AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Tips Aman Kirim Paket COD

Posting Komentar
gambar : pexels.com

Istilah Cash On Delivery (COD) pasti sudah tidak asing lagi bukan? Apalagi jika kamu merupakan orang yang suka belanja online atau pemilik bisnis online. Metode pembayaran saat barang tiba di tempat ini sedang populer karena memberi kemudahan baik dari sisi pembeli maupun bisnis owner. 

Namun sayangnya masih banyak orang yang belum paham konsep COD ini. Beberapa waktu yang lalu banyak pemberitaan mengenai kurir yang dimarahi pembeli karena merasa barang yang dipesan tidak sesuai keinginan. Alih-alih mendapat untung, barang malah rusak dan kurir kena omelan.

Nah agar hal-hal seperti ini tidak terjadi kita perlu mengetahui dulu apa situ metode pembayaran COD dan manfaat kirim paket COD baik dari sisi pembeli maupun penjual. 

Apa itu Metode (COD)?

Cash on Delivery atau biasa dikenal dengan COD adalah sistem pembayaran yang dilakukan di tempat dimana pembeli membayar secara tunai setelah menerima barang. Berbeda dengan pembayaran online pada umumnya dimana saat membeli barang online kita harus membayar di awal. Namun dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli, metode pembayaran di tempat bisa dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati.

Dulunya sistem COD ini pernah saya lakukan jika membeli barang kepada penjual yang tidak terlalu jauh jaraknya. Namun kini fitur pembayaran COD tersedia di berbagai marketplace dan website resmi toko online. Penjual tidak perlu mengirimkan langsung produknya sendiri melainkan memanfaatkan jasa kirim. Pembeli akan melakukan pembayaran melalui kurir yang mengirimkan barang.

Keuntungan Menggunakan COD untuk Penjual

Metode pembayaran COD merupakan salah satu pembayaran yang paling disukai pelanggan sehingga dapat menarik minat dan kepercayaan pelanggan terhadap toko online kamu. Hal ini karena banyak masyarakat yang masih ragu melakukan transaksi online sehingga COD menjadi pilihan.

Saya pernah menanyai tetangga yang suka melakukan pembelian COD. Ia menganggap bayar online ribet dan ia sendiri tidak paham cara membayar online. Selain itu COD dianggap lebih terjamin karena bisa mengembalikan barang dan tidak perlu membayar jika barang yang tiba tidak sesuai. 

Dari pengalaman ini saya menyimpulkan sistem COD bisa memberi kesempatan penjual untuk mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan baru dan mendapatkan rasa percaya pembeli. 

Keuntungan COD untuk Pembeli

Selain dari sisi penjual, sistem COD juga memberi keuntungan dari sisi pembeli. Karena COD membayar setelah barang diterima, penjual bebas memeriksa barang sebelum melakukan pembayaran. Hal ini untuk menghindari pembeli mendapatkan barang tidak sesuai deskripsi. 

Jika barang tidak sesuai kita bisa membatalkan transaksi atau tetap membayar dan melakukan komplain kepada penjual. Sistem bayar ini biasanya berbeda-beda tiap toko online. Jadi tetaplah ikuti aturan dan jangan sampai merugikan penjual apalagi memarahi kurir pengiriman. 

Tips Aman Kirim Paket COD

sumber gambar : pexels.com

Sebagai penjual kita pasti ingin produk yang dikirimkan diterima oleh pelanggan dengan baik tanpa ada komplain ataupun masalah. Untuk itu perhatikanlah beberapa tips aman kirim paket COD berikut ini:

1. Pilih Jasa Pengiriman yang Aman dan Terpercaya

Jasa pengiriman/kurir COD menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode pembayaran COD. Jadi pilihlah kurir yang aman, terpercaya, dan bisa melakukan pengiriman dengan cepat. 

Selain itu lakukan juga survey pada jasa pengiriman apakah punya harga yang terjangkau dan memiliki asuransi agar kita lebih aman dalam menitipkan barang COD. Kemudahan proses tracking barang yang dikirim juga harus jadi pertimbangan nih.

Kita bisa memilih layanan ekspedisi terpercaya untuk kirim paket se-Indonesia di aplikasi Everpro. Pengiriman melalui Everpro serba murah dan menyediakan beragam keuntungan untuk penjual diantaranya:

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paketmu kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • GRATIS biaya return
  • Pencairan dana COD cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi

2. Alamat Pengiriman yang Lengkap

Selain kurir terpercaya, alamat pengiriman haruslah lengkap. Bayangkan bagaimana susahnya kurir jika alamat pengiriman tidak lengkap apalagi tanpa disertai nomor telepon yang bisa dihubungi. Saat pembeli melakukan pengisian data, cek terlebih dahulu apa semua alamat sudah jelas termasuk kode pos. Hal ini akan memudahkan kurir mengirim barang. Jika banyak masalah saat proses COD akan mempengaruhi reputasi toko juga kurir pengiriman.

3. Kemudahan Pelacakan

Saat melakukan COD, baik penjual maupun pembeli akan bertanya-tanya sudah sejauh mana paket dikirimkan. Untuk itu kemudahan pelacakan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Penjual bisa memberikan kode tracking kepada pembeli agar mereka lebih tenang. Begitu juga di marketplace tracking biasanya akan muncul secara otomatis. 

4. After Sales Service

Salah satu kepuasan pelanggan terhadap sebuah toko online adalah layanan after sales. Layanan ini diberikan kepada pelanggan untuk memastikan pembeli puas dengan barang yang sudah dikirimkan. Layanan ini juga memberi pilihan pengembalian barang jika barang tidak sesuai dengan yang diharapkan pelanggan.

Cash On Delivery menjadi pilihan yang tepat untuk penjual dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan kepercayaan pembeli. Jangan lupa untuk terus memperhatikan kualitas pengiriman dan produk agar bisnismu makin berkembang.

Semoga bermanfaat. 

Related Posts

Posting Komentar