AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

5 Cara Sehat Menjalani Kehamilan

Posting Komentar

cara agar sehat menjalani kehamilan dengan d3 1000

Assalamualaikum wr.wb, Halo semua apa kabarnya?  Sudah lama nih saya tidak menyapa!

Semoga teman-teman dalam kondisi yang sehat dan semangat ya menjalani aktivitasnya. Alhamdulillah di kota saya, angka positif covid 19 semakin berkurang sehingga pemerintah membolehkan kegiatan di luar rumah dengan tetap menjaga protokol kesehatan. 

Yap, jangan sampai deh naik lagi angka positifnya. Pasti sudah jenuh kan ya di rumah terus! Belum lagi sering timbul kecemasan jika kita atau ada anggota keluarga yang sakit. 

Jujur aja saya sempat khawatir banget saat adek saya hamil karena kondisi tubuh ibu hamil cukup rentan jadi harus benar-benar di jaga kesehatannya. Untuk itu saya pun menyarankan ia untuk sering kontrol, konsumsi makanan bergizi dan vitamin penunjang agar tubuh tetap fit.

Kehamilan memang perlu dijaga agar janin yang ada di dalam rahim tumbuh sehat hingga lahir nanti. Sebagai calon ibu, teman-teman bisa melakukan beberapa tips sederhana di bawah ini.

Tips Sehat dan Bugar Selama Kehamilan

Meski tidak mudah, ibu hamil bisa menerapkan beberapa tips sehat sebagai ikhtiar agar selama hamil tetap sehat dan bugar. Hal ini pun akan berdampak dengan kesehatan anak di dalam kandungan. Berikut tipsnya:

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Saya ingat pesan bidan yang memeriksa saat hamil. Ketika sedang hamil jangan “egois”. Karena apa yang ibu makan selama hamil akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan calon bayi. Jadi cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mendukung kesehatan janin lebih optimal dan menambah stamina.

Makanan yang bernutrisi pun akan membantu mengindari risiko masalah saat hamil dan membuat mood lebih baik selama hamil.  Bagi janin, asupan makanan bergizi akan mendukung proses tumbuh kembang janin dalam kandungan dan menjaga berat badan janin sesuai dengan perkembangannya dan mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir.

Ibu bisa membuat variasi makanan yang mengandung protein, vitamin c, kalsium, zat besi, lemak sehat, asam folat,  dan kandungan nutrisi lainnya. Hindari juga makan makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi. 

2. Istirahat yang Cukup

Berbadan dua memang tidak mudah. Apalagi hamil menyebabkan perubahan hormon. Kebanyakan ibu malah merasa lebih mudah mengantuk di siang hari namun sulit tidur di malam hari sehingga menaikkan risiko kompilasi kehamilan seperti preeklamsia. 

Untuk mengatasinya, segeralah tidur jika merasa capek dan ngantuk agar dapat mencukupi kekurangan waktu tidur di malam hari. Dengan tidur yang cukup akan membantu proses persalinan lebih lancar dan kesehatan jadi lebih baik.

Jika masih kesulitan tidur di malam hari cobalah untuk mandi air hangat, melakukan relaksasi, dan membuat suasana tidur menjadi nyaman. Kita bisa minta bantuan pasangan untuk memberi pijatan lembut agar terasa lebih relaks.

3. Olahraga 

Mesikpun hamil bukan berarti kita tidak boleh olahraga. Malah olahraga sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar tetap bugar dan sehat. Namun pilihlah olahraga yang tepat dan tidak terlalu berat. Kegiatan fisik ringan seperti jalan santai, renang, atau bahkan yoga, umumnya aman dilakukan sepanjang usia kehamilan.

Dengan rutin berolahraga akan melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot dan mendukung kecerdasan bayi dalam kandungan. 

4. Konsumsi Vitamin untuk Ibu Hamil

Biasanya saat melakukan kontrol ke bidan atau dokter kandungan, ibu hamil akan disarankan untuk mengkonsumsi vitamin tambahan untuk menunjang kesehatan ibu dan calon bayi. 

Beberapa vitamin yang biasanya disarankan antara lain asam folat dari vitamin B. Asam folat mempunyai peranan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi, serta mencegah risiko bayi cacat lahir. 

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin D3. Manfaat utama vitamin D3 adalah membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.  Nah jika kalian mencari vitamin D3 bisa mencoba vitamin D3-1000 yang diperuntukkan oleh orang yang memerlukan asupan vitamin D lebih banyak.  Vitamin ini nantinya bisa  di beli di toko online kesehatan

Vitamin D3-1000 adalah salah satu suplemen vitamin D3 yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi atau penderita penyakit infeksi dan autoimun. 

Oya tiap tabletnya mengandung vitamin D3 1000 IU (setara dengan Cholecalciferol 25 mcg). Bisa dikonsumsi oleh orang dewasa atau anak-anak di atas 12 tahun sebanyak 1 tablet per hari setelah makan.

5. Hindari Stress

Setelah melakukan ikhtiar pola hidup sehat dan mengkonsumsi vitamin ibu hamil. Salah satu yang sangat penting adalah menjaga pikiran tetap bahagia. Yup, ibu harus hindari stress yang dapat memengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan.

Jika ada hal yang mengganggu pikiran, cobalah untuk berdiskusi atau menyampaikannya pada pasangan. Ibu juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan bersama teman dan keluarga seperti menonton, pergi ke salon, shopping, mendengarkan musik, jalan-jalan dan hal lain disukai.

Itulah tips sehat dan bugar selama kehamilan yang bisa teman-teman terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.



Related Posts

Posting Komentar