Ekosistem Digital blu, Satu Aplikasi untuk Banyak Tujuan

ekosistem digital blu by bca digital
“Jangan sampai uangnya terpakai” begitu pesan suami saat tahu satu tabungan BCA ku menampung semuanya. Mulai dari uang kebutuhan bulanan, tabungan, hingga kas komunitas. Memang sih walau setiap dana yang disimpan ada catatannya, aku masih sering khawatir jika uang tabungan malah terpakai. 

Setelah sering baca-baca soal manajemen keuangan keluarga, aku jadi makin aware akan pemisahan keuangan dengan pos-pos tersendiri. Misalnya untuk tabungan pendidikan anak harus dipisah dengan uang belanja, begitu juga jika berencana ingin pergi haji atau investasi. Semuanya butuh perencanaan jika ingin lebih dekat dengan impian yang sudah disusun. 

Nah ngomongin soal pemisahan pos kebutuhan keluarga, jika setiap pos dibuat rekening berbeda memang rada ribet ya. Misalnya nih kita punya 5 pos yaitu untuk uang belanja, tabungan pendidikan, travelling, investasi, dan dana haji. Apa iya mau buka 5 tabungan juga? Kalo aku sih sepertinya nggak bisa menghandle tabungan banyak karena suka pelupa. Enak ya kalo ada satu tabungan yang bisa mengcover semuanya. 

Finally aku ketemu ekosistem digital blu yang menjawab kebutuhanku dan juga banyak orang dengan kehadiran Aplikasi blu by BCA digital. Sebuah tabungan untuk banyak tujuan finansial kita. Penasaran kah dengan produk terbaru BCA ini? Tenang aja, aku akan coba review aplikasi blu.

blu by BCA Digital, Tabungan untuk Banyak Tujuan
aplikasi blu by bca digital bisa download di playstore dan appstore

blu menjawab kebutuhan finansial kita dengan cara baru, lebih mudah dan terkoneksi apapun tujuannya. Tak terbatas ruang dan waktu, aplikasi blu bisa teman-teman dapatkan tanpa harus datang ke cabang BCA. 

Teman-teman bisa download aplikasi blu untuk mendapatkan pengalaman perbankan yang optimal dan menyenangkan. Tampilannya pun fresh karena memang dibangun untuk menjadi next generation bank yang menjawab kebutuhan generasi muda yang terbiasa melakukan transaksi secara digital serta memberi kendali lebih bagi setiap nasabah dalam mengatur keuangan. 

Aplikasi blu akan selalu berinovasi mengingat blu adalah produk dari BCA digital perusahaan BCA grup yang selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna.  

Perbedaan BCA Digital dan BCA

Awalnya saya kira BCA digital ini sama dengan BCA.  Tetapi ternyata keduanya punya perbedaan. BCA Digital merupakan bagian dari BCA Grup sama dengan layanan bank BCA. Jadi baik BCA Digital maupun BCA adalah dua perusahaan perbankan yang tergabung dalam BCA grup. Berikut beberapa perbedaannya:

BCA Digital menjalankan kegiatan tanpa memiliki kantor cabang, sedangkan BCA membutuhkan kantor cabang untuk beroperasi.

Untuk membuka tabungan BCA Digital tidak perlu ke kantor cabang, melainkan cukup secara online melalui aplikasi blu by BCA digital.

Seluruh layanan perbankan BCA digital dilakukan secara online via aplikasi seperti informasi produk, layanan nasabah, dan seluruh aktivitas perbankan.

Kenapa Memilih blu?

BCA Digital menghadirkan ekosistem digital blu yang terintegrasi dan mendukung keamanan serta kenyamanan operasional nasabah dalam bertransaksi. blu menawarkan berbagai manfaat untuk nasabah diantaranya:

1. Rekening untuk Banyak Tujuan

Di  rekening blu, kita bisa memisahkan budget kebutuhan sesuai pos masing-masing misalnya untuk kebutuhan bulanan, tabungan pendidikan, travelling, dll.  blu menawarkan beberapa fitur perbankan sesuai kebutuhan.

  • bluAccount

Rekening utama saat jadi nasabah blu disebut blu Account atau “sobatblu”. bluAccount ini akan menjadi rekening aktif untuk melakukan berbagai macam transaksi seperti menerima transfer masuk, transfer ke sesama rekening blu, transfer ke bank lain, tarik tunai dan melakukan pembayaran. Setelah memiliki bluAccount kita bisa membuat rekening bluSaving, bluGather dan bluDeposit

  • bluSaving
    fitur blusaving untuk tabungan

bluSaving menjadi solusi untuk saya yang mau memisahkan tabungan namun tetap dalam satu akun. Nah, bluSaving bisa diatur sesuai dengan tujuan. Gampang daftarnya dan menawarkan suku bunga kompetitif. Info baiknya kita bisa membuat 10 tabungan sesuai kebutuhan dalam satu rekening. Semuanya bisa disetting sesuai budget, tujuan, dan durasi menabung kita. Saya jadi tertarik banget nih untuk memisahkan tabungan pendidikan anak. 

  • bluGether
    blugether untuk nabung bersama teman

bluGether adalah sebuah rekening tabungan single account  yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Nantinya si pemilik account atau creator dapat mengundang teman-temannya untuk menjadi member dan memonitor transaksi dan saldo rekening di bluGether agar lebih transaparan.

Creator bisa mengundang maksimal 24 member dalam satu rekening. Member dapat menambah dana, melihat saldo dan mutasi transaksi. Nantinya member pun akan dapat notifikasi apalagi creator melakukan penarikan dana dari bluGether.

Menurutku bluGether ini cocok banget untuk patungan online bersama teman-teman termasuk untuk rekening tabungan komunitas dimana seluruh rincian keuangan dituntut untuk transparan. Aku bermaksud untuk membuat bluGether sebagai rekening komunitas sehingga semua pemasukan dan pengeluaran dapat dilihat oleh sesama pengurus yang nantinya akan menjadi member.

  • bluDeposit
    bludeposit fitur tabungan berjangka blu

Membuka Deposit di bluDeposit sangat mudah dan anti ribet. bluDeposit adalah produk deposito berjangka non ARO yang bisa memberikan suku bunga yang lebih tinggi dibanding bluSaving. Untuk membuka deposito bisa dimulai dengan minimal saldo Rp10.000.000 lewat aplikasi blu. Tenor bluDeposit bisa dipilih mulai dari  1 sampai 12 bulan

2. Bayar Transaksi dalam Satu Aplikasi 

blu menawarkan kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan bebas biaya admin. Praktis dan bisa kita lakukan dari mana saja untuk berbagai macam transaksi dan tagihan sehari-hari. Oya, tak tak perlu khawatir untuk melakukan transaksi  dimanapun dan kapanpun karena blu bekerjasama dengan banyak patner. Selain itu blu juga punya bluRewards sehingga bisa bebas biaya transfer dari/ke BCA, juga transfer ke Bank lain, dan top up e-money.

Jika kita ingin tarik tunai atau bertransaksi menggunakan atm BCA pun bisa karena blu terintegrasi dengan jaringan atm BCA dimanapun. selain itu blu juga bekerja sama dengan merchant QRIS dan berbagai mesin lainnya sehingga memudahkan pembayaran. 

3. Laporan Keuangan Lengkap

blu  menyediakan portofolio laporan keuangan yang lengkap pada aplikasi blu  termasuk e-statement bulanan dan data pendukung laporan SPT. kita pun bisa melihat semua pergerakan uang di tiap fitur blu menggunakan filter riwayat transaksi. blu mencatat semua cash flow untuk mempermudah memonitor keuangan.

4. Layanan Nasabah dengan haloblu 

Walau tidak punya kantor cabang, blu menyediakan haloblu untuk berkomunikasi dengan nasabah. Tim haloblu selalu sigap menjawab pertanyaan dan permasalahan nasabah. Haloblu Tersedia dalam variasi saluran komunikasi yaitu:

• Telepon haloblu : 1500668.

• Twitter haloblu : @haloblu.

• Email haloblu : haloblu@bcadigital.co.id

Ekosistem digital blu yang ditawarkan oleh BCA digital membuatku semakin tertarik untuk mencoba seluruh fiturnya. Alhamdulillah aku sudah punya rekening blu. Nah yang ingin membuat rekening blu bisa membaca review jujur aplikasi blu.

Berikut cara membuka rekening blu: 

  • Download aplikasi blu  di play store atau app store
  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan saat mendaftar berupa KTP dan NPWP (optional) 
    download aplikasi blu dan siapkan datanya
  • Isi e-formulir dan ikuti instruksi yang ada pada aplikasi
  • Lakukan verifikasi lewat video call dengan tim haloblu
    video call dengan halloblu untuk verifikasi rekening
  • Jika data sudah diterima dan diversifikasi, tim haloblu akan menyebutkan bahwa rekening kita sudah aktif dan ditunggu maksimal 1 jam

Dari review aplikasi blu yang sudah aku ceritakan aku mengambil kesimpulan bahwa prosesnya sangat mudah dan cepat. Aku hanya perlu menyiapkan KTP, lalu melakukan foto wajah, mengisi data lalu verifikasi dengan tim halo blu yang sangat ramah. Saat verifikasi dengan tim halo blu, usahakan di tempat yang cukup cahaya, melepas kacamata (jika pakai) karena tim halo blu akan mengambil gambar kita saat memegang KTP.

Tak lama kemudian rekening ku pun sudah aktif dan bisa melakukan transaksi dan memanfaatkan berbagai fitur blu. Dari Review jujur aplikasi blu ini aku bisa menyimpulkan bahwa ekosistem digital blu yang ditawarkan #blubuatbaik akan memudahkan kita melakukan banyak hal hanya dalam satu rekening. 

Launching It's blu Day

Saat mengikuti launching it’s a blu day tanggal 22 Juli 2021 ada banyak informasi lagi nih yang saya dapatkan. Nah menurut Bu Lanny Budiati (Direktur Utama BCA Digital), blu akan melakukan beberapa kolaborasi diantaranya dengan blibli, kita bisa hingga penyanyi Yura Yunita.

blu dan blibli melakukan partnership dalam bidang non banking digital partner/ e-commerce. Nah disebutkan bahwa blu dan blibli memiliki misi dan segmen yang sama yaitu para digital savvy. Diharapkan dengan kerjasama ini blu dan blibli dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Oya bocorannya , jika kita mendaftar menjadi nasabah blu melalui blibli akan mendapatkan banyak penawaran terbaik loh.

Selain itu blu by BCA Digital juga mengusung misi #blubuatbaik dengan melakukan kolaborasi dengan Kita Bisa dan Greeneration Foundation yang fokus dalam penanggulangan sampah dengan program Ecoranger di kabupaten Banyuwangi. Setiap pembuatan account blu, kita akan menyumbang Rp.1000 untuk pengelolaan sampah, daur ulang sampah dan mengurangi sampah residu. Oya selain itu kita juga bisa memberikan donasi melalui KitaBisa pada campaign blu Buat Baik dengan donasi mulai dari Rp.10.000.

Tak hanya itu, blu pun menggandeng Yura Yunita untuk membuat sebuah kolaborasi berupa konser musikal “Mulai Langkahmu” pada tanggal 17 Agustus 2021. Nah, fans nya Yura jangan sampai ketinggalan nih. 

Selanjutnya Bu Lanny menyampaikan bahwa tak menutup kemungkinan bahwa blu akan melakukan kolaborasi blu buat baik lainnya. Kita doakan ya semoga banyak ide-ide baik dan bermanfaat untuk Indonesia.

So buat kalian yang ingin punya aplikasi mobile bank digital yang serba bisa, aplikasi blu by BCA digital adalah jawabannya, mau nabung untuk pendidikan, investasi ataupun transaksi apa saja bisa. Banyak fiturnya, praktis menggunakannya, aman dan bikin nabung jadi makin menyenangkan. Yuk coba jadi bagian #blubuatbaik 

Komentar

  1. Loh aku kemarin waktu verifikasi data, video callnya sama oppa oppa 😂 mana muka kucel. Btw, sama nih mba aku juga awalnya satu rekening BCA isinya tuh segala pos keuangan. Takut banget kalau sampai kepake.

    BalasHapus
  2. satu aplikasi banyak fitur dan layanan yang bisa dirasakan oleh penggunanya ya, buka rekeningnya juga cukup mudah, keren deh ini inovasi dari BCA Digital

    BalasHapus
  3. Pusing beneran kalo uang tuh dikumpulkan jadi satu. Kita harus bisa memisah²kan dan mencatat berapa nominalnya sesuai asal uang tersebut. Uang gaji sekian, tabungan sekian, uang komunitas sekian. Kalo pake Blu meski dijadikan satu tapi sdh ada pemisahan bagiannya masing2 kan ya. Jadi kita gak repot lagi nyatetnya. Sip lah.

    BalasHapus
  4. Asyik banget ya aplikasi Blu ini memudahkan para mamak mengatur keuangan keluarga. Cukup satu aplikasi bisa bikin banyak pos kebutuhan di Blu Saving..ada fitur patungan dan deposito juga..

    BalasHapus
  5. Penasaran banget.
    Gimana itu satu rekening bisa di pos-pos kan sesuai kebutuhan?
    Canggih banget Blu dari BCA Digital.

    Seandainya ada di pos tertentu, memungkinkan untuk tetap bisa diambil gak?

    BalasHapus
  6. Suka banget dengan fitur bluSaving yang bisa menampung 10 tabungan untuk berbagai keperluan. Jadi bisa buat tabungan anak, tabungan sekolah, tabungan pulang kampung, dll.

    BalasHapus
  7. Ku baru tahu Maaak tentang Digital Blu, ternyata dia bagian dari BCA Group ya. Fiturnya banyak ya dan relate dengan kebutuhan kita sehari-hari terutama di masa Pandemi ini. Mau pelajari juga ah, kayaknya bisa jadi solusi untuk aktivitas perbankanku juga.

    BalasHapus
  8. Nah iya, Mbak, yang saya suka dari blu by BCA Digital ini, kita bisa membuat pos-pos keuangan dalam satu rekening tabungan. Jadi lebih praktis ya, gak perlu buka banyak rekening.

    BalasHapus
  9. Wah aplikasi blu lebih dr sekedar aplikasi ya tp dah kadi ekosistem digital blu.
    Fitur2nya keren emang nih.. Lengkap dan bermanfaat banget

    BalasHapus
  10. SATU KATA, BLU INI GEMAY BANGET APPNYA

    sebagai pengguna ekosistem digitalnya BCA ada aplikasi banking kekinian dari BCA tentunya kita yang young edgy dan friendly (apasi wkwkwk) ini pengen ikutan dongggg. Denger denger kalo udh ada rekening BCA bisa migrasi ya mak, duh makin kepengennn

    BalasHapus
  11. Aplikasi Blu ini tampaknya praktis juga ya. Apalagi buat ibu2 digital yang sudah akrab sama ponsel. Tinggal bawa instruksi, jadi deh pos2 keuangan virtual

    BalasHapus
  12. Aku juga sudah punya blu ini. Senang karena buka rekeningnya gampang banget. Terus satu rekening bisa buat tabungan macam-macam termasuk deposito

    BalasHapus
  13. wah iya, aku juga sudah pakai aplikasi blu by BCA Digital ini mbak
    Senang sama fitur bluSavingnya
    Juga hepi dgn kolaborasi bersama Blibli nya

    BalasHapus
  14. Setuju banget sm judulnya, satu aplikasi banyak tujuan. Bg mommy digital aplikasi begini memudahkan banget ya. Dr atur budget smpe segala transaksi. Aku blm coba sih tp keracunan jg oas baca ini

    BalasHapus
  15. aku kepengen ini bikin blu dari pas awal diluncurin. soalnya kayaknya enak secara dompet digital bca gitu. kalau dipikir2 selain kantong bedanya dikit sama mbanking ya mak. lagi nguatin hati buat bikin walau belum bikin-bikinxD

    BalasHapus
  16. Iya nih..menabung tuh penting banget buat masa depan... Pakai apliaksi ini urusan menabung jadi makin menyenangkan deh...

    BalasHapus
  17. Cara bikin akun blu ternyata mudah ya. Engga perlu dateng ke Bank juga. Lebih aman pokoknya. Suka dengan fitur Blu Saving jadi bisa lebih terarah mengelola keuangan

    BalasHapus
  18. Juara deh BCA sudah ada aplikasi Blu ini, aku udah nunggu2 kapan launching kan soalnya kebutuhan bertransaksi itu sekarang kan lebih dinamis ga sekedar nabung jadi ada pos posnya tersendiri, akhirnya BCA bisa begitu juga mirip sama apalikasi biru juga punya sebelah

    BalasHapus
  19. Ekosistem digital blu ini emang keren deh mengerti keinginan kaum rebahan dan paling simpel kalah mau buka akun rekening

    BalasHapus
  20. Bener-bener dunia dalam genggaman yaaa. Keren sih ini, jadi memudahkan sekali untuk yang gak punya banyak waktu datang langsung ke bank untuk transaksi keuangan.

    BalasHapus
  21. Memang dengan adanya tabungan digital begini nggak ribet lagi ya, mbak kalau mau misah-misahin uang di rekening kita. Nggak perlu buka tabungan ke bank lagi cukup lewat hape aja.

    BalasHapus
  22. Wah mantap.. semakin memudahkan saja aplikasi blu dari BCA ini. Aku bisa buat juga nih.. thx mba for info

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^