Macam-Macam Cabe Favorit Masyarakat Lokal

cabe favorit masyarakat lokal

Cabai atau sering kita kenal dengan sebutan cabe merupakan jenis sayuran dan bumbu yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bumbu wajib sambal ini memiliki rasa yang pedas dan mampu menambah nafsu makan seseorang. Ketika memasak sebuah sajian masakan yang lezat, tidak semua jenis cabe cocok digunakan. Beberapa jenis cabe akan terasa lebih sedap hanya pada beberapa jenis sajian. Nah, pada kesempatan kali ini TaniHub sebagai plaltform e-commerce ingin berbagi informasi tentang macam-macam cabe dan manfaatnya.

Macam-Macam Cabe

Selain sering dijadikan bumbu masak, cabe juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilansir SehatQ, cabe mengandung capsaicin yang membuat cabe bermanfaat untuk kesehatan. Nah, kandungan inilah yang membuat rasa cabe begitu pedas. Dan semakin tinggi kandungan capsaicin pada cabe, maka semakin pedas pula rasanya. Ada begitu banyak jenis cabe di dunia, berikut ini adalah beberapa jesniya yang banyak di temui di Indonesia.

1. Cabe rawit

Ini adalah jenis cabe yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang begitu pedas membuat cabe rawit sering dijadikan sambal. Rasa cabe ini lebih pedas dibandingkan cabe merah besar atau cabe merah keriting. Meskipun ukurannya kecil, cabe rawit memberikan rasa yang nikmat pada setiap masakan. Cabe rawit utuh pun biasa dijadikan pelengkap makanan gorengan.

2. Cabe gendot

Cabe gendot dikenal sebagai cabe paling pedas. Cabe ini memiliki keunikannya sendiri. Berbeda dari kebanyakan jenis cabe, cabe gendot memiliki aroma yang khas perpaduan antara buah dan bunga. Warna cabe ini tidak hanya hijau, tetapi juga ada jingga terang, kuning, jingga.

3. Cabe merah

Cabe merah biasa digunakan pada hidangan yang tidak terlalu pedas. Bentuknya beragam, ada yang mengerucut dan ada pula yang bulat. Meskipun kulitnya tebal, tetapi rasanya tidak begitu pedas. Cabe merah biasanya dijadikan sebagai bahan masakan pada sambal, saus dan aneka masakan yang tidak begitu pedas.

4. Cabe hijau

Ketika bicara cabe merah, maka jangan lupakan cabe hijau. Jenis cabe ini sering dijadikan bahan masakan bersama cabe merah. Pada dasarnya, cabe hijau adalah jenis cabe merah yang dipanen ketika masih muda atau hijau. Ukuran dan bentuknya pun sama seperti cabe merah. Tetapi rasanya lebih ringan dibandingkan cabe merah dan cabe rawit. Nah, jenis cabe hijau sangat cocok untuk dijadikan pelengkap masakan tumis, oseng dan sambal cabe hijau. Cabe hijau adalah cabe wajib pada sayur cabai.

5. Cabe keriting

Jangan lupakan cabe keriting. Jenis cabe ini termasuk ke dalam cabe favorit masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, bentuknya keriting. Ukurannya panjang dan kurus. Ada dua jenis cabe keriting, yaitu cabe keriting merah dan cabe keriting hijau. Ukurannya lebih kecil dibandingkan cabe merah, tetapi rasanya lebih pedas daripada cabe merah. Cabe keriting biasa digunakan pada masakan rendang, kari, rica-rica, sambal balado dan cabai bubuk.

6. Cabe jemprit

Cabe jemprit masih termasuk ke dalam jenis cabe rawit. Meskipun begitu, rasanya lebih pedas daripada cabe rawit biasa dan jenis rawit lainnya. Bentuknya kecil, pendek dan runcing. Cabe jemprit biasa dimakan sebagai pelengkap gorengan.

7. Cabe kathur

Cabe ini biasa ada pada masakan pedas. Ketika masih muda, warnanya hijau. Saat sudah tua, warna cabe kathur berubah menjadi merah tua. Jika dibandingkan dengan jenis cabe rawit lain, cabe kathur memiliki jumlah biji yang lebih banyak sehingga terasa keras.

Nah, itulah beberapa macam jenis cabe yang sering kita jumpai di Indonesia. TaniHub juga menyediakan berbagai jenis cabe dengan kualitas terbaik. Selain ditanam dengan sistem produksi terbaik. Sebagai platform belanja sayur dan buah online terbaik, kami menyediakan berbagai macam produk lokal yang segar, terbaik dan berkualitas. Ayo! Hari ini pesan, besoknya produk sampai.

Komentar