AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Punto Wicaksono : Humoris dan Jago SEO

Posting Komentar
mas pewe punto wicaksono yang humoris dan jago seo

Punto Wicaksono yang sering dipanggil dengan nama Pewe adalah salah satu coach di Kelas Growthing yang ilmu mengenai SEO nya tak perlu diragukan lagi.

Sebelum bergabung di kelas growthing, saya pernah mengikuti Kelas SEO On Page nya Mas Pewe dan Mas Irwin. Kesan Mas Pewe di awal tampak agak pendiam. Namun ternyata ada sisi lain yang kocak dan humoris dengan aneka sticker dan candaan lucu yang ia bagikan di grup whatsapp. 

Bersama mas Irwin ia kerap mengirimkan sticker tertawa bergetar yang jika melihatnya membuat kepala saya jadi keliyengan. Atau icon tertawa hingga dagu kebawah yang sontak membuat seisi grup tertawa. 

icon tertawa ala mas pewe punto
salah satu sticker lucu yang dikirim mas Pewe

Namun di lain kesempatan, mas Pewe tampak sangat serius terutama saat penyampaian materi mengenai SEO Off Page. 

Tentang Punto Wicaksono

Punto Wicaksono adalah pemilik blog pe-we.com. Menurut bio di blognya, mas punto lahir di Jakarta belas tahun yang lalu hehe. Mas Pewe adalah sapaan akrabnya.  Ia mempunyai gelar S.Kom dan lulus dari sebuah Universitas kenamaan di Jawa Tengah - Universitas Dian Nuswantoro.

Ohya saya pun baru tau ternyata Mas Punto sudah menerbitkan dua buah buku berjudul Komputer Akuntansi untuk Pemula dan Orang Awam dan Cara Instan Menjadi Teknisi Handal.

Jika berkunjung ke akun sosial medianya, teman-teman pasti tahu bahwa Mas Pewe adalah suami dari Mba Monica. Mereka kerap membagikan momen bersama. Keduanya  tak terpisahkan dan saling melengkapi. Mba monica dengan keahlian menulisnya, dan Mas Pewe dengan SEOnya. Perpaduan yang pas untuk profesi mereka sebagai Blogger.

Perjalanan Ngeblog

Mas pewe memulai karir nya sebagai seorang blogger di tahun 2017. Ia menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu komputer, game PC ataupun mobile. 

Semenjak menjadi blogger, Mas Pewe mulai tertarik dengan hal-hal berbau SEO. Dalam waktu 3 tahun ini mas Pewe membuktikan motto hidupnya untuk selalu belajar. Dari cerita Mba Monica di grup saya tau kalo Mas Pewe mencoba beberapa teknik SEO hingga mengorbankan banyak blog untuk mendapatkan hasil terbaik.

Terbukti sekarang, blog Pe-we.com mempunyai domain authority 58. Sebuah hasil yang mencengangkan kami semua. Namun wajar jika melihat usahanya dalam menerapkan SEO on page maupun Off page. 

Mas Pewe pun tak segan untuk membagikan ilmu yang sudah didapat. Bersama Mas Irwin, Mba Monica, Ka Bahrul Ilmi, Ka Ilham Sadli dan Mba Gemaulani mereka membuat kelas gratis sejak beberapa bulan yang lalu termasuk kelas growthing yang saat ini saya ikuti.

Belajar SEO Off Page bersama Mas Pewe

“Onpage tuh hambar kalau tanpa adanya optimasi Off-Page, ibarat hidup tanpa pasangan”

Begitulah pesan Mas Pewe saat memulai materi SEO Off Page . Sebenarnya secara tidak sadar kita sudah melakukan optimasi off page loh.

Kenapa SEO Off page penting?  karena optimasi ini secara signifikan mengangkat nilai DA dan DR serta peringkat tulisan di mata SERP. SEO Off page adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Beberapa diantaranya adalah

1. Share di media sosial

2. Menggunakan google my business

3. Listing bisnis terarah : mendaftarkan blog ke website-website

4. Brand mention di media online 

5. Review di forum-forum

6. Membangun link untuk menaikkan posisi artikel pada SERP

Nah untuk membangun  backlink ternyata yang penting adalah kualitas bukan kuantitas. Penting untuk mendapatkan backlink dari website dengan peringkat gendut untuk menopang peringkat blog kita. Selain itu coach pewe juga menganjurkan untuk mengirimkan guest post di website yang punya DA tinggi, salah satunya ke website BRT Network yang ia kelola bersama tim growthing.

Materi SEO Off Page dari Mas Pewe jadi membuka pandangan baru buat saya. Bahwa semuanya itu saling berhubungan. Tulisan yang bagus perlu dilengkapi dengan SEO agar lebih mudah ditemukan oleh banyak orang dan dirasakan manfaatnya. Pun dengan SEO akan membuat blog kita lebih berkembang. Jadi makin semangat nih untuk terus belajar

Ohya teman-teman bisa cek sosial medianya jika ingin tau lebih jauh mengenai Punto Wicaksono

  • Facebook: Punto Wicaksono (PeWe)
  • Facebook Fanpage: PeWe
  • Tiktok : @pewedotcom
  • Twitter: @pe_we19
  • Instagram: @pe.we19

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email