Direktori Faskes Layanan Fisioterapi di SehatQ

direktori faskes layanan fisioterapi yang ada di sehat!

Fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas kesehatan yang sering disingkat sebagai faskes adalah lokasi pelayanan kesehatan seperti klinik hingga rumah sakit besar dengan fasilitas yang lengkap. Faskes sering kali dikelompokkan menjadi beberapa tingkatan atau jenjang, yaitu faskes primer, sekunder, tersier, dan kuartener, berdasarkan tingkat kompleksitas gangguan kesehatan dan kemampuan serta spesialisasi penyedia faskes. 

Di Indonesia sendiri kita mengenal beberapa tingkatan Faskes sejak adanya BPJS. Tingkatan Faskes ini dibagi menjadi 3 jenjang yaitu: 

  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes I): pelayanan kesehatan dasar yang diberikan oleh puskesmas, klinik atau dokter umum. Disebut juga Faskes Primer.
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Kedua (Faskes II): pelayanan kesehatan spesialistik oleh dokter spesialis atau dokter gigi spesialis.
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL):  1. Klinik utama atau yang setara, 2. Rumah Sakit Umum, 3. Rumah Sakit Khusus.

Kehadiran Fasilitas pelayanan kesehatan sangat membantu masyarakat untuk cek kesehatan dan melakukan pengobatan jika jatuh sakit. Nah setiap Faskes juga memiliki pelayanan yang berbeda. Contohnya saja, ada faskes yang memang menyediakan layanan fisioterapi untuk pasien, namun ada juga faskes yang tidak punya fasilitas seperti itu.

Direktori Faskes yang Ada di SehatQ

Untuk memudahkan kita dalam mencari fasilitas kesehatan (faskes) yang sesuai dengan kebutuhan pengobatan. Sebaiknya mencari tahu dulu informasi melalui internet. Karena di masa pandemi seperti sekarang, sangat rentan jika harus bolak balik ke rumah sakit hanya untuk menanyakan informasi layanan faskes. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk memudahkan dalam mencari info mengenai faskes.

Salah satu asisten kesehatan yang sangat membantu adalah SehatQ yang menyediakan direktori faskes secara lengkap dan akurat. Pengguna dapat mengelola kesehatannya dan keluarga dengan layanan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel. Selain itu juga ada platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatan. SehatQ juga menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. Ada sekitar 13.095 direktori artikel, 1.483 ensiklopedia penyakit & obat, 39.302 direktori dokter, dan 4.308 fasilitas kesehatan.

Hanya dengan mengunjungi website SehatQ atau donwload aplikasinya, kita akan dimudahkan dalam mencari informasi mengenai kesehatan termasuk faskes yang menyediakan layanan fisioterapi.

Layanan Fisioterapi

Teman-teman pasti tak asing lagi dengan istilah fisioterapi.

Fisioterapi adalah suatu tindakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit.  Biasanya dilakukan pada pasien dengan berbagai tujuan, mulai dari meredakan sakit di punggung hingga untuk persiapan persalinan maupun olahraga.

Tujuan fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh yang normal setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya. Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan yang mengganggu fungsi motorik sehingga mempengaruhi aktivitas fisiknya, fisioterapi bisa memberikan solusi. Dokter dan ahli fisioterapi atau dikenal dengan istilah fisioterapis akan menilai, merencanakan, dan menerapkan program rehabilitasi yang dapat meningkatkan atau memulihkan fungsi motorik manusia, memaksimalkan kemampuan gerak, meredakan gejala nyeri, dan mengobati atau mencegah masalah fisik terkait dengan cedera, penyakit, atau gangguan lain.

Beberapa kondisi yang biasanya membutuhkan layanan fisioterapi seperti gangguan sistem saraf, gangguan pada otot kerangka tubuh, penyakit kardiovaskular, hingga gangguan pernapasan. 

Ada beberapa fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan fisioterapi untuk pasien. Kita bisa menemukannya di direktori faskes SehatQ. Berikut beberapa di antaranya:

  1. RSIA Sayiddah
  2. RSIA Anugerah Semarang
  3. RSIA Tiara Tanggerang
  4. RS Panti Waluyo YAKKUM Surakarta
  5. RS Dr. Sismadi
  6. RS Cendana
  7. RS Banyumanik
  8. Eka Hospital BSD
  9. Klinik Pratama Maryamah
  10. Eka Hospital Bekasi

Nah masih banyak lagi fasilitas kesehatan yang bisa kita temukan di direktori faskes SehatQ. Semoga dapat membantu pengobatan kita maupun keluarga. 

Komentar

  1. SehatQ efektif banget di masa pandemi seperti ini, kadang takut banget mau pergi ke rumah sakit.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^