AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Membangun Bonding Time dengan Membacakan Buku untuk Anak

20 komentar

membaca buku untuk anak sebagai bonding time

Kebersamaan dengan si kecil adalah waktu-waktu berharga yang tak akan bisa digantikan. Kadang saya merasa kenapa anak-anak cepat sekali tumbuh. Rasanya ingin mereka tetap menjadi bayi imut nan lucu. Itulah kenapa saya berharap bisa mendampingi momen tumbuh kembang mereka hingga besar nanti. Karena saya yakin momen saat anak kita masih kecil yang katanya penuh dengan drama, suatu saat akan di rindukan. 

Salah satu kegiatan yang Ghazy sukai bersama saya adalah membaca buku. Ya, ia kerap meminta saya untuk menceritakan dongeng atau cerita anak yang ada di bukunya. Ghazy suka dengan buku bergambar dengan warna cerah. Meskipun belum bisa membaca sendiri atau masih sulit memahami, kegiatan membaca bersama ini sangat menyenangkan. Saya senang ia bisa mengenal kegiatan membaca sejak kecil, dan ia pun senang mempelajari banyak hal melalui buku. 

Kegiatan membaca ini sudah saya terapkan sejak Ghazy masih dalam kandungan. Hal ini pun disarankan oleh dokter karena akan meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Begitu juga setelah anak lahir, kegiatan membaca mampu menstimulasi tumbuh kembangnya. 

Perlukah Membacakan Buku Untuk Bayi?

Awalnya banyak yang bertanya, kenapa bayi harus dibacakan buku. Apakah penting? Ternyata jawabannya “iya, sangat penting”  dan bermanfaat bagi perkembangan bayi. Berikut manfaat membacakan buku untuk bayi:

1. Membangun Bonding dan Kebiasaan Positif

Membaca buku bersama bayi mampu meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Meskipun bayi tidak mengerti yang mom ceritakan, ternyata kemampuan kognitifnya dapat berkembang. Ini pun akan merangsang keterampilan emosional, sosial, bahasa, dan literasi sejak dini.

Agar lebih interaktif, kita bisa menggunakan gerak tubuh untuk mengajari sesuatu pada bayi. Misalnya ketika ada sebuah gambar tangan, maka sentuhlah dan ucapkan pada bayi “ini tangan seperti di dalam buku”. Semakin sering dibacakan, bayi akan tumbuh minatnya pada buku dan membangun kebiasaan positif yang berdampak hingga ia besar nanti.

2. Mengenal Kosa Kata

Keterampilan komunikasi anak akan terlatih jika ia sering mendengarkan dan mempelajari banyak kosakata baru. Salah satu cara mudah dan menyenangkan mengenalkan konsep dan kosa kata adalah melalui buku. Melalui buku anak akan mengenal gambar, angka, huruf, bentuk, warna serta informasi apa saja yang ada di sekitar mereka.

Hal ini pun saya alami saat mengajari anak-anak konsep warna. Melalui buku cerita bergambar yang colorfull. Misalnya ada gambar hewan jerapah, selain mengenalkan bahwa jerapah itu tinggi, saya pun mengenalkan warna jerapah sesuai buku yang dibaca.

4. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Nah tak hanya pintar,  dengan membaca buku akan meningkatkan fungsi otak anak. Hal ini akan mempengaruhi dan merangsang bagian otak yang terhubung dengan kemampuan bahasa dan pemahaman. Selain itu juga mampu meningkatkan imajinasi dan merangsang kreativitas yang sangat penting untuk pengembangan minat dan bakatnya nanti.

Hal Penting Saat Membacakan Buku Untuk Anak


Membaca buku untuk bayi maupun anak-anak tentu harus diikuti dengan buku yang tepat. Bukan sekedar membaca, kita sebagai orang tua diharapkan mampu memberikan pemahaman pada anak sesuai umurnya. 

Buku yang tepat adalah buku yang sesuai dengan karakter dan tumbuh kembang anak. Anak-anak lebih menyukai bahasa yang memiliki ritme dan bahasa yang sederhana. Pilihlah buku dengan gambar yang menarik dan berwarna warni untuk menarik minat anak. Kita bisa cek buku bacaan yang tepat untuk bayi baru lahir berikut ini! https://bit.ly/3jgDGhD 

Salah satu bacaan yang bagus untuk si kecil sebagai pengisi bonding time yaitu Buku Cerita Anak Dunia Bunbun karya Watiek Ideo. Nah kebetulan saya punya Seri Bermain Aman “Bermain Bersama”


Buku dengan sampul berwarna biru ini sangat menarik karena dikemas dengan karakter hewan yang menggemaskan. Berikut karakter yang ada di buku Bermain Bersama

  • Bunbun : si kelinci yang punya rasa ingin tahu tinggi, suka menolong dan memecahkan masalah
  • Miu : si kucing yang sedikit pemalu namun sangat cerdas dan rajin
  • Tupi : si tupai yang memiliki keterbatasan mendengar namun selalu optimis
  • Jira : si jerapah yang selalu berhati-hati meski kadang mudah panik
  • Ellie : si gajah yang selalu bersemangat dan suka menyanyi

Buku Cerita Anak Dunia Bunbun ini dikemas dengan bahasa yang ringan disertai nilai-nilai yang bisa diajarkan pada si kecil sedari dini.  Misalnya tentang bagaimana BunBun punya rasa peduli saat Jira digigit nyamuk. Nah selain itu ada beberapa kelebihan yang menurut saya ada di buku ini

  • Gambar nya menarik dan disukai anak
  • Ceritanya mudah dipahami dan berisi nilai-nilai yang bisa diajarkan pada anak
  • Ada pembelajaran seperti berhitung dan mencari karakter yang bersembunyi yang mampu merangsang daya ingat dan fungsi otak anak
  • Ada bonus stiker lucu untuk melengkapi aktivitas anak

Nah, Seri Bermain Aman ini merupakan produk yang didapat untuk 100 pembeli pertama Irish Bella’s Baby Essential Kit loh. Jadi paket lengkap ini, ada produk terbaru dari Mama’s Choice juga untuk merawat si kecil agar tetap tenang dan aman di rumah.

Review Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit untuk Tingkatkan Bonding Mama dan Bayi

Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit adalah produk pilihan yang aman untuk bayi dan bisa jadi kegiatan bonding time yang menyenangkan antara Mama dan bayi. Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit ini berisi 3 produk yaitu 1 pcs Mama’s Choice Baby hair and Body Wash, 1 pcs Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil dan 1 pcs Mama’s Choice Baby Rash cream.


Ketiga produk ini bebas dari toksin dan aman untuk kulit sensitif si kecil. Selain itu produknya juga praktis untuk dibawa bepergian. Dengan wangi yang lembut tanpa tambahan parfum, Produk Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit ini lebih alami dan natural sehingga saya tenang saat menggunakan nya untuk merawat anak-anak di rumah. 

3 langkah perawatan harian untuk bayi lebih tenang:

1. Mama’s Choice Baby hair and Body Wash


Langkah pertama adalah dengan memandikan bayi menggunakan Mama’s Choice Baby hair and Body Wash. Diperkaya dengan Lavender dan Chamomile untuk membersihkan rambut dan kulit bayi dari kotoran dan kuman serta memberikan sensasi rileks sehabis mandi serta cocok untuk kulit bayi yang sensitif. 

Tekstur Baby hair and body wash ini kental cenderung cair dengan warna keruh dan aroma lavender & chamomile yang lembut dan menenangkan. 

2. Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil 


Langkah 2 perawatan selanjutnya sebelum mengenakan baju, lakukan pijat ILU dengan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil. Nah Calming Tummy Oil ini jadi favorit saya karena wanginya enak banget dan mampu meredakan kolik pada bayi. Ada 3 essential oil alami yang bermanfaat dan menyenangkan untuk relaksasi sekaligus membantu meredakan gangguan pencernaan pada bayi yaitu:

  • Nutmeg Oil : untuk meredakan gangguan pencernaan dan perut kembung melalui pijatan pada perut
  • Lavender Oil : membantu menenangkan dan mengatasi gejala sakit perut melalui pijatan pada perut
  • Chamomile oil : merelaksasi melalui pijatan agar bayi tidur lebih nyenyak

3. Mama’s Choice Baby Rash Cream


Langkah terakhir adalah oleskan Mama’s Choice Baby Rash Cream sebelum mengenakan popok atau pada area yang ruam. Mama’s Choice Baby Rash cream hadir dengan kebaikan 8 herbal alami : Centella Asiatica, Rosemary, Sweet Almond, Green Tea, Licorice, Chamomile, Japanese Knotweed dan Skullcap yang mampu menutrisi lapisan pelindung kulit untuk menjaga kulit dari ruam dan iritasi ringan pada kulit sensitif bayi. 

Tekstur Baby rash cream ini creamy lembut berwarna putih yang mudah menyerap di kulit tanpa meninggalkan kesan lengket. Sangat nyaman di kulit bayi.

Nah ketiga produk Irish Bella’s Baby Essential Kit ini menurut saya penting banget nih para Mom siapkan di rumah. Karena dapat menemani mom dan si kecil melakukan perawatan di rumah dengan aman dan nyaman. Makin lengkap dengan ditemani dengan Buku Cerita Anak Dunia Bunbun karya Watiek Ideo untuk meningkatkan Bonding dengan si Kecil.

Untuk info lebih lanjut mengenai Irish Bella’s Baby Essential Kit bunda bisa  mengunjungi website resmi Mama's Choice www.mamaschoice.id dan akun instagram Mama's Choice (@mamaschoiceid)

Related Posts

20 komentar

  1. Seru ya Ghazy baca buku bareng bundanya. Jadi ada bonding time biar makin kompak. :D

    BalasHapus
  2. Penting banget membacakan buku untuk si kecil karena menambah wawasannya pada bahasa dan kosakata, bukunya juga bagus nih menarik ada gambarnya dan wah dilengkapi perlengkapan si kecil. Mantap banget, nih.

    BalasHapus
  3. Banyak cara dilakukan orang tua untuk meningkatkan bonding dengan anak, salah satunya membacakan cerita kepada anak. Apalagi kalau dapat buku cerita secara gratis, pasti asyik banget nih. Beruntung ya menjadi 100 pembeli pertama yang membeli produk Irish Bella's Baby Essential Kit.

    Aromanya oke juga nih Mba Ria, ada lavender dan chamomile. Baru tau nih ada produk dari Irish Bella. Makasih banyak infonya Mba Ria.

    BalasHapus
  4. Jangankan bayi, masih janin di dalam perut saja saya suka membacakannya buku lho. Itu terinspirasi dari Majikan saya dulu saat kerja di Taiwan. Saya pikir ibu hamil kok baca buku anak, batu tahu belakangan membacakan buku ini bagus juga untuk janin dalam kandungan. Apalagi kalau yang dibacakan Ayat Suci

    BalasHapus
  5. Banyak banget ya, mbak manfaat membacakan buku ke anak ini. Bahkan kalau saya lihat di luar negeri itu kebiasaan membacakan bukunya sampai ke tingkat SD karena berpengaruh sekali pada kecerdasan anak

    BalasHapus
  6. Anak-anak memang suka banget sama sesuatu yang eyecatching. Termasuk buku. Warna-warna yang cerah tentu akan sangat disukai mereka. Makanya buku anak suka ada gambar dengan warna yang menarik.

    BalasHapus
  7. anakku rawan bgt kena ruam di kulit karena hawanya panas. Rekomen ya rash creamnya Mama's Choice.. nggak bikin panas ya..

    BalasHapus
  8. Aku juga pake mamas choice mba riaa, apalagi baby bathnya itu bener2 segerrr baunya. Sampe ketagihan aku wkwkw. Anak juga wangii jadinya bahkan sampai malem mau tidur masih wangii ajaa habis mandi sama baby bath mamas choice

    BalasHapus
  9. Bacaan yang sesuai dengan usianya, memang lebih mudah dipahami. Sekaligus bisa menambah perbendaharaan kata juga karena dari sejak dini sudah mengenal buku bacaan

    BalasHapus
  10. Benar bange ini kalau membaca buku bersama bayi mampu meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Aku sudah merasakan juga ini saat anak-anak masih bayi bahkan sampai saat ini juga kami masih melakukan hal tersebut. Sebagi bentuk bonding dengan anak-anak.

    BalasHapus
  11. ah iya, membaca buku juga jadi salah satu bonding time antara saya dan anak anak
    anak anak paling hepi saat reading time tiba

    BalasHapus
  12. Saya juga suka bgt rangkaian produk Mamas Choice ini. Lengkap dan produknya aman untuk anak. Apalagi ada bukunya yg bisa untuk membantu saya mengajarkan kosa kata kepada anak dengan cara menyenangkan.

    BalasHapus
  13. Wah bagus banget menanamkan suka membaca sejak dini yah kak, mana pilihan bukunya juga sesuai dengan usia anak. Bagus banget ilmu parentingnya buat dicontoh :3

    BalasHapus
  14. Saya juga merasakan betul nikmatnya bonding time saat membacakan buku untuk anak-anak. Sampai sekarang juga anak-anak masih suka dibacakan meskipun sudah bisa membaca sendiri. Kalau jaman kecil, kadang tak dongengi sambil di-massage ringan gitu.

    BalasHapus
  15. Dulu waktu anak anak masih kecil aku juga sering membacakan buku. Dan enggak cuma buat anak anak saja manfaatnya, aku sendiri pun merasakan suatu kesenangan ketika membacakannya. Bisa berganti ganti suara untuk tokoh yang berbeda, maupun berganti intonasi ketika membacakan narasi seperti masuk ke dunia berbeda yang mengasyikkan...

    BalasHapus
  16. Senangnya membaca bersama anak-anak ya, Kak. Memang seharusnya anak-anak dikenalkan dengan buku sedini mungkin, biar mereka mencintai buku. Saya pun termasuk pecinta buku yang mengenalkan buku pada anak-anak sedini mungkin.

    BalasHapus
  17. Banyak sekali manfaat ketika membacakan di usia bayi. Seperti berkomunikasi melalui gambar. Hihi Aku yang sudah gde dan melihat buku yang bergambar dan lucu serta menggmaskan ini juga sangat tertarik loh ka.

    BalasHapus
  18. Paling terasa manfaat dari sering membacakan buku pada anak itu, tentang bertambahnya kosakata yang ia pahami dan mulai sering digunakan dalam keseharian.

    Ini produknya bundling sama produk Mama's Choice seri yang ini sajakah?

    BalasHapus
  19. Selain bonding time. Membaca kuga banyak manfaatnya untuk perkembangan si kecil ya kak. Sekaligus mengenalkan dunia literasi sejak dini loh

    BalasHapus
  20. Baiknya emang mengajarkan membaca buku sedari kecil ya bun. Selain untuk melatih kebiasaan baik anak juga bisa untuk meningkatkan bonding ibu dan anak.

    BalasHapus

Posting Komentar