AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

7 Tips Belajar Piano Untuk Pemula Agar Cepat Bisa

Posting Komentar
belajar bermain piano
cara belajar bermain piano dengan cepat dan mudah. Image credit: pexels.com

Mama papah tahu nggak sih ternyata bermain musik memiliki banyak manfaat untuk perkembangan otak si kecil lho, salah satunya bermain piano. Mama papa bisa mengajarkan si kecil belajar piano secara otodidak, pasalnya ada banyak tips belajar piano yang bisa mama papa lakukan untuk si kecil. Kalau perlu, mama papa juga bisa sekalian belajar bermain piano di tengah-tengah kesibukan bekerja.

Apalagi jika Mama papa memiliki piano di rumah, tentu sangat disayangkan jika pianonya dianggurin dan dibiarkan berdebu. Namun pada saat pertama kali belajar piano, jangan terburu-buru ya, mama papa harus belajar secara konsisten. Begitu pula dengan si kecil, mama papa harus sabar mengajarinya. 

Belajar Piano untuk Pemula 

Lalu, kira-kira belajar piano untuk pemula dimulai dari mana? Yuk langsung saja simak 7 tips belajar piano untuk pemula agar cepat bisa, dalam artikel ini :

1. Pahami Dulu Dasar Bermain Piano

Sebelum mulai belajar piano, Mama papa harus memahami dasar bermain piano terlebih dahulu, lalu kenalkan pada si kecil. Pasalnya ada nada-nada dasar piano yang harus diketahui, seperti nada Tengah, nada datar di bagian sebelah kiri, nada tajam di bagian kanan, Nada tinggi, nada bas.

Mama papa bisa mendengarkan baik-baik bagaimana nada tersebut dimainkan, pahami perbedaannya dan cari tahu kapan nada tersebut dimainkan dengan tepat. Dengan melatih kepekaan pendengaran dengan kesesuaian jemari dalam bermain piano, Mama papa juga akan terbiasa untuk memainkannya. Jangan lupa ajak si kecil untuk latihan ini ya.

Oh iya, ada dua hal dasar yang tidak boleh dilewatkan yaitu tuts natural yang berjumlah 7 : C, D, E, F, G, A, B serta 5 tuts accidental yang ada di setiap oktaf.

2. Posisi Duduk

pria bermain piano
cara duduk yang tepat ketika ingin bermain Piano. Images credit: pexels.com

Setelah memahami hal dasar dalam bermain piano, mama papa dan si kecil juga harus memperhatikan cara duduk bermain piano yang tepat. Pasalnya posisi duduk berpengaruh besar terhadap permainan piano. Yang terpenting, duduklah senyaman mungkin agar tubuh tidak cepat lelah, baik itu duduk tegak, membungkuk, dan bergerak-gerak.

3. Posisi Tangan

posisi tangan dalam bermain piano
posisi tangan dalam bermain piano yang benar dan baik. Images credit: pexels.com

Setelah duduk dengan yang nyaman, pemula juga harus memperhatikan posisi tangan dalam bermain piano. Meskipun bunyi piano disesuaikan dengan tutsnya yang keras atau pelan, namun posisi tangan tetap mempengaruhinya, jangan sampai tangan terasa lemas atau lunglai. Tangan juga tidak boleh terlalu rapat atau tegang, karena bisa menyulitkan  “Scale” atau “Finger Practice”.

4. Posisi Lengan

Selain memperhatikan posisi tangan, mama papa dan si kecil juga perlu memperhatikan posisi lengan bermain agar tetap nyaman. Pasalnya posisi lengan juga bisa mempengaruhi bunyi yang dikeluarkan oleh piano. Mengingat piano merupakan salah satu alat musik yang memerlukan tenaga atau penekanan. Posisikan lengan yang tepat, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah dan pastikan bisa memberikan tenaga tambahan untuk jemari ketika menekan not piano

5. Jangan Malas Membaca Not Balok

Meskipun mengetahui not balok tidak terlalu berpengaruh terhadap cara bermain piano, namun tak ada salahnya mama papa dan si kecil membaca not balok. Karena dengan mempelajari not balok, si kecil akan lebih memahami susunan nada serta melodi musik yang tepat untuk dimainkan. Jadi jangan malas membaca not balok ya!

6. Memainkan Lagu yang Paling Mudah Secara Terus Menerus

Langkah selanjutnya, Mama papa dan si kecil bisa mencari lagu yang paling mudah untuk latihan. Cobalah bertanya pada si kecil lagu apa yang mereka sukai lalu cari tahu kunci not piano nya. Fokus pada satu lagu itu saja dan mainkan secara terus menerus. Lama-kelamaan, ritme dan melodi lagu tersebut akan tertanam di benak mama papa atau si kecil, sehingga mereka menyerap lagu sepenuhnya. Setelah berhasil memainkan satu lagu dengan baik, Mama papa bisa mengajak si kecil untuk mencari lagu lainnya. 

7. Mengikuti Les Privat atau Tutor

Agar bisa bermain piano dengan cepat, maka solusi paling mudahnya yaitu dengan mencari tutor atau mengikuti les privat piano. Meskipun si kecil bisa belajar secara otodidak, misalnya diajarkan oleh Mama papa di rumah atau dengan menonton video YouTube dan mencari informasi di Google, namun mengikuti les privat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika mama papa memiliki waktu yang padat sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengajari si Kecil bermain piano.

Namun, pastikan Mama papa mencari tutor terbaik dan les privat yang bikin si kecil merasa nyaman ya. Dengan sering latihan piano sejak dini, tak menutup kemungkinan di masa depan si kecil akan menjadi pianis handal. Di website atau aplikasi Kiddo.id mama papa bisa mendapatkan konten mengenai manfaat piano untuk si kecil, bagaimana cara latihan piano di rumah hingga tempat atau kursus piano yang bisa diikuti.

Saat ini, Kiddo.id juga mengeluarkan fitur baru bernama Milestone Tracker. Melalui fitur tersebut, mama papa dapat memantau perkembangan si kecil lebih optimal hingga terdapat panduan aktivitas yang tepat untuk anak berusia 0-12 tahun.

Itulah 7 tips belajar piano untuk pemula dengan cepat yang bisa mama papa lakukan untuk si kecil. Berlatihlah terus dengan lagu favorit si kecil, lalu jadwalkan les piano untuk si kecil. Dalam hal ini, kesabaran adalah kunci utama agar bisa bermain piano secara profesional. Ikuti terus situs atau platform Kiddo.id untuk mendapatkan konten edukasi dan parenting yang bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil lebih optimal. Yuk segera menjadi bagian dari keluarga Kiddo.

Referensi:

https://student-activity.binus.ac.id/band/2017/04/gimana-sih-supaya-lancar-bermain-piano-ini-tips-dan-trik-seputar-tekniknya/

https://www.bliaudio.com/index.php?route=information/blogger&blogger_id=57

https://www.superprof.co.id/blog/mulai-dari-mana-kalau-mau-belajar-piano/

https://kiddo.id/usia-belajar-musik


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email