AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Mengenali Potensi Anak Melalui Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

37 komentar

tes sidik jari di aplikasi ms learning and grow
Menjadi orang tua memberikan tantangan sendiri dalam pola pengasuhan. Kadang ada hal-hal yang tidak bisa dipahami anak meskipun kita sudah berusaha untuk menjelaskan. Namun jika dilihat kembali ternyata tiap anak punya karakter dan pola belajar yang berbeda pula. Melalui MS Learning and Grow, saya akhirnya mengetahui profil psikologi anak sehingga bisa menyesuaikan metode pembelajaran dan pola asuh yang sesuai dengan karakternya.

Bicara soal pengenalan karakter dan kemampuan. Saya berharap anak-anak kelak mengenali potensi diri sejak dini. Sebagai orang tua, saya pun berharap bisa memberikan pendidikan dan pengalaman terbaik sesuai minat dan bakatnya. 

Karena pada kenyataannya, saya dan bahkan 87% mahasiswa di Indonesia merasa salah jurusan. Penelitian Indonesia Career Center network (ICCN) tahun 2017 ini membuktikan bahwa kita tidak benar-benar mengenali apa yang kita inginkan. Akibatnya pembelajaran yang dijalani tidak optimal dan ada yang menganggapnya sia-sia.

Untuk meminimalisir hal ini, penting untuk mulai memahami diri sendiri sejak dini. Anak-anak yang kenal potensi dirinya akan tumbuh lebih percaya diri dan mampu membuat keputusan yang lebih baik untuk karirnya di masa mendatang.

Memahami Profil Psikologis Melalui DISC

Ada banyak cara memahami karakter psikologis anak. Selain kedekatan/ bonding antar anak dan orang tua, DISC merupakan salah satu metode untuk memahami diri sendiri. DISC menggunakan 4 dimensi utama yang mudah dipahami yaitu Direct- Dominating- Decisive, Innovative -Talkative - Impulsive, Systematic - Data driven - calculating, dan Democratic, good listener dan supportive. 

Untuk mengetahui dimensi mana yang paling dominan dari anak, saya melakukan tes sidik jari dan konsultasi di aplikasi MS Learning and Grow. Tes ini nantinya akan membantu orang tua untuk memahami potensi dan arah pengembangan anak, penyesuaian pola asuh dan penyesuaian pola komunikasi. 

Tes sidik jari dipilih karena punya karakteristik yang unik dan individual. Setiap anak punya sidik jari yang berbeda dan tidak pernah sama satu dan lainnya. Selain itu sidik jari bersifat permanen sehingga saat sudah besar pun akan tetap sama sehingga sidik jari ini mudah diklasifikasikan karena pola dan strukturnya teratur. 

Pengalaman Tes Sidik Jari di MS Learning and Grow

tes sidik jari untuk tahu potensi anak di ms learning grow
MS Learning and Grow adalah layanan terintegrasi yang berfokus untuk mengoptimalkan pemberdayaan diri. Tes ini untuk mengetahui bakat dan profil psikologis bawaan seseorang berdasarkan DISC menggunakan sidik jari. 

Untuk memanfaatkan tes sidik jari yang ada, awalnya saya mendownload aplikasi MS Learning & Grow di playstore dan melakukan pendaftaran serta mengisi biodata.

pengisian data di ms learning and grow

Selanjutnya pilih fitur tes sidik jari. Untuk melakukan tes ini kita perlu memasukkan kode voucher yang sudah dipesan ke layanan MS Learn and Grow. Secara rinci berikut tahapan Profiling Psikologi di aplikasi MS Learn dan Grow:

1. Informasi voucher : masukkan kode voucher yang sudah di pesan 

voucher tes sidik jari dan konsultasi ms learning and grow
2. Isi Data : masukkan data nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan narahubung peserta/ anak yang ingin di tes sidik jarinya. 
3. Isi data sidik jari : selanjutnya kita akan diminta untuk mengambil foto sidik jari kanan dan kiri (total 10 jari). Pengambilan foto bisa secara langsung atau mengupload dari gallery handphone.
mengambil foto sidik jari untuk tes sidik jari
Pastikan untuk mengambil foto yang jelas/tidak blur agar sidik jari terlihat dan memudahkan tim MS Learn and Grow untuk menganalisa sidik jari yang ada. Jika sudah selesai, nantinya akan ada laporan profiling psikologi.
4. Konsultasi : selain melakukan tes sidik jari, pengguna juga bisa melakukan konsultasi dengan memilih waktu yang disediakan. Konsultasi berlangsung selama 30 menit bersama tim dari MS Learn and Grow.
5. Laporan profiling psikologi : setelah melakukan tes, akan ada laporan secara detail mengenai karakter dominan dan penjelasannya.
6. Pelaksanaan konsultasi & Resume : setelah melakukan konsultasi akan ada resume berupa rangkuman tips untuk menghadapi karakter yang sesuai

Manfaat Melakukan Tes Sidik Jari di MS Learn & Grow

hasil tes sidik jari mengetahui karakter
Setelah melakukan rangkaian tes sidik jari dan konsultasi, saya mendapat laporan yang cukup detail dan membantu dalam memahami karakter dan cara belajar ubay.

Mengetahui Variasi Karakter yang Dominan

Berdasarkan hasil profiling psikologi, Ubay memiliki variasi karakter Dominance - Influence. Ia punya karakter yang tegas dan cepat. Gabungan karakter ini membuatnya mahir dalam mengambil keputusan dengan segera dan berani mengambil risiko.

Garis besar yang disampaikan dalam laporan profiling psikologi saya akui memang merupakan karakter yang tampak jelas pada karakter Ubay. Dia tipe anak yang tegas, kritis dan suka memimpin. Selain itu ia tetap mampu bersikap dinamis dan menarik bagi sekitar.

Selain tahu mengenai karakter yang dominan, saya juga mengetahui weakness potential yang ada pada ubay seperti memaksakan kehendak dan tidak mentolerir kesalahan. Kelemahan yang ada pada karakternya ini menjadi tolak ukur untuk melakukan pembelajaran agar kelemahan ini bisa diminimalisir.

Mengetahui Gaya Komunikasi

Setiap anak dengan karakter yang berbeda ternyata punya gaya komunikasi yang berbeda pula. Tes sidik jari yang mengungkapkan karakter dominance nya pun memberikan saran cara berbicara dan cara menghadapi sikap dominance. Anak yang dominance membutuhkan alasan yang jelas, logis, namun tidak berbelit-belit. Karakter ini juga membutuhkan pujian pada hasil yang ia raih. 

Karena sering menggunakan logika, karakter seperti ubay sering tidak bisa tolerir kesalahan dengan sikap empati. Untuk itu hendaknya menghadapi sikap dominance dengan efisien dan terorganisir dengan baik. 

Mengenal Gaya Belajar

Nah, laporan mengenai usul gaya belajar ini penting banget untuk saya sebagai orang tua. Karena sejauh ini masih kesulitan mengetahui metode belajar yang tepat untuknya. 

Berdasarkan hasil profiling psikologi, saya jadi tahu bahwa ubay lebih nyaman belajar dalam situasi yang cepat dan memerlukan motivasi belajar dengan memberikan ruang kompetisi. 

Ia baik dalam kemampuan logika sehingga untuk merealisasikannya diperlukan kegiatan yang bisa memfasilitasi kecerdasan majemuknya seperti kecerdasan logika matematika, kecerdasan kinestetik dan naturalis. 

Konsultasi bersama Ahli

Selama kurang lebih 30 menit, saya melakukan konsultasi bersama tim ahli MS Learning and Grow. Konsultasi ini berupa penjelasan dan tanya jawab terhadap hasil tes. Melalui konsultasi, saya lebih memahami membaca diagram karakter dominan pada Ubay. Selain itu saya juga mendapat masukan bagaimana menghadapi karakter ubay dan mencari tahu cara belajar serta karir yang cocok dengan kepribadiannya. 

Senang banget jadi terbantu dalam mengenali karakter anak sejak dini. Harapannya bisa memilih cara belajar dan mengembangkan potensi dirinya.

MS Learning & Grow ini recommended banget untuk orang tua yang ingin mengetahui pola komunikasi dan pola asuh yang tepat bagi anak. Analisa psikologi menggunakan sidik jari punya tingkat akurasi tinggi dan laporan yang lengkap terdiri dari preferensi kerja otak, profil diri berdasarkan DISC, bakat bawaan hingga rekomendasi pola belajar karir dan komunikasi. Ditambah lagi dengan sesi konsultasi bersama tim konsultan agar lebih memahami dan mencari solusi yang terbaik untuk perkembangan anak.

Nah ayah bunda, apa sudah mengenali potensi dan karakter si kecil?

Related Posts

37 komentar

  1. Ini langsung muncul hasilnya ya, che. Wow keren. Jadi inget aku dulu pernah tes psikologi pas SMA, diarahin minatmya ke mana ternyata IPA sama IPS sama2 seimbang. Kalau ada konsultasinya enak ya, jadi tahu mana aja yang perlu diperhatikan.

    BalasHapus
  2. Dengan tes sidik jari ini memang bisa mengetahui dominan si anak mbak. Dulu saya tes sidik jari sejak anak-anak umur 5 dan 6 tahun. Meski kakak adek hasilnya beda. Sekarang mereka 15 dan 16 tahun. Hasil tes 10 tahun lalu memang relevan dengan bakat minat dan kepribadian anak-anak

    BalasHapus
  3. hasil test sidik jari atau finger print ini berlaku seterusnya atau seiring usia akan ada perubahan ya mba. anak2 ku dulu waktu mrk masih kecil usia TK gt udah pernah finger etst gt tapi bukan pakai aplikasi sih nah klo test lagi apakah akan ada hasil yg berbeda dr sebelumnya?

    BalasHapus
  4. Recommended nih tes sidik jari di MS LEarning and Grow, enggak cuma tes aja untuk mengetahui aneka info seputar kepribadian anak tapi juga bisa konsultasi pada tim konsultan agar lebih memahami dan mencari solusi yang terbaik untuk perkembangan anak kita

    BalasHapus
  5. Nah iya penting banget nih mengetahui karakter anak sehingga potensi bakat minatnya bs lebih dikembangkan

    BalasHapus
  6. Wah keren nih ada tes sidik jari secara online. Aku dulu malah nggak nemu di mana tes sidik jari yg offline, nggak terasa waktu berlalu dan anak pun udah abg tapi nggak kesampean juga buat tes ini.

    BalasHapus
  7. Anakku pernah ikut tes serupa tapi aku ga hafal lagi hasilnya :)))
    Dulu soalnya aku ambisius banget mau tau minat dan bakat anak.

    BalasHapus
  8. Wah kebetulan banget aku sedang mencari tempat untuk tes sidik jari anakku Mom. Soalnya dia sebentar lagi masuk sekolah. Paling tidak aku tau dia itu potensinya kemana, biar nggak salah jurusan nantinya pas udah besar. Makasih ya Mom infonya, nanti aku mau cobain.

    BalasHapus
  9. kereeen ada tes sidik jari online yang hasilnya cepet banget. Next time mau nyobain untuk diri sendiri dan anak-anak nih. Mutiara F

    BalasHapus
  10. Tantangan jadi orang tua, menurut saya salah satunya adalah memahami psikologis anak dan juga memahami minat serta bakatnya supaya mudah mengarahkan anak. Nah, tes sidik jari MS Learning and Glow ini bagus sekali, bisa mempermudah orang tua mengatasi tantangannya.

    BalasHapus
  11. Saya yang ingin mengetahui pola komunikasi serta pola asuh anak yang tepat sebaiknya segera kepoin MS Learning & Grow ini ya.
    Terimakasih rekomendasinya.

    BalasHapus
  12. Dengan aplikasi ini memudahkan kita sebagai orang tua untuk melihat bagaimana perkembangan anak, tidak hanya asupan nutrisi akan tetapi konseling dengan Dinkes juga diperlukan ya.

    BalasHapus
  13. Menarik banget ini mbak, dulu awal-awal muncul tes potensi dengan membaca pola sidik jari, biaya tesnya mahal banget dan belum ada juga di tiap kota. Kini bahkan dari rumah pun bisa melakukan tes ini ya dengan aplikasi MS Learning and grow, bisa segera dapat hasilnya dan ada sesi konsultasi juga.

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah melakukan tes potensi anak melalui sidik jari. Penasaran juga untuk mencobanya. PAdahal ini oke juga untuk tahu tentang potensi anak sehingga bisa dikembangkan ya mba

    BalasHapus
  15. wah bagus dan recommended ya Mba, kita bisa lebih tau tentang minat dan bakat anak dari test ini. Nanti kalau Julio udah gedean InsyaAllah mau aku ikutin juga

    BalasHapus
  16. Bisa diarahkan sesuai bakat ya jadinya si kecil dengan melihat rekomendasi tes sidik jari.
    Perlu sih dilakukan

    BalasHapus
  17. Keren ya sekarang tes sidik jari sudah bisa pakai aplikasi aja. Lebih praktis. Konsultasinya juga via online aja. Membantu sekali untuk orang tua yang ingin lebih mengenal kepribadian dan bakat minat anak.

    BalasHapus
  18. Boleh juga nih nyoba tes sidik jari di
    MS Learning and Grow. Pengen tahu juga kemampuan anak ke arah mana biar gaya belajarnya dia tahu juga.

    BalasHapus
  19. Aku jadi inget waktu anakku kelulusan TK juga ada tes sidik jari.
    Rasanya mendengar penjelasan dari psikolognya tuh bikin hati adem. Karena setiap kekurangan pasti ada kelebihannya. Dan tugas kita sebagai orangtua adalah meninggikan bakat dan kemampuan anak secara maksimal.

    BalasHapus
  20. Tes sidik jari ini bisa memudahkan kita mengetahui potensi anak ya mba. Jadi pengen ngecek juga

    BalasHapus
  21. Waaah bermanfaat sekali tes sidik jari ini, supaya anak-anak masuk jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

    BalasHapus
  22. Enak ini sidik jari bisa onlen. Aku pake semua buat anak2ku sidik jari. Dan bener2 kuterapkan di kegiatan belajarnya cara belajarnya kuikuti. Ternyata kepake banget mak

    BalasHapus
  23. Wah bagus nih
    Jadi pengen saya coba buat anak saya nih
    Kali aja bisa diarahkan sejak dini supaya tidak salah langkah

    BalasHapus
  24. Asik ya kalau anak-anak bisa tes sidik jari dan langsung diarahkan ke minat dan bakatnya. Cocok nih untuk para orang tua yang ingin mengarahkan anaknya melalui minat dan bakatnya.

    BalasHapus
  25. Saya selalu percaya kalaus etiap anak bisa cerdas asalkan menemukan gaya belajar yang tepat. Saya suka mengamati sendiri gaya belajar yang pas untuk anak-anak saya. Tetapi, prosesnya memang lama. Jadi tertarik untuk coba tes. Sekalian menjawab penasaran apakah penilaian saya udah bener atau belum

    BalasHapus
  26. saya juga nih pengin ngetes anak, tapi sampai sekarang nggak kesampaian. Pengen banget mengetahui bakatnya dan mencoba mengarahkannya agar lebih baik

    BalasHapus
  27. Aku tuh penasaran banget mau tes anakku biar bsa tahu bakatnya dia bisa ngarahin juga ngembangin kemampuannya kapan2 mau cobain tes sidik jari

    BalasHapus
  28. Jadi lebih tahu anak cocoknya dimana, dan jadi lebih mudah mengarahkan yang sesuai dengan bakat dan minat anak yah. Tapi semakin kesini, si Abang tuh terlihat minatnya ke dunia gambar. Cuma pengen ikutan sidik jari supaya lebih pasti ah.

    BalasHapus
  29. Ahh aku mau mbaaak! Ini berapa harganya? Aku pengen banget melihat potensi anak. Apalagi nanti mau masuk SD tahun depan. Perlu dipersiapkan nih sekolah jenis apa yang cocok untuk anak.

    BalasHapus
  30. Kece banget yaa.. ada yang bisa meneliti sidik jari dengan akurat.
    Kalau dulu zaman sebelum pandemi, tangannya beneran ditempelin kaya pas mau mindai AI di HP, jadi kudu berkali-kali dan merata di seluruh bagian.

    Senangnya tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow.
    Bisa mendapatkan penjelasan dan analisis ananda dengan lengkap.

    BalasHapus
  31. aku dari dulu penasaran ama tes sidik jari ini. moga2 ntar anak2ku ada kesempatan buat cobain.. soalnya dulu aku pas masih kecil gak keturutan cobain karena mahal wkwk

    BalasHapus
  32. Anak sulung ku dulu pernah test seperti ini ya hampir 65 akurat ya dan lebih mudah mencari bakat untuk dia

    BalasHapus
  33. dengan tes sidik jari MS Learning and Grow ini kita jadi bisa lebih tahu tentang anak kita ya, dari sifat karakter yang dominan pada anak, gaya komunikasi dan juga gaya belajar yang cocok untuknya, bisa konsultasi langsung pula ya ama ahlinya jadi bisa lebih kenal dekat dengan anak dan juga bisa lebih mengarahkannya dengan baik ya :)

    BalasHapus
  34. Wah praktis nih aplikasi finger print ini jadi bisa tau karakter anak dan mencocokkan dengan cara belajarnya,ya.

    BalasHapus
  35. jadi penasaran nih pengen tes sidik jari buat anakku. biar tahu karakter yang sesungguhnya kayak gimana. supaya lebih mudah mengarahkan bakatnya dia juga.

    BalasHapus
  36. Emang belajar online itu jadi tantangan tersendiri buat orang tua. Harus sabar. Mamahnya yang biasa abis beberes bisa Belanja online ACE cari-cari perabotan baru malah harus bantu kerjain PR sekaligus jadi peran guru buat mereka. Seru tapi capek juga ya ngajarin anak kecil.

    BalasHapus
  37. Sebagai orang tua, kita memang harus peduli banget ya sama potensi dan karakter anak. Ketika sudah mengenalinya dengan baik, Insya Allah masa depan anak juga cerah

    BalasHapus

Posting Komentar