Saturday, 28 November 2015

Bakso Ayam yang Menggugah Selera



Bakso Ayam yang Menggugah Selera. Bakso.... Olahan daging yang bentuknya bulat ini bagi saya memang selalu menggugah selera. Apalagi di bulan ini hujan seringkali turun. Enaknya memang makan yang hangat dan berkuah, salah satunya ya Bakso. Kalo beli satu porsi bisa lima belas ribu dan itu pun hanya bisa untuk sekali makan. hehehe... Jadi mendingan bikin sendiri aja. 

Saya memilih bakso ayam karena teksturnya yang dihasilkan lembut, jadi anak saya Ubay juga bisa ikutan makan. Selain itu juga lebih murah dari bakso daging sapi. hihii... Rasanya juga nggak jauh beda, paling yang ngebedain sedikit karena saya nggak pakai penyedap aja. Buatnya juga nggak makan waktu lama karena bahan-bahannya juga simple kok. Oh ya selain untuk dimakan dengan kuah, bakso ayam ini juga bisa dijadikan bakso bakar atau untuk campuran cap cay dan sup. 

Nah ini resepnya, silahkan mencoba ^_^

Bakso Ayam

Bahan Bakso

200 gram daging ayam yang sudah digiling/dihaluskan
100 gram tepung sagu
2 siung bawang putih (haluskan)
1 butir telur
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 butir telur

Cara Membuat

Campurkan semua bahan kecuali tepung sagu hingga rata. Uleni hingga halus lalu bar masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit lalu aduk hingga rata. Didihkan air yang diberi sedikit minyak. Masukkan bakso yang sudah dibentuk satu persatu dan rebus hingga matang (cirinya bakso mengapung). Oh ya untuk membentuk baksonya, karena adonan agak lembut ngebulatinnya dengan cara diambil pakai tangan terus digenggam dan keluarkan melalui sela ibu jari dan telunjuk lalu ambil adonan dengan sendok (jadinya bulat) ^_^

Bahan Kuah Bakso Ayam

1200 ml Air kaldu ayam (saya rebus tulang dan daging ayam agak lama biar rasanya enak)
3 siung bawang putih haluskan lalu tumis
3/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
garam secukupnya
1 batang daun seledri, dipotong halus

Cara Membuat:

Rebus air kaldu ayam bersama semua bumbu hingga mendidih. Jika terasa kurang garam, tinggal tambahkan secukupnya. Lalu sajikan dengan Bakso dan Pelengkapnya ^_^


Oh iya hampir lupa ini bahan pelengkapnya ^_^

Pelengkap

Daun seledri yang dicincang halus
Mie kuning (saya pakai mie ayam telor direbus dulu)
Mie bihun (direbus dulu ya)
Bawang goreng
Telur Rebus
Bakso goreng (adonan bakso nya digoreng dengan api kecil)

Gimana? tertarik mau bikin bakso ayam juga? 
Selamat mencoba ya ^_^


16 comments:

  1. kelihatannya mudah, saya jadi tertarik pengen bikin mbak :)
    tapi kira-kira bisa gak yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak gx terlalu sulit kok
      pasti bisa mbak

      Delete
  2. Wah, ternyata bikinnya gampang. Berhubung bakso adl salah satu makanan favorit, bisa tiap minggu buatnya :D :D
    Makasih udah share :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah bisa dicoba kok apalagi kalo punya kulkas adonan baksonya bisa bikin banyak n disimpan di kulkas mbak

      Delete
  3. waduh saya jadi tiba2 laper gini mba abis liat postingan ini :D
    boleh nih dicoba

    ReplyDelete
  4. Sajian pas kala musim hujan. Terima kasih, ya, Mbak. Sudah berbagi resep. Itu harus tepung sagu, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget enak dimakan kalo lagi cuaca dingin, iya mbak kalo saya tepung sagu atau tapioka

      Delete
  5. Mbak Ria, rajin banget masak. hehe
    Pengen nyobaaa bikin.
    abisnya kalo beli, mahal ah. Ga terjamin juga kan pake daging apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semenjak nikah ini jg suka masak ntan
      hehe biar hemat dan jg aman (halal dan kebersihannya)
      coba aja ntan

      Delete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now