AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Belajar SEO Basic bersama SEO Moms Community (SEMOC)

Posting Komentar

belajar mengenai seo basic di seo moms community

Berawal dari postingan seorang blogger tentang keseruan belajar SEO, saya akhirnya tertarik untuk cari tahu mengenai SEO Moms Community. Kebetulan pendaftaran untuk wilayah Sumatera sedang di buka. Saya segera menghubungi Mba Arda dari Medan yang menjadi kordinator SEO Moms Sumatera. Kini, saya bersama teman-teman perempuan se-Sumatera belajar bersama Mas QBenk, founder SEO Mom.

Melek SEO Bersama SEO Moms Community

Telah lama berkecimpung di blog, tidak serta  merta membuat saya paham tentang segala hal mengenai blog. Seperti teknologi yang selalu mengalami kemajuan, ilmu blogging pun terus up-to-date. Jika tidak mau belajar, siap-siap tertinggal di belakang. Bicara soal blogging, saat ini tidak hanya tentang menulis lalu posting. 

Ada rentetan panjang yang perlu dilakukan jika ingin totalitas, di mulai dari riset, membuat susunan tulisan yang benar, hingga optimasi blog agar mampu bersaing di halaman pertama google. Itulah yang membuat SEO  penting untuk dikuasai. Nah, di tulisan ini saya akan memberi bocoran apa saja ilmu SEO yang di pelajari bersama SEO Moms. Namun, sebelumnya kita kenalan dulu yuk dengan SEO Mom dan Foundernya

Cerita Di Balik SEO Mom

Founder Komunitas SEO Moms adalah M Sahlan yang lebih dikenal dengan panggilan Qbenk. Lahir di Pontianak, Kalimantan Barat dan aktif ngeblog sejak tahun 2005 saat iya masih menjadi kuli bangunan. Lalu mulai mendalami SEO tahun 2008 lewat forum online di SEO Master Indonesia. Sedangkan Co Foundernya adalah Sari Widiarti. SEO Mom punya beberapa wilayah diantaranya : Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi, Jawa Timur dan Bali.

Mas Qbenk tertarik SEO sejak tahun 2007 karena ditemui oleh staf BNP yang menemukan tulisannya di google, mereka meminta mas Qbenk untuk berbicara tentang kampanye anti narkoba lewat blogging. Lalu tahun 2013 adalah puncaknya ia bermain SEO.

SEO Moms Community (SEMOC) adalah ungkapan kasih sayang Mas Qbenk pada almarhumah ibunya. Komunitas ini dikhususkan untuk blogger perempuan Indonesia yang ingin belajar SEO secara online. Kelas SEO dimulai dari SEO basic untuk pengenalan hal-hal dasar agar Moms bisa paham bagaimana membangun blog dari awal. 

Pembelajaran selama satu bulan membuat banyak member SEO Moms mampu mengusasi ilmu SEO. Bahkan bisa bersaing secara nasional dengan perlombaan SEO yang banyak digeluti oleh lelaki.

Belajar SEO Basic di SEO Moms

"Content is a king, but backlink is a queen" itulah prinsip yang dipegang Mas Qbenk di SEO Moms Basic. 

seo mom community  belajar tentang seo

Sebelum masuk dengan hal-hal teknis terkait SEO. Saya dan teman-teman diberikan insight tentang perkembangan dunia SEO yang sangat cepat. Yap, harus diakui SEO terus mengalami perubahan, termasuk penyesuaian pada penerapan SEO On Page dan Off Page.    Jadi bisa saja, hal yang kita pelajari saat ini, beberapa bulan ke depan nggak relate lagi dengan algoritma google. So, banyak-banyaklah membaca dan bertanya mengenai hal-hal baru yang berhubungan dengan dunia blog dan SEO agar bisa terus melakukan perubahan pada blog.

Metode penyampaian Mas Qbenk mudah dimengerti dengan bahasa sederhana. Tidak terkesan menggurui sehingga membuat anggota merasa nyaman. Materi pun tidak diberikan secara serentak, melainkan step-by-step untuk memberi waktu anggota memahami setiap penyampaian. 

Materi SEO Basic yang saya pelajari adalah Tahapan SEO yang terdiri dari dua jenis SEO yaitu SEO Onpage dan Seo Offpage. Keduanya memegang peranan penting untuk membuat tulisan kita mampu bersaing di pencarian google. 

Pengenalan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page merupakan pengoptimalan web atau blog dari dalam. Menjadi penting karena google memandang faktor internal blog sebagai parameter utama. Nah, tahapan SEO On Page yang terdiri dari 9 tahapan memberi insight baru untuk blogger agar memperbaiki blognya dari dalam. 

Ibaratnya jika kita ingin rumah kita bagus, enak di pandang, maka perbaikilah dinding-dinding yang karatan, genteng yang bocor, atau lantai yang retak. Begitu juga dengan blog, hal-hal teknis seperti deskripsi, struktur, meta tag hingga struktur konten perlu di utak-atik terlebih dahulu sebelum kita melaju ke SEO Off Page yang berhubungan dengan backlink.

Pengalaman  Belajar SEO bersama SEO Moms

Mengikuti kelas SEO bersama para blogger di SEO Moms membawa perubahan cukup signifikan untuk saya. Saya dulunya terbiasa menulis langsung tanpa memperhatikan susunan heading yang benar. Nah setelah belajar SEO, lebih teliti untuk menulis sesuai dengan kaidah SEO. Karena sayang rasanya jika tulisan bagus namun tidak muncul di pencarian google kan?

Di SEO Moms, Mas Qbenk juga memberikan penjelasan secara rinci hal-hal teknis seperti setting meta tag header dan meta robot txt yang selama ini membingungkan saya. Alhamdulillah, berkat setting meta tag yang benar, kini PV blog sudah lumayan naik dibanding saat settingan manual sebelumnya. 

Alhamdulillah, bersyukur bisa bergabung di SEO Moms. Apalagi materi yang kami dapatkan ini gratis. Semoga menjadi amal jariyah untuk Mas Qbenk juga pengurus SEO Moms. 

Semangat Belajar SEO ya Moms!


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email