AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Bikin Bolu Nikmat Pakai Kental Manis Yuk!

8 komentar

Weekend telat tiba! Saatnya mencoba resep-resep nikmat untuk keluarga nih. Kalau kamu bingung mau bikin apa, kamu bisa cobain bikin bolu super lembut yang dicampur sama kental manis

Campuran kental manis bisa bikin bolu kamu jadi super lembut dan nikmat, lho! Hidangan bolu nikmat ini juga bisa disajikan di waktu sore sebagai teman minum teh seluruh anggota keluarga, lho. Dengan menikmati hidangan bolu nikmat bersama keluarga di sore hari, suasana rumah akan terasa lebih hangat dan menyenangkan. Berikut adalah daftar bahan sekaligus cara membuat bolu nikmat untuk kamu dan keluarga.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 80 gr gula pasir
  • 115 gr tepung terigu
  • ¼ sdt baking soda
  • ½ sdt baking powder
  • Garam secukupnya
  • 2 sachet kental manis 
  • ½ sdt pasta blackforest
  • 8 sdm minyak sayur atau margarin yang sudah dilelehkan

Cara membuat:

  1. Masukkan telur dan gula sedikit demi sedikit sambil di mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih, kaku, dan berjejak selama 15-20 menit
  2. Matikan mixer dan masukkan tepung, baking soda, baking powder, dan garam sambil diayak
  3. Aduk adonan dengan spatula hingga tercampur rata, masukkan 2 sachet kental manis dan pasta coklat blackforest, kemudian aduk kembali
  4. Tambahkan minyak sayur sambil diaduk hingga rata
  5. Olesi loyang dengan margarin dan tuang adonan ke dalam loyang, beri topping sesuai selera. Panggang dalam oven, sekitar 50 menit, atau sesuaikan dengan oven masing-masing

Dessert lain pendamping bolu

Kental manis memang kerap kali jadi bahan yang tepat untuk jadi elemen penting dalam camilan. Oleh karena itu, kamu bisa juga nih mengolah kental manis menjadi dessert yang enak sebagai pendamping bolu, contohnya es krim. Dengan kental manis, kamu bisa membuat berbagai jenis es krim enak. Menikmati hidangan dessert serta bolu yang nikmat juga bisa membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik dalam menjalani akhir pekan.

Es krim Dulce de Leche

Es krim Dulce de Leche dari kental manis

Es krim Dulce de Leche merupakan salah satu suguhan manis yang cukup populer loh di Uruguay dan Argentina. Biasanya, Dulce de Leche disantap dengan roti bakar, pancake, atau waffle. Namun, karena di Indonesia, kita bisa makan Dulce de Leche dengan bolu coklat. 

Cara membuatnya yakni kamu cuma tinggal merebus kental manis yang telah disiapkan di dalam wadah anti panas yang dimasukkan ke dalam panci berisi air. Rebus menggunakan api rendah hingga sedang. Jangan lupa untuk aduk terus hingga teksturnya menjadi lebih gelap dan lebih mengental dari sebelumnya. Selain itu, proses mengaduk ini dibutuhkan agar menghindari risiko gosong.  Setelah teksturnya mengental, kamu bisa menuangkan Dulce de Leche di atas es krim pilihanmu

Es krim sandwich

es krim sandwich yang renyah
sandwich ice cream (gambar : schwans.com)

Es krim sandwich ini berasal dari Singapura. Untuk membuatnya, kamu bisa dengan mudah menemukan bahan-bahannya di pasar atau minimarket terdekat. 

Bahan-bahan:

  • 500 ml susu cair
  • 3 kuning telur
  • 300 gr whipped cream
  • Garam secukupnya
  • Roti tawar
  • Kental manis

Cara membuat:

  1. Campurkan susu cair, kuning telur, garam, masak dan aduk hingga mendidih.
  2. Dinginkan dan campur dengan whipped cream hingga merata dan masukkan ke dalam kulkas
  3. Meletakkan es krim di atas roti tawar dan tangkup dengan roti tawar lagi sehingga menyerupai sandwich
  4. Tambahkan kental manis agar es krim sandwich makin nikmat

Es krim wafer coklat

Kalau kamu masih ada sisa wafer di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat es krim wafer coklat yang enak. Kamu cukup menyiapkan wafer, kental manis, air, tepung maizena, dan susu cair. Perpaduan crunchy yang berasal dari wafer akan semakin enak dengan lembutnya es krim.

Bahan-bahan:

  • 10 bungkus wafer coklat yang sudah dihancurkan
  • 500 ml susu cair
  • 120 gr kental manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm air untuk melarutkan maizena

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah dan campurkan air, kental manis, dan tepung maizena lalu aduk hingga mendidih
  2. Sisihkan hingga agak dingin dan tambahkan potongan wafer coklat.
  3. Masukkan ke dalam cetakan es krim lollipop dan simpan di dalam freezer hingga membeku.

Es krim biskuit coklat

es krim biskuit coklat oreo
es krim biskuit ( gambar : detikfood)

Kalau seandainya nggak ada wafer, kamu juga bisa menggantinya dengan bahan biskuit yang ada di rumah. Rasanya dijamin nggak kalah enak sama rasa es krim wafer coklat. Begini cara membuatnya menggunakan kental manis di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus biskuit yang sudah dihancurkan lembut
  • 1 bungkus biskuit yang sudah dihancurkan kasar
  • 100 gr kental manis
  • 200 gr whipped cream
  • 100 ml susu cair dingin

Cara membuat:

  1. Campurkan biskuit coklat yang sudah dihancurkan lembut dengan susu cair dingin, kental manis, dan whipped cream dengan menggunakan mixer atau blender hingga teksturnya mengental dan kaku.
  2. Masukkan biskuit yang ukurannya kasar dan tuang adonan ke dalam cetakan.
  3. Dinginkan di dalam freezer hingga mengeras.

Maíz Con Hielo

maíz con hielo es krim dari jagung
maíz con hielo (sumber gambar : pinterest)

Maiz con hielo merupakan salah satu hidangan penutup yang cukup terkenal di Filipina. Minuman enak ini terbuat dari es serut yang dilapisi biji jagung dan kental manis. Resep ini memang terinspirasi oleh salah satu menu di restoran milik chef terkenal di Filipina, Jonathan Dario Salvador.

Bahan-bahan:

  • 4 tongkol jagung yang bijinya sudah dipisah, lalu simpan juga cairan dalam proses ini
  • 90 ml krim kental 
  • 30 ml kental manis
  • 30 ml susu evaporasi 
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam kasar
  • 30 ml cangkir dan 2 sdm gula palem 
  • Cornflakes

Cara membuat:

  1. Sisihkan biji jagung untuk sirup, sisa biji jagung dan cairan jagung kemudian diblender hingga halus kemudian saring dan masukkan ke dalam mangkuk
  2. Tambahkan krim, kental manis sebanyak 30 ml, susu evaporasi, 2 sdm gula pasir, ¾ sdt garam, dan 2 gelas air ke mangkuk berisi cairan jagung. Aduk secara merata hingga jadi adonan dengan konsistensi yang sesuai diinginkan
  3. Tuang campuran adonan tersebut ke dalam loyang dan bekukan selama 30 menit
  4. Kikis adonan yang dibekukan setiap 30 menit dengan menggunakan garpu hingga berubah menjadi kristal es tebal, dingin, dan bersisik sekitar 2 jam. Kemudian tutup rapat dan bekukan. Kristal es ini disebut granita
  5. Rebus gula palem, gula pasir, garam dan air hingga mendidih dalam panci sedang-tinggi. Aduk hingga sirup mulai menebal tapi berair
  6. Tambah 1 cangkir jagung, kurangi api hingga sedang-rendah dan aduk hingga saus mengental sekitar 3 menit
  7. Dinginkan dalam wadah kedap udara hingga siap untuk disajikan
  8. Siapkan sirup dan jagung di gelas, lapisi dengan granita dan taburi cornflakes
  9. Maiz con hielo siap disantap

Nah, itu dia beberapa menu yang bisa kamu buat di rumah di weekend menggunakan kental manis. Selamat mencoba!



Related Posts

8 komentar

  1. Wah, kapan2 nih mau banget nyoba bikin es krim sandwich...

    BalasHapus
  2. Ah syedaaap. Aku suka banget es krim mba, apalagi kalo udah dipadupadankan sama bolu dll, doh ngiler. Sayang banget baca ini malem-malem, gabisa eksekusi beburu es krim xD

    BalasHapus
  3. Tulisan mak ubay kali ini bener-bener bikin aku laper dan nces nih....hari sudah malam dan hujan sangat deras, week end pula...so yang ada hanya telor, akhirnya aku bikin mpek2 lenggang, kebetulan masih ada stok mpek2 lenjer, lalu diiris-iris mpek-mpek dan di aduk-aduk campur telor dan bawang serta sedikit garam lalu di siramkan ke minyak panas.....wuih mantap juga mak.

    BalasHapus
  4. Nah, ini masuk waiting list resep yang mesti dicobain buat si kecil. Aku bener-bener pensaran dan pengen tahu hasil yang kudapatkan nantinya seperti apa. Heheh.

    BalasHapus
  5. Andalan nih kalau anak anak lagi kepengen kue, buat bolu murah meriah dan mengenyangkan tapi suka malas juga hehe

    BalasHapus
  6. Duhh.. Aku mau es krimnya mbak. Sungguh menggoda. Emmm🤤

    BalasHapus
  7. Aahhh... aku pgn recook salah satu resep di sini. Menyenangkan bgt ya Mbk masak yg simple tp enak n byk yg suka, rasanya bahagiaaa.. ☺

    BalasHapus
  8. Walah diliat Adis bakal kena teror terus nih iboknya, minta dibikinin 😂. Kental manis emang cocok sih jadi toping aneka makanan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email