AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Menyiapkan Modal Usaha dari Investasi Reksadana Campuran

Posting Komentar
image 1 : https://www.pexels.com/photo/garage-sale-1087727/

Memiliki usaha sendiri menjadi dambaan banyak orang. Bagi Anda yang memiliki rencana serupa, bisa menggunakan instrumen Reksadana Campuran untuk mengumpulkan modal.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mendambakan usaha sendiri, antara lain karena dapat mengatur waktu dengan fleksibel. Tak harus menunggu tua, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan.

Mengenal Reksadana Campuran sebagai Persiapan Modal Usaha

Beberapa orang yang menginginkan usaha sendiri memiliki alasan yang berbeda. Membuka usaha sendiri memang terlihat mudah, karena Anda bisa leluasa mengaturnya.

Namun, usaha sendiri juga menghadirkan konsekuensi yang perlu dipahami. Salah satunya, keuangan perusahaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, termasuk uang modal untuk merintisnya. Selagi masih muda, sebenarnya Anda bisa mengumpulkannya melalui investasi Reksadana Campuran, berikut tipsnya.

Reksadana Campuran adalah Reksadana yang instrumennya berisi saham, obligasi dan pasar uang. Reksadana ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
  • Reksadana Campuran konservatif. Instrumen dari Reksadana Campuran konservatif lebih banyak dialokasikan pada produk pasar uang dan pendapatan tetap. Sesuai dengan namanya dimana instrumen yang dipilih memiliki risiko rendah sehingga Reksadana jenis ini hanya sedikit alokasi dananya pada produk saham.
  • Reksadana Campuran moderat mengalokasikan dana dengan komposisi yang relatif seimbang antara instrumen pasar uang, pendapatan tetap dan instrumen saham.
  • Reksadana Campuran agresif mengalokasikan lebih banyak dana pada produk saham dibanding instrumen pasar uang maupun pendapatan tetap.
Sebagai catatan, Reksadana Campuran memiliki risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Reksadana pendapatan tetap. Namun, hal ini sebanding dengan potensi return yang akan diterima, dimana Reksadana Campuran akan memberi potensi hasil lebih tinggi dibanding pendapatan tetap.

Reksadana Campuran cocok bagi investor dengan profil risiko moderat hingga agresif dimana jangka waktu investasinya menengah sampai jangka panjang, sehingga cocok sebagai persiapan modal usaha beberapa tahun yang akan datang.

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana Campuran Adalah

Menjadi salah satu jenis investasi yang disukai, keuntungan yang akan didapat dengan memilih Reksadana Campuran adalah :
  • Bersifat fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kondisi pasar. 
  • Potensi return berbanding lurus dengan perkembangan nilai aktiva bersih (NAB) Reksadana.
  • Investor tidak perlu repot karena dana sudah dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI), sehingga Anda bisa tetap fokus mengumpulkan aset.
  • Lebih hemat waktu karena investor tidak perlu melakukan analisis produk investasi dan administrasinya.
  • Terdapat diversifikasi ke berbagai jenis instrumen investasi. Hal ini senada dengan prinsip saat berinvestasi, yaitu taruhlah uang Anda ke dalam beberapa keranjang. Hal ini tentu untuk meminimalkan risiko kerugian yang bisa saja muncul. Dengan diversifikasi produk maka ketika satu instrumen terdampak, instrumen lain bisa tetap menjaga kinerja portofolio.
  • Dana bersifat likuid yang artinya dapat dicairkan kapan saja saat hari bursa.
  • Bersifat transparan karena setiap perkembangan nilai aktiva bersih (NAB) dan data kepemilikannya bisa dimonitor kapan saja.
  • Investor bisa berpartisipasi pada instrumen investasi yang sebelumnya hanya tersedia dalam dana lebih besar.
Meski memiliki berbagai keuntungan, namun Reksadana Campuran tetap mengandung risiko, seperti risiko akibat keadaan ekonomi dan politik, risiko penurunan nilai karena force majeur, wanprestasi dari penerbit emiten dan berbagai kondisi tidak terprediksi lainnya.

Merintis Usaha Sejak Masih Muda? Mengapa Tidak, Berikut Alasannya

image 2 : https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berkemeja-kotak-kotak-menggunakan-smartphone-346734/

Beberapa orang menganggap usaha identik dengan kegiatan orang tua yang masuk usia pensiun sebagai pengisi kegiatan sehari-hari. Sedangkan anak muda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di perusahaan.

Anggapan tersebut sudah banyak berubah seiring dengan semakin banyak sosok anak muda yang terjun dalam dunia usaha. Mengapa merintis usaha sebaiknya dilakukan sejak dini? Berikut alasannya :

  • Lebih Mudah Menyisihkan Uang

Masa muda identik dengan energi yang masih penuh serta kebebasan. Sekilas kehidupan masa muda memang penuh dengan foya-foya karena belum memiliki tanggung jawab finansial sebanyak mereka yang sudah berkeluarga. Namun dengan kebebasan seperti ini, anak muda seharusnya lebih mudah menyisihkan uang.

Nah, agar tak menyesal, Anda bisa memanfaatkan masa muda dengan lebih semangat bekerja dan menunda kesenangan sesaat.

Selagi masih muda, Anda bisa mulai berinvestasi, termasuk di instrumen Reksadana Campuran dengan berbagai keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya. Anda bisa memilih jangka waktu di atas tiga tahun. Selanjutnya saat dana sudah terkumpul bisa digunakan sebagai modal untuk memulai usaha sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan utama. 

  • Lebih Siap Menghadapi Risiko

Alasan berikutnya karena masa muda dengan energi yang masih penuh sehingga lebih siap dengan berbagai risiko yang muncul ketika merintis usaha. Artinya, masa muda merupakan momen yang tepat memulai sesuatu yang penuh ketidakpastian, seperti memulai bisnis.

  • Lebih Mudah Investasi Selagi Belum Banyak Tanggung Jawab

Semakin gencarnya kampanye tentang kebebasan finansial membuat semakin banyak generasi yang sadar akan pentingnya mengelola keuangan hingga berinvestasi. Berinvestasi seharusnya menjadi hal yang lebih mudah dilakukan terutama karena generasi muda masih belum memiliki banyak tanggung jawab finansial.

Nah, Anda bisa memulai investasi Reksadana Campuran lewat perbankan prioritas DBS Treasures dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, antara lain:
  1. Investasi di DBS Treasures dikelola secara profesional karena didukung oleh Manajer Investasi (MI) yang berpengalaman dalam mengoptimalkan kinerja produk investasi.
  2. Terdapat tim ahli keuangan yang andal serta proaktif dalam menyampaikan berbagai analisa pasar serta peluang yang pas dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
  3. Terdapat diversifikasi produk guna meminimalkan risiko investasi.
Yuk segera investasi Reksadana melalui DBS Treasures. Tak hanya pembelian, tapi juga penjualan, switching, registrasi nomor Single Investor Identification (SID) dengan proses yang lebih mudah dengan satu Aplikasi digibank by DBS tanpa harus beralih platform.

Adapun syarat untuk investasi Reksadana ialah:
  • Anda telah berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah.
  • Memiliki KTP dan NPWP.
  • Mempunyai rekening di perbankan prioritas DBS Treasures.
  • Mengisi data diri yang diperlukan.
Masa muda yang penuh energi serta minim tanggung jawab keuangan bisa Anda manfaatkan dengan merintis usaha. Nah, sembari bekerja, Anda dapat yakin mengumpulkan modal lewat investasi Reksadana Campuran dengan potensi keuntungan lebih besar dibanding menabung biasa.


Related Posts

Posting Komentar