Wednesday, 3 February 2016

Tips Sebelum Menyewa Rumah

Tips Sebelum Menyewa Rumah . Rumah tinggal adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia selain sandang dan pangan. Kebutuhan rumah setiap tahunnya pun meningkat dan tak akan berhenti seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Kebutuhan akan rumah tinggal tersebut membuat lahan produktif semakin banyak yang berubah fungsi menjadi pemukiman penduduk  baik di perkotaan maupun pedesaan. Yang paling kentara adalah di kota besar, sangat sulit ditemukan lahan kosong yang bisa dijadikan rumah tinggal. Kalaupun ada, harganya tentu sangat tinggi. Sawah dan ladang milik penduduk pun telah banyak yang terganti rumah tinggal baik yang dibangun oleh masyarakat sendiri ataupun oleh pengembang perumahan.

Tentu saja hal ini membuat harga rumah menjadi sangat mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. Oleh karena banyak disewakan rumah agar menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal namun tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli lahan atau membangun sebuah rumah.

Namun untuk menyewa sebuah rumah ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar Anda dapat menemukan rumah sewa yang nyaman untuk dihuni bersama keluarga.

Lakukan Survey

Sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah rumah. Lakukanlah survey yang akan membantu Anda untuk mempertimbangkan rumah yang akan disewa. Seperti yang pernah saya lakukan saat menyewa rumah. Carilah informasi dari teman atau keluarga serta masyarakat di lingkungan rumah yang disewakan. Bandingkan harga dan lokasinya. Lokasi yang strategis tentu akan menjadi pilihan utama. Sesuaikan juga dengan kemampuan keuangan Anda. Misalkan Anda ingin sewa rumah Jakarta tentu akan berbeda harga nya jika rumah tersebut berada di lokasi strategis dengan rumah yang jauh dari tempat Anda beraktifitas.
Selain memilih tempat yang dekat dengan lokasi Anda beraktifitas, dekat dengan fasilitas publik, seperti supermarket, rumah makan, bank, salon dll, Anda mungkin perlu tanya orang-orang disekitar rumah mengenai beberapa hal seperti Apakah sering banjir? Apakah lingkungan tersebut aman atau sering ada pencurian? Apakah banyak pengangguran di sekitarnya? Dan pertanyaan lainnya yang mungkin Anda harus ketahui.

Teliti sebelum Memilih

Iklan sewa rumah murah memang banyak terdapat di media online maupun media cetak. Setelah Anda melakukan survey, jangan lupa untuk meneliti rumah yang Anda sewa. Perhatikan bangunannya, apakah ada kerusakan ataukah fasilitas yang Anda inginkan memadai seperti kamar mandi, dapur dan halaman. Jika terdapat kerusakan baiknya Anda berkonsultasi dengan pemiliknya untuk memperbaiki sebelum Anda menghuni rumah tersebut.

Buat Kesepakatan dan Negosiasi Harga

Setelah Anda yakin untuk menyewa sebuah rumah. Pemilik akan membuat kesepakatan dengan Anda. Rincilah apa saja kesepakatan Anda dengan pemilik, jika perlu buatlah hitam di atas putih agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman. Perihal uang listrik, biaya air, dan telepon hendaknya didiskusikan apakah itu semua termasuk dalam uang sewa ataukah Anda harus membayar secara terpisah. Lalu lakukan negosiasi harga dengan pemilik, mungkin saja Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Rundingkan metode pembayarannya apakah bulanan, tiga bulanan atau tahunan. Terakhir ingatkan pemilik untuk memberikan bukti pembayaran dan simpan dengan baik.

Semoga tips yang saya berikan bisa membantu Anda mempertimbangkan untuk menyewa sebuah rumah. Selamat mencoba

2 comments:

  1. dan saya selalu menyempatkan tanya ke lingkungan sekitar :)...salam kenal mba..

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah menyewa rumah. Bisa dicoba nih tipsnya :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Join Now

Indonesian Food Blogger

Warung Blogger

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Join Now