AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Bintang (Seri Benda Langit Bercerita)

Posting Komentar
Selain dinosaurus, abang ubay sangat tertarik akan benda-benda di angkasa. Ada-ada saja pertanyaan yang ia ajukan seperti apa isi di dalam bumi, kenapa kita tidak tinggal di dalam perut bumi, atau kenapa bintang itu kecil dan bersinar.

Cover  buku bintang seri langit  bercerita


Salah satu cara untuk menjawab rasa penasarannya adalah dengan membaca buku. Ubay tipe anak yang tidak mudah percaya, jika hanya saya jelaskan dia lalu akan bekata “masa gitu aja”, namun kalo sudah dibacakan dari sumber misalnya video national geographic atau buku, Ubay akan terima penjelasan uminya hehe..


Belum lama ini Ubay punya buku bacaan baru yang seru banget yaitu Seri Benda Langit Bercerita. Seri ini punya empat judul yaitu Bintang, Bulan, Matahari dan Planet. Nah buku ini dikirim oleh penulisnya langsung loh Mba Erlita Pratiwi dan yang ubay terima adalah buku dengan judul “Bintang”


Review Buku Bintang  (Seri Benda Langit Bercerita)


Judul Buku : Bintang (Seri Benda Langit Bercerita)

Penulis : Erlita Pratiwi

Ilustrator : Chaterine Hay

Penerbit : Tiga Ananda

Tahun Terbit : Juni 2020

Halaman : 32 Halaman


Bintang adalah salah satu judul dari Seri Benda Langit Bercerita. Dengan gambar yang imut dan menarik anak-anak akan langsung tertarik ketika melihatnya. Begitupun Ubay, sesaat buku “bintang” tiba di rumah ia langsung tak sabar ingin dibacakan.


Dalam buku ini, “Bintang” bercerita tentang dirinya yang terbuat dari zat hydrogen (H) dan helium (He) yang ada di udara. Ada fakta yang sebenarnya banyak belum orang tau bahwa Bintang ternyata mempunyai bentuk tubuh yang bulat loh, sama seperti Matahari dan Bulan.


Isi buku bintang seri langit bercerita


Lalu bagaimana sih bintang bisa terlihat bersudut lima dari bumi? Hal ini dikarenakan tubuh bintang sangat panas mencapai 5.600 Celcius. Suhu panas itu membuat gas di tubuhnya terbakar sehingga menghasilkan panas dan cahaya. Makanya tubuh bintang terlihat bersinar dan membuat langit jadi sangat indah.


Bintang sangat panas


Bintang jadi terlihat kecil dari bumi karena jaraknya yang sangat jauh. Kita pun tidak merasakan panas dari bintang karena posisinya yang jauh itu. Lalu bintang ternyata punya masa waktu loh, jika zat hydrogen di tubuhnya habis maka bintang tidak bisa bersinar lagi dan menghilang dari langit malam. Inti bintang besar yang hancur membentuk lubang hitam di ruang angkasa dan menghidap semua yang ada di dekatnya.


Wah seru ya. Umi dan Ubay jadi manggut-manggut karena menemukan banyak fakta menarik yang sebelumnya tidak kami ketahui. Jadi penasaran mau baca 3 judul yang lainnya.


Selain menyajikan fakta tentang benda langit, buku “Bintang” disajikan dengan bahasa yang ringan dan sederhana sehingga anak-anak mudah mengerti. Gambar yang lucu dan colorful juga sangat pas untuk menggambarkan cerita. 


Nah, buku ini juga makin menarik karena dilengkapi dengan kamus kecil tentang istilah-istilah yang asing untuk anak-anak jadi bisa membantu orang tua untuk menjelaskannya. Misalnya nih istilah gravitasi, di bagian bawah buku ada kotak kecil yang menjelaskan bahwa gravitasi adalah gaya tarik menarik antara semua benda yang mempunyai berat di alam semesta sehingga kita bisa tinggal di bumi dan tidak jatuh. Hal ini juga jadi pembahasan saya dan ubay waktu membaca buku karena ia bertanya kenapa kita tinggal di pinggir bumi bukannya di dalam bumi hehee…


Overall, saya dan Ubay suka sekali dengan buku “Bintang” karena topiknya sangat menarik dan membuat anak makin semangat mencari tahu tentang fakta Tata Surya lainnya. Ia pun jadi menyadari jika ternyata di dunia ini bukan hanya ada Bumi dan Matahari, namun banyak sekali benda langit lain yang diciptakan Allah.


Yuk ajak si kecil baca bukunya juga ^_^

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email