Top Social

Proses Audit Terpercaya untuk Efisiensi Industri

audit-energi-listrik


Audit energi listrik adalah proses evaluasi dari pemanfaatan energi dan identifikasi peluang terjadinya penghematan energi listrik untuk menghasilkan rekomendasi tingkat efisiensi suatu perusahaan. Pelaksanaan proses audit oleh pihak yang berkompeten, tidak memihak, bersifat objektif, disebut sebagai auditor. Anda dapat membuka https://sewatama.com/id/proses-dan-manfaat-audit-energi-listrik/, sebagai referensi proses audit. 

Langkah Proses Audit Terpercaya


Proses audit terdiri dari 2 langkah, berikut langkah audit proses pertama yakni pengumpulan data. Proses ini sangat penting, karena dari data yang didapat akan diperoleh kesimpulan yang akurat terhadap penggunaan energi listrik dalam sebuah industri. Proses pengumpulan data juga dibagi menjadi beberapa tahap antara lain :

Pengumpulan data desktop


Langkah ini bertujuan untuk mengenali karakter bangunan yang akan dilakukan proses audit dan areanya yang menjadi fokus utama. Data yang diambil yaitu gambar arsitektur bangunan, sistem pendingin ruangan, sirkuit penerangan, skema catu daya tunggal, data historis tagihan listrik, dan sistem kontrol beban listrik.

Pengumpulan data lapangan


Bertujuan untuk melengkapi data yang tidak bisa ditemukan, kemudian memastika seberapa besar keakuratan data desktop, memahami penggunaan listrik yang terjadi pada sebuah gedung atau industri, memahami tentang pemborosan energi dan pemeliharaan gedung.

Crosscheck data


Seberapa besar keakuratan data sebagai hasil yang didapat dari proses audit energi listrik akan sangat menentukan hasil laporan konservasi energi. Oleh karena itu, diperlukan crosscheck atau pencocokan antara data desktop dan data yang telah dikumpulkan dari lapangan.

Dalam sebuah perusahaan industri manufaktur terdapat beberapa audit energi industri meliputi energi listrik kantor, listrik untuk fasilitas umum, listrik unit produksi, energi bahan bakar untuk keperluan produksi. Objek listrik yang di audit yaitu kualitas daya berupa rugi tegangan, rugi daya harmonik, karakteristik sistem.

Perusahaan sewatama sebagai solusi penyedia tenaga listrik untuk semua industri juga menawarkan bantuan proses audit energi listrik dengan berbagai tahapan dan berdasarkan pengalaman lebih dari 27 tahun, sehingga menghasilkan proses audit energi listrik yang lebih akurat dan terpercaya untuk efisiensi perusahaan industri milik Anda.

Be First to Post Comment !
Post a comment

Silahkan Berkomentar ^_^