AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Resep dan Bumbu Nasi Biryani, Lezat dan Kaya Rempah

Posting Komentar

nasi biryani khas dengan bumbu nasi biryani cairo food

Melihat tampilannya saja sudah menggugah selera. Itulah Nasi Biryani, salah satu olahan nasi khas Timur Tengah yang terkenal kaya akan rempah dan menciptakan sensasi rasa hangat saat  menyantapnya. Aroma daging kambing yang khas di padu dengan bumbu nasi biryani menciptakan perpaduan sempurna yang susah dilupakan.

Seorang teman pernah membawakan nasi  yang berwarna kekuningan ini. Tak hanya dengan daging kambing, akan tetapi ada juga yang memadukannya dengan ayam, sayuran, udang, ikan, daging sapi dan lain sebagainya tergantung selera kita.  

Mengenal Nasi Biryani yang Kaya Rempah

Nama biryani diambil dari kosa kata bahasa Persia “berya” yang memiliki makna goreng atau panggang. Nama ini diambil karena kebiasaan orang zaman dahulu yang mengolah beras dengan menggorengnya di dalam minyak samin sebelum akhirnya direbus bersama rempah-rempah khas. 

Ternyata, nasi birayani berasal dari Asia Selatan khususnya India dan Pakistan. Indonesia dan Malaysia pun mengenal nasi biryani sebagai salah satu makanan lezat yang seringkali dikonsumsi dengan pelengkap yang berbeda dari Negara aslinya. 

Sekilas, nasi kaya rempah ini terlihat mirip dengan nasi kebuli dari segi tampilan, namun punya cara pengolahan yang berbeda. Saat proses memasak nasi biryani tidak perlu diaduk terus-terusan, namun didiamkan saja hingga bumbunya meresap. Pelengkap nasi biryani dan kebuli pun cukup berbeda.

Nasi biryani juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada yang disebut biryani Hyderabad untuk non-vegetarian karena terdapat banyak daging di dalamnya. Ada juga biryani Iran yang menggunakan daging kambing sebagai pelengkap utama. Lalu tahiri yang merupakan jenis nasi biryani untuk vegetarian.

Hidangan Nasi Biryani untuk Lebaran, Yuk Intip Resepnya!

Bingung menyiapkan suguhan untuk lebaran Idul Fitri? Nah, teman-teman bisa membuat nasi biryani sebagai hidangan hari raya. Menu ini cocok untuk menjadi alternatif menu lebaran saat berkumpul dengan sanak keluarga. 

Menyiapkan Bumbu Nasi Biryani dari Cairo Food

Membuat nasi biryani ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kini semakin mudah karena kita bisa menggunakan bumbu nasi biryani dari Cairo Food. Rasanya bisa dijamin karena bumbu nasi biryani Cairo food telah menjadi standar yang dipakai oleh banyak chef, hotel, restoran dan catering di Indonesia. Cita rasa bumbu ini juga tak ada bedanya dengan bumbu dari india maupun arab. 

cairo food bumbu membuat nasi biryani khas timur tengah

Bumbu untuk nasi biryani ini terbuat dari 100% bahan alami, tanpa perisa, bebas msg, tanpa pewarna, pengawet serta anti kempal alami. Dengan harga ramah di kantong, kita bisa menggunakan bumbu biryani dari Cairo Food yang awet, dan praktis. Kemasan 100 gram nya bisa untuk memasak sekitar 7 liter beras. Wah banyak ya! Jadi jika ingin memasak sedikit saja, berarti 100 gram bumbu bisa untuk beberapa kali masak.  

Untuk membuat nasi biryani, umumnya digunakan Beras Basmati karena memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Lauknya bisa disesuaikan dengan selera seperti menggunakan telur, daging kambing, ayam, sapi, ikan atau udang. Biar nggak makin penasaran, yuk simak resep nasi biryani dan cara membuat dengan bumbu nasi biryani Cairo Food

Bahan untuk membuat Nasi Biryani

  • 1 liter Beras Basmati
  • 1 kg daging kambing dengan tulang
  • 3 buah bawang Bombay yang dipotong dadu
  • 2 bawang putih
  • 3 sdm bumbu biryani Cairo Food
  • 100 gram yogurt atau santan atau susu
  • 50 gr daun ketumbar
  • 50 gr daun mint
  • Minyak goreng secukupnya 
  • Garam sesuai selera

Cara Membuat Nasi Biryani

  • Tumis dulu bawang putih dan bawang Bombay hingga berubah warna. 
  • Tambahkan tomat, yogurt, dan Bumbu Nasi Biryani dari Cairo Foof
  • Masukkan daging, lalu tambahkan air dan rebus hingga daging lunak. Sisakan kaldu sebanyak 1.5 liter
  • Cuci beras dan rendam selama 5-10 menit, lalu tiriskan. Rebus beras dengan menggunakan kaldu daging.
  • Tambahkan daun ketumbar dan daun mint yang sudah dipotong kecil
  • Lalu masak hingga matang
  • Nasi biryani dapat disajikan dengan taburan kismis dan bawang goreng

Bagaimana? Tidak sulit bukan membuat nasi biryani dengan bumbu biryani Cairo Food. Masak hidangan kesukaan keluarga jadi lebih mudah. Nasi biryani dengan sensasi pedas yang hangat terasa gurih dan kaya rempah siap dinikmati bersama keluarga

Selamat mencoba!


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email