Bermain ke Planet Saturnus, Liburan Seru Bersama Paddle Pop

liburan seru bersama paddle pop ke planet saturnus
Paddle Pop punya kegiatan seru loh. Ummi dan Ubay akan berpetualang dan Liburan ke Planet Mochi! Seperti apa keseruannya? 

Assalamualaikum Semua…

Apa kabarnya nih? Semoga teman-teman dalam kondisi sehat ya dan tetap semangat menjalani aktivitas walau di rumah saja. 

Sebenarnya menjalani hari-hari karena pandemi covid 19 ini memang nggak mudah. Setiap hari diliputi rasa khawatir akan kesehatan diri dan keluarga. Belum lagi banyak kegiatan yang akhirnya yang nggak bisa dilakukan seperti biasa.

Sebagai orang tua, Ummi pun menghadapi tantangan besar yaitu menemani Abang Ubay belajar dari rumah. Abang sempat mengungkapkan kekecewaannya loh. “Kok Anak PAUD belajarnya online?” ucap nya satu tahun yang lalu saat mengetahui kegiatan PAUD yang ia bayangkan tidak sesuai ekspektasi. 

Yup! Dia berangan-angan bisa bertemu banyak teman, bermain, berlarian di sekolah dan belajar bersama Ibu Bapak guru. Jadi wajar dia sedih. Belum lagi saat liburan pun harus tetap di rumah. Kita orang dewasa aja pusing, apalagi anak-anak ya yang notabene nya butuh aktivitas di luar dan sosialisasi.

Namun, Abang tetap harus belajar di rumah agar ia tidak bosan. Nah disinilah tantangannya, mendampingi dan menyiapkan metode belajar yang menyenangkan sehingga ia tidak jenuh.  

Kegiatan Seru Agar Anak Tidak Bosan di Rumah

Supaya Abang tidak kelamaan bosan, biasanya Ummi mencari beberapa kegiatan menarik yang bisa kami lakukan bersama. Hal ini juga baik untuk stimulasi tumbuh kembangnya. Jadi meskipun di rumah ia tetap bisa belajar dan bermain. Apa saja sih kegiatan seru itu?

1. Berolahraga dan Berjemur

Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan. Nah, hal ini biasanya Ummi manfaatkan untuk mengajak anak-anak berjemur sambil berolahraga seperti melakukan senam ringan, bermain bola, atau sekedar jalan santai di sekitar rumah. 

2. Berkebun dan Berternak

Karena sebelumnya Abang Ubay sekolahnya di PAUD Alam, jadi memang terbiasa dengan kegiatan berkebun dan berternak. Makanya saat pandemi seperti ini ia suka sekali diajak melakukan aktivitas di kebun mini kami. Kegiatannya pun variatif, mulai dari membersihkan rumput dan hama, memanen cabe yang sudah merah, mencangkul untuk menggemburkan tanah atau menanam bibit tanaman.

3. Menonton Film Favorit

Nah ini salah satu kegiatan seru lainnya. Menonton film kartun favorit anak-anak. Biasanya kami nonton bersama di malam hari. Anak-anak suka sekali film kartun yang lucu atau video edukasi mengenai tata surya.

4. Memasak Bersama

Tiada hari tanpa memasak. Apalagi semua keluarga berkumpul di rumah. Ada-ada saja cemilan yang diinginkan. Agar lebih sehat dan higienis, Ummi biasanya mencoba memasak makanan dan cemilan kesukaan anak-anak. Mereka pun ikut terlibat dalam pembuatan makanan agar dapat berlatih memasak dan menjadi kegiatan yang seru.

5. Berkreasi dengan DIY

Abang Ubay tuh suka sekali membuat kreasi dengan menggunakan kardus. Makanya Ummi selalu stok kardus bekas agar dia bisa menyalurkan kreativitasnya. Abang juga suka nonton tutorial pembuatan kreasi dari kardus. Terus beruntung banget saat tau informasi jika Paddle Pop mengadakan program seru untuk mengisi Liburan Anak-Anak yaitu Liburan Ke Planet Mochi : bermain Ke Planet Saturnus.

menonton zoom paddle pop saturnus

Liburan Ke Planet Mochi : Bermain Ke Planet Saturnus Bersama Paddle Pop

Pasti sudah nggak asing lagi kan dengan Paddle Pop, merk ice cream kesukaan anak-anak dan juga ibu bapaknya :) Nah untuk mengisi liburan, Paddle Pop membuat kegiatan menyenangkan dan bermanfaat yang pastinya disukai anak-anak. Abang Ubay pun mendaftar untuk mengikuti kegiatan zoom di hari Sabtu, 3 Juli dengan tema Main ke Planet Saturnus. Acaranya seru banget loh, dihadiri oleh Enno Lerian dan Kakak-kakak dari Rumah Dandelion.

main ke planet saturnus bersama tante tari

Jam 10, Abang sudah duduk rapi menunggu kegiatan di buka. Tak lupa Abang menyiapkan alat dan bahan untuk membuat DIY serta Paddle Pop Mochi tak boleh ketinggalan. Ia senang sekali saat melihat banyak teman-teman seusianya bergabung dalam zoom tersebut. Jadi mengobati kerinduan dengan teman sekolah.

Belajar Tentang Planet Saturnus bersama Tante Tari & Tante Mey dari Rumah Dandelion
rumah dandelion dan enno lerian

Tante Tari dan Tante Mey dari Rumah Dandelion membuka kegiatan seru sabtu itu. Ada juga Bunda Enno dan Abi yang akan main bersama teman-teman semua. Menurut Bunda Enno sebagai orang tua perlu kreatif melakukan kegiatan di rumah agar anak-anak tidak bosan.

Selanjutnya Tante Tari dan Tante Mey mengajak teman-teman untuk meluncur menggunakan roket ke luar angkasa dan melihat Planet Saturnus. Seru sekali, anak-anak pun bersorak “Horay…”

Fakta Tentang Planet Saturnus
fun fact tentang planet saturnus

Tante Tari pun mulai bercerita mengenai Planet Saturnus yang unik dan dikenal dengan cincin yang mengitarinya. Namun bukan hanya saja itu loh, ada lagi fakta lain tentang Saturnus:

  • Planet Saturnus adalah planet kedua terbesar di sistem tata surya. Dibandingkan bumi jauh lebih besar loh.
  • Ternyata Planet Saturnus itu sangat ringan karena terdiri dari lebih banyak hidrogen daripada helium. Jika dimasukkan ke dalam bak mandi, saturnus itu bisa mengapung dan mencair seperti es
  • Cincin saturnus terbuat dari jutaan es kristal mulai dari sekecil debu hingga sebesar rumah
  • Saturnus setidaknya memiliki 62 bulan dan bulan yang mengitari saturnus paling besar adalah titan.Titan adalah bulan kedua paling besar di tata surya. Ukuran Titan lebih besar dari bumi dan memiliki atmosfer. 
  • Saturnus butuh 29.5 tahun untuk mengelilingi 1 kali Matahari, sedangkan Bumi cukup 1 tahun. 
  • Bumi dan Saturnus memiliki perbedaan lama waktu berputar untuk melewati matahari. Bumi butuh 24 jam untuk melewati satu hari. Sedangkan Saturnus butuh waktu 10 jam. 

Wah ternyata banyak sekali ya fakta tentang Saturnus. Bermanfaat sekali untuk mengasah keingintahuan anak tentang planet dan tata surya. Fun fact yang disampaikan Tante dari Rumah Dandelion juga dapat melatih daya ingat anak. 

Membuat Cardboard TV
cardboard tv luar angkasa

Setelah mengetahui fakta tentang saturnus. Selanjutnya Abang dan teman-teman diajak untuk berkreasi membuat Cardboard TV.  kegiatan ini punya beberapa manfaat yaitu:

  • Mengembangkan kemampuan motorik halus
  • Melatih imajinasi dan kreativitas
  • Meningkatkan fokus dan kesabaran anak

Oya Sebenarnya Abang sudah daftar untuk mendapatkan bahan-bahannya dari paddle pop, namun karena banyak sekali peminatnya, Abang tidak kebagian. Namun tak masalah, bahan-bahannya mudah ditemukan kok.

membuat tv dari kardus tentang planet saturnus

Berikut bahan pembuatan Cardboard TV:

  1. Download worksheet yang sudah disediakan oleh PaddlePop
  2. Kardus sepatu/sereal  (buat dua buah lobang kiri kanan, lalu buat juga lobang berbentuk petak di depannya)
  3. Roll tissue/ karton yang digulung 2 buah
  4. Karet gelang
  5. Pewarna (krayon/spidol/pensil warna)
  6. Alat perekat (lem, dobel tape)

Setelah alat-alat disiapkan. Anak-anak mulai diajak berkreasi dengan mewarnai gambar worksheet yang sudah disediakan oleh PaddlePop. Gambar ini menceritakan petualangan seorang aoustronot ke luar angkasa untuk melihat planet saturnus. Anak-anak sangat antusias mewarnai. 

membuat lobang tv kardus

Selanjutnya Tante Tari mengajak anak dibantu oleh ayah bunda memasukkan roll tissue ke lobang di samping kardus. Jangan lupa ikatkan karet gelang agar roll tersebut kuat. Jika gambar sudah diwarnai tempelkan gambar ke atas roll tissue dan hias bagian depan cardboard TV agar makin menarik.

Alhamdulillah, Ummi dan Abang berhasil membuatnya. Abang senang sekali loh karena gambar yang diwarnainya bisa menjadi cerita di dalam Cardboard TV. ia jadi semangat bercerita mengenai petualangan ke luar angkasa.

Menghias Paddle Pop Mochi

kreasi paddle pop mochi dengan meses

Kegiatan selanjutnya tak kalah seru. Setelah membuat Cardboard TV anak-anak luar biasa girang saat diminta mengambil Paddle Pop Mochi di dalam lemari es. Yup, mereka akan menghias Paddle Pop Mochi dengan tema luar angkasa.

Untuk menghias sweet mochi, kami menyiapkan Paddle Pop Mochi Chocolate Vanilla, Hiasan berupa icing/gla

ibu dan anak menghias paddlepop mochi tema luar angkasa

ze/coklat leleh, piping bag dan meses/sprinkle. Kebetulan di rumah hanya ada mese jadinya umi dan abang menghias Mochinya dengan meses saja.

Dengan menghias Paddle Pop Mochi anak-anak dapat melatih halus, meningkatkan kreativitas, imajinasi, keberanian, kepercayan diri dan melatih kesabaran anak.

sweet mochi kreasi dengan meses

Setelah rangkaian kegiatan Liburan ke Planet Mochi selesai, kami pun menikmati lezatnya paddle pop mochi kesukaan.

Terimakasih ya Paddle Pop, Abang Ubay jadi makin semangat karena sudah bermain dan belajar bersama teman-teman, Bunda Enno dan Abi serta Tante dari Rumah Dandelion.

Nah jika teman-teman ingin tahu kegiatan seru lainnya, yuk kunjungi instagram @paddlepop.idn


Komentar

  1. Bahagia banget wajah Abang ubay saat bermain dengan cardbox, makan mochi dan bertualang ke planet Saturnus!
    Semoga ini bisa memicu ortu untuk jadi tambah kreatif yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah dia senang banget karena banyak kreasi yang dibuat

      Hapus
  2. Main ke planet Saturnus, gak cuma main-main biasa aja ya tapi juga bisa belajar tentang sistem tata surya dengan cara menyenangkan. Paddle Pop tau aja cara mengajak anak bermain dengan kreatif supaya ga bosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mbak, banyak nih yang dipelajari dengan cara menyenangkan

      Hapus
  3. Seru banget sih Abang Ubay kegiatan di rumahnyaa, apalagi jalan2 ke Planet Saturnus sambiil bekreasi DIY, huuuu ikuutan ate atulaaah pengen main ke Planet sambil nyemil Mochi Paddle Pop. Makasih Mochinya, buat ate yaaa!! yeaay!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih seru banget petualangan ke planet mochinya. hehe. ayo makan bersama

      Hapus
  4. Wowwww, si kecil kesayangan mamah bikin cardboard tv! Keren banget hasilnya :D Nah ini namnya di rumah ga bakalan mager ya, bisa main ke Planet Saturnus, bebikinan DIY sekaligus mamam es krim Mochi dari Paddle Pop. Anak2ku udah abg sih hihihi kalo masih kecilan pasti bakalan ikutan membuatnya :D TFS mb Ria.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah seru banget dia bisa berkreasi dan betualang ke planet saturnus

      Hapus
  5. Yihaa! Super duper FUN kalo ikutan acaranya Paddle Pop!
    Bener2 membuat anak jadi makin kreatif, bisa belajar dan bermain dgn cara yg menyenangkan.
    Aaakk, mupeng ikutan jugaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah betul abang ubay senang banget mbak

      Hapus
  6. Ahh kemaren kelewat nih pas liburan ke saturnus. Baru bisa ikutan liburan ke planet uranus. Yang ini juga seru ya. Bikin tv dari kardus segala.. kayaknya aku bisa coba bikin juga tuh di rumah.

    BalasHapus
  7. Seru banget jalan-jalan ke planet saturnus...
    Jadi pengen coba juga ajak anak-anak bikin cardboard tv di rumah...

    BalasHapus
  8. Biarpun di rumah aja, gak kurang ide buat melakukan kegiatan seru kayak berpetualang ke planet Saturnus ini ya. Belajar dan bermain bisa dilakukan sekaligus. Benar-benar menyenangkan!

    BalasHapus
  9. Anak saya ikutan juga nih mbak, terbang ke Saturnus. Heboh siy pas belajar tentang fakta-fakta menarik seputar planet Saturnus. Seru banget acaranya Paddle Pop juara deh bikin anak-anak seneng.

    BalasHapus
  10. Kreasi di rumah banyak ya mba. Ini juga menjadi ide buat di rumah. Aku suka Paddle Pop yang selalu ada banyak kreasi kegiatan di rumah

    BalasHapus
  11. Seru banget ya main sama Paddle Pop. Jadi pengen ikutan bikin mainan DIY-nya deh mam. Jaman sekarang kegiatan anak makin seru ya, apalagi ditemani Paddle Pop. Anak pasti makin bahagia.

    BalasHapus
  12. Salut banget sama tim kreatif Paddle Pop yang bisa melihat peluang di masa pandemi ini.

    Memang begitulah seharusnya brand itu ya.
    Inovatif sekaligus mengedukasi pelanggannya!

    Luar biasa Paddle Pop!
    Salut!


    BalasHapus
  13. Kok seru banget ini bikin DIY, aku pun di rumah paling senang bersama anakku bikin DIY tapi kita belum coba nih main ke Planet Saturnus. Wah jadi kepikiran untuk ajak si kecil bikin DIY tentang planet Saturnus juga deh, nanti udahannya kasih reward ice cream Mochi deh.

    BalasHapus
  14. Ubay, tante bayangin saturnus mencair di kamar mandi. Hihi ... seru yah main ke planet mochi.
    SID ikutan juga lho tapi yang main ke planet uranus. Enaaak sambil makan mochi yang dihiasi sprinkle.

    BalasHapus
  15. Seru banget bertualang ke Planet Saturnus ya Mba. Anak pasti seneng nonton plus ngerjain DIY. Anakku juga ikutan liburan ke Planet Mochi, tapi ke Planet Uranus. Dia excited juga sih

    BalasHapus
  16. Seru banget ya acaranya Dik Ubay, selain asyik bermain juga menambah ilmu tentang planet ya jadi terhibur walaupun harus di rumah saja

    BalasHapus
  17. Langsung ajak anak beli Mochi Paddle Pop. Enak sekali rasanya dan juga aku baru tahu bisa berkreasi ya

    BalasHapus
  18. Kreatif banget bikin DIY cardboard TV. Jadi pengen nyoba juga. Paddle Pop emang keren nih bikin aktivitas yang edukatif dan menyenangkan.

    BalasHapus
  19. Yuhuu.. Seru bangett mainnya. Aku jg kemarin menikmatin banget nih bikin DIY sama anak. Moga2 ada lg nih paddle pop bikin acara kece gini.

    BalasHapus
  20. Main bareng Paddle Pop ke planet Saturnus gini bikin hepi anak-anak ya. Apalagi diajak bikin cadboard dan menghias planet mochi, trus dimakan akhirnya si mochi. Adihhh saya juga suka mochi Paddle Pop ini

    BalasHapus
  21. Senangnya bisa jalan jalan ke planet mochi
    dengan kegiatan seru seperti ini, liburan tetap terasa menyenangkan ya mbak
    anak tetap hepi

    BalasHapus
  22. Suka deh sama terobosan paddle pop di masa pandemi ini, anak anak tetap merasakan serunya petualangan walau di rumah aja

    BalasHapus
  23. Abang Ubaayy...
    Cardboard TV nya 60 inch...asik banget... Kami kemarin bikin yang sangat-sangat minimalis. Dan dengan bermain bersama Paddle Pop, berkreasi dan jalan-jalan ke Planet Mochi, kami semua bahagia walau tetap dirumahaja.

    Selamat menonton di Cardboard TV yang cantik bersama Mama, adik dan Ayah.

    BalasHapus
  24. Seru banget ya! Anak2 ku ikut yang ke planet uranus mba. Tapi nyari mochi di minimarket deket rumah malah ga ada.

    BalasHapus
  25. Seru pasti ya mba bisa berpetualang selama liburan di rumah. Apalagi kalau acaranya dilakukan dengan riang gembira ya ajak jadi nambah ilmu dan wawasan.

    Acara paddle pop ini selalu kreatif dan membuat anak jadi tambah wawasan

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^