AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Macam-Macam Ekstensi Domain yang Wajib Kamu Ketahui

10 komentar

ekstensi domain

Saat membangun sebuah website/blog, domain menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan. Domain menjadi alamat sebuah website yang akan menjadi ciri dan kunci untuk mewakili website yang ingin kita tampilkan.

Secara sederhana, domain adalah alamat yang akan mengantarkan kita ke website yang dituju. Ia menjadi pengganti dari penggunaan alamat IP yang berupa kombinasi angka. Bisa dikatakan sistem penamaan dengan domain jauh lebih efektif dibanding alamat IP yang sulit dihafal pengguna.

Domain terdiri dari dua elemen yaitu nama domain dan ekstensi domain. Contohnya alamat blog saya riafasha.com. “riafasha” adalah nama domain, sedangkan “.com” adalah ekstensi domain. Pemilihan ekstensi tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Website yang ditujukan untuk kepentingan pribadi tentu akan berbeda ekstensi domainnya dengan website sekolah atau pemerintah.

Apa Itu Ekstensi Domain?

Ekstensi domain adalah bagian akhir (suffix) dari sebuah nama domain. Kombinasi nama domain dan ekstensi domain menjadi sebuah alamat yang nanti dapat diketik oleh pengguna untuk mengakses sebuah situs web.  Tiap-tiap ekstensi domain memiliki arti yang berbeda. 

Sama pentingnya dengan nama domain, ekstensi domain akan membangun citra dan kesuksesan sebuah website. Contohnya website dengan ekstensi .edu berarti education yang langsung bisa dinilai sebagai sebuah website yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pengunjungnya adalah orang yang mencari informasi terkait pembelajaran. 

Akan beda jadinya jika ekstensi .edu digunakan oleh website bisnis fashion, tentu tidak cocok dan akan membingungkan pengunjung website. Karena itu penting bagi pemilik website untuk memilih ekstensi domain yang tepat. 

Ada banyak pilihan ekstensi domain seperti .com, .co.id, .web.id, .net, .org dll. Untuk membelinya kita bisa cek di penyedia domain seperti Niagahoster karena tersedia banyak pilihan domain  sesuai kebutuhan. Tersedia beragam promo domain murah juga lo!

pengertian dan jenis ekstensi domain

Jenis-jenis Ekstensi Domain

Ekstensi domain terletak di bagian paling belakang domain yang disebut pula dengan Top-Level Domain (TLD).  TLD juga menjadi penanda jenis website, asal negara dan sebagainya. sebagai contoh jika website kita adalah toko online, maka bisa memilih ekstensi .store. 

Berikut beberapa jenis domain TLD:

1. Generic Top Level Domain (gTLD)

gTLD adalah ekstensi domain yang paling umum dan paling populer di kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau dan tidak memerlukan identitas/dokumen khusus saat mendaftar. Biasanya, domain ini menggunakan singkatan kegunaan website.  Contoh gTLD adalah .com, .net, .org, dan lain sebagianya. 

2. New Generic Restricted Top Level Domain (NgTLD)

NgTLD merupakan ekstensi domain yang bersifat umum-terbatas . Ekstensi itu keberadaannya terbilang cukup baru dan memerlukan bukti kelayakan yang cukup rumit saat pendaftaran. Contohnya adalah .tech, .site, .store, dan lain-lain.

3. Sponsored Top Level Domain (sTLD)

sTLD merupakan jenis ekstensi domain yang digunakan oleh organisasi-organisasi privat. Bagi yang ingin menggunakan ekstensi domain ini wajib mengikuti sejumlah aturan tertentu yang cukup ketat. Contoh sTLD adalah .gov, .edu, .jobs, .mil, dll

4. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

ccTLD adalah ekstensi domain berdasarkan negara suatu website berasal. website ini secara umum ditujukan untuk pengguna dari negara tersebut. Contohnya .id, .br, .us, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Ekstensi Domain yang Tepat

Ekstensi TLD bisa dipilih sesuai dengan website yang kita buat. selain untuk tujuan branding, ekstensi juga penting untuk optimasi SEO. 

Yuk cek arti setiap ekstensi domain agar kamu bisa memilih ekstensi domain yang tepat! 

cara memilih ekstensi domain

.com (commercial) 

domain.com menjadi TLD paling populer di dunia. awalnya domain .com ditujukan untuk tujuan komersil yang merupakan kependekan commercial. namun sekarang ekstensi domain ini dapat digunakan oleh individu maupun organisasi manapun.

.net

Domain .net artinya adalah network atau networking. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk  website yang berhubungan dengan jaringan (network), IT, perusahaan komputer, dan layanan-layanan internet lainnya. Domain ini dapat digunakan secara umum dan tidak ada syarat khusus dalam pendaftarannya.

.org

Ekstensi domain .org  biasa digunakan oleh organisasi non profit (tida mencari keuntungan). .org merupakan singkatan dari organization. cocok untuk website lembaga, organisasi dan perkumpulan tertentu.

.info

Domain .info bisa digunakan untuk website yang isinya informatif maupun blog personal. .info merupakan singkatan dari information dan tidak ada syarat khusus saat mendaftar.

.biz.id

.biz merupakan singkatan dari  “business” yang khusus digunakan jika target pasar bisnis berasal dari Indonesia. 

.id

Domain .id secara khusus ditujukan bagi masyarakat Indonesia. Jika ingin menggunakan domain akhiran .id, kita harus menyesuaikan penggunaan ekstensi agar sesuai dengan tema situs atau website. 

.web.id

Ekstensi domain web.id dapat digunakan untuk berbagai keperluan. .web.id artinya adalah website (.web) di Indonesia (.id). Sama seperti domain berakhiran .id lainnya, .web.id hanya perlu  informasi diri berupa KTP Indonesia saat pendaftaran. 

Setelah memilih ekstensi domain yang tepat sesuai dengan website yang kamu miliki. Segeralah tentukan nama domain dan beli domain di penyedia domain yang terpercaya. 

Kesimpulan

Ekstensi domain sangat penting dalam membangun branding sebuah website. Karena pilihan ekstensi domain sangat beragam dan memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Pastikan untuk memilih domain yang tepat agar sesuai dengan website yang kita miliki. Jangan lupa untuk memilih penyedia domain yang terpercaya ya!

Selamat mencoba!

 


Related Posts

10 komentar

  1. Nah blogger wajib tahu, nih, ekstensi ini yang ada di akhir tautan dari blog bukan? Ternyata ada makna dan fungsunya sendiri. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Iya ya dari singkatannya udah merujuk pada penggunanya ya, Nice info mba, teredukasi nih aku

    BalasHapus
  3. Pencerahan nih. Aku baru tau soal generic TLD, country code TLD dan sebagainya itu. Ternyata begitu yang pembagian dan maknanya

    BalasHapus
  4. Ternyata TLD itu sendiri malah terbagi lagi ke beberapa jenis ya. Ilmu baru nih buat saya, selama ini ya tahunya TLD ya TLD itu aja. Hahahaha

    BalasHapus
  5. Ternyata ada banyak sekali ekstensi domain yang ada di belantara dunia maya yaa..
    sangat membantu bagi yang ingin meng-TLD kan website-nya agar tidak salah atau bingung.

    BalasHapus
  6. ternyata banyak banget dan beda-beda ya peruntukannya. aku jadi tau ni sekarang

    BalasHapus
  7. Wah baru tau kak. Jenis domain yang kumiliki ternyata gTLD. Kalau dot XYZ itu masuknya apa ya?

    BalasHapus
  8. aku jadi ingat, seorang temanku yang beli domain dengan ekstensi ngasal aja. Jadi kesal hahaha. Menurut dia itu bagus hahaha

    BalasHapus
  9. Daku pernah ceki-ceki yang (dot)blog lumayan banget harganya hihi
    Sebagai blogger domain ini memang penting buat branding

    BalasHapus
  10. Domain sekarang banyak jg macemnya, asik jadi makin nambah ilmu soal domain

    BalasHapus

Posting Komentar