AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Asuransi Mobil TLO atau All Risk? Kenali Dulu Bedanya!

1 komentar
asuransi mobil tlo all risk

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, terutama mobil, asuransi mobil menjadi kebutuhan yang penting sebagai bentuk perlindungan bagi kendaraan maupun diri Anda sendiri. 

Oleh karena itu, asuransi mobil penting untuk Anda miliki, terlepas dari apakah Anda membeli mobil baru ataupun mobil bekas sekalipun. 

Sebab, dengan mengasuransikan mobil, Anda akan mendapatkan manfaat untuk meringankan beban finansial apabila terjadi sesuatu pada kendaraan, misalnya saat terjadi kecelakaan, tabrakan, pencurian, hingga banjir atau kebakaran. Salah satu produk terbaiknya, asuransi mobil Aca

Ada banyak pilihan produk asuransi yang dapat Anda temukan. Hanya saja, pada dasarnya asuransi mobil bisa dikategorikan ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu asuransi mobil Total Loss Only (TLO) dan All Risk atau komprehensif yang salah satu produknya, asuransi mobil Sinar Mas comprehensive

Lantas, apa perbedaan di antara keduanya? Bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan asuransi mobil, simak penjelasannya berikut ini agar bisa menentukan mana pilihan jenis asuransi mobil yang tepat sesuai kebutuhan! 

Asuransi Mobil TLO

Asuransi mobil dengan perlindungan Total Loss Only alias TLO ini memberikan perlindungan yang hanya bisa aktif dengan syarat terjadi kehilangan total. Misalnya, pada saat terjadi pencurian kendaraan. 

Di samping itu, asuransi mobil TLO juga menanggung biaya perbaikan atas kerugian yang terjadi dengan nilai sama atau lebih dari 75% nilai kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian tersebut.

Akan tetapi, kerugian yang dimaksud mengacu pada kerugian besar. Artinya, apabila kerugian yang terjadi adalah kerusakan bersifat kecil atau sedang, asuransi mobil TLO tidak bisa diklaim. 

Soalnya, kerusakan kecil pada mobil tidak mengakibatkan kerugian besar/total (total loss), yang ditanggung jenis asuransi ini sebagaimana yang ditunjukkan oleh namanya. 

Asuransi Mobil All Risk atau Komprehensif 

Kemudian, ada asuransi mobil perlindungan komprehensif atau comprehensive, yang sering kali juga disebut sebagai asuransi mobil All Risk di pasaran. 

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa penyebutan asuransi mobil komprehensif sebagai asuransi mobil All Risk sebenarnya adalah sebuah salah kaprah, alias penggunaan istilah yang kurang tepat. 

Penyebutan istilah “All Risk” terjadi karena asuransi mobil komprehensif memberikan proteksi yang menyeluruh (komprehensif) dan lebih luas dibandingkan asuransi mobil TLO. Akan tetapi, bukan berarti asuransi mobil komprehensif meng-cover segala jenis kerugian atau peristiwa. 

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi mobil komprehensif, ya? 

Perlindungan komprehensif yang diberikan di sini merupakan bentuk perlindungan atas kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan ringan, menengah, berat, hingga kehilangan kendaraan. 

Oleh karena itu, kerusakan pada mobil seperti lecet karena terserempet kendaraan lain yang mengakibatkan bodi mobil jadi kurang sedap dipandang juga bisa di-cover oleh jenis asuransi ini, seperti asuransi mobil Sinar Mas comprehensive. 

Dengan demikian, bisa Anda simpulkan bahwa asuransi mobil komprehensif memberikan perlindungan dan pertanggungan atas kerugian yang Anda alami karena kerusakan sebagian (partial loss), maupun kerusakan serta kehilangan total (total loss).

Kalau Begitu, Pilih yang Mana? 

Setelah mengenal kedua jenis asuransi mobil di atas, sekarang saatnya Anda menentukan pilihan. Dan dari keduanya, mana jenis asuransi yang sebaiknya Anda pilih, ya? 

Karena pertanggungan yang lebih luas, premi asuransi mobil komprehensif tentunya lebih tinggi dibandingkan asuransi mobil TLO. Meski demikian, belum tentu Anda sebaiknya memilih asuransi mobil TLO saja hanya demi premi yang lebih terjangkau. 

Apabila mobil Anda punya nilai atau harga tinggi seperti mobil mewah, asuransi mobil komprehensif jauh lebih direkomendasikan. Pasalnya, mobil mewah cenderung butuh biaya tinggi bahkan untuk kerusakan kecil atau ringan sekalipun. 

Di samping itu, faktor lain seperti frekuensi penggunaan kendaraan, rute perjalanan yang biasa ditempuh mobil sehari-harinya, hingga kondisi lingkungan tempat Anda memarkir mobil baik di rumah maupun di kantor juga penting untuk Anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan. 

Saat ini, pilihan produk asuransi yang ada di pasaran sangat beragam, dan tak sedikit punya yang menawarkan kedua jenis asuransi di atas seperti asuransi mobil ACA. 

Sekali lagi, pertimbangkan kebutuhan Anda dengan matang sebelum menentukan mana jenis asuransi mobil yang tepat untuk Anda gunakan agar Anda bisa benar-benar menikmati manfaat perlindungan yang ditawarkan. 

Related Posts

1 komentar

  1. Ternyata penting juga asuransi mobil kalau dipikir memang kecelakaan bukan sepenuhnya salah kita kadang, ini juga sering jadi perdebatan di jalan sih. Memang lebih mudah kalau punya asuransi karena meringankan biaya penanganan mobil nantinya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar