AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Bahrul Ilmi : Blogger SEO Pontianak yang Suka Berbagi Ilmu

Posting Komentar

Bahrul Ilmi, sering disapa Kak Baim adalah salah satu coach di Kelas Growthing yang saya ikuti. Ia adalah Blogger asal Pontianak yang saat ini berfokus mendalami SEO. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk membantu orang lain dalam mengenalkan diri, usaha dan brand di internet.

blogger seo asal pontianak bahrul ilmi

Tentang Bahrul Ilmi

Sekarang Kak Baim bekerja sebagai freelance content writer dan web content editor salah satu agency di Jakarta. Pemilik blog nulisin.com yang baru saja berulang tahun tanggal 17 september lalu ini mempunyai harapan sebuah blog yang dibuat bisa menjadi media berbagi hal positif kepada orang lain.  

Baginya, blog adalah media untuk memperkenalkan diri di dunia maya, menjalin silaturahmi, dan membangun jaringan. Beberapa tulisannya ditujukan untuk kebutuhan komersil, ada yang sekedar untuk meluangkan hobi, dan juga sebagai sample atau portofolio dari beberapa pekerjaan yang sudah dikerjakan.

Tak berhenti sampai disitu saja, kecintaanya terhadap teknologi membuat  Kak Baim juga  mengembangkan beberapa blog dengan tema serupa dan membangun sebuah usaha  yaitu Content Writer Pontianak. 

Kak Baim pernah menjadi penulis artikel (content writer) sejak tahun 2013. Menulis artikel dan semacamnya membuatnya menghabiskan banyak waktu di depan laptop. Dari akun facebooknya saya tahu kak Baim bisa menulis hingga 10 artikel perhari.

Beberapa tahun belakangan ini selain menjadi content writer ia pun menjadi bagian dari 4 SEO Pontianak, sering menjadi pemateri, dan membantu orang lain mengembangkan web dan banyak kegiatan produktif lainnya.

“Bisa membantu orang lain menyelesaikan masalah mereka tanpa terkendala jarak dan waktu adalah satu hal yang menyenangkan. Itulah kenapa sejak 2011 hingga sekarang saya betah di dunia kreatif ini.”

Sebuah kesenangan yang mulia menurut saya. Karena dengan membantu ia merasa senang. Menurut kak baim juga keterbatasan tidaklah menjadi halangan, melainkan tantangan yang harus ditaklukkan.

 “Tidak perlu takut orang akan melihatmu sebelah mata ketika hanya melihat dari segi fisik. Sebab, jika dirimu bisa melakukan sesuatu yang berarti untuknya, mereka akan melupakan apa yang kita sebut kekurangan. Teruslah belajar, perbaiki diri, jadilah berguna bagi orang banyak.”

Pengalaman Belajar SEO bersama Kak Baim

Kak Baim mengisi 4 materi di kelas growthing yaitu tentang google analytic, google search console, keyword reasearch dan parameter SEO On Page

Keempat materi yang disampaikan dengan runut, jelas dan informatif.  Iapun dengan sabar menjawab banyaknya pertanyaan dari peserta kelas growthing.

Darinya saya belajar bahwa bagi seorang blogger penting untuk mempelajari SEO dan hal-hal yang mendukung sebelum membuat sebuah konten.

Jika selama ini saya hanya menulis tanpa memperhatikan SEO. Kini, saya mulai merubah kebiasaan dengan menelusuri kata kunci yang ingin dibidik. Kata kunci membantu saya untuk membuat tulisan yang dicari pembaca juga membuat tulisan lebih runut dan informatif.

Paramater SEO On page sebagai upaya mendapatkan ranking di mesin pencari juga diajarkan secara detail oleh coach Baim. Dengan memprakterkkan SEO On page dengan benar akan membawa perubahan besar pada kualitas blog kita loh.

Setelahnya, penting juga bagi blogger untuk mengenal data blog sendiri melalui google analytic dan google search console. Apa sih guna data itu? Dalam materi yang di sampaikan oleh coach Baim, dengan data GA  kita bisa melihat traffic pengunjung blog, durasi kunjungan, bounce rate dll. Begitu juga dengan GSC yang bisa membantu kita memaksimalkan artikel blog di hasil pencarian google.

Saya beruntung nih bisa mengikuti kelas growthing hingga saat ini. Jadi mendapatkan banyak ilmu dari Kak Bahrul Ilmi. Terimakasih ya Kak Baim, semoga makin berkah ilmu yang disampaikan.  

Oya yang mau ingin mengetahui kegiatan keseharian Kak Baim, silahkan mampir ke blog dan akun sosial medianya 

  • Facebook: Bahrul Ilmi
  • Twitter: @bahruladitya
  • Instagram: bahruladitya
  • Blog : https://nulisin.com/


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email