AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Memilih Hosting Terbaik dan Murah untuk Website

Posting Komentar
memilih hosting terbaik murah 2021

Beberapa waktu yang lalu aku berdiskusi dengan beberapa blogger tentang pemilihan hosting. Semenjak ikut kelas SEO aku jadi tertarik untuk membangun sebuah website berbasis wordpress. Tentu aja untuk merealisasikannya pasti nggak jauh-jauh sama hosting dan domain. Makanya sudah sejak bulan lalu aku coba cari hosting murah terbaik 2021. Harapannya bisa dapat hostingan untuk web dengan harga terjangkau namun kualitas tetap oke.

Oya, bicara tentang pemilihan website, selain untuk blogger juga penting banget bagi entrepreneur yang ingin meluaskan marketnya. Apalagi di masa pandemi ini, pola belanja masyarakat mengalami perubahan yang cukup drastis karena lebih memilih belanja secara online. Untuk mendukung pembuatan website tersebut, salah satu poin yang penting adalah hosting. 

Nah kali ini, aku akan cerita sedikit nih tentang pemilihan hosting yang tepat untuk membangun website baik untuk personal maupun website usaha.

Apa itu Hosting?

Sebelum lebih jauh tentang bagaimana memilih hosting murah dan terbaik di tahun ini. Ada baiknya kita kenal dulu nih dengan hostingan. 

Hosting atau banyak juga yang menyebutnya hostingan adalah sebuah tempat dimana data yang diperlukan website disimpan, dikelola dan dapat diakses melalui internet. Data tersebut bisa berupa email, script, video, gambar, aplikasi juga database. Secara fisik hosting seringkali disebut sebagai server dengan kapasistas yang berbeda-beda pula. Nantinya server hosting bisa terhubung dengan pusat jaringan internet dari seluruh dunia. 

Lalu apa sih bedanya dengan domain?

Nah sebenarnya hosting dan domain itu sangat berbeda terutama mengenai funginya. Hosting menjadi sebuah pusat penyimpanan data yang terkoneksi secara luas antar perangkat. Sedangkan domain memiliki fungsi sebagai media untuk mempermudah akses terhadap suatu situs yang mengarah ke IP address. Dengan adanya domain, perangkat dapat terhubung pada alamat server hosting. Baik domain dan hosting, keduanya punya hubungan erat yang saling melengkapi.

Kegunaan Web Hosting

Keberadaan hosting dapat mengakomodir kebutuhan kita di dunia digital baik untuk pelaku bisnis maupun individu. Yuk simak apa saja manfaat dari hosting!

1. Penyimpanan praktis

Layanan web hosting memberikan manfaat sebagai solusi untuk penyimpanan yang praktis. Data dan media yang berhubungan dengan website dapat dijadikan satu wadah hingga penyimpanan lebih hemat. Selain itu saat menggunakannya pun lebih  mudah karena dapat diakses dimana saja dengan internet.

2. Mudah dikostumisasi

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh hosting adalah kostumisasi yang mudah dikelola melalui control panel. Hal ini pun bisa disesuaikan menurut website penggunaannya. Di control panel kita bisa mengatur dan  menambahkan fitur seperti upload file dan gambar, membuat akun email sesuai nama domain dan melihat statistik pengunjung. 

3. Hemat waktu dan tenaga

Pembelian hosting di tempat yang tepat membantu kita hemat waktu dan tenaga dalam mengelola server karena biasanya ada tim professional di penyedia jasa layanan hosting untuk melakukan hal itu. Setelah website dibangun dengan hosting, kita pun akan dengan mudah memasarkan produk secara online dimana saja tanpa perlu ada toko fisik.

Tips Memilih Hosting Terbaik

Pemula seperti saya awalnya akan kebingungan memilih hosting yang tepat untuk website. Namun setelah bertanya-tanya dengan teman yang sudah pengalaman, saya bisa mengambil beberapa kesimpulan nih mengenai tips memilih hosting terbaik

1. Spesifikasi Hosting yang Sesuai 

Untuk mendapatkan hosting yang tepat, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kesesuaian dengan website. Kita perlu memperkirakan berapa pengunjung perharinya, kecepatannya, juga media dan data yang akan ditampilkan pada website. 

Misalnya jika ingin membuat website toko online dengan estimasi pengunjung ribuan per hari, tentu harus memilih space hosting yang bisa menampung pengunjung dan memiliki Core CPU dan RAM yang cukup. Jika memilh hosting dengan kapasistas rendah, bisa-bisa website online shop kita tidak bisa dibuka karena overload. Atau sebaliknya, ingin membuat website personal memilih hosting dengan kapasitas besar malah akan mubazir karena banyak penyimpanan yang sia-sia.

2. Keamanan Hosting

Pilihlah hosting yang memiliki fitur dan support security yang baik. Cek dulu nih apakah hosting yang kita pilih sudah dilengkapi dengan antivirus, antimalware serta adanya backup secara berkala. Atau bisa juga memilih hosting yang sudah support dengan cloudfare, imunify360, railgun dan lainnya. 

3. Kualitas dan Kecepatan server

Sebelum memutuskan untuk membeli server, ada baiknya untuk cek dulu lokasi, kecepatan, dan kualitas server. Kecepatan hosting penting untuk memproses data website yang nantinya akan mempengaruhi kecepatan loading website kita di dekstip maupun mobile. Sayang sekali jika website kita lambat, pengunjung biasanya tak akan betah berlama-lama

4. Costumer Support 24 Jam

Pelayanan terbaik dari costumer support menjadi salah satu fitur yang penting juga untuk dipertimbangkan. Apalagi untuk pemula, pemasangan hosting di website biasanya perlu dipandu dan banyak bertanya pada costumer service. 

Kehadiran live chat yang ada pada penyedia layanan hosting pun menurut saya membantu banget, respon cepat membuat pengguna jadi lebih cepat menyelesaikan pemasangan hosting ataupun mengatasi masalah yang terjadi jika ada gangguan.

5. Harga Terjangkau

Last but not least. Harus diakui harga menjadi pertimbangan mendalam untuk memilih hosting. Jika ada banyak pilihan hosting terbaik, tentu kita akan memilih yang harganya lebih murah kan? Dan tentu aja dengan jaminan kualitas yang oke, bukan hanya iming-iming belaka. 

Domainesia, Menyediakan Hosting Terbaik dengan Harga Murah

Salah satu penyedia domain yang menyediakan layanan hosting terbaik dengan berbagai pilihan harga sesuai kebutuhan adalah Domainesia. Selain punya harga yang terjangkau, kualitas hosting pun terjamin dan bisa membantu kita membangun website.

Jika kita mengunjungi website domainesia untuk mencari hosting. Akan tersedia informasi lengkap mengenai resource, performance, backup, security, databes, auto installer, harga dll. Biar makin yakin berikut beberapa fitur hosting yang ditawarkan oleh Domainesia

1. Enterprise-grade SSD 

Dapatkan performa website secepat kilat dengan enterprise-grade SSD yang ada pada paket hosting murah. 

2. MailChannels Spam Filter

Segala bentuk spam email sudah diantisipasi oleh tim domainesia dengan MailChannles Spam Filter untuk memastikan email kita sampai ke tujuan

3. Garansi 99,9 % Uptime

Domainesia memebrikan garansi 99,9 % uptime untuk semua paket hosting murah dengan jaminan SLA

4. Antivirus & Anti-malware

Soal keamanan, semua paket hosting berkualitas sudah dilengkapi dengan antivirus dan antimalware untuk pertahanan keamanan website 

5. 5 lokasi server 

Bebas pilih lokasi server di berbagai data center seperti Indonesia, Singapore, Jepang, Inggris dan Amerika

6. CloudFlare Railgup

Kita bisa mendapatkan CloudFlare Railgun gratis di semua paket hosting sehingga performa website lebih cepat

7. Cloud Backup

Tak perlu khawatir akan kehilangan data karena paket domain dan hosting domainesia menjaminan keamanan data penting dengan backup harian ke cloud

8. Node.js, Python, Ruby, PHP

Untuk menunjang perkembangan teknologi web, hosting domainesia telah mendukung Node.js, Python, Ruby, PHP, GO serta binary Linux

Teman-teman bisa langsung kunjungi Domainesia untuk cari tahu mengenai paket hosting murah terbaik 2021. Pastikan untuk memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website. 

Semoga bermanfaat!


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email