Nikmatnya Aneka Snack dan Sambal Tutus Aca Kumala Bengkulu

produk umkm bengkulu aca kumala home industri ada snack dan sambal

Hai semua. Belum lama ini aku mencicipi produk makanan dari salah satu UMKM Bengkulu Aca Kumala. Ada 3 produk khas Bengkulu yaitu basreng ikan selengek, keripik pisang dan sambal tutus ikan laut asap. Ketiga produk ini merupakan kudapan dan sambal yang sehat karena dibuat tanpa bahan pengawet. Jadi aman untuk dinikmati oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Mengenal Aca Kumala Home Industri

Aca Kumala adalah UMKM Bengkulu yang bergerak di bidang industri makanan serta diproduksi sendiri. Menjadi nilai lebih karena produknya memanfaatkan potensi alam yang ada di Bengkulu seperti ikan laut dan pisang asli Bengkulu. Yup Bengkulu memang dikenal dengan kekayaan baharinya dengan hasil laut yang melimpah. Jadi wajar saja produk olahan dari lautpun banyak dikreasikan oleh teman-teman dari UMKM.

Sebagai warga Bengkulu aku bangga banget nih. Walau dalam kondisi pandemi covid 19 dimana banyak UMKM yang gulung tikar, Aca Kumala tetap bertahan dalam bisnisnya. Salah satu alasannya karena Aca Kumala memanfaatkan media sosial dan internet untuk memasarkan produknya. Terbukti produknya bisa menjangkau pelanggan bukan hanya dari Bengkulu tapi Provinsi lain. 

Review 3 Produk Aca Kumala : Basreng, Keripik Pisang dan Sambal Tutus

Yang penasaran dengan produk snack dan sambal Aca Kumala yuk simak reviewnya

Basreng Ikan Aca Kumala

basreng ikan selengek khas bengkulu dari aca kumala

Snack favorit aku nih basreng ikan. Awal mencoba basreng ikan Aca Kumala saat aku menang giveaway yang diadakan Blogger Bengkulu. Basreng yang terbuat dari ikan Selengek ini enak, pedas, dan gurih. Selain itu juga dibuat dengan beragam bahan yaitu tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, garam dan bumbu. 

Basreng Ikan dikemas dalam plastik transparan dengan ziplock sehingga memudahkan kita membukanya. Kalau nggak habis bisa ditutup dengan rapat dan memakannya lagi nanti. Selanjutnya ukuran dan beratnya variatif ya, ada yang 100 gram, 200 gram dan 250 gram. Jika ingin ukuran besar tersedia dalam berat 1 kg dengan harga Rp 80.000. Nah yang ada di foto ini kemasan harga 10.000. Murah namun rasanya dijamin bikin nagih. 

Oya  Ada dua varian rasa basreng yaitu pedas dan original. Kebetulan aku nyobain yang pedas. Jangan tanya berapa lama habisnya, sekejap aja sudah habis di pangkuan anak-anak. Cocok banget untuk menemani saat santai atau ketika berkumpul bersama keluarga

Keripik Pisang Aca Kumala

keripik pisang asal pisang enggano aca kumala bengkulu

Keripik pisang memang jadi snack yang disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dan gurih membuat kudapan ini bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Keripik pisang aca kumala punya keunikan tersendiri karena dibuat menggunakan pisang kapok dari pulau enggano. 

Wah, kenapa unik menurutku karena untuk sampai ke pulau enggano perlu melalui perjalanan lewat laut yang cukup jauh. Jadi aku excited banget saat mencobanya. Ketebalan keripik pisangnya pas, digoreng dengan kematangan yang juga pas sehingga menghasilkan cita rasa keripik yang renyah.

Oya keripik pisang aca kumala juga dikemas dalam plastik ziplock yang rapat untuk memastikan keripik tetap renyah. Harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp 60.000 untuk satu kg. 

Sambal Tutus Ikan Laut Asap

sambal tutus ikan laut asap terbuat dari ikan mayung khas bengkulu

Ada yang tau dengan sambal ikan tutus ikan asap? Kalo belum tau berarti sama seperti aku hehe. Ini pertama kalinya aku mencoba sambal tutus ikan laut asap. Dikemas dalam botol plastik, sambal tutus aca kumala dibandrol dengan harga 25K. 

Sambal tutus ini terbuat dari ikan asap mayung atau disini sering disebut dengan ikan gaguk. Lalu dipadukan dengan cabe, bawang dan aneka bahan lainnya. Bahan yang digunakan merupakan rempah alami tanpa pengawet dan penyedap sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Sambal tutus ikan laut asap sangat lezat dinikmati dengan beragam varian menu makanan seperti nasi, mie, sebagai sambal cocol atau dicampur dengan lauk lainnya. 

Selain pedas dan gurih, ada sedikit rasa asam-asam segar saat aku mencicipi sambal tutus ikan laut asap. Hal ini dikarenakan ikan mayung yang ada di sambalnya. Oya sambal tutus ini ternyata punya varian lain selain yang original ada juga sambal tutus jengkol dan sambal tutus kabau. Level pedasnya pun variatif yaitu pedas manis, pedas dan extra pedas. 

Overall aku suka banget sama ketiga produk aca kumala. Selain basreng ikan, keripik pisang dan sambal tutus, Aca Kumala Home Industri juga menyediakan ikan asap yang bisa dimasak jadi menu makanan untuk keluarga di rumah. Snack dan sambal tutusnya juga bisa dijadikan alternatif oleh-oleh khas Bengkulu loh!

Produk UMKM Bengkulu pasti bisa makin dikenal dan dinikmati banyak orang nih kalo kualitas rasanya tidak mengecewakan. Yuk dukung UMKM Bengkulu dengan membeli produk Aca Kumala. Bisa kunjungi langsung Aca Kumala atau beberapa gerai makanan kota Bengkulu. 

Aca Kumala Home Industri

Alamat : Jalan KS. Tubun Ujung No. 32 RT 12 Kelurahan Jl.Gedang Gading Cempaka Bengkulu (Dekat Polsek Gading Cempaka/ SMP 18)

Instagram : https://instagram.com/acakumalahomeindustri

Kontak Pemasaran: Yeni Kumala (WA  +62813-6376-0871)


Komentar