AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Mengapa Banyak Orang Memilih Belanja Online? Intip Alasannya

Posting Komentar
belanja online dan tipsnya
Sumber: freepik.com

Apakah kamu salah satu yang hobi belanja online akhir-akhir ini? Bukan hanya kamu yang memiliki kebiasaan belanja secara online. Kebiasaan ini mulai meningkat sejak hadirnya smartphone yang memudahkan orang untuk mendapatkan informasi. 

Meningkatnya angka belanja online Indonesia juga bisa diperhatikan dari mulai sepinya aktivitas belanja di toko offline. Apalagi sejak diterpa dengan virus COvid 19, aktivitas belajar beralih ke online. 

Lalu sebenarnya apa alasan banyak orang lebih memilih belanja secara online? Untuk tahu apa saja alasannya kamu bisa mencari tahu di sini. 

7 Alasan Belanja Online Selalu Bikin Ketagihan 

Dikutip dari bisnis.tempo.co, menurut data dari Bank Indonesia angka transaksi dari platform e-commerce meningkat di tahun 2020 sampai 140 juta. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di nilai 80 juta transaksi saja. Dilihat dari angka ini tentu saja kenaikannya bukan tanpa alasan. 

Tidak sedikit juga orang Indonesia yang ketagihan berbelanja secara online tiap bulannya. Alasannya pun bervariasi mulai dari menganggap bahwa belanja online aman dan banyak tempat belanja online terpercaya. 

Secara lebih detail lagi, berikut ini beberapa alasan yang membuat banyak orang ketagihan belanja online. 

1. Varian Barang yang Sangat Lengkap

belanja onlina varian barang lebih lengkap dan murah
sumber : freepik.com

Salah satu alasan mengapa banyak orang mencari tempat belanja online murah adalah karena kelengkapan barangnya. Variasi barang yang lengkap, mulai dari produk garmen, makanan, minuman dan apapun itu. 

Produk yang ditawarkan bahkan bukan hanya barang lokal tetapi juga luar negeri. Tidak sedikit juga toko belanja online terpercaya menyediakan barang yang tidak dijual di toko offline. Mulai dari barang lawas sampai baru semuanya ada.

Kelengkapan inilah yang membuat orang bisa menyesuaikan kebutuhan belanjanya. Misalnya ingin beli untuk kado ulang tahun atau membeli barang untuk memenuhi hobi. Tinggal pilih saja toko online mana yang menyediakannya. 

2. Praktis : Hemat Waktu dan Tenaga

Sifat praktis juga menjadi keunggulan belanja online. Modalnya hanyalah laptop atau smartphone dengan jaringan internet. Hemat waktu, kamu tidak perlu pergi ke satu toko dengan toko lainnya. Belum lagi harus mengatasi macet di jalan. 

Kebiasaan belanja online Indonesia paling sering dilakukan bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan. Karena minimnya waktu dan tenaga untuk bisa belanja, banyak karyawan yang memanfaatkan jam istirahat kantor untuk belanja di online shop. 

Setiap orang yang belanja juga tidak perlu repot untuk menenteng barang belanjaan menyusuri banyak toko. Tentu saja sangat praktis untuk orang-orang modern. 

3. Banyak yang Menawarkan Promo

Banyak yang masih mengira bahwa produk di online shop itu mahal. Padahal sudah banyak tempat belanja online termurah dengan berbagai promo yang ditawarkan. Oleh karena itu kini sebagian besar masyarakat Indonesia beralasan bahwa belanja di online shop itu murah. 

Bagaimana tidak, beberapa tawaran promo seperti free ongkir, potongan harga saat event tertentu. Bahkan ada juga promo bundling, sehingga banyak yang melakukan belanja beramai-ramai bersama teman untuk mendapatkan produk murah. 

Belum lagi dengan adanya reward yang akan diberikan pada setiap akun yang berbelanja. Jika diakumulasikan reward tersebut bisa digunakan untuk berbelanja lebih banyak lagi dengan harga sangat murah. Siapa yang tidak tergiur dengan tawaran ini? 

4. Banyak Pilihan Pembayaran

Metode pembayaran di beberapa tempat belanja online terbaik juga menjadi salah satu alasan terbesar mengapa kebiasaan berbelanja sulit untuk berhenti. Pembayaran yang dilakukan ada beberapa jenis seperti transfer bank melalui ATM atau e-banking atau dengan kartu kredit. 

Ada juga metode pembayaran dengan kupon diskon hingga belanja jadi lebih murah. Beberapa platform bahkan sudah mengembangkan metode pay later dimana konsumen bisa berbelanja dulu dan membayar nanti. 

Ada juga program pembayaran cicilan dengan batas limit yang cukup tinggi. Nah karena berbagai metode pembayaran inilah yang membuat tingkat berbelanja online semakin tinggi. 

5. Membandingkan Harga Jadi Lebih Mudah

Bukan hanya mencari tempat belanja online termurah saja yang jadi kebiasaan, tetapi juga membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya lebih mudah. Hanya melalui satu smartphone saja dan menggunakan satu atau dua aplikasi. 

Ada ratusan toko yang menawarkan belanja online murah dengan harga lengkap. Informasi inilah yang dimanfaatkan para konsumen untuk membandingkan harga. Apakah ingin mencari produk dengan harga paling murah? Atau lebih memilih produk dengan kualitas terbaik tanpa memikirkan harga? 

Semua keputusan bisa diambil setelah membandingkan harga dan kualitas produk satu sama lain. Hal ini bisa dilakukan dalam satu genggaman saja. 

6. Memberikan Keamanan Bertransaksi

Tak lupa juga bahwa alasan belanja online aman juga masuk perhitungan. Saat ini banyak platform yang memberikan informasi mengenai keberadaan barang saat pengiriman. Ini adalah salah satu fitur keamanan yang bisa diakses oleh konsumen dengan mudah. 

Selain itu dana yang ditransfer oleh konsumen tidak langsung masuk ke rekening penjual tetapi pada platform e-commerce terlebih dahulu. Sehingga sistem refund jika barang tidak diterima bisa didapatkan. 

7. Mudah untuk Mengontrol Pengeluaran

Kebiasaan belanja online terbaik sebenarnya justru bisa menghemat pengeluaran. Kamu bisa tahu dan menghitung terlebih dahulu berapa jumlah barang di keranjang belanja. Mudah untuk menyeleksi ulang barang belanjaan sebelum checkout. Kemudahan inilah yang membuat siapa saja justru lebih mudah mengontrol keuangan setiap bulannya. 

Alasan untuk belanja online bisa beragam, tapi tempat untuk berbelanja yang terpercaya, termurah dan terbaik tidak bisa ditawar. Ladara.id bisa menjadi tempa berbelanja online kamu yang selanjutnya.

Di Ladara.id kamu akan mendapatkan banyak sekali penawaran produk dengan promo yang menggiurkan setiap bulannya. Penasaran seperti apa produk dan kemudahan yang diberikan? Yuk cek langsung. 


Sumber: 

https://bisnis.tempo.co/read/1398066/bank-indonesia-transaksi-e-commerce-agustus-2020-naik-hingga-mencapai-140-juta/full&view=ok

https://www.cermati.com/artikel/5-alasan-kenapa-banyak-orang-beralih-ke-belanja-online

https://koinworks.com/blog/tertarik-berbelanja-secara-online/

https://www.kolomsatu.com/6-alasan-kenapa-belanja-online-kini-semakin-digemari.html

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email