AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Cara Cepat Mengatasi URL yang Diblokir Facebook

Posting Komentar
gambar handphone dengan layar aplikasi facebook
Gambar oleh William Iven dari Pixabay 

Ada yang pernah mengalami tidak bisa share link blog ke facebook atau URL di blokir facebok? Pasti jadinya panik banget karena memang fb menjadi salah satu media sosial untuk berbagi postingan terbaru kepada pembaca kita.

Saya menuliskan panduan ini berdasarkan pengalaman yang baru saja di alami. Cerita awalnya seorang teman meminta bantuan untuk dibuatkan sebuah blog berdomain .id

Setelah blog teman saya itu live dan diisi beberapa postingan, saya jadi kaget karena ia mengatakan bahwa link blog nya di blokir facebook sehingga tidak bisa di share. Saya pun jadi ikutan bingung, bagaimana mungkin sebuah domain yang baru launching sudah di blok  dan tidak bisa dishare konten.

Makin bingung karena saya pun nggak tau alasan pemblokiran tersebut. Saya coba cek lagi tulisan dan template blog yang digunakan semuanya aman. Setiap mencoba untuk posting akan muncul pemberitahuan  : “Konten anda tidak dapat dibagikan karena tautan ini melanggar standar komunitas kami. Jika anda merasa tidak melanggar standar komunitas, beritahu kami”

Penyebab Tidak Bisa Share Link Blog di Facebook

Setelah mencoba mencari tahu tentang standar komunitas facebook. Ada beberapa alasan umum yang mengakibatkan domain  diblokir oleh FB, diantaranya adalah:

1. Ada yang melaporkan  domain/URL  kita sebagai spam

2. Halaman blog/ website mangandung malware.  Teman-teman bisa coba cek ada malware atau tidak di https://sitecheck.sucuri.net/

3. Menggunakan akun facebook untuk membagikan banyak tautan sekaligus/ terlalu sering 

Nah dari beberapa alasan di atas domain blog yang baru saja saya buat tidak melanggar salah satunya. 

Saat pertama kali share langsung diblokir kan cukup aneh. Setelah beberapa hari kebingungan, saya mencoba beberapa cara untuk memulihkan kembali domain/url yang tidak bisa di share facebook

Cara Cepat Mengatasi URL yang Diblokir Facebook

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi url yang tidak bisa dishare di facebook. Pertama, dengan melakukan banding dan kedua  menghubungi support center facebook. 

Mengajukan Banding

Hal pertama yang bisa kita usahakan agar url bisa kembali di share di facebook adalah dengan mengajukan banding. Upaya ini maksudnya menyatakan bahwa kita tidak setuju atas kebijakan pemblokiran url blog kita oleh facebook. 

Bagaimana cara mengajukan banding?

Coba untuk share link blog ke facebook. Lalu akan muncul informasi blokir seperti gambar, lalu klik “beri tahu kami”

Selanjutnya kita akan diarahkan ke sebuah halaman, kita diminta untuk menjelaskan mengenai masalah yang terjadi. Saya pun mecoba untuk menuliskan kronologi kejadian dan menyampaikan bahwa url/ domain yang saya punya tidak melanggar kebijakan facebook. 

url tidak bisa di share ke fb ajukan banding

Sayangnya, setelah menunggu kurang lebih 3 hari, banding yang saya ajukan tidak juga ditanggapi facebook dan URL blog tetap tidak bisa di share. Sudah coba beberapa kali dan minta teman lainnya untuk mengajukan banding pun berhasil kecewa :D

Akhirnya saya mencoba cara kedua yang Alhamdulillah terbukti cepat ditanggapi facebook hingga akhirnya url dapat dipulihkan saya bisa membagikan postingan di FB lagi.

Menghubungi Support Center Facebook agar Blokiran di Cabut

Yup, berdasarkan pengalaman saya. Ini adalah cara paling cepat untuk mengatasi url yang di blokir oleh facebook hanya dalam waktu 2 hari saja. Bagaimana caranya? Dengan menghubungi support center facebook melalui email maupun live chat

Bagaimana caranya?

1. Pastikan kita punya akun facebook business. Teman-teman bisa membuatnya jika belum di alamat https://business.facebook.com/

2. Buatlah minimal 1 akun iklan di akun bisnis tersebut lalu copy ID akun iklannya

3. Selanjutnya akses halaman support center facebook, alamatnya https://www.facebook.com/business/help

4. Setelah halaman terbuka, scroll hingga menemukan tulisan “get started” atau "mulai" seperti gambar.

membuka halaman support center facebook

5. Nanti akan muncul pilihan, apa yang bisa kami bantu? Saya pilih kebijakan dan keamanan akun. Lalu akan muncul lagi pilihan scroll kebawah. Ada tulisan “perlu bantuan lainnya?”

6. Pilih chat (karena saat saya membuka support center di malam hari, fitur chat sedang tidak aktif, saya memilih opsi kirim email ke tim dukungan kami, untuk live chat dibuka pukul 08.15 pagi)

kirim email ke tim dukungan facebook untuk minta bantuan

7. Isi form yang tersedia seperti nama,  email, hp, dan isilah keluhan kita lalu klik minta dukungan

form isian dukungan facebook dikirim ke email

Tulislah kronologi kejadian, keluhan disertai dengan url blog yang terblokir. Gunakan bahasa yang baik dan santun (jangan marah-marah hehe). 

isian banding saat url diblokir facebook

Setelah saya mengirimkan form, nanti akan ada email pemberitahuan dari facebook bahwa banding saya sudah diajukan dan diminta untuk menunggu kurang lebih 48 jam.

Alhamdulillah, sehari setelahnya, ada email baru dari facebook yang menyatakan bahwa url website teman saya yang diblokir sudah dicabut dan bisa melakukan share lagi dan membuat iklan dengan menggunakan url tersebut. 

balasan dari tim facebook url sudah dipulihkan

Alhamdulillah saya pun jadi lega, pasalnya saya sungguh nggak enakan dengan teman yang saya bantu buatkan blognya. Hehee

Semoga membantu ya untuk teman-teman yang url blog nya tidak bisa dibagikan ke facebook

Selamat mencoba :)

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email