Tips Sukses Belajar Online di Tahun Ajaran Baru

ruangbelajar dari ruangguru layanan belajar online terbaik

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang tua dan murid yang tidak siap dengan metode pembelajaran ini. Selain tidak terbiasa, ada banyak kendala lainnya yang dialami seperti keterbatasan kuota, materi pembelajaran yang sulit di pahami, guru yang tidak kreatif mengemas pembelajaran, hingga rasa bosan dan jenuh yang dialami anak selama belajar di rumah.

Pengalaman yang sama juga saya alami sebagai orang tua. Semenjak pandemi, anak-anak tidak masuk ke sekolah. Semua komunikasi dengan guru dilakukan secara online. Begitupun dengan pengumpulan tugas dan belajar. Orang tua harus ekstra dalam mendampingi anak belajar di rumah agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. 

Namun, orang tua tentu tidak bisa maksimal dalam menyampaikan materi pada anak. Kita sama-sama tahu mata pelajaran anak itu sangat banyak, dan tidak semua orang tua menguasai semua mata pelajaran. Apalagi untuk anak-anak yang duduk di bangku sekolah menengah. Materinya cukup sulit untuk dipahami orang tua, terutama yang tidak punya basic pendidikan atau ilmu yang berhubungan dengan pembelajaran anak.

Berdasarkan masalah yang ada, orang tua perlu persiapan ekstra untuk menyambut tahun ajaran baru dengan menyiapkan sarana belajar, mental anak dan orang tua, serta layanan belajar online terbaik untuk membantu anak lebih memahami materi pembelajaran.

Tips Sukses PJJ Saat Tahun Ajaran Baru

Yuk kita simak bagaimana tips sukses belajar online saat tahun ajaran baru

  • Murid, Orang Tua dan Guru Harus Bergembira

Jangan Stress. Hal ini sangat diperlukan dalam menghadapi tahun ajaran baru. Baik itu murid, orang tua, dan guru sebaiknya mengurangi perasaan gelisah dan menyambut pembelajaran dengan gembira. Jika di awal sudah ada mood yang baik, biasanya akan mempengaruhi pembelajaran selanjutnya menjadi lebih lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan. 

  • Memahami Cara Mengoperasikan Teknologi 

Namanya saja belajar online, pasti tidak jauh-jauh dari teknologi komunikasi untuk belajar daring. Orang tua, murid dan guru harus mengenal dan menguasai teknologi yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Misalnya berkomunikasi via whatsapp, google classroom, zoom, email, mengirim foto dan video tugas anak dan lain sebagainya.

  • Membagi Kelas Menjadi Kelompok Kecil 

Agar pembelajaran tidak terasa membosankan. Guru bisa membentuk kelompok kecil di kelas. Hal ini akan memacu anak untuk bersosialisasi dan mengerjakan tugas bersama teman-temannya hingga pembelajaran pun semakin interaktif.

  • Guru Menyisihkan Waktu untuk Siswa yang Tertinggal Saat Belajar Daring

Tahun ini saya cukup miris saat dapat kabar banyak anak yang tidak naik kelas karena ketidakmampuannya mengikuti pembelajaran secara daring. Memang dilematis, di satu sisi guru menilai sesuai tugas dan ujian yang dikumpulkan, namun di sisi lain ada orang tua dan murid yang tidak bisa mengikuti pembelajaran daring. Ada baiknya guru memberi perhatian khusus untuk murid yang tertinggal dengan menyisihkan waktu untuk bertanya dan membantu kesulitan nya saat belajar.

  • Guru Mengembangkan Cara Mengajar

Pembelajaran satu arah yang monoton saat belajar online memang membuat anak-anak cepat jenuh. Untuk itu guru hendaknya mampu mengembangkan cara mengajar agar lebih disukai dan semakin interaktif. Guru bisa mendongeng, aktif bertanya, berdiskusi dengan murid, menampilkan video menarik dll.

  • Orang Tua ikut Aktif Membantu proses belajar

Orang tua punya andil besar untuk menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Orang tua menjadi pendamping juga motivator untuk anaknya yang sedang belajar. Orang tua juga menjadi penyambung lidah guru kepada muridnya. 

Mencoba Layanan Belajar Online ruangbelajar dari ruangguru

Kita menyadari bahwa sistem PJJ memang tidak sesempurna pertemuan tatap muka di sekolah. Ada banyak kekurangannya. Untuk itu perlu dilakukan penguatan pembelajaran, salah satunya dengan mencoba layanan belajar online terbaik Ruangbelajar dari Ruangguru. 

master teacher guru terbaik mengajar di ruangguru

Ruangguru menghadirkan ruangbelajar sebagai pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak. ruangbelajar mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran.

Ruangbelajar merupakan layanan belajar online terbaik dan terlengkap di Indonesia. Anak-anak mampu belajar mandiri dengan puluhan video belajar beranimasi dan latihan soal yang bisa di-download serta hemat kuota.

Akses materi belajarnya pun lengkap sesuai kurikulum dengan guru-guru terbaik. Tersedia  puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin anak-anak lebih paham. 

Fitur yang ada di ruangbelajar
fitur baru yang ada di ruangbelajar ruangguru

Ruangbelajar menawarkan banyak fitur menarik yang membantu anak-anak dalam memahami pembelajaran diantaranya ruangguru PET, ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak , bank soal, laporan belajar.

Nah selain itu awal Juli ini ada beberapa fitur baru loh yang sangat menarik yaitu:

1. Adapto

Hasil nilai kuis siswa dalam video membuat pembelajaran semakin interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif

2. Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan siswa  ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal

3. Subtitle Video

Transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran yang membantu siswa merekam video pembelajaran lebih banyak kata demi kata. 

4. Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

5. Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

6. Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC yang bertujuan untuk memperkirakan karier sesuai dengan diri anak.

Fitur lengkap dan menarik yang ada di ruangbelajar dari ruangguru semakin memudahkan orang tua untuk mempersiapkan pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran baru ini. Tetap semangat ya ayah bunda dalam mendampingi anak. 

Komentar

  1. Ruang guru memang penyelamat banget di saat darurat seperti ini, apalagi si kecil masih pembelajaran daring sejak awal masuk SD.

    BalasHapus
  2. Bener banget tipsnya, memang kalau daring seperti ini butuh pengertian dari guru karena anak belum memahami pelajarannya.

    BalasHapus
  3. Ruang guru memang penyelamat banget pas diminta ngajarin adik, selain itu mereka tertarik belajar dan mudah memahami pelajarannya.

    BalasHapus
  4. saat pandemi seperti ini orang tua dan guru berperan penting untuk membuat anak semangat belajar.

    BalasHapus
  5. Ruang guru berperan penting banget pas pandemi seperti ini untuk adik yang masih suka ngegame dan malas belajar, jadi tertarik belajar di ruang guru yang video pembelajarannya menarik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar ^_^