AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Tips Menjaga Kebersihan Agar Tetap Nyaman Saat Menstruasi

1 komentar

Ada yang bilang jadi perempuan itu lebih ribet daripada laki-laki. Memang benar adanya! 

Sudah kodratnya perempuan diciptakan dengan kondisi yang berbeda dari laki-laki. Baik soal cara berpakaian, berdandan, kondisi fisik, hingga fase yang harus dilalui seperti menstruasi dan melahirkan.

Bicara soal menstruasi, dulunya mungkin tabu untuk untuk didiskusikan. Sebagian menganggap menstruasi itu memalukan. Begitu juga yang saya alami saat mengalami menstruasi pertama. Tak banyak edukasi terkait bagaimana seharusnya merawat organ kewanitaan saat sedang menstruasi. 

Foto Vanessa Ramirez: pexels.com

Berbeda dengan kondisi saat ini, makin banyak edukasi terkait kebersihan organ kewanitaan. Hal ini tentu perlu diapresiasi, karena dengan begitu wanita akan lebih aware menjaga kebersihan terutama saat menstruasi.

Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan dimana keluarnya darah dari vagina. Siklus ini merupakan bagian proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan secara alami. 

Sebenarnya organ reproduksi wanita mempersiapkan kehamilan setiap bulan yang ditandai dengan penebalan dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Jika kehamilan tidak terjadi rahim (endometrium)  akan luruh dan keluar bersama darah melalui vagina yang dikenal dengan menstruasi. 

Keluarnya darah dari organ kewanitaan akan membuat tidak nyaman. Untuk itu penting menjaga kebersihan organ kewanitaan agar bisa menjalani menstruasi dengan aman dan tentram.

Berikut tips menjaga kebersihan saat menstruasi

  • Rutin mengganti pembalut

Pembalut memang membantu menahan cairan saat menstruasi. Namun jika digunakan terlalu lama karena malas mengganti, pembalut akan kotor dan kita rentan gatal karena infeksi bakteri. 

Jadi pastikan untuk mengganti pembalut setidaknya empat jam sekali karena pembalut yang digunakan bersentuhan langsung dengan kulit miss V. penting untuk terus menjaga kebersihan miss V. Begitu juga jika  menggunakan menstrual cup, kita juga harus sering menggantinya. 

  • Bersihkan Area Kewanitaan 

Sebelum dan sesudah mengganti pembalut, cucilah tangan dengan air bersih. Begitu juga saat membersihkan vagina, gunakan air bersih dan mengalir. Membersihkan area Miss V sangat penting untuk menghilangkan sisa darah yang menempel.

Jika ingin menggunakan cairan pembersih,  sebaiknya pilih cairan pembersih area kewanitaan yang punya pH normal untuk vagina antara pH 3.5 - 4.5 seperti produk Betadine Feminine Care untuk area kewanitaan.

Betadine memiliki produk pembersih khusus area kewanitaan yang cocok digunakan sehari-hari, begitu juga saat menstruasi atau saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. Saya sendiri menggunakan Betadine Feminine Hygiene karena mengandung antiseptik untuk mengatasi keputihan juga gatal di Miss V saat menstruasi. Miss V jadi tetap bersih dan bebas kuman!

  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Saat menstruasi kita terbiasa menggunakan pakaian dalam dilapisi dengan pembalut. Jadi pilihlah celana dalam dengan bahan yang nyaman seperti katun karena mudahtips menyerap keringat. Selain itu jangan gunakan pakaian dalam terlalu ketat. Dengan begitu, vagina akan tetap kering, tidak mudah lembab dan gatal.

  • Konsumsi makanan sehat

Beberapa makanan baik untuk menjaga kesehatan area kewanitaan diantaranya yoghurt, ikan, buah beri, makanan dan makanan yang mengandung kedelai.

Selain itu tetaplah jaga pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan istirahat yang cukup agar menstruasi kita berjalan lancar.

Semoga tips ini dapat membantu. Tetap jaga kesehatan miss V ya terutama saat menstruasi dan teman-teman bisa cek produk yang cocok untuk organ kewanitaan di website https://betadine.co.id/



Related Posts

1 komentar

  1. Nah ini yang penting buat cewek, sering banget ga nyaman pakai pembalut, tetapi butuh kadang tuh keringetan dan gatal. Mantep ini bisa diterapkan, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus

Posting Komentar