Yuk Sikat Gigi Sekarang untuk Senyum Sehat Keluarga Indonesia

kampanye yuk sikat gigi sekarang oleh unliver pepsodent
Kesehatan gigi dan mulut erat hubungannya dengan kesehatan tubuh kita. Jika bermasalah, dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Misalnya nih jika terjadi infeksi, dapat menyebar ke dalam jaringan tubuh loh. Jadi penting banget untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mulai dari sekarang.

Kesehatan gigi jugalah yang jadi salah satu fokus saya ke anak-anak agar mereka tidak mengalami hal yang sama seperti saya. Yup, saya dulu pernah lalai merawat gigi sehingga pernah merasakan sakit gigi yang benar-benar menyakitkan. Habis tenaga dan banyak waktu yang akhirnya nggak produktif karena sakit. Makanya sekarang jera banget dan bertekad untuk memulai kebiasaan baik sikat gigi. 

Dokter gigi yang sering saya kunjungi pun menyampaikan bahwa pemeriksaan gigi secara rutin itu penting. Walau nggak sakit, dokter bisa memberikan banyak saran soal perawatan gigi yang baik. Jadi jangan nunggu sakit. 

Nah agar makin semangat menjaga kesehatan gigi dan mulut di tulisan ini saya akan berbagi informasi dan ilmu yang didapat saat mengikuti Konferensi Pers Virtual “Yuk Sikat Gigi Sekarang” 

Konferensi Pers Virtual “Yuk Sikat Gigi Sekarang” bersama Pepsodent

konferensi pers virtual yuk sikat gigi sekarang hari kesehatan gigi dan mulut 2021

Unilever melalui brand Pepsodent menyerukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut melalui gerakan “Yuk, #SikatGigiSekarang! Saya bersama Emak-Emak Blogger berkesempatan mengikuti Konferensi Pers Virtual yang diselenggarakan pada Hari Jumat, 19 Maret 2021 untuk mengetahui lebih jauh mengenai insiatif Pepsodent merayakan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut 2021.

Hadir sebagai key note speech Ibu Ira Noviarti (Presiden Direktur Unilever Indonesia), Dr. Gerhard Seebergers (Presiden FDI World Dental Federation), dan drg. Oscar Primadi, MPH (Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia). 

Ada juga sesi talkshow bersama drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.m MDSc (Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation), Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.Bm (K). MM (Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia – PDGI) dan Duma Riris (Celebrity mom dan ibu dua anak).

Konferensi Virtual dibuka oleh Ibu Ira Noviarti yang menyampaikan bahwa selama 78 tahun Unilever memiliki aspirasi berlandaskan pada tujuan mulia untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. Unilever telah menyalurkan bantuan pada pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi pandemi seperti puluhan ribu alat tes pcr, bantuan untuk tenaga kesehatan, bantuan APD, membantu perekonomian Indonesia dengan memberikan financial support kepada 147.000 UMKM yang tergabung dalam ekosistem Unilever. 

key note speech Ibu Ira Noviarti Presiden Direktur Unilever Indonesia

Selain itu Unilver percaya bahwa setiap senyuman begitu berarti. Hal ini diwujudkan dengan memberikan edukasi perawatan gigi dan mulut pada masyarakat Indonesia. Pepsodent sebagai mitra FDI sejak 2005 mengusung kampanye sikat gigi sekarang dalam memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2021 dan berharap semua pihak berbagi peran senyum sehat untuk keluarga Indonesia.

pepsodent herbal 123 action mengandung sirih

Dr. Gerhard Seebergers selaku Presiden FDI World Dental Federation menyambut baik perayaan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut 2021 yang diadakan Unilever untuk mengajak keluarga Indonesia merawat kesehatan gigi dan mulut. Unilever dan FDI telah lama bekerjasama untuk membangun strategi baik ini. 

penyampaian Dr. Gerhard Seebergers (Presiden FDI World Dental Federation)

Menurut Dr. Gerhard kesehatan mulut mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ia pun memberikan challenge kepada keluarga Indonesia untuk melakukan habit baik sikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Lakukan yang terbaik untuk keluarga dan lingkungan sekitar. 

Selanjutnya drg. Oscar Primadi menyampaikan bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting diperhatikan apalagi kita masih berhadapan dengan pandemi. Karena rongga mulut adalah pintu gerbang banyak penyakit. Kitapun bisa memahami kesehatan tubuh lewat mulut. 

key note speech drg. Oscar Primadi, MPH (Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan Republik Indonesia).

Masalah kesehatan gigi dan mulut terus meningkat tajam. Perilaku menyikat gigi yang benar dan tepat waktu masih sangat rendah. Masyarakat kita harus diberi pemahaman. Kita tidak boleh berhenti memahamkan masyarakat untuk mendapatkan kesehatan gigi yang optimal mulai dari dalam kandungan hingga lansia. Inilah momentum kita untuk berubah karena hidup bersih sehat tidak bisa ditawar lagi. Selain menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan,  menyikat gigi secara teratur adalah bagian penting dalam menegakkan hidup sehat

drg. Oscar mewakili Kementrian kesehatan menyambut baik Hari kesehatan gigi mulut dan mengapresiasi peran aktif FDI dan Persatuan Gigi Indonesia dalam mendukung program pemerintah menuju Indonesia sehat dan maju..  

“Momentum oral health day penting di masa pandemi untuk menggali pemahaman masyarakat betapa penting kesehatan gigi dan mulut. Semua pihak juga bisa bekerja sama untuk penguatan kepada masyarakat. Saat ini kita harus mampu membangun inovasi memanfaatkan basis teknologi untuk pelayanan kepada masyarakat” pesan drg. Oscar. 

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut

Sesi talkshow bersama drg. Ratu Mirah, Dr. drg.R.M. Sri Hananto Seno, Sp.BM dan Duma Riris memberikan banyak pengetahuan dan semangat untuk saya tentang bagaimana pentingnya kesehatan gigi dan mulut serta menjadi bagian dalam kampanye Yuk Sikat Gigi Sekarang.

Narasumber pertama, drg. Ratu Mirah menyampaikan bahwa Brand Unilever melalui pepsodent percaya setiap senyuman begitu berarti. Unilever pun siap mengambil peran mendukung program pemerintah menuju Indonesia bebas karies 2020. 

drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.m MDSc (Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation

Sebagai global partner FDI, Peposdent bersama-sama FDI setiap tahunnya memberikan edukasi bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut, menjalankan program di sekolah sejak 1995 yang telah menjangkau 22 juta anak Indenesia. Selain itu di bulan kesehatan gigi nasional juga diadakan perawatan gigi gratis pada lebih dari 500ribu  anak.

Saat ini di era pandami terus dilakukan inovasi dengan konsultasi secara online dan webinar untuk mengedukasi keluarga Indonesia seperti sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur.

Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi

Pepsodent melakukan survey global selama di era pandemi. Hasilnya adalah masyarakat cenderung lebih patuh untuk menjaga kesehatan dengan rincian 70 persen masyarakat menjaga kesehatan fisik dan mental.  Selanjutnya, 64% dari total yang menjaga kesehatan itu lebih mungkin mencuci tangan, 52% menggunakan pembersih tangan lebih sering dibanding obat kumur.

Selanjutnya survey juga menyebutkan bahwa 30 persen orang dewasa melewatkan sikat gigi. Alasannya karena sebagian besar merasa malas dan tidak beraktivitas di luar rumah. 13% tidak menyikat gigi 2 kali sehari. 25% dewasa pergi kantor tanpa menyikat gigi. 

5 masalah kesehatan gigi  dan mulut masyarakat indonesia selama pandemi

Dari hasil survey  kita bisa mengetahu bahwa ketika pandemi banyak masyarakat menyadari bahwa hidup sehat itu penting, namun abai dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. drg. Mirah pun menyampaikan 5 masalah yang paling sering diderita selama pandemi yaitu: 

  • Mulut kering
  • Bau mulut
  • Gusi dan gigi berdarah
  • Nyeri gigi gusi dan mulut
  • Kemunculan karies baru

Masalah kesehatan gigi dan mulut ini pun diperburuk dengan tingginya risiko penularan virus corona. Hal ini pun disampaikan oleh Dr.drg. Sri Hananto Seno. Menurutnya Mulut adalah pintu gerbang kesehatan manusia. Jika ada masalah pada gigi dan mulut, ternyata bisa memperparah efek covid 19. Misalnya ada radang gusi yang diperberat dengan virus corona, infeksinya bisa beredar ke seluruh tubuh dan akan timbul bermacam-macam penyakit. 

Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.Bm (K). MM (Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia – PDGI)

Orang Tua Sebagai Role Model untuk Mengajak Anak Rutin Sikat Gigi

Selanjutnya drg. Sri Hananto Seno menyampaikan bahwa pemeriksaan gigi ke dokter mestinya dilakukan secara rutin bahkan sejak anak belum tumbuh gigi. Dokter bisa merancang saat tumbuh gigi, edukasi makanan apa yang baik agar saat keluar, gigi tumbuh yang kuat. Saat gigi keluar orangtua bertanggung jawab membersihkan. Orang tua jadi ujung tombak mengubah perilaku anak. Jangan sampai bosan. 

Untuk itu, menyikat gigi 2 kali sehari wajib bagi keluarga Indonesia. Duma Riris selaku ibu dari dua anak menyampaikan bahwa sebagai role model orang tua harus membiasakan anak-anak untuk menyikat gigi. Apalagi selama pandemi harus lebih protektif dan ketat menjaga kesehatan dan kebersihan. 

duma riris celebrity mom dua anak dan istri judika

Duma pun membagikan pengalamannya terkait rutinitas sikat gigi. “Kebiasaan orang tua pasti ditiru oleh anak-anak. Dia ga peduli sama kebawelan kita. Anak-anak mudah meniru perilaku kita. Kalo liat orang tua olahraga, dia akan ikut olahraga. Dia lihat orang tua sikat gigi malam hari, dia akan ikut sikat gigi bersama orang tua. Anak-anak memang paling gampang dicontohin” Begitu ungkap Duma. 

Orang tua punya potensi sebagai kunci untuk menuju kesehatan yang lebih baik. Orang tua harus jadi role model karena dampak nya luar biasa. Jika orang tua tidak menyikat gigi , anak 14x lebih tidak mau menyikat gigi. 

Sebagai penutup drg. Mirah menyampaikan bahwa Unilever melalui brand Pepsodent akan terus melakukan edukasi berkesinambungan pada masyarakat terutama orang tua sebagai momentum untuk kembali menggiatkan yuk sikat gigi sekarang agar orang tua dan anak punya senyum sehat untuk hidup yang lebih sehat. 

Unilever pun akan  melakukan sebuah movement dengan mengeduaksi dokter gigi, mahasiswa gigi, untuk menjadi pahlawan senyum demi mewujdukan Indonesia bebas karies dengan mengajak pasien dan masyarakat sekitar menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Pepsodent juga mengajak masyarakat Indonesia menjadi pahlawan senyum di hari kesehatan gigi dan mulut.  Siapapun bisa jadi pahlawan senyum dengan mengajak #YukSikatGigiSekarang.


Komentar

  1. Aku termasuk yang suka malas menyikat gigi nih, haha. Apalagi sikat gigi sebelum tidur. PR banget itu rasanya. Tapi setelah baca ini jadi mau disiplin jaga kesehatan gigi dan mulut ah. Apalagi udah kehilangan 1 gigi karena berlubang parah dan harus dicabut

    BalasHapus
  2. ketika pandemi banyak masyarakat menyadari bahwa hidup sehat jiwa raga itu penting, namun abai dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut.
    Senang sekaliii karena Pepsodent ambil bagian untuk edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut yaaakk

    BalasHapus
  3. Menjaga kesehatan gig dan mulut memang sangat penting dan harus dilakukan sedini mungkin ya, mbak. Kalo gigi rusak, dampaknya ke mana-mana. Huhu.

    BalasHapus
  4. di rumah aku juga pake pepsodent nih mbak. dan jadi kebanggaan keluarga juga soalnya udah dibeli dari dulu gak pernah ganti2

    BalasHapus
  5. Jujur, kesehatan gigi anak-anak masih menjadi PR buat saya nih padahal sebenarnya sederhana ya ... harus membiasakan anak rajin sikat gigi.

    BalasHapus
  6. Yuk sikat gigi sekarang! Taglinenya pas banget yah buat mengajak para ortu rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  7. Saya menyesal tidak rutin periksa gigi hanya gara-gara merasa tidak sakit gigi. Padahal, rajin sikat gigi dan cek sendiri ternyata tidak menjamin gigi sehat. Terbukti, saya baru tahu kalau gigi saya bolong setelah bolongnya lumayan dalam/besar.
    Itu saya tahu passs menjelang pandemi. Lalu keinginan untuk tambal terpending sampai sekarang gara-gara saya takut ke doktr ggi dalam situasi seperti sekarang ini :D

    BalasHapus
  8. Seneng banget ya Pepsodent ini berperan aktif dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi, fave aku teteeeep Pepsodent mouthwash dan pepsodent herbal

    BalasHapus
  9. kalau senyumnya kak ria emang manis banget sih hihihi
    Edukasi dari pepsodent ini terasa kesentilnya ya. Karena sekarang jadi mikir iya juga ya, banyak dari kita peduli kesehatan tubuh, tapi abai ama kesehatan mulut :(

    Padahal kalau kita rajin sikat gigi, dan menomorsatukannya, diet kita tu aman dan terjaga. Pengalaman pribadi kalau udah sikat gigi, ditawarin makan bawaannya nolak makanan. Nah, jadi bagus kan sikat gigi rutin, mulut juga gak ngemil-ngemil, karena malas bolak-balik sikat gigi, hihihi.

    BalasHapus
  10. Halo mba Ria. Saat ikut webinar itu, aku juga menyadari masih banyak yang takut ke dokter gigi dalam kondisi pandemi. Padahal penerapan protokol kesehatan sangatlah ketat

    BalasHapus
  11. Kesehatan gigi dan mulut itu bener-bener kunci dari kesehatan badan secara keseluruhan. Baru nyadar tentang fakta ini setelah beberapa kali mengabaikan kebersihannya dan berujung ke badan yang sering sakit-sakitan semacam pusing, sariawan, dll. Makan jadi nggak enak, tidur jadi nggak nyenyak, aduh ke mana-mana deh jadinya :((

    BalasHapus
  12. Iya, rada kaget jg tyt jumlahnya lbh dr 70% masyarakat yg memiliki permasalahan gigi n mulut kala pandemi. Kudu lbh rajin lg sikat gigi ya

    BalasHapus
  13. Iya nih berusaha terus kampanye di rumah biar anak-anak tuh pada tahap kalau nggak sikat gigi jadi nggak nyaman mulutnya hehe.. Biar giginya lebih sehat dan kuat sampai besar nanti..

    BalasHapus
  14. Penting banget nih menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini supaya menjadi kebiasaan hingga besar.

    BalasHapus
  15. Paham sekali Mbak, saya sering sakit gigi dan jangankan untuk senyum, mendengar orang berbicara saja, rasanya sudah enggak nyaman banget

    Penting sekali ya, menjaga kesehatan dan kebersihan gigi menggunakan pasta gigi yang sudah dipercaya sejak dulu, yaitu Pepsodent

    BalasHapus
  16. Wah Pepsoden ini mah pasta giginya orang Indonesia ya
    Kesehatan gigi jadi perhatian nih selama pandemi
    Karena masih gimana gitu ke dokter gigi sering sering

    BalasHapus
  17. Pentingnya bnaget ya mba konsen sama Kesehatan Gigi Dan Mulut krn dampaknya bisa keseluruh tubuh klo dah sakit ...

    Semoga Kita bisa jd role model juga buat anak2

    BalasHapus
  18. Wah ternyata Unilever bergerak tidak hanya untuk masyarakat yaa..
    Tetapi juga para tenaga medis yang masih ada kaitannya dengan rongga gigi dan mulut.
    Saluuut~

    BalasHapus
  19. adududuh manis banget senyumnya Mba Ria. Rajin sikat gigi nih jadi percaya diri untuk tersenyum.

    btw ya apa karena kemana-mana pakai masker yaudahlah enggak usah sikat gigi. Ampun deh ... bau mulut tercium ke diri sendiri dong

    BalasHapus
  20. Menjaga kesehatan gigi nih penting banget ya, drpd kita harus kehilangan gigi kan susah tuh tumbuh lagi.

    BalasHapus
  21. Menjaga kesehatan gigi dan mulut ini penting banget ya mbak soalnya kan jalan masuk makanan ke dalam tubuh kita. Pokoknya ga boleh abai. Saya termasuk yg ketat kalau jaga kesehatan gigi dan mulut soalnya dulu waktu kecil langganan sakit gigi. Huhu

    Btw pepsodent selalu support kegiatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia ya, edukasi terus ke masyarakat supaya perhatian sama gigi dan mulut. Ah keren banget sih pepsodent.

    BalasHapus
  22. Tiap ingat sikat gigi, ingat selalu jaman dahulu nyesel nggak merawat gigi dengan baik hehehhe, sekarang meski terlambat wajib banget menjaga kesehatan gigi dan gusi. Pepsodent emang juara menemaniku bertumbuh kembang

    BalasHapus
  23. Orang tua memang jd contoh teladan terbaik ya. Gak perlu banyak bicara anak akam meniru apapun kebiasaan kita termasuk soal sikat gigi

    BalasHapus
  24. Serem juga ya, kesehatan gigi dan mulut bermasalah, bisa berimbas ke bagian tubuh lainnya. Maka dari itu sangat penting untuk rutin memeriksakan gigi sejak usia dini ke dokter gigi.

    Kampanye sarat edukasi seperti ini harus dilakukan secara rutin ya Kak, biar tumbuh kesadaran pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

    Yup, saya akui, tidak mudah menumbuhkan disiplin menyikat gigi kepada anak-anak, padahal saya sendiri sudah memberi contoh. Jadi harus lebih intens lagi deh nih.

    Senangnya ya bisa menjadi bagian dari kempen #SikatGigiSekarang. Bisa mendapatkan wawasan berbobot seputar kesehatan gigi dan mulut.

    Nice inpoh Kakakkkk

    BalasHapus
  25. Mbaak, aku juga pake Pepsodent di rumah. Banyak sih merk lain, cuma udah kebiasaan aja & puas pake Pepsodent makanya gak ganti-ganti hihiii. Emang penting banget ya jaga kesehatan gigi & mulut tuh, karena kalo bermasalah, dohh ribetnya kemana-mana. xD

    BalasHapus
  26. Wiwin | pratiwanggini.net29 Maret 2021 21.43

    Sekarang saya punya pe-er untuk membiasakan anak saya yang kecil rajin sikat gigi. Gampang-gampang susah. Dan memang benar bahwa orang tua harus menjadi role model.

    BalasHapus
  27. Emang bener sih ya, orang yg rajin dan teratur menyikat gigi biasanya bermula dari teladan keluarga/orang tuanya yg juga rajin menyikat gigi. Jadi gaya hidup yg baik atau buruk, paling besar memang dipengaruhi oleh keluarga

    BalasHapus
  28. Rutinitas yang satu ini emang wajib ya mba,biar gigi selalu sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan gigi berlubang.
    Biasanya sih yang paling sulit di ajak sikat gigi ya anak anak, banyak drama nya.
    Tapi kalau kita biasakan, sikat gigi pun jadi menyenangkan.

    BalasHapus
  29. Ternyata dari survainya membuktikan, justru selama pandemi banyak yang lalai soal kesehatan gigi dan mulut ya, Mbak. Lebih fokus pada kesehatan fisik dan mental. padahal kalau gigi dan mulut tak bersih, justru bisa mendatangkan penyakit. Bahkan dari mulut juga bisa tertular virus.
    Alhamdulillah, saya masih terus menerapkan sikat gigi minimal 2X sehari, setelah sarapan, dan sebelum tidur malam. Yuk.. sikat gigi sekarang...!

    BalasHapus
  30. Kalau di rumah, orang dewasa (entah itu orangtuanya, kakeknya, neneknya, om, tante) jadi teladan anak-anak ya, makanya perlu agar memberikan contoh keseharian yang baik

    BalasHapus
  31. setelah nonton webinar kemarin saya juga jadi lebih peduli lagi nih sama kesehatan gigi dan mulut, terutama di masa pandemi gini

    BalasHapus
  32. Bener banget kak.. periksa gigi harus rutin setiap 6 bulan sekali. Jadi bila ada masalah cepat terdeteksi.
    Dan kebiasaan sikat gigi dengan benar dapat meminimalisir sakit gigi dan mulut.

    BalasHapus
  33. Seru banget ya...
    Acara Pepsodent ini bener-bener jadi pengingat supaya enggak mengabaikan kesehatan gigi, apalagi sebagai orang tua yang jadi role model untuk anaknya...

    BalasHapus
  34. Betapa aku mengingat jaman dulu. Sikat gigi tuh rasanya malas banget. Nggak heran kalau aku sering sakit gigi. Lalu, aku mulai rutin sikat gigi dong. Eh beneran. Sikat gigi nggak mau dekat-dekat.

    Cuma masalahnya adalah aku nggak rutin periksa gigi. Aku jadi merasa punya karang gigi yang banyak banget. JAdi, kita harus rutin periksa gigi minimal 6 bulan sekali ya. Oke deh. Jadwalkan.

    BalasHapus
  35. Sakit gigi itu tidak bisa disepelekan. Semoga banyak orang lebih sadar menjaga gigi. Thx 4 sharing mba <3

    BalasHapus
  36. Beberapa kali aku juga pakai Pepsodent yang Herbal kak.

    Eh iya benar nih periksan gigi minimal 6 bulan sekali. TApi di masa pandemi ini belum bisa ke dokter gigi ya. Hiks...

    Maka wajib banget untuk jaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin sikat gigi.

    BalasHapus
  37. Sepakat ama dr. Gerhard bahwa kesehatan gigi memengaruhi kesehatan tubuh kita keseluruhannya ya, jd kl gigi sehat, pastinya anggota tubuh lainnya juga akan selalu sehat. Apalagi di zaman pandemi gigi duh penting banget agar senantiasa sehat. Pepsodent, noted.

    BalasHapus
  38. Pepsodent nih ya, salah satu brand besar yang concern banget dengan isu-isu seperti ini. Perhatian dengan hal kecil yang jika diperhatikan dengan seksama maka akan jadi sesuatu yang besar...

    BalasHapus
  39. Menjaga kesehatan gigi nih penting banget ya, drpd kita harus kehilangan gigi kan susah tuh tumbuh lagi.

    BalasHapus
  40. Sikat gigi ini memang pr banget buat keluarga apalagi yg anaknya banyak. Saya terus terang pernah lelah kalo ritual sebelum tidurnya banyak. Termasuk sikat gigi. Rasanya kapan tidurnya msh harus cuci tangan, kaki, sikat gigi, pijet, baca dongeng, wkkka. Tp sebenarnya semua itu untuk membentuk kebiasaan baik ke depannya

    BalasHapus
  41. gak salah pilih aku pilih Pepsodent sebagai pasta gigi keluarga sejak dulu kala. Enggak cuma produknya yang berkualitas tapi juga concern terhadap kesehatan gigi dan mulut masyarakat...

    BalasHapus
  42. Iya ya, tongga mulut itu kan pintu masuk yang perlu dijaga ketat biar badan nggak sampai sakit, dengan turut merawat kesehatan mulut dan gigi. Apalagi Pepsodent kan brand pasta gigi andalan keluarga Indonesia sejak lama.

    BalasHapus
  43. Masya Allah infonya sangat bermanfaat, kesehatan gigi perlu dijaga. Kontrol gigi anak dengan rajin sikat gigi dan ke dokter ya. Makasih infronya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^