Khasiat Vipro-G bagi Perokok Pasif untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

khasiat Vipro-G untuk daya tahan tubuh perokok pasif

Tahun ini memang terasa berat karena adanya pandemi Covid-19. Kita telah mengalami perubahan cara hidup yang sebelumnya belum pernah terjadi. Masker, sarung tangan, hand sanitizer, vitamin dan jaga jarak kini menjadi bagian yang tak terpisahkan. Kita akan menjadi waspada ketika sakit bahkan untuk gejala ringan seperti batuk pilek yang dulunya sering disepelekan. Selain konsumsi makanan sehat dan olahraga,  penting melakukan tindakan preventif seperti  minum Vipro-G, suplemen kesehatan yang bantu meningkatkan sistem imun serta melindungi tubuh dari radikal bebas seperti asap rokok dan polusi udara.

Mungkin teman-teman bertanya kenapa saya memilih Vipro-G untuk menjaga kesehatan. Nah di tulisan ini saya akan cerita bagaimana suplemen kesehatan ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Cegah Virus dengan Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kasus positif virus corona kini terus bertambah. Semakin dekat dan ada di sekitar kita. Faktor risiko terinfeksi COVID-19 pun bisa meningkat jika memiliki penyakit bawaan seperti obesitas, hipertensi, diabetes, paru-paru dan sistem imun tubuh yang melemah. Hal ini membuat saya jadi makin waspada mengingat sebagian anggota keluarga memang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Hingga saat ini belum tersedia vaksin yang bisa mengobati infeksi virus corona. Karena itu Kementrian Kesehatan Indonesia mengimbau agar kita senantiasa menjalankan hidup bersih serta menjaga daya tahan tubuh.  Dengan sistem imun yang terjaga baik, kita tidak akan mudah terserang penyakit dan mencegah tertularnya virus.

Memang, sistem imun yang kuat adalah kuncinya. Walau tubuh kita memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri. Namun ada beberapa faktor yang bisa melemahkan sistem imun seperti kurang konsumsi makanan bergizi, faktor umur, penyakit, gaya hidup yang buruk dan obat-obatan tertentu. Karena itu, kita perlu menjaga daya tahan tubuh dan sistem imun. Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan menurut Panduan Perlindungan Keluarga pada masa pandemi covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI

1. Makan Bergizi Seimbang

Imunitas tubuh yang terjaga dengan baik tentu dipengaruhi oleh asupan makanan yang kita konsumsi. Kita disarankan untuk memenuhi makanan pokok, lauk pauk, minum air putih 8 gelas sehari dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Vitamin dan mineral yang ada dalam sayuran dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam menangkal virus serta bakteri penyebab penyakit.

Untuk mencegah tertular virus corona perbanyaklah konsumsi buah seperti pisang, jeruk, alpukat, nanas, apel, pepaya dan manggis. Sedangkan sayuran yang kaya serat dapat menjaga kekebalan tubuh seperti sayuran berdaun hijau, terong, tauge, daun singkong dan labu. 

2. Istirahat yang Cukup

Tidur yang kurang dapat menurunkan imunitas tubuh. Jadi penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai usia kita. Orang dewasa setidaknya butuh tidur sekitar 7-8 jam. 

3. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Di masa pandemi covid-19 pemerintah memang menganjurkan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan patuh akan protokol kesehatan semoga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit. 

4. Berolahraga dan Terpapar Cukup Sinar Matahari

Olahraga rutin setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan meningkatkan sistem metabolisme. Selain itu olahraga secara teratur dapat meningkatkan produksi antibodi dan mengeluarkan racun. Lakukan olahraga ringan yang mudah dilakukan seperti senam di dalam rumah, jogging, berjalan kaki maupun bersepeda setidaknya 30 menit secara rutin 3-5 seminggu.

Selain olahraga usahakan terpapar cukup sinar matahari dengan membuka jendela rumah atau berjemur setiap pagi selama 15 menit.  

5. Hindari atau Jangan Merokok

Paparan asap rokok dan alkohol yang berlebih bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok aktif maupun pasif punya resiko yang lebih tinggi mengalami infeksi paru seperti bronchitis dan pneumonia serta penyakit berbaya lainnya.

6. Konsumsi suplemen dan vitamin

Selain menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi suplemen juga menjadi pilihan lain untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pilihlah suplemen dan vitamin yang tepat untuk keluarga.

Bahaya Asap Rokok dan Polusi Kendaraan

Kondisi lingkungan punya pengaruh bagi kesehatan tubuh. Apalagi yang tinggal dan bekerja di perkotaan, banyaknya polusi udara yang dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Asap kendaraan, asap pabrik, dan asap rokok yang mencemari udara memberi efek  buruk bagi kesehatan. Akumulasi radikal bebas yang berbahaya ini masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. 

Bicara soal asap rokok, bukan hanya perkokok aktif saja yang punya risiko tinggi terpapar penyakit. Perokok pasif pun bisa kena dampaknya. Pengalaman saya melahirkan anak kedua yang saat lahir sakit karena infeksi paru. Menurut dokter kemungkinan saat hamil saya terpapar radikal bebas, bisa dari polusi kendaraan atau asap rokok.

Awalnya saya heran karena suami bukan perokok. Menurut dokter bisa saja saya terpapar ketika berinteraksi dengan orang lain atau saat sedang keluar rumah. 

Yup, banyak dari kita yang abai seperti saya. Tidak menyadari dampak dari polusi yang bisa sangat berbahaya. Apalagi saat ini, terpapar radikal bebas bisa meningkatkan risiko terpapar virus corona. 

Ini yang Terjadi Kalau Sering Terpapar Asap Rokok 

bahaya rokok bagi kesehatan dan daya tahan tubuh

Kebiasaan merokok menyebabkan efek negatif pada tubuh. Walaupun kita tidak merokok, sebagai perokok pasif yang sering menghirup asap bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru, emfisema, dan gangguan jantung. Ironisnya 75 % bahaya dari asap rokok justru didapat oleh perokok pasif karena terpapar asap rokok secara langsung. Asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif memiliki setidaknya 4000 senyawa kimia, 400 zat berbahaya seperti Sianida, Tar, Arsenik, Benzene dan berbagai zat berbahaya lainnya.

Selama ini memang perokok aktif maupun pasif sering abai. Zat bahaya rokok ternyata bisa bertahan di udara selama kurang lebih empat jam. Jadi bisa dipastikan kita sering menghirup partikel berbaya ini. Secara langsung, bahaya asap rokok bisa dirasakan dengan iritasi mata dan hidung, sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk. Lama-lama kondisinya akan semakin parah dan bisa meningkatkan masalah yang lebih serius seperti:

1. Kanker

Potensi perokok pasif terkena kanker sama dengan perokok aktif. Selain kanker paru-paru, perokok pasif juga rentan dengan kanker lainnya seperti  kanker laring, kanker payudara, kanker tenggorokan, kanker otak dll. 

2. Gangguan Nafas

Efek buruk dari asap rokok bisa menyebabkan gangguan nafas dan juga bahaya bagi penderita asma

3. Penyakit Jantung

Meski tidak pernah merokok sebelumnya, perokok pasif mengalami peningkatan risiko penyakit jantung hingga 30 persen. Asap rokok yang dihirup perokok pasif dapat menyebabkan darah menjadi lengket sehingga membuat arteri tersumbat. Bahan kimia yang berbahaya ditemukan dalam asap juga meningkatkan risiko serangan jantung dan struk. 

4. Kematian Prematur

Wanita hamil juga berisiko tinggi terkena dampak sebagai perokok pasif. Asap rokok bisa menyebabkan kematian anak karena kurangnya oksigen yang tersedia untuk ibu dan bayi ketika menghirup asap rokok.

5. Kekebalan Tubuh Menurun

Perokok pasif terutama anak-anak akan mengalami penurunan daya tahan tubuh jika terlalu sering menghirup asap rokok. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan bisa dilihat dari anak yang sering sakit. 

Vipro-G, Suplemen untuk Tangkal Efek Negatif Asap Rokok dan Polusi

Epigallocatechin Gallate dalam Vipro-G antioksidan melawan kanker

Nah, bahaya asap rokok dan polusi bagi kesehatan benar-benar tidak boleh diabaikan. Perlu pola hidup sehat dan perlindungan untuk menangkal efek buruk polusi tersebut. Apalagi nih seiring penerapan adaptasi kebiasaan baru, kita mulai beraktivitas di luar rumah lagi. Kepedulian dan kewaspadaan dalam menjaga imunitas tubuh harus makin ditingkatkan, bukannya malah kendor.

Oya, Sebagai perlindungan tubuh terhadap serangan radikal bebas, asap rokok dan polusi udara  tubuh memerlukan suplemen yang mengandung zat antioksidan seperti suplemen Vipro-G. 

Khasiat Vipro-G dapat membantu upaya tindakan pencegahan terhadap penyebaran COVID-19. Caranya dengan meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Sehingga aktifitas pada adaptasi kebiasaan baru (new normal) bisa terus berjalan dengan lancar, dengan tetap selalu mengutamakan dan menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Vipro-G merupakan produk dengan perpaduan terbaik dari 4 Formula zat aktif yang dapat memperkuat sistem imunitas dan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, meredakan radang tenggorokan, dan vitamin anti lelah dan capek. 

Kegunaan Vipro-G sangat tepat untuk saya dan suami yang memang setiap harinya aktif dan produktif bekerja. Dengan mengonsumsi suplemen ini sehari-hari bisa membuat tubuh tidak mudah capek dan tidak gampang sakit.  

Kandungan 4 Formula Zat Aktif pada Vipro-G

Tablet Vipro-G Effervescent  memiliki 4 kandungan formula zat aktif yang bantu pelihara daya tahan tubuh yaitu Epigallocatechin Gallat, Vitamin C 1000 mg, Zinc dan Taurine. Keempat zat itu berkolaborasi dalam meningkatkan daya tahan dan sistem imun tubuh. Berikut penjelasan kandungan Vipro-G tersebut:

tablet Vipro-G effervescent yang mudah larut

1. Epigallocatechin Gallate (EGCG)

EGCG adalah antioksidan yang berasal dari teh hijau, yang sangat baik fungsinya sebagai imunomodulator (zat yang dapat memodulasi mempengaruhi sistem imun tubuh menjadi ke arah normal). Epigallocatechin Gallate sebagai kandungan Vipro-G memiliki efek antioksidan 100 Kali lebih kuat dibanding vitamin C dan 25 kali lebih kuat dibanding vitamin E yang dapat mencegah kanker dan melawan radikal bebas.

2. Vitamin C 1000 mg

Vitamin C merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C 1000mg menjadi antioksidan yang sangat penting dan berfungsi untuk menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh (imuno stimulator). Sangat baik melindungi sel tubuh  dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kronis. 

3. Zinc

Merupakan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Jika tubuh kekurangan zinc, sistem imun akan melemah.  Saat dalam masa penyembuhan, zinc direkomendasikan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, serta mencegah terjadinya infeksi dari virus serta bakteri. Beberapa penelitian menunjukan bahwa zinc, dapat menurunkan resiko penyakit seperti infeksi saluran pernapasan.

4. Taurine

Merupakan asam amino yang sering disebut sebagai “wonder molecule” atau molekul ajaib oleh beberapa pusat penelitian kesehatan, karena memiliki banyak manfaat tanpa memiliki efek samping. 

Taurine sudah melewati penelitian dan diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia, seperti menurunkan resiko terkena penyakit dan meningkatkan performa seseorang ketika berolahraga. Itulah kenapa taurine sering juga ditambahkan ke dalam energy drinks atau minuman energi. Taurin dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen sehingga meningkatkan aktivitas fisik tanpa merasa kelelahan. 

Dengan kombinasi  4 formula aktif, kegunaan Vipro-G selain bisa memberikan perlindungan dan meningkatkan kinerja tubuh kita juga baik bagi kita yang sering terpapar asap rokok, dan polusi.  Untuk mencegah efek buruknya, mengonsumsi Vipro-G jadi upaya untuk menjaga kesehatan saluran nafas dan juga meningkatkan imunitas tubuh. Walaupun ada efek samping Vipro-G, asal dikonsumsi sesuai anjuran Vipro-G aman untuk dikonsumsi setiap hari

Pengalaman Menggunakan Vipro-Go

Saya dan suami itu sama sibuknya. Suami sering sekali lembur di kantor, interaksi dengan orang banyak dan teman-temannya itu banyak perokok aktif. Jadi bisa dipastikan dia sering terpapar asap rokok. Nah kalo saya, sering banget begadang malam untuk mengerjakan tulisan. Ya, ibu-ibu pasti ngertilah kalo pagi dan siang hari lebih banyak bersama anak-anak.

Semenjak adanya Covid-19 suami jadi ekstra hati-hati dan selalu mengingatkan saya untuk jaga makanan dan konsumsi suplemen dan vitamin biar nggak mudah ngedrop. Makanya saya pilih Vipro-G.

Vipro-G merupakan suplemen untuk orang dewasa. Jadi tidak dikonsumsi untuk anak-anak. Nah, Saya dan suami biasa mengonsumsinya satu kali sehari. Caranya cukup larutkan Vipro-G dalam 125-200 air  dingin. Tabletnya cepat larut, dengan warna pink bening.  Rasanya tuh manis, dan di tenggorokan terasa dingin dan lega. 

Suami saya juga jadi suka minum Vipro-G karena menurutnya khasiat Vipro-G sangat terasa. Tenggorokannya menjadi lebih lega dan tubuh terasa lebih fit dan berstamina. Begitu juga dengan saya, tubuh terasa lebih bugar dan bersemangat saat bangun di pagi hari, Dan kabar baiknya lagi saya dan suami tidak mengalami efek samping Vipro-G. Semoga bisa menjadi ikhitar kami untuk tetap jaga kesehatan di masa pandemi ini.

Oya, Tablet Vipro-G Effervescent bisa didapatkan dengan mudah seperti di Apotek, Toko Obat,  Modern Pharmacy Chain, Alfamart, dan minimarket dengan harga yang bersahabat.  Saya biasanya membeli di alfamart dengan harga Rp. 16.000 untuk 2 tablet Vipro-G.  Harganya terjangkau bukan untuk suplemen yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh!

beli vipro-g di alfamart harga 16.000

Jadi yuk, jadikan Vipra-Go sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu dan jaga kesehatan dari pengaruh buruk radikal bebas seperti asap rokok dan polusi udara. 


Referensi:

Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19 (covid19.go.id)

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-kronik/page/22/75-persen-bahaya-asap-rokok-akan-dirasakan-oleh-perokok-pasif

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-obstruktif-kronik-dan-gangguan-imunologi/akibat-asap-rokok


Komentar

  1. Asap rokok tidak hanya bahaya url perokok aktif namun juga perokok pasif ya.. Duuh.. TFS ttg Vipra-go ini ya..baru tahu nih. Mau kepoin lbh lanjut ah..

    BalasHapus
  2. wah ada rekomendasi untuk perokok pasif sepertiku untuk bisa sehat selalu ya,, khasiatnya bener terasa ya

    BalasHapus
  3. Baru tau ada suplemen ini, penting banget bisa konsumsi ini, karna lingkunganku ini penuh asap rokok, yang kebiasaan merokok itu banyak disini. Agak khawatir aku terpapar dan bisa dengan mudah terkena penyakit berbahaya.

    BalasHapus
  4. Ternyata cara konsumsinya mudah ya bun dan khasiatnya juga luar biasa, btw ibu hamil boleh konsumsi ini ga yah

    BalasHapus
  5. Mba Ria aku butuh ini nih. Kemarin nyari belum dapet di sekitar rumah. Kudu ke kota kabupaten deh kayaknya. Atau beki online aja kali ya. Aku dan suami sering bolak balik terbangun jaga emak. Tenaga terforsir terus.

    BalasHapus
  6. Baik selama pandemi atau nggak pandemi, tetap aja butuh vipro-G ini untuk daya tahan tubuh. Apalagi buat yang sering beraktivitas di luar dan sering ketemu orang yang ngerokok. Tau sendiri lah negara kita bebas ngerokok di mana aja.

    BalasHapus
  7. Asap rokok dan berbagai asap lainnya memang sangat berbahaya buat kesehatan tubuh. Bagi perokok atau yang sering terpapar asap polusi, perlu banget mengonsumsi Vipro-G, buat menangkal radikal bebas sekaligus menjaga daya tahan tubuh...

    BalasHapus
  8. Oya lho Mba, kebanyakan dari kita yang nggak merokok, malah jadi perokok pasif karena lingkungan alias orang orang di sekitar kita.

    Sama nih Mba, saya juga jadi sering tidur nggak teratur waktunya karena urusan pekerjaan.

    Semoga dengan ikhtiar konsumsi Vipro-G jadi sehat selalu.

    BalasHapus
  9. Di tengah pandemi saat ini menjaga kesehatan sangat penting. Dan bisa dimulai dengan pola makan, bagi yg ngekos, pola makan yg baik dan bergizi itu PR banget, makanya masih dibutuhkan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  10. vipro-G memang recomended buat tangkal radikal bebas, terutama asap rokok. Kalau di rumah, saya khawatir dgn tamu yg perokok.. Soalnya asapnya bertahan lama dan bisa dihirup anak-anak.

    BalasHapus
  11. Masalah jadi perokok pasif ini bagiku, nyebelin banget. Kenapa? Karena kita seakan diminta buat sabar dan nerima mereka yang mau merokok, sedangkan kita kayak dilihat aneh gitu kalo menghindari mereka.

    ya ngga 100% salah perokok, karena kan banyak tempat umum hingga kantor ngga jelas dan tegas dalam memberikan larangan tempat merokok.

    Minum suplemen sperti Vipro-G ini memberikan kita ekstra pelindung diri dari radikal bebas nih mba... jadi sedikit lebih lega..

    BalasHapus
  12. Vipro-G kaya akan khasiat terutama bagi perokok pasif ya mbak.

    Selain menambah stamina, penting banget untuk menjaga dahan tahan tubuh dinasa pandemi seperti saat ini.

    BalasHapus
  13. jadi perokok pasif juga itu punya risiko terdampak berbagai penyakit makanya penting banget tuk jaga diri dengan melakukan pola hidup sehat ya salah satunya dengan rajin konsumsi suplemen seperti Vipro-G ini yang udah jelas khasiatnya ya, apalagi saat pandemi gini harus lebih ekstra lagi dah.

    BalasHapus
  14. Kandungan vitamin C-nya tinggi juga, pas banget buat jaga daya tahan tubuh selama pandemi gini, Kak. Apalagi Epigallocatechin Gallate itu bikin badan tambah bugar dan menolak virus. Segar banget kayaknya pas dilarutkan dalam air dingin. Cess...

    BalasHapus
  15. iya nih, selain untuk penangkal radikal bebas dari polusi2 kendaraan, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh
    pas banget dikonsumsi tiap pagi saat pandemi ini

    semoga kita sehat selalu yaaa

    BalasHapus
  16. Kita gak merokok tapi tetap kena dampaknya ya. Untuk itu perlu menjalani pola hidup sehat & menjaga daya tahan tubuh apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Menambah multivitamis harian juga penting, pakai Vipro-G bisa menangkap radikal bebas ya ternyata

    BalasHapus
  17. Jadi perokok pasif itu lebih berisiko terkena penyakit ternyata ya. Herannya kalau ada perokok di tempat umum terutama pas bawa anak kecil, trus kita tegur, malah mereka yan nyolot duluan. padahal itu hak kita ya ngelindungi diri dari bahaya asap rokok. Ih sebel banget deh sama perokok! Untuk naikin imun memang harus jaga gaya hidup dan dibantu asupan supplement seperti Vipro-G ini ya kak. Pasti joss..harga terjangkau, manfaat juga mantul!

    BalasHapus
  18. kita hidup berdampingan dengan radikal bebas, mau ngga mau kudu ngejaga kesehatan sih. Vipro G adalah solusi suplemen dan praktis pula digunakan. kece banget sih ya

    BalasHapus
  19. Aku kudu minum suplemen Vipro G juga nih soalnya lingkungan sekitarku banyak asap rokok. Sudah makan makanan bergizi dan istirahat cukup. Tapi biar imunnya makin oke, wajib juga ditambah suplemen

    BalasHapus
  20. Saya perokok pasif dan tahu banget risiko yang saya hadapi. Tapi mau gimana lagi, suami masih susah buat berhenti. Sekarang mulai berkurang sih dan nggak ngerokok di dekat kami. Sedangkan sebagai ikhtiar sehat kami berusaha konsumsi makanan sehat, olahraga dan minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  21. Orang terdekatku sakit gara-gara asap rokok yg bikin dia jadi perokok pasif. Bertahun-tahun, makin parah, dan meninggal. Kalo dulu udah ada Vipro-G ini mungkin dia bisa lebih kuat 😶

    BalasHapus
  22. Suplemen ini perlu banget deh, meski kita bukan perokok. Mengingat lingkungan sekitar juga masih banyak perokok. Kalau kita lagi ketemuan sama teman dan teman kita merokok, tentu kita kan gak enak melarang dia merokok.

    BalasHapus
  23. Lingkunganku banyak perokok nih... Jadi khawatir efek buruk rokok... Butuh banget sumber antioksidan yg bisa buat Bangkal radikal bebas. Vipro-G ini kandungannya pas banget buat kebutuhan kita menjaga imunitas tubuh ya...

    BalasHapus
  24. Aku pikir Vipro-G khusus buat perokok aktif aja, ternyata perokok pasif bisa konsumsi karena faktor terpaparnya lebih banyak ya.

    BalasHapus
  25. Berguna banget buat saya yang hidup dalam keluarga besar mostly smoker
    Disuruh berhenti bilangnya umur bukan karena rokok

    BalasHapus
  26. Di rumah saya syukurnya gak ada yang merokok tapi kalau ke luar atau jalan-jalan gitu sering sekali jadi perokok pasif karena gak bisa terhindar dari mereka yang seenaknya merokok di segala tempat. Nah, menarik nih sekarang udah ada ya suplemen seperti Vipro G yang cocok buat kita yang serinv terpapar rokok

    BalasHapus
  27. aku kepo deh, Vipro-G ini aman gak dikonsumsi ibu menyusui? Kayaknya tadi baca artikelnya gak disebutkan deh, Mba. Soalnya aku butuh juga nih buat supplemen.

    BalasHapus
  28. Susah juga menghidari perokok aktif di luar rumah apalagi di tempat2 atau transportasi umum. But setidaknya Vipro-G ini bisa jadi solusi ya, bisa jadi penangkal radikal bebas gitu

    BalasHapus
  29. Di rumah ad jg yang merokok, ipar2 aku, khawatir banget kran mw gk mw jd perokok pasif aplg di lingkungan sktr msh bxk yg merokok, jd perlu stok Vipro G di rumah nih

    BalasHapus
  30. Aku suka bingung juga bagaimana menangkal radikal bebas jika tinggal di lingkungan yang mayoritas perokok. Untung nemu artikel mbak. Jadi kepikiran beli

    BalasHapus
  31. Duh, aku nih banyak dikelilingi perokok. Kayaknya kudu nyoba deh ViproG ini. Biar daya tahan tubuh lebih kuat ya.

    BalasHapus
  32. vipro G ini menarik karena bisa langsung diminum ya, sekarang perlu banget suplemen seperti ini untuk menjaga daya tahan tubuh ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^