Tips Mempersiapkan Ujian CPNS

Hai semua. Saat ini telah dibuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di berbagai instansi. Apakah teman-teman tertarik mendaftar untuk menjadi ASN?

Jika iya, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan agar dapat mengikuti ujian CPNS dengan lancar dan maksimal. 

tryout cpns untuk mempersiapkan ujian cpns

Tips Persiapan Ujian CPNS

Persaingan menjadi CPNS memang cukup berat karena banyak orang dari seluruh Indonesia yang memperebutkan tempat tersebut. Nah agar kita bisa menghadapi ujian dengan baik yuk simak beberapa tips persiapan menghadapi ujian CPNS: 

  1. Luangkanlah waktu untuk mempersiapkan jadwal belajar secara rutin beberapa bulan sebelum mengikuti ujian CPNS. kita bisa mengasah kemampuan dengan mengerjakan soal-soal ujian, membaca berbagai materi atau mempelajari kisi-kisi soal yang kemungkinan akan keluar sebagai ujian.
  2. “Practice make perfect” itu betul sekali. Jika ingin lolos CPNS rajinlah berlatih dengan soal-soal tes. Kita juga perlu tahu bahwa ada dua tes yang akan dilalui yaitu tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang). Kini tak sulit menemukan soal pns di internet maupun aplikasi.
  3. Belajar sendiri memang kadang membosankan. Untuk itu kita bisa membuat kelompok belajar bersama teman-teman yang juga akan mengikuti tes CPNS. selain itu kelas online juga bisa dilakukan saat pandemi seperti saat ini.
  4. Selalu update informasi mengenai pendaftaran CPNS tahun ini, jangan sampai kita ketinggalan informasi karena bisa saja ada perubahan ketentuan, tanggal seleksi. Untuk itu, jangan lupa terus memperbarui informasi mengenai CPNS!
  5. Kita juga bisa berlatih ujian CPNS dengan menggunakan waktu atau melakukan simulasi seolah-olah sedang melaksanakan tes. Memperhatikan waktu adalah hal yang penting. Jangan sampai membuang waktu hanya untuk mengerjakan satu soal. Perhatikan bahwa soal SKD terdiri dari 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Beruntungnya, dalam sistem CAT, kamu bisa menandai soal yang kamu kira ragu jawabannya benar atau salahnya. Jadi, jika kamu masih ada waktu tersisa, kamu bisa cek ulang beberapa soal yang masih ragu.  
  6. Kerjakan soal dengan tenang dan tidak gugup karena gugup akan menyebabkan hilangnya konsentrasi yang mengakibatkan mengerjakan soal tidak maksimal
  7. Selain pengalaman mengambil tes, kita harus punya pengalaman menjawab berbagai macam soal. Yakinlah dengan kemampuan kita dan jangan terlalu memperhatikan orang lain agar tidak down. Pastikan juga untuk terbiasa dengan sistem CAT yang berbasis teknologi.

Latihan Soal Tryout CPNS

Selain tips di atas, kita juga bisa mempersiapkan diri mengikuti tes PNS dengan mencoba tryout CPNS yang ada di tryout.id yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Disini kita bisa menemukan 3700 soal dan pembahasan, dengan 2 mode, mode belajar dan ujian. Harganya pun hanya Rp 30.000 per tahun, bisa latihan soal sepuasnya. 

Ada beberapa pilihan menu tryout cpns yang bisa teman-teman coba yaitu:

  • cpns/tes intelegensia umum
  • cpns/tes karakteristik pribadi
  • cpns/tes kompetensi bidang
  • cpns/tes wawasan kebangsaan
  • Paket soal tes cpns 2020
  • Soal cpns 2020  - tes intelegensia umum
  • Soal cpns 2020 - bahasa inggris
  • Soal cpns 2020 - karakteristik pribadi
  • Soal cpns 2020 - tes potensi akademik + tes bakat skoliastik (TPA+TPS) 
  • Soal cpns 2020 - tes wawasan kebangsaan

Dengan banyaknya soal tryout cpns di tryout.id yang kita coba, semoga menjadi ikhtiar agar lulus menjadi ASN. Oya, tak hanya soal CPNS saja, disini juga tersedia tryout sbmptn untuk adik-adik yang ingin belajar untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Semoga sukses!

Komentar

  1. Practice make perfect, keren banget materinya. Bener banget praktik membuat semuanya sempurna, semangat latihan soalnya.

    BalasHapus
  2. Wah, bermanfaat sekali tipsnya ada contoh soal yang bisa dibuat latihan juga nih. Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^