AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Daftar Teknik Operan Bola Basket Jarak Dekat

Posting Komentar

teknik operan bola basket

Di dalam permainan basket, banyak sekali teknik dasar yang harus dikuasai pemain amatir hingga profesional. Salah satu teknik dasar yang harus bisa dikuasai adalah teknik operan bola basket, khususnya pada jarak dekat.

Teknik operan bola ini harus dilakukan dengan benar dan juga sesuai agar pertandingan bisa dimenangkan dan hal ini membutuhkan kerja sama antar pemain ketika melakukannya. Untuk kamu yang ingin menguasai teknik operan bola basket jarak dekat, simak ulasannya di bawah ini.

1.     Chest Pass

Pertama ada teknik yang dinamakan Chest Pass dalam operan bola basket. Sesuai dengan namanya, operan ini dilakukan dari depan dada dan jenis operan ini sangat sering dipakai dalam pertandingan bola basket.

Keunggulan dari teknik operan chest pass adalah tenaganya sangat kuat saat melakukan operan sehingga bola cukup sulit direbut lawan. Untuk melakukan teknik ini, kamu harus memiliki tenaga yang besar pada kedua tangan, badan, dan juga kaki sehingga daya dorongan bolanya akan semakin kuat.

2.     Bounce Pass

Teknik kedua yang sering digunakan adalah Bounce Pass atau memantulkan bola pada lantai. Operan bola basket yang satu ini dilakukan pada titik 2/3 jarak antara kamu dengan rekan setim dan teknik ini juga sangat cocok dipakai saat lawan menjaga kamu dengan sangat ketat.

Untuk bisa melakukan teknik Bounce Pass, kamu harus pegang dulu bolanya dengan kedua tangan setinggi dada. Setelah itu, lakukan lemparan dengan kedua tangan dengan cara mendorong bola ke arah bawah dengan jarak sekitar 1/3 pada rekan tim yang akan menerima bola.

3.     Behind the Back Pass

Selanjutnya ada teknik behind the back pass yang bisa dikatakan salah satu teknik untuk mengelabui lawan. Perlu diperhatikan bahwa teknik operan bola satu ini butuh jam terbang tinggi karena tidak semua pemain bisa melakukannya dengan sempurna.

Cara melakukan behind the Back Pass ini adalah pegang terlebih dulu bola basketnya dengan satu tangan dan posisinya tepat di belakang punggung. Sebelum melempar, pastikan posisi rekan setim tengah bersiap menerima bola dan kamu harus melakukannya dengan sangat cepat agar tidak berhasil direbut lawan.

4.     Fake Pass

Berikutnya ada Fake Pass yang juga termasuk salah satu tingkat tertinggi dalam operan bola basket. Hal itu dikarenakan tidak hanya tangan dan kaki saja yang berperan, tetapi pandangan mata kamu juga ikut bermain agar bisa mengelabui lawan.

Untuk dapat melakukan operan jenis Fake Pass, kamu harus memastikan pandangan mata kamu diarahkan berlawanan dari arah saat melempar bola. Saat lawan terkecoh maka oper ke rekan setim yang terdekat dan teknik ini butuh kerja sama yang sangat baik.

5.     Push Pass

Teknik operan bola basket terakhir dalam jarak dekat adalah Push Pass. Dengan teknik ini, kamu pegang bola serendah mungkin sehingga lawan tidak bisa rebut dan bolanya dipegang dekat dengan dada.

Operan Push Pass ini sangat mengandalkan pergelangan tangan, siku, dan juga jari sambil mendorong dengan kaki pemain. Kemudian, bola akan dioper dengan lurus ke depan sampai bola setinggi pinggang atau bahu rekan yang akan menerima bola.

Demikian daftar teknik operan bola basket untuk jarak dekat. Untuk bisa menguasai teknik tersebut, kamu harus terus berlatih dan juga maksimalkan anggota tubuh terkuat untuk mengoper bolanya dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Related Posts

Posting Komentar