga kebersihan rambut


Penting sekali untuk menjaga rambut agar tetap bersih dengan rutin keramas sehingga kulit kepala bebas dari debu dan kotoran penyebab rambut rontok. Pilihlah sampo dengan formula yang lembut dan tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.

Jangan gunakan alat styling teralu panas


Rambut rontok banyak disebabkan oleh penggunaan alat styling rambut yang mengandalkan hawa panas untuk menata rambut. Namun bila terlalu panas, hal tersebut bisa membuat rambut rusak. Jadi gunakanlah heat protector pada rambut juga atur suhu agar tidak terlalu panas.

Perawatan Rambut Rontok


Pilihlah produk perawatan rambut rontok yang tepat agar permasalahan rambut kita bisa diatasi. Salah satu produk yang sudah teruji dan bagus untuk mengatasi rambut rontok adalah Dove Total Hair Fall Treatment. Gunakanlah samponya diikuti dengan pemakaian conditioner dari tengah hingga ujung rambut, lalu rutinlah menggunakan hair roots tonic seminggu sekali. Selain mencegah dan mengatasi rambut rontok rangkaian produk perawatan dove total hair fall juga memperkuat rambut mulai dari akar hingga ke ujung.



Be First to Post Comment !
Post a comment

Silahkan Berkomentar ^_^