Tips Menghilangkan Noda Luntur di Baju Berwarna

menghilangkan-noda-luntur-baju-berwana

Salah satu kelalaian yang seringkali terjadi saat mencuci pakaian adalah lupa memisahkan jenis baju yang mudah luntur. Menyebalkan sekali ketika pakaian kesayangan terlanjur kena noda luntur pakaian lain. 

Saya pernah beberapa kali mengalaminya. Lebih sedih lagi ketika saya menyatukan banyak pakaian ke dalam mesin cuci. Saya lupa jika salah satu baju kaos yang saya masukkan bersamaan itu mudah luntur. Setelah mesin cuci selesai berputar. Betapa kaget dan paniknya saya melihat banyak baju yang terkena luntur. 

Jelas saja saya bingung bagaimana cara menangani luntur pakaian ini. Jika ada luntur di baju berwarna putih biasanya saya hanya cukup merendamnya dengan pemutih. Namun untuk pakaian bermotif ataupun berwarna perlu solusi yang lain. Langsung saja saya searching dan bertanya pada teman. Ternyata ada beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan luntur di baju warna.

Tips Menghilangkan Luntur pada Baju Berwarna

Cara menghilangkan luntur di baju berwarna ternyata tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Bahkan kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Jika teman-teman sering mengalami masalah yang sama, yuk simak tipsnya di bawah ini:

1. Menggunakan MSG

Selain dikenal sebagai penyedap rasa masakan, MSG (monosodium glutamat) juga dapat membantu mengembalikan warna pakaian kita yang terkena luntur. Caranya cukup mudah, dengan mencampurkan sedikit MSG dengan detergen ketika mencuci pakaian. Lalu kucek seperti biasanya.

2. Campuran Lemon, Detergen dan Garam

Lemon merupakan bahan alami yang dikenal dengan kandungan asamnya yang dapat menghapus noda luntur pada pakaian. Caranya cukup mudah, dengan memeras air lemon dan menambahkan detergen dan garam. Lalu rendamlah pakaian ke dalam larutan tersebut. Selain untuk baju berwarna, larutan lemon ini juga efektif menghapus noda luntur pada baju berwarna putih. 

3. Cuka

Cuka makan atau cuka putih juga efektif menghilangkan noda luntur pada pakaian warna. Caranya dengan menuangkan sekitar 235 cuka putih ke dalam baskom, lalu masukkan pakaian dan rendam selama 30 menit. Setelah itu bilas pakaian dengan air dingin. Masukkan ke dalam mesin cuci yang berisi air dan deterjen untuk noda membandel. Setelahnya cuci ulang hingga bersih. 

4. Menggunakan Larutan Aseton

Larutan aseton yang dikenal sebagai cairan pengilang kuteks juga dapat menghilangkan noda luntur pada pakaian. Bahkan larutan ini punya fungsi melarutkan cat, lem dan noda. Aseton merupakan bahan kimia yang kuat dan mampu membersihkan permukaan yang seringkali sulit dibersihkan. 

Untuk menggunakan aseton sebagai pembersih noda luntur tentu harus hati-hati. Sebaiknya coba di pakaian lain dengan jenis sama yang tidak terpakai. 

Nah, setelah dirasa aman untuk serat pakaian, larutkan aseton dengan air agar tidak terlalu pekat. Lalu celupkan kain halus atau kain microfiber ke dalam larutan air + aseton. Usap tipis-tipis ke permukaan yang bernoda luntur. Dan lakukan hingga noda luntur hilang. Setelahya cuci pakaian seperti biasa.

5. Gunakan Deterjen Khusus

Jika teman-teman merasa cara di atas agak ribet, cobalah cara praktis dengan menggunakan deterjen khusus anti noda yang bahan aktifnya ampuh mengangkat noda dengan cepat salah satunya adalah Rinso Professional Liquid.

Rinso mengandung bahan aktif untuk menghilangkan noda membandel, mengatasi kotoran secara tuntas dan melindungi pakaian dari bau apek dan bakteri.

Cara menggunakan Rinso menghilangkan noda luntur dengan mencampurkan Rinso Pro DTV Deterjen Cair ke dalam baskom air panas. Lalu aduk dan masukkan baju luntur ke dalam baskom hingga terendam seluruhnya. Diamkan selama minimal 30 menit dan maksimal 3 jam. Cuci dengan suhu panas sesuai instruksi label baju. Bilas hingga bersih. Ulangi proses beberapa kali hingga noda hilang.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda luntur di baju berwarna. Semoga bermanfaat

Komentar