AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Aqiqah Nurul Hayat : Aqiqah Keluarga Indonesia yang Sesuai Syariat

1 komentar


Tidak mudah bagi kami untuk mewujudkan impian melakukan aqiqah anak yang terus bertambah umurnya. Setiap hari berdoa sembari mengumpulkan biaya untuk melaksanakan syariat sebagai wujud syukur sebagai orang tua.

“Belum Aqiqah ya, harusnya tak lama setelah lahiran kan!” seloroh seseorang saat saya bertanya biaya Aqiqah. Tak ada yang salah dari perkataannya. Namun kondisi ekonomi saya dan suami saat itu belum memungkinkan hingga akhirnya kami menunda aqiqah anak. Hingga akhirnya Allah izinkan kami pulang ke kampung halaman sekaligus melaksanakan niat yang sudah lama tertunda.

Alhamdulillah, rasa syukur meliputi saya dan keluarga. Jika bagi keluarga lain melakukan aqiqah adalah hal yang mudah, tapi kami perlu usaha bertahun-tahun untuk mewujudkannya.

Namun dari pengalaman inilah saya belajar bahwa tiada yang tidak mungkin selama Allah mengizinkan. Niat yang lurus sebagai bentuk cinta kepada buah hati sekaligus syukur kepada Pencipta insyaAllah akan dimudahkan hajat kita. 

Tak perlu berkecil hati jika saat anak lahir kita belum bisa langsung melaksanakan Aqiqah dan teruslah berdoa agar dimudahkan rezeki kita dan keluarga.

Aqiqah: Bentuk Syukur Pada Allah, Ungkapan Cinta untuk Anak

foto: instagram @aqiqahnurulhayat

Benar adanya bahwa aqiqah adalah sebuah ungkapan cinta dan sayang kepada buah hati. Rezeki terindah yang telah lama dinanti-nanti. Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni 2022 bisa menjadi pengingat bagi kita bahwa keluarga sangat berarti. Tak bisa diganti dengan apapun juga.

Jika flashback ketika berjuang mendapatkan buah hati. Sudah selayaknya saya dan suami bersyukur. Sebelum si sulung lahir, saya pernah keguguran. Lalu proses kelahiran anak pertama juga tak mudah. Sakit berhari-hari hingga harus memutuskan operasi. Kondisi bayi pun  tidak stabil karena terkena ketuban yang infeksi. Sungguh Allah Maha Baik, anak saya sehat dan ceria hingga sekarang.

Saya pun percaya bahwa setiap ibadah yang disyariatkan Allah SWT mempunyai tujuan dan hikmah. Bahkan untuk setiap penciptaan kecil sekalipun, selalu ada hikmah di dalamnya. Pun demikian dengan tujuan penyembelihan hewan saat akikah anak. Akikah mengandung banyak  hikmah yang bisa kita teladani.

Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim AS

Sebagai seorang mukmin, sudah selayaknya kita mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW melaksanakan aqiqah untuk Hasan dan Husain pada hari ke tujuh, masing-masing dengan seekor kambing (domba), meski dalam beberapa hadits dikatakan bahwa bayi laki-laki sebanyak dua ekor kambing dan bagi bayi perempuan cukup dengan seekor kambing/domba. Dalam sebuah hadits diriwayatkan dari Aisyah ra. ia berkata, “Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami agar menyembelih aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor dan untuk perempuan seekor.”

Aqiqah pun mengingatkan kita akan keteladanan Nabi Ibrahim AS saat menebus putra tercintanya Ismail. Kita belajar bahwa dari keikhlasan Nabi Ibrahim bahwa anak adalah titipan Allah yang layaknya kita jaga dan didik dengan iman dan Islam. 

Di masa sekarang, aqiqah pun bisa dikaitkan dengan pengorbanan orang tua. Kita berkorban harta dan keikhlasan. Menyisihkan sebagian kepentingan untuk melaksanakan syariat dan berbagi kebahagiaan pada lingkungan sekitar dalam bentuk makanan dari hewan aqiqah.

Mendekatkan Anak Pada Allah Sejak Awal Kehidupan

Banyak nasihat dari guru saya dulu bahwa jika ingin mempunyai anak yang soleh dan solehah. Persiapkanlah kebaikan sejak kita memilih pasangan. Lalu dilanjutkan saat proses kehamilan, ia lahir hingga ia tumbuh. 

Ya, anak yang baik dan soleh/soleha tak lain dan tak bukan merupakan sebuah proses yang diusahakan oleh orang tuanya. Hendaknya kita mengenalkan kebaikan sejak ia lahir. Inilah salah satu hikmah aqiqah. Dengan melaksanakan syariat dan syukur kepada Allah setelah ia lahir, menjadi usaha orang tua agar anak dengan Allah sejak ia melihat dunia. Harapannya, saat ia tumbuh ia menjadi anak selalu dekat dengan Allah.

Berbagi Kebahagiaan, Mempererat Tali Persaudaran

makan bersama saat aqiqah anak di kampung halaman

Saat anak lahir, bukan hanya orang tuanya yang berbahagia. Semua ikut berbahagia termasuk sanak saudara, jiran tetangga dan teman-teman jauh kita yang bahkan hanya bisa melihat melalui media sosial.

Disinilah hikmah aqiqah sebagai bentuk rasa syukur dengan berbagi kebahagiaan kepada lingkungan sekitar, dan akan terasa makin baik jika juga dinikmati oleh fakir miskin.

Selain itu saat berbagi masakan daging kambing/domba aqiqah, akan meningkatkan dan mempererat ukhuwah/ persaudaraan antar masyarakat. Apalagi jika kita melaksanakan tasyakuran dan mengundang tetangga ke rumah. Makin terasa kebersamaannya. Yang biasa nyati tak pernah jumpa dan menyapa, jadi saling kenal dan dekat. 

Tips Mempersiapkan Aqiqah 

Setelah mengetahui urgensi dan hikmah aqiqah bagi anak dan keluarga. Saya dan teman-teman pasti makin yakin dan semangat untuk mempersiapkan aqiqah terbaik untuk buah hati. Namun kadang kita masih bingung, bagaimana cara pelaksanaan aqiqah. Eits tak perlu khawatir, jika belum memahami apa saja persiapannya kita bisa bertanya kepada ustadz atau orang tua yang lebih paham. 

Berdasarkan pengalaman aqiqah anak, saya mau berbagi sedikit tips nih mempersiapkan aqiqah:

  • Pahami Syariat dan Ketentuan Aqiqah

Sebelum membeli semua kebutuhan dan perlengkapan untuk aqiqah. Hal pertama yang harus diketahui oleh orang tua syariat dan hukum aqiqah. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman. Hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, yang artinya sunnah yang sangat dianjurkan jika mampu. 

Lalu ketentuan aqiqah bagi anak perempuan dan laki-laki itu sama saja, namun jumlah kambing nya yang berbeda. 2 kambing/domba untuk anak laki-laki dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan. Sedangkan untuk syarat hewannya harus sehat, usia cukup dan bebas dari cacat.  Lalu barulah dilakukan penyembelihan dan dan disarankan untuk memasak dahulu daging kambing lalu dibagikan kepada sanak saudara dan tetangga.

  • Merencanakan Anggaran 

Setelah memahami syarat dan ketentuan pelaksanaan aqiqah. Selanjutnya kita bisa merencanakan anggaran dengan baik sesuai dengan jadwal penyelenggaraan aqiqah. 

Perencanaan bisa juga dilakukan dengan menghitung perkiraan lahir bayi. Sesuai anjuran, aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21 setelah kelahiran. Atau bisa juga di hari lain selama anak belum melewati masa baligh. 

Dengan begitu akan lebih mudah menjabarkan keperluan lain. Anggaran biaya aqiqah anak perempuan dan laki-laki tentu berbeda. Kita juga perlu mempertimbangkan banyaknya undangan jika melaksanakan tasyakuran. 

  • Menentukan Konsep Aqiqah

Saat melaksanakan aqiqah anak pertama, konsep aqiqah yang kami lakukan memang masak bersama keluarga besar lalu melakukan syukuran sederhana. Anggaran biaya yang dikeluarkan akan berbeda jika kita tidak melakukan tasyakuran dan masak bersama.

Contohnya jika meminta bantuan jasa aqiqah keluarga Indonesia, berarti kita hemat biaya masak dan waktu. Tinggal terima bersih. Namun jika ada masak bersama, berarti akan ada menu lain untuk menjamu dalam proses penyembelihan dan proses memasak. Begitu juga jika ada tasyakuran, akan ada tambahan biaya sound, perlengkapan hingga mengundang penceramah yang akan mempengaruhi perhitungan biaya. 

  • Memilih Jasa Aqiqah yang Cocok

Konsep aqiqah saat ini memberikan kemudahan bagi keluarga yang tidak banyak waktu dalam pelaksanaan aqiqah. Jika kita terbiasa menyelenggarakan acara aqiqah di rumah, tentu akan menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga serta harus memasak dan mempersiapkan daging sendiri.

Kita bisa meminta bantuan jasa aqiqah yang cocok, tidak perlu ribet memikirkan bagaimana memasak dan mengemasnya karena biasanya jasa aqiqah bisa mengolah kambing aqiqah sesuai keinginan kita. Jasa aqiqah ini biasanya sudah paket komplit loh, menyediakan pilihan kambing aqiqah, membantu melaksanakan syariat aqiqah, memasak sesuai menu yang diinginkan serta mengemasnya dalam box siap santap. 

Sudah banyak nih jasa aqiqah keluarga Indonesia yang bisa membantu kita mempersiapkan aqiqah. Namun tentu harus teliti memilih jasa aqiqah yang terpercaya seperti Aqiqah Nurul Hayat. Saya kenal aqiqah satu ini udah cukup lama karena banyak para artis yang langganan dengan jasa aqiqah satu ini.

Aqiqah Nurul Hayat : Aqiqah Keluarga Indonesia

Aqiqah Nurul Hayat? Terdengar tidak asing bukan? Yap, jasa aqiqah keluarga Indonesia ini sudah dikenal sebagai “Pelopor Aqiqah Siap Saji” yang sudah berdiri sejak tahun 2003 sebagai unit usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat. 

Sudah tersebar di 30 lebih cabang di Indonesia, Aqiqah Nurul Hayat sudah melayani puluhan ribu Aqiqah setiap tahunnya dengan menawarkan kualitas terbaik, bersertifikat halal MUI, mendapatkan rekor MURI serta sudah jadi langganan masyarakat, tokoh dan artis.

Kemudahan aqiqah siap saji bisa kita dapatkan loh dengan harga terjangkau. Jadi tak perlu pusing memikirkan persiapan aqiqah, karena prosesnya bisa kita serahkan pada aqiqah nurul hayat.


Bukan sembarang loh Aqiqah Nurul Hayat menjadi pilihan masyarakat untuk menyiapkan menu aqiqah siap saji. Ada beberapa kelebihan yang membuat aqiqah ini jadi langganan banyak orang:

1. Terbukti

Usia Aqiqah Nurul Hayat yang menginjak 19 tahun sejak pertama kali berdiri menjadi bukti bahwa mereka sudah berpengalaman menangani puluhan ribu pelanggan. Selain itu aqiqah Nurul Hayat juga membantu umat Islam dengan lebih dari 3000 kambing setiap bulannya dan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh Indonesia. Wah semoga ya makin banyak daerah yang dijangkau layanan Aqiqah Nurul hayat.

2. Aqiqah Sesuai Syariat

Jasa/layanan Aqiqah Nurul Hayat bukan hanya sekedar memasak hewan aqiqah ya. Inilah bedanya dengan jasa catering. Kalau catering fokus pada memasak, namun jasa aqiqah keluarga Indonesia memberikan layanan aqiqah lengkap sesuai syariat Islam yang sudah tersertifikasi HALAL, Dinas Kesehatan dengan nomor : 503.443.51/JB-08618/436.6.3/VIII/2012 dan majelis Ulama Indonesia -MUI. Memilih jasa aqiqah sesuai syariat memang penting banget dan harus kita utamakan bukan?

Oya Berikut layanannya:

  • Pemilihan hewan kualitas terbaik sesuai syarat hewan aqiqah
  • Proses penyembelihan 
  • Proses memasak yang dijamin memenuhi syarat sahnya
  • Kita juga akan mendapatkan video dokumentasi loh!

3. Bernilai Sedekah

Selain menunaikan syariat Islam, jika mengambil layanan Aqiqah Nurul Hayat kita ikut berkontribusi dalam mendukung program dakwah. Karena sebagian keuntungan penjualan akan dialokasikan untuk kegiatan sosial dan dakwah Yayasan Nurul Hayat diantaranya digunakan untuk mendukung program beasiswa tiap semester 4500 anak yatim. Aqiqah sekaligus sedekah! masyaAllah semoga berkah ya.

4. Menyediakan Berbagai Pilihan Kambing Aqiqah dan Menu Istimewa

Kambing aqiqah siap saji dari Aqiqah Nurul Hayat punya berbagai pilihan harga bersahabat. Jadi kita bisa menyesuaikan budget yang kita punya dengan beberapa pilihan yang disediakan. Harga yang ada merupakan harga terbaik dari setiap kota. Sedikit ada perbedaan antara satu kota dengan kota lainnya. Oya saat ini Aqiqah Nurul Hayat sudah tersebar di 30 kota loh diantaranya: Surabaya, Jakarta, Palembang, Medan, Sidoarjo, Malang, Solo, Jogjakarta dll.

Beberapa pilihan paket seperti paket premium, paket istimewa, paket super, paket puas dan paket tasyakuran.  Kualitas dan rasa masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman

Untuk menu nya kita bisa memilih untuk membuat kambing aqiqah menjadi 2 menu seperti sate dan gule, 3 menu  yaitu sate, gule dan kreng daging/jeroan tulang atau ingin tambahan lainnya. Bisa request sesuai selera! Ini loh contoh menu yang bisa ditambah dalam paket aqiqahnya:

  • Nasi Putih, nasi arab beras bramanti: kebuli, briyani dan hainan
  • Acar
  • Bumbu Kacang (untuk menu sate)
  • Sambal
  • Bihun goreng wortel kubis (Hanya untuk paket HEMAT & PREMIUM HEMAT)
  • Sambal goreng kentang ati (Hanya untuk paket NIKMAT & PREMIUM NIKMAT)
  • Kerupuk udang
  • Buah pisang
  • Box Exclusif ukuran 22 x 22 cm

Ide Paket Aqiqah Pilihan Nurul Hayat

Eit kok enak-enak semua ya? Daripada bingung saya punya ide nih untuk pilihan paket aqiqah yang pasti enak-enak loh!
foto: instagram @aqiqahnurulhayat
  • Paket Kambing Masak Pancian (non kotakan) yang bisa kita order jika ingin mengadakan makan bersama di rumah. 
  • Paket Bento : kemasan praktis harga ekonomis dan ini jadi salah satu paket yang menurut saya bakal disukai karena pengemasannya simpel dan kekinian.
  • Paket Nasi Arab : selain menyediakan nasi putih, Aqiqah Nurul Hayat juga menyediakan nasi arab beras bramanti: kebuli, briyani dan hainan. Makin istimewa nih menu aqiqahnya. 
  • Paket Nikmat : ini paket best seller paket kotakan aqiqah nurul hayat yaitu paket kotakan nikmat 2 menu dan paket premium nikmat yang punya 3 menu.
foto: instagram @aqiqahnurulhayat

5. Order Mudah

Proses pemesanan sangat mudah ya. Kita bisa mendatangi langsung lokasi cabang di setiap kota terdekat untuk mencari informasi mengenai kambing aqiqah. Atau untuk memudahkan proses pemesanan, kita dapat melihat informasi harga dan langsung order di website Aqiqah Nurul Hayat atau melalui whatsapp. Untuk pemesanan via website silahkan isi data pemesan, data yang akan di aqiqah, pelaksanaan aqiqah serta type layanan yang dipesan.

6. Bonus Risalah dan Boneka Qiqo

Wah siapa nih yang suka banget sama hadiah? Aqiqah Nurul Hayat sebagai aqiqah keluarga Indonesia memberikan bonus berupa hadiah boneka qiqo untuk pemesanan aqiqah semua tipe loh. 

foto: instagram @aqiqahnurulhayat

Selain itu pemesan mendapat 50 eksemplar Risalah Aqiqah dan untuk Tasyakuran akan mendapat 50 eksemplar Risalah Do’a. Dan kabar baiknya, saat ini ada versi digital risalah aqiqah dengan hanya scan barcode yang ada di balik kartu ucapan. 

7. Pendistribusian Paket Aqiqah

Aqiqah Nurul Hayat juga membantu pelanggan yang ingin mendistribusikan paket makanan siap saji dari kambing aqiqah ke panti asuhan dan desa untuk support program dakwah dengan layanan yang terpercaya. 

MasyaAllah, banyak banget ya kemudahan yang ditawarkan Aqiqah Nurul Hayat. Membantu orang tua, membantu dakwah dan meluaskan syariat Islam. Semoga berkah!

Yang ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai jasa aqiqah Nurul Hayat bisa cek di website atau media sosialnya:  

  • Website : https://aqiqahnurulhayat.com/home
  • Instagram : @aqiqahnurulhayat
  • Facebook : Aqiqah Nurul Hayat
  • WA : 087853000101

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Jadi, ingat aqiqah si bungsu, aqiqah sendiri jadi hal yang sulit buat beberapa orang mengingat biaya yang dikeluarkan dan ribetnya mengadakan aqiqahan. Hemm dengan adanya aqiqah nurul hayat ini pastinya lebih mudah dan terjangkau, ya, apalagi banyak keuntungannya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar