Selain Olahraga, Pola Hidup Sehat ini Efektif Meningkatkan Imun

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dibutuhkan setiap orang agar tidak mudah jatuh sakit. Karenanya menjaga dan meningkatkan imunitas sangat diperlukan. Ada beragam cara sederhana yang dapat dilakukan yakni memulai menjalani pola hidup sehat.

Olahraga rutin sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan yakni dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Namun demikian pilihlah olahraga yang sesuai kemampuan tubuh sebab tidak semua orang memiliki kapasitas yang sama dalam berolahraga. Yang penting adalah dilakukan secara rutin minimal 20-30 menit setiap hari.

Sebagian orang sering mengartikan pola hidup sehat hanya terkait dengan kebiasaan olahraga, padahal bukan cuma itu. Pola hidup sehat juga berkaitan dengan pola makan, gaya hidup sehari-hari hingga menjaga pikiran.

Sebab sistem kekebalan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh. Mereka saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari beragam serangan. Baik serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Jika sistem imun lemah, kuman tersebut dengan mudah masuk dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Pola Hidup Sehat untuk Meningkatkan Imun

Tidak hanya olahraga, berikut pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh:

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Pertama berkaitan dengan konsumsi makanan. Pastikan untuk mulai memilah makanan yang bernutrisi untuk dikonsumsi. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau setidaknya menguranginya. Makanan bernutrisi seperti sayur, buah yang mengandung vitamin sangat disarankan. Cobalah cari makanan yang dapat meningkatkan imunitas agar tidak mudah sakit.

2. Kelola stres

Stres tinggi menjadi salah satu pemicu seseorang mudah terserang penyakit. Sebab tingkat stres mendorong tubuh memproduksi hormon kortisol yang jika hormon tersebut semakin tinggi sistem kekebalan tubuh menjadi semakin lemah. Cara mengelola stres dapat dilakukan dengan meluangkan waktu untuk hobi, relaksasi, cukup istirahat, me time dan bersosialisasi. Jika stres sudah cukup parah lebih baik konsultasi dengan psikolog.

3. Tertawa

Menyenangkan diri dengan tertawa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tertawa dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang mampu meredakan stres dan memperbaiki mood. Berkaitan dengan stres dengan banyak tertawan yang dapat mengurangi stres dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Istirahat yang cukup

Mengistirahatkan tubuh memberi waktu tubuh memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh karenanya istirahat cukup baik untuk meningkatkan daya tahan dari beragam serangan penyakit. Meningkatnya kekebalan tubuh setelah istirahat dapat mencegah infeksi dan tidak mudah stres. Setidaknya dibutuhkan 7-9 jam per hari untuk membuat kekebalan tubuh terjaga.

5. Kurangi konsumsi alkohol dan rokok

Konsumsi alkohol dan rokok dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh melemah, risiko terkena beragam penyakit jadi lebih tinggi karenanya sebaiknya mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol dan rokok.

6. Konsumsi suplemen bernutrisi

Jangan lupa lengkapi pola hidup sehat dengan mengonsumsi suplemen kesehatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rhea Health Tone adalah suplemen makanan alami dari ekstrak tanaman obat. Berperan dalam memperbaiki sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Baik untuk dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa dalam takaran yang pas. Tersedia dalam kemasan 30 ml yang praktis, suplemen satu ini sudah lolos uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Dengan menjalankan pola hidup sehat di atas, sistem kekebalan dapat menguat dan tidak mudah terserang penyakit. Untuk memulai pola hidup sehat memang tidak akan mudah, namun pasti bisa jika dilakukan dengan niat yang sunguh-sunguh.

Komentar