AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Rekomendasi 6 Destinasi Wisata Alam di Pekanbaru, Cocok untuk Bersantai Hingga Menguji Adrenalin

Posting Komentar

Hai semua. Apakah kalian pernah atau bahkan sering berkunjung ke Pekanbaru?

Pekanbaru adalah ibu kota provinsi Riau yang sekaligus menjadi salah satu pusat perekonomian terbesar di Pulau Sumatra. Selain itu, Pekanbaru juga memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Hal tersebut menjadikan Pekanbaru sebagai tempat yang sibuk dengan hiruk pikuk masyarakat perkotaan.

Meskipun demikian, Pekanbaru memiliki beberapa destinasi wisata alam yang dapat memanjakan masyarakat sekitar hingga wisatawan yang berkunjung ke kotanya. Jadi jika kalian berkunjung ke Pekanbaru jangan sampai melewatkan wisatanya ya!

Berikut beberapa tempat wisata Pekanbaru :

wisata hits pekanbaru rainbow hills rumbai

Rainbow Hills Rumbai

Beralamat di Jl. Kemping, Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam paling diminati. 

Tidak jauh dari pusat kota, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 10 kilometer untuk sampai ke lokasi. 

Di tempat ini, pengunjung dapat melihat perpaduan beberapa warna cantik dari lembah-lembah dan mengabadikan fotonya. Ada warna jingga, merah muda, hingga abu-abu yang saling berpadu di atas lembah. Warnanya pun akan berubah-ubah setiap waktu. 

Beberapa wisatawan pun menyebut tempat yang memiliki nama lain “Bukit Pelangi” itu sebagai versi lokal dari Rainbow Mountain di Peru. Pengunjung dapat mengunjungi Rainbow Hills Rumbai setiap hari.  Namun, disarankan untuk tidak berwisata disana saat musim hujan karena rawan terjadi longsor. 

Bisa dibilang wisata ini menjadi salah satu tempat wisata Pekanbaru yang lagi hits

Kawah Biru

kawah warna biru di pekanbaru

Berada di Kabupaten Kampar, tepatnya di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, ini merupakan salah satu destinasi wisata yang viral di sosial media. Awalnya, Kawah Biru merupakan lokasi bekas galian pasir. Kemudian, areal bekas galian pasir itu terisi air hujan dan membentuk kawah. Warna birunya dihasilkan dari hasil galian itu sendiri yang aslinya putih bening. 

Lokasi dari Kawah Biru sangat dekat dengan pemukiman warga dan dikelilingi pepohonan yang menjadikan suasana rekreasi menjadi nyaman serta aksesibilitas pun mudah. Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata Pekanbaru 2022 yang bisa kamu singgahi.

Taman Wisata Alam Mayang

Berlokasi di Jl. H. Imam Munandar, Tengkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, tempat ini memiliki konsep ruang terbuka hijau. 

Berada di atas lahan yang luasnya 24 hektar, Taman Wisata Alam Mayang dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menyejukkan suasana.

Wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan disini. Mulai dari bersantai, hingga bermain di beberapa wahana, seperti bersepeda air, memancing, outbond, bermain bombom car, hingga bermain flying fox.

Studio film 3D juga dihadirkan di Taman Wisata Alam Mayang. Fasilitas kantin dan toko suvenir juga tersedia supaya pengunjung merasa lebih nyaman. Selain itu, bagi yang suka berfoto, dapat memanfaatkan areal replika candi sebagai spot berfoto.

Danau Wisata Bandar Khayangan

Berada tidak jauh dari Rainbow Hills Rumbai, wisatawan dapat mampir ke tempat yang juga berfungsi sebagai bendungan irigasi ini.

Beragam olahraga air dapat dilakukan di Danau Wisata Bandar Khayangan, seperti berdayung dan bermain speedboat.

Jika ingin bersantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan danau dan hamparan perbukitan di sekitarnya.

Fasilitas umum seperti mushola dan toilet juga tersedia di tempat wisata yang berada di Jl. Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Desa Wisata Okura

Berada di sebuah tebing tinggi, tepatnya di Jl. Raja Panjang Okura, Kecamatan Tebing Tinggi Okura, Kabupaten Rumbai Pesisir. 

Tempat ini mulanya hanya sebuah lahan kosong terbengkalai. Namun, atas tekad yang bulat dari warga sekitar bersama pemerintah kota untuk mengkreasikan tempat ini, akhirnya terwujudlah sebuah desa wisata.

Setelah dikreasikan, kawasan ini berubah menjadi tempat agrowisata dengan hamparan bunga-bunga yang cantik bermekaran di sekitarnya. 

Areanya juga dilewati aliran Sungai Siak, sehingga banyak wisatawan yang memancing disini.

Semenjak diperbaiki, areal perkampungan penduduk menjadi ramai didatangi wisatawan dari dalam kota mau pun luar kota. 

Air Terjun Batang Kapas

Jika Anda menyukai tempat wisata yang menguji nyali, Air Terjun Batang Kapas adalah jawabannya. 

Bertempat di Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, ini merupakan hulu dari Sungai Kapas. 

Memiliki ketinggian hingga 150 meter, tempat ini sangat cocok bagi pencinta alam untuk mengeksplor keberaniannya. 

Tidak hanya menguji adrenalin, destinasi ini juga disebut sebagai surga tersembunyi karena panorama alamnya yang memanjakan mata. 

Meskipun jauh dari pemukiman warga dan jarang dikunjungi, wisatawan tetap dapat berwisata dengan nyaman karena pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan. 

Itulah keenam rekomendasi destinasi wisata alam di kota Pekanbaru, Riau. Mana yang sudah kamu kunjungi?



Related Posts

Posting Komentar