AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Mengenal Valuta Asing dan Investasi Valas

Posting Komentar

Hai pembaca Riafasha.com! Pasti sudah tak asing lagi ya dengan istilah valuta asing. Kita sering membacanya di berita terkait keuangan ataupun bisnis. Tetapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan valuta asing?

pergerakan valuta asing dalam investasi valas

Pengertian Valuta Asing (Valas)

Valuta asing atau valas adalah mata uang dari negara lain yang digunakan dan dijadikan alat pembayaran dalam perdagangan internasional.  Transaksi pertukaran mata uang suatu negara dengan mata uang dari negara lainnya diartikan dengan transaksi valas (foreign exchange). 

Valas yang digunakan adalah mata uang negara yang memiliki peranan besar di ekonomi global seperti dollar U.S yang menjadi mata uang utama perekonomian global dan internasional.

Kita pun mengenal istilah kurs mata uang atau kurs valuta asing yang merupakan harga mata uang suatu negara terhadap mata uang lainnya, biasanya kurs ditulis berpasangan seperti USD/IDR. Ini artinya kurs valuta asing adalah harga mata uang asing jika ditukarkan dengan mata uang lainnya baik di dalam negeri atau luar negeri yang berbeda.

Jenis Valuta Asing

Kurs valuta asing ada  2 jenis yaitu kurs jual dan kurs beli. Kurs jual adalah harga untuk membeli mata uang asing yang diberikan oleh bank atau institusi keuangan lainnya kepada pelanggannya. Sedangkan kurs beli adalah harga yang diberikan oleh perbankan atau institusi keuangan lainnya kepada pelanggannya ketika mereka ingin menukarkan mata uang asing.

Kegunaan Valuta Asing (Valas)

  • Sebagai alat pembayaran Internasional, contohnya untuk pembayaran utang negara
  • Valas digunakan sebagai alat tukar internasional untuk menukar barang atau jasa dari satu negara ke negara lain
  • Untuk mengendalikan kurs mata uang negara
  • Valas membantu mempermudah transaksi pada perdagangan internasional

Pentingnya Kurs Valuta Asing dalam Investasi Valas

Investasi Valas atau valuta asing menjadi jenis investasi yang cukup menjanjikan saat ini. Untuk menjalani jenis investasi ini memahami pergerakan kurs mata uang sangat penting karena pergerakan kurs cukup fluktuatif dan cepat sekali perubahannya. 

Ada banyak pilihan mata uang yang bisa dipilih untuk investasi valas. Jika teman-teman tergolong pemula, pilihlah mata uang yang stabil secara umum. Salah satunya yaitu Dolar AS (USD) yang menjadi mata uang paling berpengaruh di dunia dan dianggap paling kuat stabilitasnya. 

Tips Investasi Valuta Asing

Selain cara di atas, ada beberapa tips yang bisa kamu coba saat ingin investasi valas:

  1. Lakukanlah investasi valas di lembaga atau institusi resmi. Kamu bisa melakukan jual beli valas di bank atau money changer yang memiliki sertifikat resmi agar terhindar dari investasi bodong.
  2. Valas sangat fluktuatif dan dipengaruhi berbagai macam sentimen. Jadi pastikan selalu update berita ekonomi maupun bisnis dalam negeri dan luar negeri. Dengan begitu kamu bisa tahu kapan harus menjual dan membeli valas yang dimiliki
  3. Pilihlah mata uang yang stabil dan kuat terhadap rupiah untuk investasi valas seperti dolar Amerika Serikat dan dolar Australia
  4. Pahami aturan investasi valas seperti aturan menyimpan mata uang asing secara fisik. Untuk itu berhati-hatilah agar mata uang asing tidak lecek atau robek karena akan mengurangi nilai valas tersebut.

Cara Cek Kurs Mata Uang

Mengecek kurs mata uang saat melakukan investasi valas sangat penting agar kamu selalu update. Untuk mengetahuinya pun cukup mudah. Berikut caranya:

  • Cek melalui browser/ mesin pencari dengan mengetikkan mata uang yang ingin diketahui kursnya
  • Menggunakan aplikasi currency converter
  • Mengunjungi situs resmi bank HSCB untuk mengetahui informasi lengkap mata uang asing dunia secara lengkap dan real time 

Demikianlah penjelasan mengenai valuta asing, kegunaannya dan pentingnya valas dalam investasi. Kamu harus terus update kurs mata uang agar tahu kapan harus menjual dan membeli investasi valas mu. 

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email