AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Belajar di Kelas Growthing : Performa Blog Membaik, DA Jadi 30+

6 komentar
ikut kelas growthing, da jadi 30++

Alhamdulillah, sejarah baru untuk blog riafasha.com karena berhasil mencapai DA (domain authority) 34. Sebuah bonus yang mengembirakan karena telah bertahan selama kurang lebih 1 bulan ikut kelas growthing. Yeay...

Hanya 6 orang dari 42 peserta yang sampai di kelulusan. Kelas ini memang unik. Padat ilmu, penuh tawa, kadang  terasa berat dan mendebarkan. Ini pertama kalinya saya menemukan kelas blog gratis dengan metode yang dirancang sedemikian rupa hingga pengalamannya susah dilupakan. Tanya saja kepada para alumni yang sudah ikutan, bikin kaki dingin tapi mau ikut lagi.

Makanya saat saya sampai ke tahap akhir materi, rasanya senang banget. Bahkan sebagai apresiasi untuk perjuangan selama satu bulan, saya akan memberikan diri hadiah dengan semangkok bakso, sepiring mie pangsit, buah-buahan, sekotak susu dan tidur berulang-ulang. Anggap saja balas dendam karena kurang tidur selama satu bulan :D  


Berkenalan dengan Kelas Growth Blogger

Semenjak sering menulis tentang kelas growthing, banyak teman blogger yang penasaran tentang kelas ini. Siapa sih yang buat? Beneran bagus nggak? Apa iya bisa naikin DA? 

Eit.. sabar dulu! Kita bahas satu-satu ya ^^

kelas growth blogger dari growting.id

Kelas Growth Blogger merupakan kelas gratis yang diadakan oleh Tim BRT Network yaitu Mas Irwin, Mas Pewe, Mba Monica, Kak Bahrul Ilmi, Kak Ilham Sadli, dan Mba Gemaulani yang sering kami sapa coach. Mereka nantinya akan memandu peserta terpilih untuk mengembangkan kemampuan blogging dan hal-hal yang mendukung aktivitas ngeblog.

Untuk jadi peserta tentu nggak sembarangan karena ada pendaftaran dan seleksi yang cukup ketat. Nantinya peserta yang bisa mengikuti kelas di filter dari DA yang paling kecil saat mendaftar. Saya sudah dua kali mendaftar kelas DA sebelumnya namun tidak lolos. Kali ini alhamdulillah beruntung banget bisa ikutan karena mendapatkan bonus setelah menyelesaikan kelas SEO On Page sebelumnya. 

Intip Materi di Kelas Growthing 

“Enak ya DA nya bisa naik hingga 30 lebih”. 

Iya dong enak banget apalagi melihat hasil akhirnya. Tapi yang dilalui selama sebulan ini tentu tidak mudah. Bersama dengan peserta lainnya saya mendapatkan 9 materi yang disampaikan oleh para coach.

9 materi yang didapatkan saat mengikuti kelas growth

1 . Mahir Menulis Editing Blogpost 

Materi pertama yang sangat berkesan dari Mba Monica Anggen, Blogger sekaligus Penulis banyak buku best seller. Dalam penyampaiannya mengenai mahir menulis dan editing blog, mba monica mengingatkan saya untuk terus menguatkan motivasi menulis. Motivasi yang kuat penting agar kita bisa bertahan di ranah ini. Selanjutnya peserta juga diberikan materi trik untuk menulis artikel di blog dan bagaimana mengatasi kendala dalam menulis.

2. Membaca Google Analytic

Selama ini yang suka abai dengan google analytic seperti saya akan terbuka pikirannya setelah mendapat materi dari Kak Baim. Saya jadi tau bagaimana membaca data pengunjung blog dari berbagai fitur yang ada di google analytic. Jika bisa membacanya dengan baik, kita dapat menganalisa postingan dan selera pengunjung loh.

3. Membaca Google Search Console

Materi GSC juga disampaikan oleh Kak Bahrul Ilmi. Saya dan peserta lainnya juga diajak untuk membaca data GSC dan memperbaiki kesalahan di blog yang bisa dilihat melalui GSC.

4. Teknik Keyword Research

Riset kata kunci sering juga saya lewatkan. Padahal dengan riset, kita bisa mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari. Nah jika teman-teman bergabung di Kelas Growthing,  jangan lewatkan materi satu ini dari Kak Baim. 

5. Parameter SEO On Page

SEO On Page adalah salah satu materi favorit. Jadi tahu apa saja yang perlu saya perbaiki dari artikel yang sudah ditulis. Ternyata agar tulisan tampak baik di mata mesin pencari ada parameternya seperti panjang judul, peletakan kata kunci, deskripsi artikel hingga alt text pada gambar. 

6. SEO Off Page

On Page akan seimbang dengan SEO Off Page. Materi ini disampaikan oleh Coach Pewe yang DA nya dah mencapai 58 karena penerapan off page yang tepat. Seo Off page jugalah yang menjadi salah satu faktor kesuksesan naiknya DA peserta kelas growthing.  

7. Teknik Fotografi

Nah, ga hanya soal menulis dan SEO. Materi kelas growthing makin lengkap karena ada pemaparan teknik foto menggunakan smartphone dari Gilang Maulani. Saya jadi makin semangat untuk menggunakan foto jepretan sendiri melengkapi postingan blog. 

8. Manajemen Sosmed auto Selebgram 

Materi manajemen sosmed dari kak ilham juga seru banget. Saya dan teman-teman berhasil menambah follower di twitter loh dari tips dan tugas yang diberikan. Nggak hanya itu saja, kak Ilham juga memberikan tips bagaimana membangun personal branding dan meningkatkan engagement media sosial

9. Audit SEO Internal Basic

Nah, materi terakhir dari coach Irwin membantu saya mengenal blog sendiri. Jadi tau kesalahan yang ada di blog karena selama ini blog tampak baik-baik saja ternyata banyak banget yang harus diperbaiki. Kami diajarkan untuk menganalisa blog hingga tiap postingan untuk melihat apakah artikel sudah benar di mata SEO. 

Fakta Unik Tentang Kelas Growth Blogger

Gimana? udah dapat sedikit gambaran kan apa saja yang akan di pelajari di kelas growth? Sekarang saatnya saya berbagi fakta unik tentang sistem di kelas ini yang membutanya berbeda dari kelas-kelas yang pernah saya ikuti sebelumnya. 

Selalu ada Tugas

Jangan harap setelah dapat materi bisa tidur nyenyak. Di Kelas Growthing batch 1, setiap materi selalu diikuti dengan tugas loh. Deadlinenya hanya 2 hari. Tugas biasanya berupa penulisan artikel ataupun menjawab pertanyaan di form yang sudah disediakan oleh coach Irwin. 

Ada Kartu Imun 

Kenapa saya bilang kelas ini unik, karena sistemnya tak terduga. Di materi mahir menulis dan editing blogspot, peserta yang artikelnya berhasil nangkring di page 1-3 pencarian google akan mendapatkan kartu imun. Kartu ini bisa digunakan sewaktu-waktu peserta melakukan kesalahan sehingga bisa menyelematkannya dari tendangan madun

Terpacu untuk Lebih Baik

Jarang-jarang ada kelas yang membuat pesertanya tidak bisa tidak harus praktek langsung dan grasak grusuk mencari cara untuk memperbaiki kesalahan blognya bahkan rela bergadang dan minum panadol hehe. Yup, di kelas ini bisa dikatakan kita akan *terpaksa berusaha untuk menjadi lebih baik. Terasa banget perjuangannya untuk tetap bertahan di kelas. 

Tendangan Madun yang Fenomenal 

Coach Irwin sepertinya memang viral dengan sebutan pemilik tendangan madunnya. Hal ini karena setiap pemeriksaan tugas, grup akan dikunci sejak pukul 8 malam. Peserta yang melakukan kesalahan dalam pengerjaan tugas akan dikick (dikeluarkan) dari kelas. Jadi saran saya untuk teman-teman yang akan ikut kelas selanjutnya, telitilah, dan periksa hingga bosan tugas sebelum dikumpulkan karena 1 ketidaktelitian akan membuat kalian kena tendangan madun.

Kelas Berat, Perlu Mental dan Fisik yang Kuat

Dari kelas-kelas yang sebelumnya pernah saya ikuti. Kelas Growthing termasuk kelas berat. Banyak yang berguguran karena mundur sendiri ataupun di kick karena kesalahan mengerjakan tugas. Jadi yang berniat untuk ikut kelas growthing, baiknya menyiapkan fisik dan mental.


Perubahan Setelah Mengikuti Kelas Growthing

Kalo ditanya berat atau nggak? Kelas ini cukup berat untuk saya. Saya dituntut untuk rajin dan teliti. Harus cekatan mengecek info yang ada di grup, pokoknya nggak ada waktu santai :D

Tapi disitulah sisi unik kelas ini, kelas growthing membuat ritme aktivitas ngbelog jadi lebih teratur. Kalo dulu biasanya bisa jeda membuka laptop hingga berhari-hari, Sekarang sehari aja tidak mengecek blog rasanya kok rugi banget. 

Nah biar makin jelas, berikut beberapa perubahan yang dirasakan setelah ikut kelas growthing:

1. Makin Semangat Ngeblog

Benar saat ada yang bilang, agar punya semangat kita perlu berkumpul dengan orang-orang yang punya motivasi tinggi. Selain punya coach hebat yang sigap menjawab dan berbagi ilmu, di kelas growthing saya juga punya teman-teman yang punya daya juang dan motivasi tinggi untuk belajar. Keberadaan mereka membuat saya jadi makin semangat untuk ngeblog dan memperdalam ilmu di dunia blogging.

2. Struktur Blog Membaik

Sebelum memulai kelas growthing,  saya dan teman-teman diminta untuk menginstall tool yang bisa mengecek struktur dan SEO blog. Sungguh salah satu PR yang membuat sakit kepala seisi kelas. Rasanya belum ada satu pun peserta saat itu yang struktur blognya sempurna. Saya harus ganti template blog berkali-kali dan mengotak-atik kode html hingga hasilnya benar. Alhamdulillah setelah mengikuti instruksi dari coach, sekarang sudah tau bagaimana membenarkan struktur blog.   

3. Traffic Blog Meningkat

Memperbaiki struktur blog dan penerapan ilmu SEO On Page benar-benar memberikan perubahan yang luar biasa. Saya yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam mencari traffic blog, sekarang sudah cukup senang karena traffic selama sebulan mengikuti kelas growthing mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tak hanya itu saja, rasio pantulan yang awalnya bisa mencapai 90% sekarang jauh berkurang. 

4. Bonus DA menjadi 30+

Dulu bagi saya, kenaikan domain authority hanyalah sebuah misteri yang sulit dipecahkan. Saya pikir ya udah kalo memang rejeki DAnya bakal naik. Padahal sebenarnya ada banyak faktor yang bisa diusahakan agar DA kita naik.

Awal masuk kelas, DA saya hanya 17. Tidak pernah naik lagi semenjak penurunan DA besar-besaran tahun lalu. Padahal agensi seringkali mematok DA untuk sebuah kerjasama. Jadi makin galau kan karena DA tak kunjung naik.

Alhamdulillah, bersyukur banget diberi kesempatan menjadi bagian dari peserta kelas growthing yang bertahan hingga akhir. Saya, Mba Marita, Mba Rahmah, Mba Luluk, Mba Yustrini dan Bang Ekoo menjadi 6 peserta yang mencapai kelulusan. Bonusnya luar biasa banget. DA kami kini sudah di atas 30 semua. Hal yang tidak pernah saya duga sebelumnya.

domain authority riafasha.com
domain authority riafasha.com per 8 oktober 2020

Mengikuti rangkaian pembelajar di kelas growth, DA saya beranjak naik mulai dari 17, 19, 21, 22 dan terakhir saat kelulusan alhamdulillah sudah 34. Sebuah hasil wow banget buat saya. Rasanya mau koprol bolak balik hehehe...

***

Kenaikan DA ini tentu bukan menjadi akhir, namun jadi awal baru untuk makin semangat menulis dan update blog. DA yang besar tapi blog nya ga pernah update tentu akan percuma kan. Saya juga bakal malu banget sama para coach yang sudah membimbing kalo ilmu yang didapatkan disia-siakan begitu saja. 

Untuk teman-teman yang ingin mendaftar kelas growthing, semangat ya! Tekadkan untuk menimba ilmu dan upgrade diri, insyaAllah akan dimudahkan proses belajarnya. 

Terimakasih juga untuk Coach Kelas Growthing! Semoga ilmunya berkah dan selalu diberikan kesehatan untuk terus semangat berbagi ilmunya

Related Posts

6 komentar

  1. Balasan
    1. Ayo mbak..pantengin fb nya mas irwin dan grup.BRT dalam.waktu dekat akan buka pendaftaran

      Hapus
  2. Waaahhh keren banget Mba!! Aku yang DA di bawah 10 mah bisa apa ya :(
    Kayaknya kalo aku ikutan kelas ini bakalan dapet tendangan yang pertama deh hahaha masih belum bisa membagi waktu untuk fokus di blog sepenuhnya.
    Tapi, keren banget! Aku jadi semangat juga mau ngurusin blog supaya makin keren meskipun susah banget kayaknya ya huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coach2nya yang keren ni
      Awalnya aku juga mikir bakal kena kick
      Tapi kalo tekad buat belajar kuat, nanti bisa dijalani kok
      Semangatt

      Hapus
  3. Salut buat mbak ria yang bertahan hingga akhir dan mendapatkan DA yang wow... ada usaha pasti ada hasilnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak. Karena bimbingan coach2nya jadi bisa sampe da 34

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email